Welcome to Hypermart
Sign in    |    Sign up

Tips Menyimpan Buah dan Sayur Tanpa Kulkas

Buah dan sayuran memang memiliki banyak ragam jenisnya. Terkadang banyak orang kurang memperhatikan ketika mereka membelinya dalam jumlah banyak untuk dijadikan pasokan di dapur. Entah itu saat mereka menyimpannya kurang tepat, sehingga mengakibatkan bahan dasar ini mudah sekali atau cepat membusuk. Padahal  kandungan berupa vitamin, antioksidan, gizi, mineral, dan serat alami di dalamnya, merupakan asupan penting bagi tubuh untuk dikonsumsi setiap hari. Sebenarnya tidak ada salahnya bila Anda memiliki persediaan buah dan sayuran di dalam kulkas maupun di tempat penyimpanan lainnya. Asalkan mengetahui cara tepat dalam menyimpannya agar tetap segar dan bertahan lebih lama. Inilah cara menyimpan buah dan sayuran agar bertahan sampai satu bulan :

1. Memilih buah dan sayuran sebelum di simpan

Langkah penyortiran memang menjadi salah satu cara tepat sebelum buah dan sayuran tersebut diletakkan ke dalam rak kulkas, atau menyimpan tanpa kulkas. Mulailah memisahkan antara sayur dan buah segar dengan jenis yang layu atau kondisi daunnya mulai menguning.

2. Mencuci Sampai Bersih

Bersihkanlah dengan menggunakan air mengalir sampai tidak ada satu pun kotoran  menempel di dalamnya. Bila Anda berkenan untuk membersihkannya ke dalam wadah namun air sudah kotor, sebaiknya ganti dengan air bersih. Lalu cuci kembali sampai tidak ada kotoran atau debu yang terselip di dalamnya

3. Pengeringan

Penerapan proses pengeringan buah dan sayuran sehabis dicuci dengan air amatlah penting, agar tetap awet meski tanpa kulkas saat menyimpannya. Anda bisa menggunakan pengering untuk mengeringkannya secara mudah dan cepat. Jangan lupa untuk memastikan keadaan buah dan sayuran sudah kering, sehingga sudah siap untuk disimpan.

4. Menggunakan Tisu

Tisu bisa dijadikan sebagai pembungkus untuk mengondisikan sayur dan buah agar tetap segar dalam keadaan kering. Sehingga cara ini berguna untuk mencegah dari timbulnya kerusakan di saat menyimpan buah dan sayuran di rak kulkas. Namun janganlah membasahi tisu kembali dengan air, karena agar dapat menyerap secara maksimal uap cairan yang dikeluarkan dari sayuran atau buah tersebut. Saat kondisi tisu pembungkusnya sudah terlalu basah karena banyaknya cairan terserap, maka Anda harus menggantikannya dengan tisu kering yang sudah tersedia. Sehingga kondisinya akan tetap awet, serta dapat juga memasaknya kapan saja.

5. Gunakan Plastik Sebagai Penutup

Setelah proses pengeringan usai, membungkus sayuran dan buah merupakan cara sederhana untuk membuatnya awet saat disimpan. Baik itu diletakkan ke dalam kulkas, maupun tempat lain tanpa kulkas. Untuk cara menyimpan buah dan sayuran tanpa kulkas, sebaiknya simpan di tempat sejuk. Agar kondisinya tetap awet, segar, bisa lebih mudah dalam mengolahnya, serta dapat terhindar dari kerusakan.

6. Berilah Lubang pada Plastik

Lubangi plastik yang digunakan untuk membungkusnya, bertujuan agar udara segar dapat masuk ke dalamnya. Seperti terlihat di mini market, mengenai berbagai macam buah, dan sayuran disimpan dalam kulkas maupun freezer.

7. Gunakan Kertas Roti atau Handuk Kering

Selain menggunakan plastik, gunakan kertas roti atau handuk kering yang tidak terpakai sebagai pembungkus alternatifnya. Kedua bahan ini dapat berfungsi menjadikan kondisi sayuran dan buah tetap segar saat disimpan.

8. Pisah Tempat Buah dan Sayuran

Disaat menyimpan buah dan sayuran, usahakan berikan rak tersendiri dan jangan sampai tercampur dengan bahan lainnya. Semisal mencampur tempat penyimpanannya dengan buah-buahan dalam satu rak di kulkas.

9. Periksa Secara Berkala

Pastikan secara berkala apakah kondisi buah dan sayuran masih segar, hijau, atau malah sebaliknya. Jika kondisi buah dan sayuran mulai rusak atau membusuk, langsung saja segera memisahkannya dan membuangnya.

 

Bagaimana Hypermart Lovers? Tertarik mencoba menyimpan buah dan sayur tanpa menggunakan kulkas? Jangan lupa ikuti langkah-langkah diatas, ya!

Leave a Reply

You may also like

Kado Unik Spesial untuk Valentine


Tanggal 14 Februari yang diperingati sebagai hari kasih…



Wow 3 Jenis Garam Berikut Ini Dapat Membuat Masakan Terasa Lezat! Nomer 2 Paling Mantap!


Garam merupakan bumbu dapur yang sangat penting dan dapat menambah kenikmatan masakan. Kehadiran garam dapat membuat makanan yang terasa hambar menjadi lezat. Di indonesia sendiri,…



Cara Memasak Daging dan Ikan Presto Empuk Hingga Tulang


Daging merupakan sumber protein hewani bermutu tinggi yang…



Resep Nasi Bakar Ikan Tuna


Tak hanya dikenal dengan kekayaan budaya dan…



Resep Ayam Tangkap Khas Aceh


Indonesia memang terkenal dengan beragam kuliner yang ada.…



Tips Memilih Ikan Salmon Segar


Ikan Salmon adalah salah satu ikan yang bisa…



7 Tips Menambah Nafsu Makan Anak


Nafsu makan seseorang pada umumnya dipengaruhi oleh hormon…



Cara Ngabuburit yang Asik dan Seru Selama Bulan Ramadan


Banyak sekali aktivitas ngabuburit yang asik dan…



8 Makanan Khas Imlek dan Maknanya


Tak terasa perayaan Tahun Baru Imlek akan segera…



Selain Jeruk, Gunakan 5 Bahan Ini untuk Menghilangkan Bau Amis pada Ikan!

