Welcome to Hypermart
Sign in    |    Sign up

Tips Menyimpan Buah dan Sayur Tanpa Kulkas

Buah dan sayuran memang memiliki banyak ragam jenisnya. Terkadang banyak orang kurang memperhatikan ketika mereka membelinya dalam jumlah banyak untuk dijadikan pasokan di dapur. Entah itu saat mereka menyimpannya kurang tepat, sehingga mengakibatkan bahan dasar ini mudah sekali atau cepat membusuk. Padahal  kandungan berupa vitamin, antioksidan, gizi, mineral, dan serat alami di dalamnya, merupakan asupan penting bagi tubuh untuk dikonsumsi setiap hari. Sebenarnya tidak ada salahnya bila Anda memiliki persediaan buah dan sayuran di dalam kulkas maupun di tempat penyimpanan lainnya. Asalkan mengetahui cara tepat dalam menyimpannya agar tetap segar dan bertahan lebih lama. Inilah cara menyimpan buah dan sayuran agar bertahan sampai satu bulan :

1. Memilih buah dan sayuran sebelum di simpan

Langkah penyortiran memang menjadi salah satu cara tepat sebelum buah dan sayuran tersebut diletakkan ke dalam rak kulkas, atau menyimpan tanpa kulkas. Mulailah memisahkan antara sayur dan buah segar dengan jenis yang layu atau kondisi daunnya mulai menguning.

2. Mencuci Sampai Bersih

Bersihkanlah dengan menggunakan air mengalir sampai tidak ada satu pun kotoran  menempel di dalamnya. Bila Anda berkenan untuk membersihkannya ke dalam wadah namun air sudah kotor, sebaiknya ganti dengan air bersih. Lalu cuci kembali sampai tidak ada kotoran atau debu yang terselip di dalamnya

3. Pengeringan

Penerapan proses pengeringan buah dan sayuran sehabis dicuci dengan air amatlah penting, agar tetap awet meski tanpa kulkas saat menyimpannya. Anda bisa menggunakan pengering untuk mengeringkannya secara mudah dan cepat. Jangan lupa untuk memastikan keadaan buah dan sayuran sudah kering, sehingga sudah siap untuk disimpan.

4. Menggunakan Tisu

Tisu bisa dijadikan sebagai pembungkus untuk mengondisikan sayur dan buah agar tetap segar dalam keadaan kering. Sehingga cara ini berguna untuk mencegah dari timbulnya kerusakan di saat menyimpan buah dan sayuran di rak kulkas. Namun janganlah membasahi tisu kembali dengan air, karena agar dapat menyerap secara maksimal uap cairan yang dikeluarkan dari sayuran atau buah tersebut. Saat kondisi tisu pembungkusnya sudah terlalu basah karena banyaknya cairan terserap, maka Anda harus menggantikannya dengan tisu kering yang sudah tersedia. Sehingga kondisinya akan tetap awet, serta dapat juga memasaknya kapan saja.

5. Gunakan Plastik Sebagai Penutup

Setelah proses pengeringan usai, membungkus sayuran dan buah merupakan cara sederhana untuk membuatnya awet saat disimpan. Baik itu diletakkan ke dalam kulkas, maupun tempat lain tanpa kulkas. Untuk cara menyimpan buah dan sayuran tanpa kulkas, sebaiknya simpan di tempat sejuk. Agar kondisinya tetap awet, segar, bisa lebih mudah dalam mengolahnya, serta dapat terhindar dari kerusakan.

6. Berilah Lubang pada Plastik

Lubangi plastik yang digunakan untuk membungkusnya, bertujuan agar udara segar dapat masuk ke dalamnya. Seperti terlihat di mini market, mengenai berbagai macam buah, dan sayuran disimpan dalam kulkas maupun freezer.

7. Gunakan Kertas Roti atau Handuk Kering

Selain menggunakan plastik, gunakan kertas roti atau handuk kering yang tidak terpakai sebagai pembungkus alternatifnya. Kedua bahan ini dapat berfungsi menjadikan kondisi sayuran dan buah tetap segar saat disimpan.

8. Pisah Tempat Buah dan Sayuran

Disaat menyimpan buah dan sayuran, usahakan berikan rak tersendiri dan jangan sampai tercampur dengan bahan lainnya. Semisal mencampur tempat penyimpanannya dengan buah-buahan dalam satu rak di kulkas.

9. Periksa Secara Berkala

Pastikan secara berkala apakah kondisi buah dan sayuran masih segar, hijau, atau malah sebaliknya. Jika kondisi buah dan sayuran mulai rusak atau membusuk, langsung saja segera memisahkannya dan membuangnya.

 

Bagaimana Hypermart Lovers? Tertarik mencoba menyimpan buah dan sayur tanpa menggunakan kulkas? Jangan lupa ikuti langkah-langkah diatas, ya!

Leave a Reply

You may also like

7 Tips Menambah Nafsu Makan Anak


Nafsu makan seseorang pada umumnya dipengaruhi oleh hormon…



Luar Biasa! Kulit buah ternyata banyak manfaatnya! no 3 paling mengejutkan!


1.Apel Ternyata tidak hanya daging buahnya saja yang…



3 Resep Makanan Khas Bali yang anti Mainstream


Jika mendengar kata “Bali” apa yang ada di…



Siapa bilang bulan puasa tidak bisa berhemat? temukan tipsnya disini!


Biasanya di bulan puasa pengeluaran rumah tangga semakin membengkak. Pengeluaran kita menjadi jauh lebih tinggi dibandingkan bulan-bulan biasa. Apalagi kalau ada tawaran berbuka puasa di luar…



5 Peralatan Masak Jaman Dahulu yang Hampir Terlupakan


Peralatan masak di dapur adalah salah satu hal…



Ini Hal yang Perlu Diketahui Ketika Menyiapkan Perlengkapan Bayi!


Menyiapkan perlengkapan untuk calon buah hati merupakan hal…



Praktis Menghilangkan Noda Membandel


Noda pada baju bisa membuat pemakainya tidak percaya diri alias…



Kado Unik Spesial untuk Valentine


Tanggal 14 Februari yang diperingati sebagai hari kasih…



Tradisi Menyambut Tahun Baru di Berbagai Negara


Tahun baru sepertinya telah menjadi suatu fenomena yang…



Selain Jeruk, Gunakan 5 Bahan Ini untuk Menghilangkan Bau Amis pada Ikan!

Selain memiliki daging yang sehat dan kaya protein, ikan juga merupakan makanan yang kaya akan omega 3 sehingga sangat baik untuk kesehatan dan kecerdasan otak. Sebagian besar orang bisa dipastikan suka dengan ikan. Namun, beberapa orang mungkin malas mengolah ikan menjadi masakan karena baunya yang amis.

Demi menghasilkan olahan ikan yang sedap dan lezat, proses membersihkan ikan harus dilakukan dengan baik. Termasuk saat menghilangkan bau amisnya. Untuk menghilangkan bau amis pada ikan, salah satu cara termudahnya adalah dengan menggunakan air perasan jeruk nipis atau jeruk lemon. Tapi ternyata masih ada sejumlah cara dan alternatif lain yang bisa dipilih untuk menghilangkan bau amis ini. Nah, berikut sejumlah alternatif yang bisa dicoba untuk menghilangkan bau amis pada ikan selain menggunakan air perasan jeruk!

1. Cuka

Siapkan dan larutkan cuka dengan air secukupnya. Lalu rendam ikan pada larutan tersebut selama beberapa menit. Atau cukup dioleskan saja ke daging ikan untuk kemudian dibilas dengan air bersih.

2. Mentimun

Parutan mentimun juga bisa digunakan untuk menetralkan bau amis pada ikan. Tinggal balurkan secara merata pada ikan, diamkan sekitar 20 menit, lalu bilas dengan air bersih yang mengalir.

3. Jahe

Aroma jahe yang khas bisa digunakan untuk mengatasi bau amis pada ikan. Caranya bisa dengan menyiapkan jahe yang sudah dihaluskan atau diparut, kemudian dibalurkan ke ikan untuk kemudian dicuci bersih.

4. Garam

Cuci bersih ikan, lalu baluri dengan garam. Diamkan sekitar lima menit, baru cuci bersih ikan dengan menggunakan air kran atau air mengalir. Sebisa mungkin ketika ikan diolah tidak menggunakan garam yang terlalu banyak agar tidak keasinan.

5. Asam jawa

Remas asam jawa lalu balurkan ke daging ikan sampai merata. Diamkan dualu selama 20 menit lalu bilas dengan air mengalir. Kalau ada daun serai bakal lebih bagus lagi karena aroma daun serai bisa membantu menetralkan bau amis pada ikan.

Cukup mudah bukan, Hypermart Lovers cara untuk menghilangkan bau amis pada ikan?

Leave a Reply

You may also like

Resep Sambel Goreng Krecek


Krecek adalah kulit sapi yang dikeringkan dan dapat…



Arti Perlombaan pada 17 Agustus


Sesaat setelah masuk bulan Agustus sepertinya ada hal…



Ternyata 3 Jenis Ikan Bermanfaat Untuk Si Kecil


Bunda pastinya ingin memberikan gizi terbaik untuk buah…



Ini Hal yang Perlu Diketahui Ketika Menyiapkan Perlengkapan Bayi!


Menyiapkan perlengkapan untuk calon buah hati merupakan hal…



Memutihkan gigi gak perlu mahal! Gunakan bahan-bahan alami ini!


Memiliki gigi putih tentunya akan menambah rasa percaya diri ketika berfoto maupun berbicara pada seseorang. Salah satu cara mendapatkan gigi putih yang jadi tren saat…



Siapa bilang bulan puasa tidak bisa berhemat? temukan tipsnya disini!


Biasanya di bulan puasa pengeluaran rumah tangga semakin membengkak. Pengeluaran kita menjadi jauh lebih tinggi dibandingkan bulan-bulan biasa. Apalagi kalau ada tawaran berbuka puasa di luar…



7 Tips Praktis Menghilangkan Bau Kulkas


Kulkas memang sering dipakai dan menyimpan banyak makanan,…



Resep Cumi Bakar Madu


Menu seafood yang satu ini merupakan salah satu…



Selain Jeruk, Gunakan 5 Bahan Ini untuk Menghilangkan Bau Amis pada Ikan!


Selain memiliki daging yang sehat dan kaya protein,…



Tahun Baru Saka, Makna dan Harapan

Hari Raya Nyepi merupakan acara peringatan Tahun Baru Saka bagi umat Hindu yang mayoritas berada di Bali. Kali ini tahun baru saka memasuki tahun yang ke 1941 bertepatan dengan Kamis 7 Maret 2019 di kalender Masehi.

 

Nyepi sendiri berasal dari sepi yang berarti sunyi. Perayaan Nyepi di Bali identik dengan tidak adanya kegiatan dunia selama satu hari yang dimulai dari malam harinya. Bukan hanya masyarakat Hindu saja namun juga seluruh masyarakat yang berada di Bali.

 

Makna dari tradisi Nyepi adalah hari dimana semua umat Hindu merefleksikan diri dengan apa yang diperbuatnya selama satu tahun yang lalu. Tujuan utama hari raya Nyepi adalah memohon ke hadapan Tuhan Yang Maha Esa , untuk menyucikan Bhuana Alit (alam manusia/microcosmos) dan Bhuana Agung (alam semesta).

 

Dalam perayaan Nyepi, ada beberapa fakta menarik nih buat Hypermart Lovers yang belum tahu. Berikut fakta-fakta menarik terkait Nyepi:

 

  1. Pantangan Umat Hindu di Hari Nyepi

Bagi umat Hindu ada empat pantangan yang harus ditaati di saat Nyepi yaitu tidak bekerja, tidak berpergian, tidak menyalakan api dan tidak bersenang-senang. Hal ini berlaku juga bagi masyarakat di Bali. Bagi yang melanggar akan terkena teguran oleh pecalang yaitu petugas keamanan adat di bali.

 

  1. Pertunjukan Budaya yang Unik

Dua hari sebelum Nyepi, biasanya umat Hindu akan melaksanakan Melasti atau sembahyang di laut. Sehari sebelum Nyepi, akan dilaksanakan Mecaru atau pawai ogoh-ogoh. Sehari setelah Nyepi ada tradisi omed-omedan atau berciuman massal untuk menolak bala.

 

  1. Jalanan Kosong

Selama perayaan Nyepi berlangsung tidak ada satu pun kendaraan yang boleh melintas. Hanya ambulans yang diperbolehkan untuk melintas sambil dikawal oleh pecalang atau petugas keamanan adat di Bali.

 

  1. Bandara Berhenti Beroperasi

Selama 24 jam bandara tidak melayani penerbangan baik ke sesama wilayah Indonesia atau pun mancanegara. Semua kegiatan yang berhubungan dengan transportasi seperti terminal, pelabuhan dan jalan tol ditutup pada saat Nyepi.

 

  1. Bertabur Bintang di Malam Hari

Saat Nyepi, pada malam harinya langit di Bali akan bertabur dengan bintang meskipun hanya melihat dengan mata telanjang. Namun para traveller yang sedang berlibur di Bali hanya bisa menyaksikan di area penginapan.

 

  1. Manfaat Bagi Lingkungan

Pada saat perayaan Nyepi, di Bali mereduksi gas karbon dioksida (H2O) sebanyak 20.000 ton dalam sehari. Selain itu juga menghemat listrik sebanyak 60 persen yang jika dirupiahkan akan menghemat sekitar Rp 4 miliar atau sekitar 290 (MW) megawatt. (Tribun Bali menurut postingan akun Facebook Hindu Indonesia)

 

7.Hotel Lebih Murah

Bagi yang ingin berlibur ke Bali dan berencana untuk menginap, saat Nyepi hotel akan memberi paket dengan harga murah. Paket akan dilengkapi makan pagi, siang dan malam. Selain itu juga ada beragam aktifitas menarik untuk menghibur tamu hotel di hari Nyepi.

 

Nah, Hypermart Lovers jangan lupa untuk selalu menghormati berbagai perbedaan yang ada di sekitar kita termasuk ketika sedang merayakan Hari Besar Agama. Selamat tahun Baru Saka 1941 bagi yang merayakan.

Leave a Reply

You may also like

Cintai Lingkungan, Seperti Mencintai Diri Sendiri


Tahukah Hypermart Lovers bahwa setiap tanggal 10 Januari,…



Siapa bilang bulan puasa tidak bisa berhemat? temukan tipsnya disini!