Selain memiliki daging yang sehat dan kaya protein, ikan juga merupakan makanan yang kaya akan omega 3 sehingga sangat baik untuk kesehatan dan kecerdasan otak. Sebagian besar orang bisa dipastikan suka dengan ikan. Namun, beberapa orang mungkin malas mengolah ikan menjadi masakan karena baunya yang amis.

Demi menghasilkan olahan ikan yang sedap dan lezat, proses membersihkan ikan harus dilakukan dengan baik. Termasuk saat menghilangkan bau amisnya. Untuk menghilangkan bau amis pada ikan, salah satu cara termudahnya adalah dengan menggunakan air perasan jeruk nipis atau jeruk lemon. Tapi ternyata masih ada sejumlah cara dan alternatif lain yang bisa dipilih untuk menghilangkan bau amis ini. Nah, berikut sejumlah alternatif yang bisa dicoba untuk menghilangkan bau amis pada ikan selain menggunakan air perasan jeruk!

1. Cuka

Siapkan dan larutkan cuka dengan air secukupnya. Lalu rendam ikan pada larutan tersebut selama beberapa menit. Atau cukup dioleskan saja ke daging ikan untuk kemudian dibilas dengan air bersih.

2. Mentimun

Parutan mentimun juga bisa digunakan untuk menetralkan bau amis pada ikan. Tinggal balurkan secara merata pada ikan, diamkan sekitar 20 menit, lalu bilas dengan air bersih yang mengalir.

3. Jahe

Aroma jahe yang khas bisa digunakan untuk mengatasi bau amis pada ikan. Caranya bisa dengan menyiapkan jahe yang sudah dihaluskan atau diparut, kemudian dibalurkan ke ikan untuk kemudian dicuci bersih.

4. Garam

Cuci bersih ikan, lalu baluri dengan garam. Diamkan sekitar lima menit, baru cuci bersih ikan dengan menggunakan air kran atau air mengalir. Sebisa mungkin ketika ikan diolah tidak menggunakan garam yang terlalu banyak agar tidak keasinan.

5. Asam jawa

Remas asam jawa lalu balurkan ke daging ikan sampai merata. Diamkan dualu selama 20 menit lalu bilas dengan air mengalir. Kalau ada daun serai bakal lebih bagus lagi karena aroma daun serai bisa membantu menetralkan bau amis pada ikan.

Cukup mudah bukan, Hypermart Lovers cara untuk menghilangkan bau amis pada ikan?

Leave a Reply

You may also like

Tips Menyimpan Buah dan Sayur Tanpa Kulkas


Buah dan sayuran memang memiliki banyak ragam jenisnya.…



5 Tips Membedakan Madu Asli dan Palsu


Madu memang menjadi salah satu bahan minuman alami…



Ternyata Es Teh Manis Tidak Cocok Untuk Berbuka Puasa! Temukan Jawabannya disini!


Saat berbuka puasa yang banyak sekali orang-orang yang…



Tips Dasar Dekorasi Kue Ulang Tahun Homemade


Merayakan ulang tahun merupakan hal yang biasa kita…



7 Tips Praktis Menghilangkan Bau Kulkas


Kulkas memang sering dipakai dan menyimpan banyak makanan,…



Makanan Akan Melimpah Saat Lebaran. Bagaimana Cara Agar Tetap Sehat Walau Makan Banyak?


Makanan Akan Melimpah Saat Lebaran. Bagaimana Cara Agar Tetap Sehat Walau Makan Banyak? Hari raya Idul Fitri tinggal menghitung hari saja, moment yang di tunggu-tunggu…



Memperkenalkan Resolusi Tahun Baru kepada Anak


Menjadi orangtua adalah sebuah pekerjaan seumur hidup yang…



Resep Ayam Teriyaki


Jepang adalah salah satu negara yang memiliki banyak…



Cara Ngabuburit yang Asik dan Seru Selama Bulan Ramadan


Banyak sekali aktivitas ngabuburit yang asik dan…



9 Mitos dan Fakta Tahun Baru Imlek

Sejak tahun 2003, hari raya Imlek telah menjadi hari libur nasional. Namun, perayaan ini bukan hanya dirayakan oleh warga Tionghoa, tapi juga berbagai lapisan masyarakat Indonesia.
Tahun baru imlek yang sebentar lagi akan dirayakan ternyata mempunyai mitos dan legenda yang dipercaya sampai saat ini oleh orang-orang Tionghoa. Kepercayaan itu pun menjadi sebuah tradisi yang dijaga dan dilestarikan selama ratusan tahun. Imlek atau perayaan tahun baru warga Tionghoa telah menjadi salah satu identitas keberagaman di Indonesia.

1. Angpao
Orang yang sudah berkeluarga memberikan rizki kepada orang tua dan anak-anaknya. Begitu juga orang yang cukup mampu, harus berbagi rizki dengan yang tidak mampu. Makna tradisi membagikan angpao pada saat Imlek ini adalah berkaitan dengan transfer energi dan kesejahteraan.