Biasanya di bulan puasa pengeluaran rumah tangga semakin membengkak. Pengeluaran kita menjadi jauh lebih tinggi dibandingkan bulan-bulan biasa. Apalagi kalau ada tawaran berbuka puasa di luar…



Resep Cumi Bakar Madu


Menu seafood yang satu ini merupakan salah satu…



Memasak Bubur Suro, Makanan Khas Saat Tahun Baru Islam


Besok umat Muslim akan memperingati Tahun baru Islam,…



7 Tips Praktis Menghilangkan Bau Kulkas


Kulkas memang sering dipakai dan menyimpan banyak makanan,…



Ternyata Es Teh Manis Tidak Cocok Untuk Berbuka Puasa! Temukan Jawabannya disini!


Saat berbuka puasa yang banyak sekali orang-orang yang…



Selain Jeruk, Gunakan 5 Bahan Ini untuk Menghilangkan Bau Amis pada Ikan!


Selain memiliki daging yang sehat dan kaya protein,…



Digital Mom


Digital Mom' menghabiskan cukup banyak waktu menjelajahi internet untuk belanja maupun mencari tahu berbagai hal penting dan menarik untuk anak dan keluarganya. Tidak hanya mengenai…



Makanan Sisa dalam Kulkas? Jangan Dibuang!


Pastinya pernah mengalami kelebihan makanan sisa dalam jumlah…



Kado Unik Spesial untuk Valentine

Tanggal 14 Februari yang diperingati sebagai hari kasih sayang akan segera tiba. Biasanya banyak pasangan yang membuat rencana sedemikian rupa supaya hari kasih sayang akan terasa istimewa. Jatuh pada hari Kamis nanti, tentu sudah banyak dari Anda yang sudah berpasangan ini segera menghabiskan hari istimewa ini dengan orang terkasih. Karena jatuh di hari kerja pasti banyak dari Anda yang merasa kecewa, tenang saja hari istimewa tidak harus dirayakan tepat hari itu juga. Kehangatan valentine masih bisa dirayakan kapanpun dan dimanapun tidak perlu mematok tanggal pada bulan februari.

Pada perayaan Hari Valentine, biasanya kado yang diberikan oleh kekasih adalah cokelat dan bunga. Selain cokelat dan bunga,  ada banyak sekali hadiah yang dapat diberikan kepada orang terkasih. Salah satunya adalah souvenir buatan tangan atau bahkan kue buatan sendiri. Selain lebih berkesan namun juga rasa kasih sayang dalam hadiah tersebut lebih tersampaikan.

Berikut ini hadiah-hadiah yang bisa Anda berikan kepada sang kekasih :

1. Throw Pillow

Cokelat dan bunga sangat identik sebagai hadiah di hari kasih sayang, namun akan lebih istimewa lagi jika Anda memberikan hadiah yang lebih personal. Memberikan bantal untuk pasangan bisa menjadi hadiah yang sangat istimewa, lho! Bantal unik dan nyaman dihiasi dengan aksen personal bisa menambah kenyamanan momen kebersamaan Anda di rumah. Menariknya lagi, bantal yang lucu dan lembut ini juga bisa melengkapi dekorasi unik di rumah Anda.

2. Photo Book

Berikan sang kekasih kejutan manis dengan hadiah berupa Photo book. Anda dapat mengumpulkan momen romantis dan menyenangkan dalam sebuah album personal yang dapat dikenang selamanya. Tambahkan juga beberapa note pada setiap halamannya. Sentuhan personal akan membuat hadiah ini menjadi semakin istimewa.

3. Canvas Art

Tak hanya bisa mengabadikan momen dengan sempurna, canvas art juga cocok dijadikan dekorasi menarik di setiap ruangan. Gantung saja canvas art di kamar Anda untuk menambahkan aksen personal dan unik. Ini juga bisa menjadi hadiah yang sempurna untuk pasangan Anda, lho!

4. Tote Bag

Tak ada cara yang lebih spesial untuk menyenangkan hati pasangan Anda selain memberikannya tote bag. Selain bisa dibawa kemana-mana tote bag yang didesain khusus untuk pasangan Anda akan menjadi hadiah super spesial!

5. Gadget Case

Tak ada yang lebih personal dari gadget case yang selalu dibawa ke mana saja menemani aktivitas pasangan Anda seharian. Pastikan pasangan Anda bisa selalu merasakan kasih sayang dan suntikan semangat untuk menjalani harinya setiap kali manatap personalized gadget case buatan Anda.

6. Photo Prints

Jangan biarkan koleksi foto romantis Anda hanya tersimpan di dalam galeri ponsel. Ubah foto-foto tersebut menjadi koleksi photo prints yang akan membuat pasangan Anda tersenyum manis setiap kali melihatnya. Selain sangat cocok untuk dijadikan hadiah di hari kasih sayang, photo prints dengan wooden stand juga dapat mempermanis dekorasi meja Anda.

Sekarang, Anda tak perlu bingung memilih kado Valentine unik untuk pasangan bukan? Ketujuh ide di atas dijamin akan membuat pasangan Anda merasa istimewa di tanggal 14 Februari. Semoga pasangan Anda suka dengan kado yang diberikan, ya!

Leave a Reply

You may also like

Makanan Sisa dalam Kulkas? Jangan Dibuang!


Pastinya pernah mengalami kelebihan makanan sisa dalam jumlah…



Memutihkan Gigi Secara Alami


Siapa sih yang tidak menginginkan senyum menawan yang menunjukkan sederet gigi putih. Memang naturalnya gigi manusia tidaklah putih cerah bagaikan selembar kertas putih. Gigi manusia pada umumnya…



Jus VS Smoothie


Hypermart Lovers, Jus dan smoothie adalah dua alternatif minuman sehat yang dapat dikonsumsi sehari-hari dan praktis pembuatannya. Keduanya memiliki manfaat untuk kesehatan. Jus dapat meberikan…



9 Mitos dan Fakta Tahun Baru Imlek


Sejak tahun 2003, hari raya Imlek telah menjadi…



Luar biasa! Dengan Cara Ini, Noda Bandel di Pakaian Hilang dalam Sekejap!


1. Bekas Keringat (Gunakan Air Lemon) Padatnya…



Resep Roti Panggang


Belum memiliki ide dan Anda penggemar roti panggang untuk sarapan? Ingin coba sensasi lain dengan roti panggang tanpa mengindahkan kesehatan Anda? Coba resep sederhana ini…



Memperkenalkan Resolusi Tahun Baru kepada Anak


Menjadi orangtua adalah sebuah pekerjaan seumur hidup yang…



Ternyata air cucian beras masih ada manfaatnya! untuk apa saja?


Apa yang Anda lakukan dengan air cucian beras?…



5 Tips Membedakan Madu Asli dan Palsu


Madu memang menjadi salah satu bahan minuman alami…



Resep Molten Lava Cake untuk Rayakan Valentine!

Cokelat adalah salah satu jenis makanan favorit anak-anak sampai orang tua. Rasanya yang manis sering membuat cokelat dipakai sebagai bahan dasar olahan makanan dan minuman penggoyang lidah. Banyak pula aneka kue yang terbuat dari ramuan berbahan dasar cokelat, contohnya dessert-dessert yang bisa dijadikan makanan penutup seperti chocolate lava cake. Rasanya yang lembut dan padat diluar, cokelat akan melumer didalam mulut begitu akan langsung terasa saat masuk mulut. Molten lava cake saat ini menjadi trending topic di berbagai restoran yang menyediakan menu cake pada umumnya. Tidak hanya untuk dinikmati, akan tetapi molten lava cake ini sudah booming diberbagai penjuru dunia apalagi di Indonesia. Apalagi Hari Valentine yang identik dengan cokelat, daripada membelinya mendingan kita bikin yuk. Simak resepnya disini :

Bahan :

  • 100gr dark cokelat, dicincang
  • 2 butir telur ayam
  • 100gr butter
  • 100gr gula pasir halus atau gula bubuk
  • 2 kuning telur
  • 85 gr tepung terigu protein sedang
  • 15gr cokelat bubuk
  • cokelat bubuk untuk taburan cetakan dari molten lava cake
  • Gula bubuk untuk taburan juga
  • Yang terakhir adalah margarine untuk olesan cetakan

 

Cara membuat Molten Lava Cake :

  1. Langkah pertama, oleskan cetakan dengan margarine yang sudah disediakan. Kemudian simpan cetakan tersebut kedalam lemari es agar margarine yang dioleskan cepat membeku.
  2. Kemudian, oleskan lagi margarine pada cetakan yang sudah membeku dengan ditaburi bubuk cokelat, lalu sisihkan.
  3. Selanjutnya, tim dark chocolate dan juga butter sampai meleleh. Setelah itu sisihkan terlebih dahulu agar dingin
  4. Kocok telur ayam lalu campurkan dengan gula pasir dan juga kuning telur. Kocok adonan tersebut sampai mengembang dan kental.
  5. Setelah adonan mulai mengembang, tambahkan tepung terigu protein sedang dan juga cokelat bubuk sambil diayak diatas adonan tersebut. Dan aduk adonan dengan mixer sampai tercampur rata
  6. Setelah tercampur, tambahkan dark chocolate yang sudah dilelehkan kemudian aduk lagi sampai merata kembali.
  7. Langkah berikutnya yaitu menuangkan adonan kedalam cetakan sampai penuh dan disimpan ke dalam lemari es selama 30 menit. Tunggu sampai adonan membeku terlebih dahulu.
  8. Kemudian, panaskan oven dengan suhu sekitar 200 derajat celcius dan panggang adonan selama 13 menit sampai terlihat bagian samping dan juga atas cake terlepas dari cetakan.
  9. Setelah selesai, angkat kue dari oven dan diamkan sekitar 2 menit. Dan letakkan di piring dan taburi dengan gula halus. Molten lava cake siap untuk disajikan.

 

Tips membuat Molten Lava Cake :

Ada beberapa catatan ketika Anda membuat molten lava cake. Saat memanggang kue ini, Anda harus sangat berhati-hati dan perlu diawasi karena jika Anda terlalu lama memanggang ataupun terlalu sebentar memanggangnya maka kue ini tidak akan jadi. Kelemahan dari resep molten lava cake ini adalah menjaga lelehan cokelat yang ada di dalam kue agar tetap berada pada tempatnya. Apabila Anda memanggangnya terlalu cepat maka adonan tidak akan matang dengan merata. Dapat dipastikan beberapa bagian masih mentah. Dan apabila Anda memanggangnya terlalu lama, maka bisa jadi adonannya gosong bahkan cokelat yang ada di dalam adonan akan meleleh keluar. Oleh karena itu Anda perlu berhati-hati dalam memanggangnya.

Leave a Reply

You may also like

Cintai Lingkungan, Seperti Mencintai Diri Sendiri


Tahukah Hypermart Lovers bahwa setiap tanggal 10 Januari,…



Memutihkan Gigi Secara Alami


Siapa sih yang tidak menginginkan senyum menawan yang menunjukkan sederet gigi putih. Memang naturalnya gigi manusia tidaklah putih cerah bagaikan selembar kertas putih. Gigi manusia pada umumnya…



Lima Makanan Tradisional Teman Perjuangan Saat Melawan Penjajah


Kemerdekaan Indonesia tidak pernah lepas dari sejarah. Salah…



Arti Perlombaan pada 17 Agustus


Sesaat setelah masuk bulan Agustus sepertinya ada hal…



Resep Ayam Teriyaki


Jepang adalah salah satu negara yang memiliki banyak…



5 Peralatan Masak Jaman Dahulu yang Hampir Terlupakan


Peralatan masak di dapur adalah salah satu hal…



5 Barang Alternatif Pengganti Plastik yang Ramah Lingkungan!


Pemakaian beberapa bahan plastik menjadi masalah serius belakangan…



Resep Sup Jagung Telur yang Cocok untuk Cuaca Dingin


Jagung merupakan bahan makanan yang lezat serta bisa…



Manfaat Susu


Hypermart lovers, kita tahu susu adalah minuman yang kaya akan kalsium, sehingga baik untuk pertumbuhan dan kepadatan tulang. Bukan cuma itu manfaatnya, susu merupakan sumber…



8 Makanan Khas Imlek dan Maknanya

Tak terasa perayaan Tahun Baru Imlek akan segera tiba. Dan pada tahun baru Imlek 2569, merupakan tahun shio Babi. Ada banyak sekali tradisi yang perlu dilakukan saat merayakan Imlek, salah satunya adalah makan bersama dengan keluarga besar. Dan dari tahun ke tahun, secara turun menurun, keluarga Tionghoa di Indonesia merayakan Imlek selalu menghidangkan beberapa sajian makanan wajib yang memiliki makna tersendiri. Dan menurut kepercayaan turun temurun keluarga Tionghoa, makanan-makanan ini merupakan simbol pengharapan dan doa agar di tahun yang baru, seluruh anggota keluarga dilimpahi kesehatan dan keberuntungan. Berikut ini makanan-makanan khas Imlek beserta maknanya :

 

1. Siu Mie

Sumber: Cakapcakap.com

Siu Mie atau mie panjang umur ini kerap hadir dalam perayaan Imlek. Karena Siu mie ini melambangkan umur yang panjang, kebahagiaan, serta limpahan rejeki bagi orang yang memakannya. Cara memakan siu mie sangat unik, mie ini dimakan secara utuh tanpa digigit, jika terputus berarti memiliki makna yang kurang baik. Mi baru boleh digigit dan dikunyah setelah semua bagiannya sudah ada di dalam mulut. Siu mie disajikan seperti mi goreng pada umumnya, menggunakan kol, sawi, udang, bakso, ayam, atau sosis.

2. Kue Keranjang

Sumber: Sumberlahap.id

Kue keranjang juga merupakan simbol makanan-makanan saat perayaan Imlek, rasanya kurang lengkap jika tidak ada Kue keranjang saat perayaan Imlek. Kue keranjang juga bisa disebut Nian Gao, yang berarti kue tahunan karena hanya dibuat setahun sekali pada tahun baru Imlek. Makna dari kue keranjang ini merupakan bentuk harapan agar terus bersatu. Selain makna itu, jika kue keranjang disusun bertumpuk maka maknanya agar berharap mendapatkan kemakmuran.

3. Yusheng

Sumber: Womensweekly.com

Tahukah Anda, tradisi saat memakan Yusheng disebut lo hei. Tradisi ni mengharuskan mengumpulkan seluruh anggota dalam meja, lalu mengaduk-aduk yusheng dengan sumpit sambil mengucapkan selamat Tahun baru Imlek, lalu sumpit diangkat dengan tinggi-tinggi. Semakin tinggi yusheng terangkat, maka itu dianggap semakin baik lambang harapan akan terkabul, serta semakin baik pula peruntungan pada tahun yang baru.