2. Liong Naga dan Barongsai
Sering melihat barongsai saat perayaan Imlek? Jika iya, karena tradisi ini adalah tradisi wajib pada perayaan Imlek. Dalam kepercayaan warga Tionghoa, Liong dan Barongsai merupakan lambang kebahagiaan dan kesenangan. Pertunjukan tarian singa dan naga ini dipercaya bisa membawa hoki.

3. Menyajikan dan Makan Makanan Khusus
Perayaan Imlek biasanya mensuguhkan 12 macam masakan dan 12 macam kue yang melambangkan 12 macam shio. Seluruh hidangan didoakan bersama-sama dengan keluarga. Masing-masing makanan memiliki makna tersendiri. Seperti yang sudah dijelaskan di artikel Hypermart sebelumnya “Makanan khas imlek beserta maknanya”, Siu Mie melambangkan panjang umur dan kemakmuran, lapis legit melambangkan rizki berlapis-lapis, Ikan sebagai simbol air, serta Bebek atau Ayam utuh sebagai lambing untuk udara.

4. Membersihkan Rumah Sebelum Hari H Tiba
Membersihkan rumah memang wajib dilakukan setiap hari, bukan hanya saat perayaan Imlek tiba. Namun saat mendekati perayaan Imlek, sangat penting memastikan kondisi rumah dalam keadaan bersih. Makna dari tradisi ini memiliki keyakinan bahwa rumah akan bersih dari keburukan dan siap menerima keberuntungan di tahun yang baru.

5. Mendekorasi Ulang Rumah
Setelah rumah dibersihkan, rumah sebaiknya harus didekorasi dengan dominan warna-warna serba merah. Pintu dan jendela di cat ulang, serta ditempeli kertas yang bertuliskan kalimat atau kata-kata baik. Bagi etnis Tionghoa, warna merah melambangkan sesuatu yang sejahtera dan kuat, serta membawa keberuntungan.

6. Pakaian dan Sepatu Baru
Selain untuk menjaga penampilan, membeli pakaian baru, sepatu baru dan mencukur rambut merupakan tradisi menjelang Imlek. Pakaian baru yang dikenakan pada hari Imlek biasanya berwarna merah atau warna terang lainnya. Warga Tionghoa percaya pentingnya penampilan dan sikap baru yang optimis menghadapi masa depan. Harapannya, masa depan tetap terang dengan kamakmuran dan rizki

7. Melunasi atau Mengurangi Hutang
Hutang memang wajib dibayar. Namun, bagi warga TIonghoa membayar hutang juga memiliki makna tersendiri. Menjelang tahun baru, warga Tionghoa melunasi atau mengurangi jumlah hutang sebagai salah satu tradisi. Harapannya, pada tahun selanjutnya tidak terbebani dengan hutang.

8. Pantang Makanan Bubur
Warga Tionghoa memiliki pantangan saat menyajikan dan memakan bubur ketika Imlek. Bubur dianggap sebagai simbol kemiskinan. Pantangan lain berkaitan dengan makanan pada perayaan Imlek adalah membalik ikan. Ikan yang dihidangkan tidak boleh dibalik posisinya. Jadi, kalaupun ingin mengambil daging pada sisi lain ikan, posisinya harus tetap dipertahankan. Ikan itu juga tidak boleh habis, melainkan disisakan untuk acara makan keesokan harinya. Ini melambangkan nilai surplus untuk tahun berikutnya.

9. Pantang Menyapu Saat Hari H
Hampir sama dengan mitos jawa yang tidak boleh menyapu di malam hari, namun bagi warga Tionghoa tidak boleh menyapu dan mengepel lantai rumah, karena dipercaya bisa menghilangkan seluruh berkah tahun baru di rumah.Hal tersebut sudah banyak yang dipercayai sejak pendahulu mereka.

Leave a Reply

You may also like

Memasak Bubur Suro, Makanan Khas Saat Tahun Baru Islam


Besok umat Muslim akan memperingati Tahun baru Islam,…



Selain Jeruk, Gunakan 5 Bahan Ini untuk Menghilangkan Bau Amis pada Ikan!


Selain memiliki daging yang sehat dan kaya protein,…



Resep Tomyam Seafood Segar khas Negeri Gajah


Seafood merupakan salah satu makanan yang cukup digemari…



Tips Agar Kentang Tidak Mudah Menghitam Setelah Dikupas


Kentang adalah salah satu sumber karbohidrat baik untuk…



Resep Ayam Teriyaki, Cocok untuk Berbuka dan Sahur!


Ayam teriyaki adalah resep masakan ayam dengan bumbu…



Resep Ayam Teriyaki


Jepang adalah salah satu negara yang memiliki banyak…



Memutihkan Gigi Secara Alami


Siapa sih yang tidak menginginkan senyum menawan yang menunjukkan sederet gigi putih. Memang naturalnya gigi manusia tidaklah putih cerah bagaikan selembar kertas putih. Gigi manusia pada umumnya…



Resep Ginger Cookies dan Kue Kering Khas Natal


Tidak terasa sekarang sudah di tengah-tenagh bulan Desember…



Kado Unik Spesial untuk Valentine


Tanggal 14 Februari yang diperingati sebagai hari kasih…



Makanan Hitam Nan Menggiurkan Yang Ramai Diperbincangkan

Pada awal tahun ini, dunia kuliner digegerkan dengan makanan dan minuman yang serba hitam pekat. Namun pada sebelumnya, dunia kuliner sempat diramaikan dengan makanan serba hijau yang terbuat dari green tea atau matcha. Makanan kuliner yang serba hitam ini terbuat dari bahan charcoal. Charcoal adalah karbon yang dihasilkan dari tempurung kelapa sawit tua, bambu, atau serbuk kayu, dan telah melalui proses pengaktifan guna meningkatkan daya serapnya. Sebagian masyarakat mengetahui activated charcoal atau activated carbon sebagai obat pencahar racun bulat dan berbentuk tablet. Activated charcoal tidak berbau dan tidak punya rasa.