4. Daging Babi

Sumber: kulinerb2jogja.blogspot.com

Hidangan babi juga dipercaya sebagai pembawa keberuntungan karena diibaratkan seperti kantong yang dapat menampung banyak rezeki. Dan daging babi ini juga merupakan salah satu makanan khas Imlek dan disantap bersama keluarga besar. Seperti yang sudah diketahui babi adalah hewan yang malas. Sehingga diharapkan juga orang yang memakan babi saat Imlek tidak akan menjadi pemalas.

5. Ayam atau Bebek

Sumber: akcdn.detik.net.id

Dalam perayaan Imlek, ayam atau bebek biasanya dimasak dan disajikan secara utuh tanpa dipotong-potong. Hal ini dimaknai sebagai harapan agar keluarga tetap bersama, tetap utuh, dan bahagia. Selain itu, ayam atau bebek menjadi simbol udara yang memiliki arti kesetiaan dan ketaatan. Menurut tradisi Tiongkok, ayam dan bebek diibaratkan memiliki sifat yang serakah sehingga dengan menyantap dagingnya orang akan terhindar dari sifat buruk tersebut.

6. Manisan segi delapan

Sumber: Cdn.idntimes.com

Makanan satu ini memang lepas dari perayaan Imlek. Manisan segi delapan ini dikemas berbentuk segi 8 dan diisi dengan berbagai makanan ringan. Manisan segi delapan ini juga disebut dengan tray of togetherness atau prosperity box. Dalam satu box tray of togetherness atau prosperity box biasanya berisi manisan-manisan:

  1. Manisan melon, melambangkan kesehatan dan perkembangan hidup.
  2. Jeruk kumquat, melambangkan kemakmuran dan emas.
  3. Kelapa kering atau kelapa segar, melambangkan persatuan dan persahabatan.
  4. Kelengkeng, melambangkan banyak anak.
  5. Biji teratai, melambangkan kesuburan.
  6. Buah leci, melambangkan ikatan keluarga yang kuat.
  7. Kacang tanah, melambangkan doa agar panjang umur.
  8. Semangka merah, melambangkan kebahagiaan dan kejujuran.

7. Jeruk

Buah yang mengandung banyak manfaat untuk tubuh ini juga tidak luput dari makanan khas Imlek. Buah Jeruk ini biasanya dicari dan dihidangkan adalah jeruk yang masih ada tangkai dan daunnya. Selain melambangkan rezeki yang berlimpah, jeruk utuh dengan warna kuning keemasan ini juga melambangkan kemakmuran, kekayaan, dan kesejahteraan yang akan selalu tumbuh.

8. Lapis Legit

Sumber: Bisniswisata.co.id

Kue yang sering kita jumpai ini bagi masyarakat keturunan Tionghoa di Indonesia menjadi makanan khas Imlek. Kue ini juga memiliki makna rezeki yang berlapis-lapis hingga tumpang tindih, dan bagi siapa pun yang memakannya akan memiliki kehidupan yang manis dan legit. Lapis Legit menjadi simbol atau doa, agar setiap orang mendapat rezeki berlimpah sampai tahun-tahun berikutnya.
Nah, cukup beragam bukan makanan-makanan khas Imlek serta makna didalamnya?

Leave a Reply

You may also like

Resep Ayam Teriyaki


Jepang adalah salah satu negara yang memiliki banyak…



Luar biasa! Dengan Cara Ini, Noda Bandel di Pakaian Hilang dalam Sekejap!


1. Bekas Keringat (Gunakan Air Lemon) Padatnya…



Mengejutkan! Air Cucian Beras Ternyata Banyak Manfaatnya!


Manfaat Air Cucian Beras Air cucian beras biasanya…



Alternatif Kegiatan Liburan Akhir Tahun


Penghujung tahun 2018 segera tiba, sudah waktunya Anda…



Tips Mengolah Kepiting Agar Tidak Amis


Kepiting merupakan salah satu makanan seafood yang paling…



Tahun Baru Saka, Makna dan Harapan


Hari Raya Nyepi merupakan acara peringatan Tahun…



Food Truck Makanan Gratis saat Asian Games


Hypermart Lovers! Asian Games 2018 tinggal hitungan hari…



Praktis Menghilangkan Noda Membandel


Noda pada baju bisa membuat pemakainya tidak percaya diri alias…



Tips Selalu Sarapan Setiap Hari


Bagaikan peluru pada pistol, begitulah seharusnya sarapan pada kegiatan seharian Hypermart Lovers. Sarapan akan memperlengkapi Hypermart Lovers dengan tenaga dan energi untuk menghadapi hari setelah 'berpuasa'…



9 Mitos dan Fakta Tahun Baru Imlek

Sejak tahun 2003, hari raya Imlek telah menjadi hari libur nasional. Namun, perayaan ini bukan hanya dirayakan oleh warga Tionghoa, tapi juga berbagai lapisan masyarakat Indonesia.
Tahun baru imlek yang sebentar lagi akan dirayakan ternyata mempunyai mitos dan legenda yang dipercaya sampai saat ini oleh orang-orang Tionghoa. Kepercayaan itu pun menjadi sebuah tradisi yang dijaga dan dilestarikan selama ratusan tahun. Imlek atau perayaan tahun baru warga Tionghoa telah menjadi salah satu identitas keberagaman di Indonesia.

1. Angpao
Orang yang sudah berkeluarga memberikan rizki kepada orang tua dan anak-anaknya. Begitu juga orang yang cukup mampu, harus berbagi rizki dengan yang tidak mampu. Makna tradisi membagikan angpao pada saat Imlek ini adalah berkaitan dengan transfer energi dan kesejahteraan.

2. Liong Naga dan Barongsai
Sering melihat barongsai saat perayaan Imlek? Jika iya, karena tradisi ini adalah tradisi wajib pada perayaan Imlek. Dalam kepercayaan warga Tionghoa, Liong dan Barongsai merupakan lambang kebahagiaan dan kesenangan. Pertunjukan tarian singa dan naga ini dipercaya bisa membawa hoki.

3. Menyajikan dan Makan Makanan Khusus
Perayaan Imlek biasanya mensuguhkan 12 macam masakan dan 12 macam kue yang melambangkan 12 macam shio. Seluruh hidangan didoakan bersama-sama dengan keluarga. Masing-masing makanan memiliki makna tersendiri. Seperti yang sudah dijelaskan di artikel Hypermart sebelumnya “Makanan khas imlek beserta maknanya”, Siu Mie melambangkan panjang umur dan kemakmuran, lapis legit melambangkan rizki berlapis-lapis, Ikan sebagai simbol air, serta Bebek atau Ayam utuh sebagai lambing untuk udara.

4. Membersihkan Rumah Sebelum Hari H Tiba
Membersihkan rumah memang wajib dilakukan setiap hari, bukan hanya saat perayaan Imlek tiba. Namun saat mendekati perayaan Imlek, sangat penting memastikan kondisi rumah dalam keadaan bersih. Makna dari tradisi ini memiliki keyakinan bahwa rumah akan bersih dari keburukan dan siap menerima keberuntungan di tahun yang baru.

5. Mendekorasi Ulang Rumah
Setelah rumah dibersihkan, rumah sebaiknya harus didekorasi dengan dominan warna-warna serba merah. Pintu dan jendela di cat ulang, serta ditempeli kertas yang bertuliskan kalimat atau kata-kata baik. Bagi etnis Tionghoa, warna merah melambangkan sesuatu yang sejahtera dan kuat, serta membawa keberuntungan.