Bubuk arang aktif ini tak punya efek samping. Selain itu harganya murah, alami, dan tak berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Arang hitam memang bisa menyerap toksin di dalam tubuh, namun tak semuanya. Zat dalam Charcoal ini akan mengikat vitamin C, niasin, pyridoxine (vitamin B6), dan thiamine (vitamin B1) dan biotin. Karenanya nutrisi tersebut sedikit banyak akan menghilang jika dimakan bersamaan dengan activated charcoal. Racun bisa diserap oleh arang aktif tergantung pada beberapa hal. Antara lain jumlah activated charcoal, jumlah racun itu sendiri, waktu konsumsi activated charcoal, serta jenis-jenis racun yang ada di dalam tubuh. Namun, apa saja kuliner yang terbuat dengan campuran charcoal ini? Yuk simak berikut ini beberapa makanan yang terbuat dari Charcoal:

1. Burger

Burger Charcoal ini merupakan pelopor dari kuliner serba hitam yang sekarang sedang nge-trend di dunia kuliner. Dengan warnanya yang hitam tidak menjadikan rasa dari burger ini berbeda dengan burger lainnya. Burger ini hanya rotinya saja yang hitam namun isinya tetap sama seperti burger lainnya.

2. Charcoal Pizza

Makanan khas Italia ini biasanya disajikan dengan adonan berwarna kecokelatan muda, namun dalam mengikuti tren saat ini, pizza ini berwarna hitam. Dikarenakan campuran dari Charcoal yang tidak akan merubah rasa ataupun baunya. Pizza ini juga sehat dikarenaknan sifat charcoal yang menyerap racun pada tubuh.

3. Es Krim Charcoal

 

Biasanya, es krim disajikan dengan warna putih, pink dan cokelat. Tapi, sekarang es krim disajikan bersama charcoal menjadi warna hitam yang pekat. Es krim charcoal ini merupakan tren yang bisa dapatkan tanpa merubah rasa dari es krim tersebut.

4. Donut Charcoal

Kuliner serba hitam lainnya adalah donat charcoal. Walaupun warna donatnya hitam, tapi rasa dan teksturnya tetap sama kayak kebanyakan donat pada umumnya. Jadi tidak usah khawatir, untuk mengkonsumsi donut charcoal ini

Pempek Charcoal

Makanan khas Palembang satu inipun ikut mewarnai dunia kulineran dengan menyajikan pempek berwarna hitam pekat dan berbeda dengan pempek biasanya yang berwarna putih. Warna hitam dari pempek ini didapatkan dari campuran charcoal yang dimasukan ke dalam adonannya.

Leave a Reply

You may also like

Memperkenalkan Resolusi Tahun Baru kepada Anak


Menjadi orangtua adalah sebuah pekerjaan seumur hidup yang…



Memutihkan Gigi Secara Alami


Siapa sih yang tidak menginginkan senyum menawan yang menunjukkan sederet gigi putih. Memang naturalnya gigi manusia tidaklah putih cerah bagaikan selembar kertas putih. Gigi manusia pada umumnya…



Bahan Pengganti Kecap Asin Agar Masakan Tetap Sedap


Kecap adalah salah satu bahan penyedap masakan yang…



Resep Roti Panggang


Belum memiliki ide dan Anda penggemar roti panggang untuk sarapan? Ingin coba sensasi lain dengan roti panggang tanpa mengindahkan kesehatan Anda? Coba resep sederhana ini…



Makanan Hitam Nan Menggiurkan Yang Ramai Diperbincangkan


Pada awal tahun ini, dunia kuliner digegerkan dengan…



Tips Menyimpan Buah dan Sayur Tanpa Kulkas


Buah dan sayuran memang memiliki banyak ragam jenisnya.…



Alternatif Kegiatan Liburan Akhir Tahun


Penghujung tahun 2018 segera tiba, sudah waktunya Anda…



Resep Ayam Tangkap Khas Aceh


Indonesia memang terkenal dengan beragam kuliner yang ada.…



Tips Agar Kentang Tidak Mudah Menghitam Setelah Dikupas


Kentang adalah salah satu sumber karbohidrat baik untuk…



Tips Memilih Ikan Salmon Segar

Ikan Salmon adalah salah satu ikan yang bisa menjadi bahan makanan yang sehat dan memiliki segudang manfaat bagi penikmatnya. Selain rasanya yang sedap, kandungan di dalamnya juga bermanfaat untuk tubuh Anda. Salmon sendiri memiliki kandungan protein yang tinggi dibanding ikan lainnya. Mineral dan vitamin dalam ikan salmon juga tergolong lengkap. Dalam salmon, terdapat mineral penting seperti kalium, selenium, dan vitamin B-12. Kandungan lain yang dianggap paling berguna dalam ikan salmon adalah asam lemak omega-3. Zat terakhir adalah asam lemak esensial alami dalam salmon, yaitu dalam bentuk asam eikosapentatonik (EPA) dan asam dokosaheksanoik (DHA) .

Jika Anda memilih salmon yang kurang baik, maka rasa, kandungan dan teksturnya akan berbeda dan hilang. Oleh karena itiu, disini kita akan membahas cara memilih salmon yang baik. Simak cara memilih ikan salmon berikut ini.

1. Warna dan tekstur

Anda pasti tahu bahwa daging ikan salmon memiliki warna orange, berbeda dengan ikan lain yang umumnya berwarna putih. Ketika membeli ikan salmon, terutama fillet, pilihlah ikan yang punya warna orange cerah dan merata. Ikan salmon yang sudah tidak segar cenderung memiliki warna yang tak merata, karena bagian atas dagingnya akan berwarna lebih gelap. Selain itu, pilihlah ikan salmon yang memiliki tekstur lunak namun tak mudah hancur.