6. Pakaian dan Sepatu Baru
Selain untuk menjaga penampilan, membeli pakaian baru, sepatu baru dan mencukur rambut merupakan tradisi menjelang Imlek. Pakaian baru yang dikenakan pada hari Imlek biasanya berwarna merah atau warna terang lainnya. Warga Tionghoa percaya pentingnya penampilan dan sikap baru yang optimis menghadapi masa depan. Harapannya, masa depan tetap terang dengan kamakmuran dan rizki

7. Melunasi atau Mengurangi Hutang
Hutang memang wajib dibayar. Namun, bagi warga TIonghoa membayar hutang juga memiliki makna tersendiri. Menjelang tahun baru, warga Tionghoa melunasi atau mengurangi jumlah hutang sebagai salah satu tradisi. Harapannya, pada tahun selanjutnya tidak terbebani dengan hutang.

8. Pantang Makanan Bubur
Warga Tionghoa memiliki pantangan saat menyajikan dan memakan bubur ketika Imlek. Bubur dianggap sebagai simbol kemiskinan. Pantangan lain berkaitan dengan makanan pada perayaan Imlek adalah membalik ikan. Ikan yang dihidangkan tidak boleh dibalik posisinya. Jadi, kalaupun ingin mengambil daging pada sisi lain ikan, posisinya harus tetap dipertahankan. Ikan itu juga tidak boleh habis, melainkan disisakan untuk acara makan keesokan harinya. Ini melambangkan nilai surplus untuk tahun berikutnya.

9. Pantang Menyapu Saat Hari H
Hampir sama dengan mitos jawa yang tidak boleh menyapu di malam hari, namun bagi warga Tionghoa tidak boleh menyapu dan mengepel lantai rumah, karena dipercaya bisa menghilangkan seluruh berkah tahun baru di rumah.Hal tersebut sudah banyak yang dipercayai sejak pendahulu mereka.

Leave a Reply

You may also like

Cintai Lingkungan, Seperti Mencintai Diri Sendiri


Tahukah Hypermart Lovers bahwa setiap tanggal 10 Januari,…



9 Mitos dan Fakta Tahun Baru Imlek


Sejak tahun 2003, hari raya Imlek telah menjadi…



Makanan Hitam Nan Menggiurkan Yang Ramai Diperbincangkan


Pada awal tahun ini, dunia kuliner digegerkan dengan…



Resep Molten Lava Cake untuk Rayakan Valentine!


Cokelat adalah salah satu jenis makanan favorit anak-anak…



Benarkah minum teh dapat mengatasi masalah susah tidur? temukan jawabannya disini!


Teh hangat dikenal dapat membuat tidur lebih nyenyak.…



Ternyata air cucian beras masih ada manfaatnya! untuk apa saja?


Apa yang Anda lakukan dengan air cucian beras?…



Memutihkan Gigi Secara Alami


Siapa sih yang tidak menginginkan senyum menawan yang menunjukkan sederet gigi putih. Memang naturalnya gigi manusia tidaklah putih cerah bagaikan selembar kertas putih. Gigi manusia pada umumnya…



Tips Agar Kentang Tidak Mudah Menghitam Setelah Dikupas


Kentang adalah salah satu sumber karbohidrat baik untuk…



Resep Kerak Telor Khas Ibu Kota


Setiap kota tentunya mempunyai makanan khas masing-masing. Tidak…



7 Tips Menambah Nafsu Makan Anak

Nafsu makan seseorang pada umumnya dipengaruhi oleh hormon ghrelin atau leptin. Hormon ghrelin dapat membuat anak menjadi nafsu makan, sedangkan hormone leptin dapat menurunkan nafsu makan pada anak. Hormon ghrelin akan dilepaskan di perut yang kemudian akan memberikan sinyal lapar pada otak. Pada kasus ini, sering kali orang tua kebingungan karena mengatasi sulitnya anak untuk makan. Jika diteruskan anak bisa mengalami gangguan pada pertumbuhannya karena mogok makan ataupun susah makan. Karena untuk anak usia 2-3 tahun membutuhkan sekitar 1.000 kalori per hari, usia 4-8 tahun membutuhkan 1.200-1.800 kalori per hari, dan anak 9-13 tahun membutuhkan 1.600-2.200 kalori per hari.

Pertumbuhan anak tidak selamanya cepat. Ada waktu-waktu tertentu di mana kecepatan pertumbuhan anak akan menurun. Pada usia prasekolah, pertumbuhan anak tidak secepat masa sebelumnya. Sehingga, kebutuhan nutrisinya pun akan sedikit menurun menyesuaikan dengan pertumbuhannya.

Tak heran, nafsu makan anak pada masa prasekolah pun mungkin akan menurun. Jadi, ini adalah hal yang normal. Nafsu makan anak biasanya akan menyesuaikan dengan kebutuhan gizinya untuk mendukung pertumbuhannya.

Selain karena faktor pertumbuhan, nafsu makan anak yang menurun juga bisa disebabkan oleh keinginan anak yang lebih besar untuk mengeksplor lingkungan sekelilingnya. Pada masa prasekolah, anak biasanya lebih suka bermain dan terlibat dalam lingkungan sekitarnya, sehingga waktu makan anak mungkin menjadi tidak menentu dan nafsu makannya menurun.

Kurang nafsu makan pada anak maupun orang dewasa dapat disebabkan oleh berbagai hal, antara lain adalah stres, tegang, efek samping obat, rasa dan tampilan makanan yang tidak menarik, atau adanya kondisi medis tertentu. Cara mengatasinya, tentu harus disesuaikan dengan penyebabnya.

Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda coba sebagai cara menambah nafsu makan anak, antara lain:

  1. Jangan memaksa anak
    Tindakan memaksa anak untuk makan dikhawatirkan justru dapat memancing ketegangan pada waktu makan. Hal ini dapat membuat anak kurang sensitif terhadap rasa lapar di kemudian hari.
  2. Berikan Tampilan yang menarik
    Berikan sajian tampilan yang beraneka ragam dan menarik mata, sehingga dapat membuat waktu makan menyenangkan. Anda bisa mengkombinasikan bermacam-macam sayur dengan warna berbeda, dan sajikan bersama sumber karbohidrat, protein, dan lemak, dalam porsi makan yang seimbang. Ini akan sangat mendukung kecukupan nutrisi pada anak dan membuat anak suka dengan tampilan yang menarik.
  3. Goda dengan aroma makanan
    Untuk menarik nafsu makan juga bisa melalui aroma makanan yang lezat dan menggoda. Bisa dengan menyajikan makanan hangat yang baru saja selesai dimasak, atau menghangatkan makanan sebelum disajikan.
  4. Bagi dalam porsi kecil
    Jika disajikan dalam porsi yang cukup besar, anak mungkin akan merasa kenyang terlebih dahulu sehingga tidak ingin memakan makanan yang sudah disajikan. Dengan membagi satu porsi penuh ke dalam bagian-bagian kecil akan membuat anak menjadi lebih senang untuk memakannya. Selain itu, porsi kecil akan mempermudah Anda untuk memberikannya kepada si kecil.
  5. Jangan memberi minum terlalu banyak
    Untuk menjaga nafsu makan dan mencegah rasa kenyang, sebaiknya jangan memberi minum terlalu banyak selama waktu makan. Berikan air, jus, teh, atau minuman lain pada anak setelah selesai makan agar tercukupi nutrisi dan serat yang baik untuk tubuh si kecil.
  6. Membuat makanan bersama anak
    Ajak anak-anak berbelanja dan menyiapkan makanan yang akan disajikan. Sebagai orang tua, Anda akan memiliki kesempatan mengetahui jenis makanan yang disukai anak, sekaligus menjelaskan nutrisi yang baik. Dengan cara ini, anak akan lebih bersemangat saat memakan masakannya sendiri yang dimasak bersama.
  7. Konsultasikan ke dokter
    Konsultasikanlah ke dokter jika masih tetap mengalami gangguan nafsu makan yang berlarut-larut. Kekurangan zat mineral tertentu, seperti zinc, diketahui dapat menurunkan nafsu makan dan memicu gangguan indera pengecap.