2. Tidak Amis

Satu hal yang paling membedakan ikan salmon dengan ikan yang lainnya adalah aromanya yang berbeda. Ikan salmon ini memiliki bau yang segar dan tak begitu amis. Jika beli salmon di pasar dan mendapatkan ikan dengan aroma tak sedap dan sangat amis, maka bisa dipastikan salmon sudah tak segar dan kualitasnya sudah menurun.

3. Tidak Berair

Jika Anda membeli ikan salmon fillet dalam kemasan, pilihlah potongan ikan salmon fillet yang segar tak mengandung air. Jika Anda lihat di sudut kemasan terdapat tetesan air, maka bisa disimpulkan bahwa kualitas ikan sudah menurun dan sudah terkontaminasi udara luar.

4. Perhatikan insang dan kulit salmon

Insang yang dimiliki oleh ikan salmon segar ditunjukkan dengan warnanya yang merah segar. Jika insang berwarna pucat maka berarti salmon sudah tak segar lagi. Selain itu, ikan salmon segar juga memiliki kulit dengan sisik berkilau dan lembab.

5. Pilih ikan salmon yang bersih

Pilihlah Ikan Salmon yang bersih meskipun kotoran bisa dibersihkan, kotoran tersebut bisa mengandung bakteri yang akan mengontaminasi daging ikan salmon.

Leave a Reply

You may also like

Tips Mengolah Kepiting Agar Tidak Amis


Kepiting merupakan salah satu makanan seafood yang paling…



Resep Burritos Ayam dengan Saus Guacamole


Burrito atau taco de harina merupakan salah satu…



Tips Dasar Dekorasi Kue Ulang Tahun Homemade


Merayakan ulang tahun merupakan hal yang biasa kita…



7 Tips Praktis Menghilangkan Bau Kulkas


Kulkas memang sering dipakai dan menyimpan banyak makanan,…



Resep Cumi Bakar Madu


Menu seafood yang satu ini merupakan salah satu…



7 Tips Menambah Nafsu Makan Anak


Nafsu makan seseorang pada umumnya dipengaruhi oleh hormon…



Mengenang Masa Kecil dengan Membuat Permen Gula Asem Pedas


Permen gula asam manis adalah jajanan tradisional jaman…



9 Mitos dan Fakta Tahun Baru Imlek


Sejak tahun 2003, hari raya Imlek telah menjadi…



Resep Nasi Bakar Ikan Tuna


Tak hanya dikenal dengan kekayaan budaya dan…



Tips Agar Kentang Tidak Mudah Menghitam Setelah Dikupas

Kentang adalah salah satu sumber karbohidrat baik untuk menyuplai energi dalam tubuh. Kentang juga sering dijadikan sebagai lauk makan karena mudah diolah menjadi berbagai masakan. Untuk menghasilkan olahan kentang yang baik, tidak hanya proses masaknya yang harus Anda perhatikan, tapi juga penyimpanannya. Karena, jika kentang dibiarkan beberapa menit setelah dipotong maka akan mengalami perubahan menjadi berwarna hitam. Kentang yang sudah berubah menjadi berwarna hitam tentu saja tidak menarik lagi penampilannya. Dan ketika dimasak juga warnanya kusam dan tidak menggugah selera.

Warna Kentang Berubah Setelah Dikupas

Sama hal nya seperti buah apel, kentang juga mengalami perubahan warna setelah dikupas dan dipotong. Di dalam kentang terdapat zat yang tidak bisa bersinggungan langsung dengan oksigen udara. Jika hal ini terjadi, kentang akan mengalami oksidasi, yaitu proses zat yang bersinggungan langsung dengan oksigen di udara. Dan proses oksidasi ini yang menyebabkan warna kentang berubah menjadi hitam setelah dikupas.

Tips Agar Kentang Tidak Menghitam Setelah Dikupas

Untuk mencegah agar kentang jangan sampai berubah warna menjadi kecoklatan apalagi kehitaman setelah dikupas, proses oksidasi harus dihentikan. Artinya Anda harus membuat kentang tersebut tidak bersinggungan secara langsung dengan udara bebas. Bagaimana caranya?

Kentang dalam jumlah sedikit:

Rendam potongan kentang ke dalam air bersih dan kentang tidak akan mengalami perubahan warna lalu tiriskan.

Kentang dalam jumlah banyak:

  • Masukkan kentang yang telah dikupas ke dalam larutan 1 liter air (sesuaikan dengan banyaknya kentang) & 2 sdm garam dapur. Tiriskan.
  • Masukkan kentang yang telah dikupas ke dalam larutan 1 liter air (sesuaikan dengan banyaknya kentang) + 2 sdm garam dapur + 1 sdm kapur. Tiriskan.

Kentang yang telah melalui proses ini tidak akan berubah hitam meski tidak direndam dalam air terus menerus.

Kentang Berubah Warna Kehijauan

Pernah mengalami saat menyimpan kentang di luar ruangan dengan waktu yang cukup lama, lalu kentang itu berubah warna menjadi agak kehijauan? Jika pernah, seharusnya kentang lebih baik dibuang. Karena jika kentang sudah berubah warna menjadi warna hijau, itu menandakan bahwa kentang mengandung racun bernama solanin. Jika tetap di konsumsi, racun tersebut bisa berbahaya bagi tubuh. Pastikan seluruh anggota keluarga Anda mengetahui informasi penting ini.

Leave a Reply

You may also like

Cara Memilih Margarin yang Aman dan Sehat


Margarin adalah salah satu bahan makanan yang disukai…



Mengejutkan! Air Cucian Beras Ternyata Banyak Manfaatnya!


Manfaat Air Cucian Beras Air cucian beras biasanya…



Cara Memasak Daging dan Ikan Presto Empuk Hingga Tulang


Daging merupakan sumber protein hewani bermutu tinggi yang…



TIps Membuat Alis


Setuju gak sih kalau alis menjadi salah satu bagian penting untuk lebih percaya diri? Nah, coba tutorial sederhana berikut biar alis tampak cetar dan tetap…



Resep Banana Nugget


Jika dulu pisang lebih sering diracik menjadi pisang goreng, kali ini olahannya juga bisa dibuat menjadi pisang nugget yang lagi kekinian dan disukai anak-anak loh!…



8 Makanan Khas Imlek dan Maknanya


Tak terasa perayaan Tahun Baru Imlek akan segera…



Food Truck Makanan Gratis saat Asian Games


Hypermart Lovers! Asian Games 2018 tinggal hitungan hari…



Tips Menyimpan Buah dan Sayur Tanpa Kulkas


Buah dan sayuran memang memiliki banyak ragam jenisnya.…



Tradisi Menyambut Tahun Baru di Berbagai Negara


Tahun baru sepertinya telah menjadi suatu fenomena yang…



5 Tips Membedakan Madu Asli dan Palsu

Madu memang menjadi salah satu bahan minuman alami yang paling banyak digunakan di masyarakat karena manfaatnya, Hypermart Lovers. Untuk kesehatan seperti obat batuk, obat antioksidan, pencegah diabetes dan masih banyak lagi. Madu ini bisa sebagai bahan alami untuk perawatan kecantikan. Namun, karena kebutuhan yang sangat besar ada saja produk madu palsu yang dijual bebas. Memang cukup sulit untuk melihat dan membedakan madu asli dan madu palsu hanya dari kemasan saja.

Sebelum membahas bagaimana membedakan madu yang asli dan palsu, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu madu. Madu adalah bahan nektar yang didapatkan oleh lebah dari bunga. Nektar yang dikumpulkan di sarang lebah kemudian akan menjalani  pengolahan di dalamnya. Enzim yang dihasilkan oleh lebah akan bercampur dengan nektar, lalu masuk ke proses fermentasi untuk nektar. Kemudian proses menghasilkan madu dan semua cairan dalam madu akan keluar dan tersisa madu murni.

Wajib Hypermart Lovers ketahui, bahwa semua manfaat yang terkandung dalam madu tersebut bisa Anda dapatkan apabila madu yang dikonsumsi itu asli atau murni. Madu murni merupakan madu tanpa adanya campuran bahan lain di dalamnya. Nah, di sini kita akan membahas tips cara membedakan Madu Murni dan Madu yang sudah diberikan campuran atau bahkan madu yang palsu. Simak tips berikut ini untuk mengetahuinya!

1. Meneteskan madu ke dalam air

Cara yang pertama, Hypermart Lovers cukup masukkan satu tetes madu ke dalam air. Jika tetesan madu tersebut tidak tercampur dengan air dan terjatuh ke dasar air, maka madu tersebut asli atau murni. Apabila tetesan madu bisa tercampur atau terapung dalam air, maka bisa dikatakan bahwa madu tersebut palsu/campuran. Mudah bukan?

2. Percobaan korek api

Keaslian madu juga bisa diuji dengan melumuri ujung korek api kayu dengan madu. Kemudian, gesekkan ujung korek api yang sudah dilumuri untuk menyalakannya. Apabila korek api masih bisa menyala setelah dilumuri madu, maka madu yang digunakan adalah madu asli. Sebaliknya, jika korek api tidak mau menyala, maka kemungkinan besar madu tersebut palsu atau campuran.Membekukan madu

Hypermart Lovers bisa memasukkan madu yang telah dibeli ke dalam freezer atau lemari pembeku. Jika Madu tersebut tidak membeku setelah beberapa lama, maka madu tersebut adalah madu asli. Sebaliknya, apabila madu yang ditaruh membeku, maka madu tersebut sudah ada campurannya atau palsu!

4. Menguji madu dengan kertas

Ada lagi cara membedakan madu asli dengan madu palsu atau campuran. Caranya dengan meneteskan atau menuangkan madu pada kertas kosong. Kemudian cobalah untuk merobek kertas yang sudah dituangkan madu tersebut, Jika kertas tidak mudah robek, maka madu itu benar-benar murni atau asli. Sebaliknya, apabila kertas tersebut mudah dirobek, maka madu tersebut palsu atau sudah ada campurannya.

5. Dengan cara merebus madu menggunakan sendok

Tips terakhir, tips yang paling unik, adalah, merebus madu di atas sendok. Caranya cukup muda, Hypermart Lovers hanya perlu menyediakan 1 buah sendok makan, lalu tuangkan madu tersebut ke dalam sendok. Kemudian panaskan sendok yang sudah terisi madu diatas lilin atau api. Jika madu tersebut mengeluarkan busa yang cukup banyak dan hampir atau tumpah dari sendok tersebut, maka dapat disimpulkan madu tersebut asli atau murni. Namun, sebaliknya, jika madu tersebut hanya mengeluarkan sedikit busa, maka madu tersebut termasuk madu palsu atau madu yang sudah ada campuran bahan lain di dalamnya.

Demikian 5 cara mudah yang bisa Hypermart Lovers lakukan untuk mencari tahu apakah madu yang dimiliki asli atau sudah ada campuran dan bahkan palsu. Share info ini ke kerabat Anda agar tidak ada yang terjebak lagi ya. Atau Anda punya cara lain? Komen di bawah, ya!