Itulah beberapa cara menambah nafsu makan anak yang terbilang sangat aman dan ampuh. Lakukan cara dan juga tips yang sudah disebutkan di atas sekarang juga agar anak mendapatkan kembali nafsu makannya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

You may also like

TIps Membuat Alis


Setuju gak sih kalau alis menjadi salah satu bagian penting untuk lebih percaya diri? Nah, coba tutorial sederhana berikut biar alis tampak cetar dan tetap…



Resep Ginger Cookies dan Kue Kering Khas Natal


Tidak terasa sekarang sudah di tengah-tenagh bulan Desember…



Tips Mengolah Kepiting Agar Tidak Amis


Kepiting merupakan salah satu makanan seafood yang paling…



Ternyata air cucian beras masih ada manfaatnya! untuk apa saja?


Apa yang Anda lakukan dengan air cucian beras?…



5 Bahan Makanan yang Wajib Tersedia di Dapur


5 Bahan Makanan yang Wajib Tersedia di Dapur Hypermart Lovers pernah mengalami keadaan darurat di dapur dimana tidak ada bahan makanan sehat yang tersedia? Keadaan…



Resep Banana Nugget


Jika dulu pisang lebih sering diracik menjadi pisang goreng, kali ini olahannya juga bisa dibuat menjadi pisang nugget yang lagi kekinian dan disukai anak-anak loh!…



Resep Ayam Teriyaki


Jepang adalah salah satu negara yang memiliki banyak…



Tips Selalu Sarapan Setiap Hari


Bagaikan peluru pada pistol, begitulah seharusnya sarapan pada kegiatan seharian Hypermart Lovers. Sarapan akan memperlengkapi Hypermart Lovers dengan tenaga dan energi untuk menghadapi hari setelah 'berpuasa'…



Luar Biasa! Kulit buah ternyata banyak manfaatnya! no 3 paling mengejutkan!


1.Apel Ternyata tidak hanya daging buahnya saja yang…



5 Barang Alternatif Pengganti Plastik yang Ramah Lingkungan!

Pemakaian beberapa bahan plastik menjadi masalah serius belakangan ini. Tak dipungkiri, dengan penemuan plastik, kehidupan kita menjadi dimudahkan dan tanpa sadar menjadi sebuah ketergantungan. Siapa sih Hypermart Lovers yang tidak pernah pakai plastik dalam kehidupan sehari – hari? Pasti mayoritas menjawab “tidak pernah” kan? Plastik memang memiliki sifat tahan air dan praktis dibawa kemanapun, yang menjadikannya cocok digunakan sebagai pelindung benda apapun.

Tapi, meskipun plastik sangat berguna dan dibutuhkan banyak orang, plastik juga menjadi benda paling berbahaya di dunia loh. Tak hanya sulit terurai, plastik juga mengandung zat kimia bersifat racun bagi tubuh. Diketahui, plastik butuh waktu puluhan, ratusan, hingga ribuan tahun hingga mampu mengalami dekomposisi alami. Bisa Hypermart Lovers bayangnkan jika plastik tersebut terurai dalam tanah dan mengkontaminasi tanah yang subuh dan mata air, pasti akan jadi masalah serius.

Proses penguraian plastik juga butuh cara penanganan khusus. Karena, plastik yang tak terurai dengan baik bisa memberikan dampak buruk bagi lingkungan sekitarnya.

Karena masalah tersebut, para ilmuwan dan aktivis lingkungan mengajak masyarakat untuk mengurangi pemakaian plastik dan beralih memakai benda lain yang lebih ramah lingkungan. Tentu saja. hal tersebut juga dilakukan demi kebaikan bersama untuk masa depan Bumi yang kita pijak.

Nah, agar kamu bisa ikut berkontribusi mengurangi sampah plastik dimulai dari hal-hal kecil. Menggunakan barang yang berbahan non-plastik untuk mengurangi limbah plastik di sekitar kita. Berikut ini beberapa barang ramah lingkungan yang bisa kamu beli dan gunakan untuk memulai program Diet Plastik :

 

1. Sedotan dari stainless atau daun kelapa kering

Sumber foto: Troveofgaia

Sedotan plastik mengandung bahan berbahaya yang disebut polypropolyne, dan dapat merubah tingkat estrogen manusia. Sedotan plastik ini bisa Hypermart Lovers ganti dengan sedotan berbahan stainless ataupun sedotan berbahan daun kelapa kering. Sedotan jenis ini bisa kamu bawa kemana saja saat bepergian untuk minum minuman kesukaanmu, dan setelah dipakai bisa dicuci kembali. Sedotan stainless biasanya terbuat dari bahan besi yang aman untuk digunakan. Sedangkan, sedotan daun kelapa kering dibuat dari daun kelapa yang memiliki lilin alami dan tak berbahaya untuk kita.

 

2. Sikat gigi bambu

Sumber foto: myplasticfreelife

Sikat gigi plastik memiliki kandungan bahan kimia berbahaya bisphenol-A (BPA) yang bisa menimbulkan infertilitas dan kanker. Tak mau kan terkena penyakit menakutkan tersebut? Solusinya, kamu bisa ganti sikat gigi yang biasa digunakan dengan sikat gigi berbahan bambu. Bulu dari sikat gigi bambu terbuat dari 62 persen minyak biji jarak, dan pegangannya terbuat dari bambu 100 persen. Uniknya, lama pemakaian sikat gigi bambu bisa menyamai masa pemakaian sikat gigi plastik loh! Gimana, tertarik untuk memilikinya?

 

3. Botol air kaca atau stainless steel

Meskipun sudah banyak botol air plastik yang bisa didaur ulang, namun masih ada kandungan PVC atau polikarbonat yang menyebabkan kanker. Nah, zat kimia tersebut tidak ada dalam botol kaca maupun stainless steel, sehingga tak merusak lingkungan juga tubuh anda. Selain itu, botol kaca dan stainless bisa menjaga jamur dan bakteri yang biasa ada di botol plastik.

 

4. Sendok makan kayu

Kamu bisa mencoba ganti sendok makan plastik dengan sendok makan dari kayu. Percayalan, saat kamu mengkonsumsi makanan dari sendok plastik, makanan akan semakin terkontaminasi dengan racun yang ada dalam plastik. Dengan memakai sendok kayu, otomatis kamu bisa ikut menjaga lingkungan.