Leave a Reply

You may also like

Bahan Pengganti Kecap Asin Agar Masakan Tetap Sedap


Kecap adalah salah satu bahan penyedap masakan yang…



3 Resep Makanan Khas Bali yang anti Mainstream


Jika mendengar kata “Bali” apa yang ada di…



Makanan Hitam Nan Menggiurkan Yang Ramai Diperbincangkan


Pada awal tahun ini, dunia kuliner digegerkan dengan…



Luar biasa! Dengan Cara Ini, Noda Bandel di Pakaian Hilang dalam Sekejap!


1. Bekas Keringat (Gunakan Air Lemon) Padatnya…



Luar Biasa! Kulit buah ternyata banyak manfaatnya! no 3 paling mengejutkan!


1.Apel Ternyata tidak hanya daging buahnya saja yang…



Wow 3 Jenis Garam Berikut Ini Dapat Membuat Masakan Terasa Lezat! Nomer 2 Paling Mantap!


Garam merupakan bumbu dapur yang sangat penting dan dapat menambah kenikmatan masakan. Kehadiran garam dapat membuat makanan yang terasa hambar menjadi lezat. Di indonesia sendiri,…



Resep Ayam Teriyaki, Cocok untuk Berbuka dan Sahur!


Ayam teriyaki adalah resep masakan ayam dengan bumbu…



Ternyata air cucian beras masih ada manfaatnya! untuk apa saja?


Apa yang Anda lakukan dengan air cucian beras?…



Tahun Baru Saka, Makna dan Harapan


Hari Raya Nyepi merupakan acara peringatan Tahun…



BACK TO SCHOOL! 5 Tips Agar Anak Semangat Masuk Sekolah

Liburan sekolah merupakan waktu yang paling menyenangkan bagi anak-anak karena mereka memiliki waktu luang yang lebih banyak untuk bermain setelah berbulan-bulan melakukan aktivitas padat untuk belajar. Liburan biasanya diisi dengan berbagai macam aktivitas, baik itu bersantai di rumah ataupun pergi ke suatu tempat seperti pantai atau gunung.

Namun, terkadang liburan yang menyenangkan tersebut tidak selamanya membawa efek positif bagi anak-anak ketika harus kembali ke sekolah. Tidak jarang liburan membuat semangat untuk kembali belajar menurun. Sindrom pasca liburan ini kerap kali dialami oleh semua orang, baik itu orang dewasa ataupun anak-anak.

Pada umumnya, gejala dari sindrom pasca liburan panjang ini yaitu semangat yang menurun, susah bangun pagi atau enggan untuk belajar. Kondisi seperti ini terkadang membuat para orangtua merasa kebingungan dan mencari cara untuk membangkitkan kembali semangat anak-anak untuk belajar. Hal seperti ini sebenarnya tidak akan terjadi apabila pada waktu liburan para orangtua menerapkan kedisiplinan dan mengorganisir waktu liburan si kecil.

Berikut Tips Mengatasi Holiday Syndrome Pada Anak-Anak

1. Membiasakan anak untuk tidur lebih awal
Pada waktu libur biasanya para orangtua membiarkan anak-anak tidur semaunya tanpa terjadwal. Kebiasaan seperti ini yang memicu sindrom pasca liburan pada anak-anak sehingga semangat mereka untuk belajar menurun. Kebiasaan tidur larut malam pada waktu liburan akan berdampak negatif ketika anak harus kembali masuk sekolah. Mereka cenderung susah untuk bangun pagi dan tidak bersemangat untuk pergi ke sekolah.

2. Hindari kebiasaan bangun siang pada waktu liburan
Bangun siang adalah hal yang paling disukai oleh anak-anak ketika liburan. Namun, kebiasaan ini akan terus berlanjut sampai tiba waktunya harus kembali ke sekolah. Tentunya hal ini menjadi kebiasaan buruk pada waktu libur yang menjadi kebiasaan pada hari-hari biasa. Maka dari itu, Hypermart Lovers sebagai orangtua hendaknya tidak membiarkan anak untuk melakukan kebiasan tersebut pada waktu libur karena bisa berdampak buruk pada anak ketika harus kembali ke sekolah. Biasakan supaya anak bangun pagi meskipun sedang libur supaya ketika harus masuk sekolah lagi, mereka akan terbiasa untuk bangun pagi.

3. Usahakan supaya anak tetap belajar pada waktu libur
Ketika libur biasanya aktivitas belajar anak terhenti sehingga hal ini akan berdampak ketika anak kembali sekolah. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya pada waktu libur, Hypermart Lovers tetap menyarankan anak untuk belajar dengan intensitas yang lebih sedikit. Dengan begitu pada waktu anak harus kembali bersekolah maka semangat belajar anak akan tetap stabil.

4. Memberikan perlengkapan sekolah yang baru pada anak
Supaya si kecil tetap semangat untuk belajar setelah liburan, Hypermart Lovers bisa menyiasatinya dengan memberikan perlengkapan sekolah yang baru. Anak-anak biasanya tidak sabar untuk mencoba perlengkapan sekolah yang baru sehingga hal ini akan memicu semangat anak setelah liburan.

5. Menciptakan suasana hari-hari terakhir liburan yang menyenangkan dan bermanfaat
Suasana liburan yang menyenangkan akan membuat anak kembali bersemangat untuk sekolah. Selain itu, isi liburan anak dengan berbagai hal bermanfaat yang berkaitan dengan pelajaran di sekolahnya. Dengan begitu, anak akan bersemangat untuk kembali ke sekolah dan bertemu dengan teman-temannya. Hypermart Lovers bisa mengisi liburan anak dengan mengajaknya jalan-jalan ke museum ataupun tempat bersejarah lainnya.

Itulah 5 tips mengatasi sindrom pasca liburan pada anak-anak yang bisa Hypermart Lovers lakukan untuk membangkitkan kembali semangat belajar si kecil. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Hypermart Lovers dalam mengatasi hal tersebut!

Leave a Reply

You may also like

Memasak Bubur Suro, Makanan Khas Saat Tahun Baru Islam


Besok umat Muslim akan memperingati Tahun baru Islam,…



5 Barang Alternatif Pengganti Plastik yang Ramah Lingkungan!


Pemakaian beberapa bahan plastik menjadi masalah serius belakangan…



Kado Unik Spesial untuk Valentine


Tanggal 14 Februari yang diperingati sebagai hari kasih…



Resep Sup Jagung Telur yang Cocok untuk Cuaca Dingin


Jagung merupakan bahan makanan yang lezat serta bisa…



Ramadan Tiba! Siapkan Menu Praktis Untuk Sahur Dengan Tips Ini


Bulan puasa segera tiba kurang dari seminggu lagi.…



Ternyata 3 Jenis Ikan Bermanfaat Untuk Si Kecil


Bunda pastinya ingin memberikan gizi terbaik untuk buah…



Resep buka puasa seru Lemon Cheesecake yang mudah banget dibuat


Halo Hypermart Lovers! Berbuka puasa identik dengan yang manis-manis, mulai dari minuman hingga makanan. Tentunya juga acara berbuka puasa terasa tidak lengkap jika tidak ditemani…



Resep Ayam Teriyaki


Jepang adalah salah satu negara yang memiliki banyak…



Lima Makanan Tradisional Teman Perjuangan Saat Melawan Penjajah


Kemerdekaan Indonesia tidak pernah lepas dari sejarah. Salah…



5 Bahan Makanan yang Wajib Tersedia di Dapur

Hypermart Lovers pernah mengalami keadaan darurat di dapur dimana tidak ada bahan makanan sehat yang tersedia? Keadaan seperti ini bisa bikin panik apalagi jika si kecil yang berteriak kelaparan. Selain berbagai makanan praktis seperti mi, sarden, dan nugget, pastikan Hypermart Lovers selalu siap sedia bahan-bahan makanan yang sehat di kulkas dan di dapur.

1. Telur

nutritious protein yolk life organic Free Photo

Telur adalah bahan makanan yang serba bisa. Bisa nikmat dimakan dengan nasi saja, bisa juga diolah menjadi berbagai macam makanan. Sediakan cukup telur di dapur Hypermart Lovers agar menú makan sederhana sekalipun tetap bergizi.

2. Buah-Buahan Segar

Hand holding apple in store Free Photo

Selain diperlukan untuk kesehatan, buah-buahan segar juga baik untuk menjaga berat badan. Kapan pun Hypermart Lovers memerlukan camilan, Hypermart Lovers bisa memilih buah-buahan yang segar dan cukup mengenyangkan seperti anggur, apel, atau pisang. Selain dimakan langsung, Hypermart Lovers juga bisa membuat berbagai makanan penutup dan jus.

3. Susu (atau pengganti susu sejenis)

Close-up of glass with milk Free Photo

Empat sehat lima sempurna. Selalu sediakan susu di kulkas untuk berbagai keperluan. Bisa diminum begitu saja, atau disajikan dengan sereal, buah, atau sebagai pelengkap berbagai olahan makanan.

4. Keju

Cheeses of different types on a white background Free Photo

Apapun akan berkali lipat lebih nikmat dengan sentuhan keju. Hypermart Lovers setuju?

5. Bawang dan bumbu

Beautiful Tasty Appetizing Ingredients Spices Red Chilli Pepper Grocery for Cooking Healthy Kitchen. Free Photo

Tanpa bumbu, makanan apa pun tidak cukup sempurna. Selalu sedia berbagai rempah dan bumbu untuk memperkuat rasa makanan. Sebagai alternatif, kita juga bisa sediakan saus tomat, saus sambal, berbagai saus pasta atau bumbu siap masak lainnya.

Sudahkah Hypermart Lovers menyediakan bahan makanan di atas? Atau Hypermart Lovers punya pilihan lain?

Garam merupakan bumbu dapur yang sangat penting dan dapat menambah kenikmatan masakan. Kehadiran garam dapat membuat makanan yang terasa hambar menjadi lezat. Di indonesia sendiri, garam yang terkenal adalah garam yang berwarna putih. Nyatanya, selain itu banyak garam jenis lain dengan berbagai kandungan, warna dan rasa yang berbeda. Apakah ada Hypermart Lovers yang mengetahui apa saja jenis garam yang ada selain garam putih? jika belum, yuk kita ketahui lebih dalam!

1. Garam Himalaya
Garam ini mulai masuk di indonesia dan mulai banyak digunakan oleh orang indonesia. Garam ini dipanen dari Pakistan dekat dengan Himalaya. Warna merah muda pada garam berasal dari kandungan kaya mineral yang terdapat di dalamnya, seperti magnesium, kalium, dan kalsium.

2. Garam Celtic
Garam satu ini dipanen dari laut Celtic di lepas pantai Prancis. Warna garam ini khas, yakni abu-abu. Cocok digunakan untuk memasak ikan dan daging. Belum banyak masyarakat Indonesia yang mengetahui garam jenis ini.

3. Garam Kosher

Garam satu ini juga biasa ditemui di dapur-dapur rumah. Ukuran garam kosher besar-besar dan kasar. Butirannya yang besar cocok untuk membumbui daging yang bakal memberi ledakan rasa pada masakan. Walau ukurannya besar, rasanya cepat menyebar dan mudah larut pada makanan. Di pasaran, garam kosher ada yang sudah diberi tambahan yodium dan tidak. Sebaiknya perhatikan label, sebelum membeli untuk mengetahui kandungannya.

Menarik ya, Hypermart Lovers?! Yuk segera cicipi berbagai garam tadi!