 

5. Pembalut dari katun

Sumber foto: menstrualcupreviews

Pembalut jenis ini terbuat dari bahan yang lembut dan memungkinkan area intim mendapatkan sirkulasi udara yang baik. Resiko terkena lecet, iritasi, dan berkeringat juga lebih sedikit dibanding kamu memakai pembalut sekali pakai yang banyak dijual. Pemakaian pembalut katun ini bisa menghemat pengeluaranmu, karena bisa digunakan kembali.

 

Jadi gimana? Dengan banyaknya bahan alternatif pengganti plastik di atas, manakah yang ingin coba kamu gunakan terlebih dulu? Jika kita ikut menjaga lingkungan dengan mengganti barang plastik yang kita gunakan, kemungkinan sampah plastik bisa dikurangi dan dampak buruk terhadap lingkungan bisa diminimalisir, Hypermart Lovers! Yuk, kurangi pemakaian plastik dan jaga lingkungan kita bersama.

Leave a Reply

You may also like

5 Tips Membedakan Madu Asli dan Palsu


Madu memang menjadi salah satu bahan minuman alami…



Memperkenalkan Resolusi Tahun Baru kepada Anak


Menjadi orangtua adalah sebuah pekerjaan seumur hidup yang…



Luar biasa! Dengan Cara Ini, Noda Bandel di Pakaian Hilang dalam Sekejap!


1. Bekas Keringat (Gunakan Air Lemon) Padatnya…



Cintai Lingkungan, Seperti Mencintai Diri Sendiri


Tahukah Hypermart Lovers bahwa setiap tanggal 10 Januari,…



Ternyata air cucian beras masih ada manfaatnya! untuk apa saja?


Apa yang Anda lakukan dengan air cucian beras?…



Luar Biasa! Kulit buah ternyata banyak manfaatnya! no 3 paling mengejutkan!


1.Apel Ternyata tidak hanya daging buahnya saja yang…



Resep Sup Jagung Telur yang Cocok untuk Cuaca Dingin


Jagung merupakan bahan makanan yang lezat serta bisa…



Resep Spaghetti Tuna Sambal Matah


Makanan olahan asal Italia ini sangat populer di…



Resep Roti Panggang


Belum memiliki ide dan Anda penggemar roti panggang untuk sarapan? Ingin coba sensasi lain dengan roti panggang tanpa mengindahkan kesehatan Anda? Coba resep sederhana ini…



Cintai Lingkungan, Seperti Mencintai Diri Sendiri

Tahukah Hypermart Lovers bahwa setiap tanggal 10 Januari, Indonesia memperingati hari lingkungan hidup? Nah, sekarang apakah kita sudah menjaga lingkungan sekitar sebagaimana mencintai diri sendiri dan orang tersayang? Bukan hal baru lagi, kalau masalah lingkungan sering dijadikan isu yang tak kunjung terselesaikan dan mendapat solusi nih. Pada Konferensi Tingkat Tinggi G20 yang diadakan awal bulan Juli 2017 lalu, lingkungan dan perubahan iklim berada pada urutan teratas masalah yang harus segera ditangani lebih lanjut.

Masalah lingkungan pun bermacam-macam. Mulai dari Global Warming, pencemaran sampah dan polusi hingga pemakaian bahan kimia yang semakin marak digunakan. Pemakaian bahan plastik dan kertas juga menjadi perbincangan beberapa waktu belakangan. Kita pasti tahu dong, kalau sampah yang dihasilkan dari plastik tak mudah terurai hingga ratusan tahun. Begitupun dengan kertas yang berbahan baku kayu dari pohon. Terbayang kan, berapa banyak pohon yang hilang sia-sia karena kertas yang diproduksi dan kita gunakan setiap hari.

Memang, sudah banyak lembaga yang menyuarakan betapa pentingnya menjaga lingkungan hidup. Gerakan menanam pohon dan hemat energi adalah contohnya. Tapi, tidak ada salahnya juga lho, jika kita mau melakukan program cinta lingkungan dari diri sendiri. Banyak cara sederhana yang dapat dilakukan untuk mulai menjaga lingkungan. Tapi perlu diingat, semua cara tersebut tak akan berhasil jika kesadaran dari kita sendiri untuk berbenah dan mulai menjaga lingkungan masih kurang. Untuk memulainya pun cukup mudah dan bisa langsung kamu terapkan. Salah satu caranya bisa melakukan program 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Cara ini cukup efektif untuk mengurangi limbah sampah dan sampah barang yang tak terpakai di sekitarmu.

Kalau ingin melakukan “Reduce” kamu bisa mulai dengan mengurangi penggunaan bahan yang bisa merusak lingkungan. Misalnya, memakai sapu tangan untuk mengurangi penggunaan tissue. Bisa juga dengan mengurangi pemakaian kertas di kantor dengan fitur “print preview” sebelum mencetak dokumen agar tak salah. Teknologi digital pun membantu dengan adanya berbagai koran online yang dapat dibaca dimanapun. Mengurangi penggunaan sedotan plastik juga dapat dilakukan dengan membeli sedotan bambu, metal atau kaca yang sudah banyak dijual. Ketika pergi ke restoran atau cafe, kamu tinggal membawanya saja dan cuci bersih setelah dipakai.

Lalu, “Reuse” dapat dilakukan dengan memakai kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya. Memberikan pakaian yang sudah kekecilan kepada korban bencana alam atau sanak saudara bisa jadi yang paling mudah dilakukan. Saat berbelanja kamu juga bisa memakai tas belanja sendiri berbahan kain dibandingkan kantong plastik. Memakai sisi kertas yang masih kosong bisa jadi langkah mengurangi penggunaan kertas.

Dan, yang terakhir adalah “Recycle”. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan mudah. Caranya adalah mendaur-ulang sampah atau barang bekas di rumahmu menjadi kompos. Ada botol plastik atau kaleng yang tak terpakai? Gunakan saja sebagai pot tanaman dan wadah minyak goreng. Kertas yang sudah tak terpakai juga bisa didaur ulang menjadi karya seni atau dibentuk sesuai kebutuhan masing-masing.

Melakukan program 3R di kehidupan sehari-hari sebenarnya sederhana dan tidak membutuhkan banyak biaya. Hanya berbekal kemauan saja untuk mengubah kebiasaanmu. Jika semua orang mau melakukan program 3R, tentu akan memberi dampak yang positif pada persoalan lingkungan di Indonesia.

Yuk, mulai sekarang coba lakukan 3R di rumah masing-masing, Hypermart Lovers! Jangan lupa ajak anggota keluargamu juga yah! Siapa lagi kalau bukan kita yang harus menjaga dan merawat di lingkungan sekitar kita? Sayangi lingkunganmu seperti kamu menyayangi diri sendiri dan orang tercinta!

Leave a Reply

You may also like

Resep Sup Jagung Telur yang Cocok untuk Cuaca Dingin


Jagung merupakan bahan makanan yang lezat serta bisa…



Makanan Akan Melimpah Saat Lebaran. Bagaimana Cara Agar Tetap Sehat Walau Makan Banyak?


Makanan Akan Melimpah Saat Lebaran. Bagaimana Cara Agar Tetap Sehat Walau Makan Banyak? Hari raya Idul Fitri tinggal menghitung hari saja, moment yang di tunggu-tunggu…



Tips Selalu Sarapan Setiap Hari


Bagaikan peluru pada pistol, begitulah seharusnya sarapan pada kegiatan seharian Hypermart Lovers. Sarapan akan memperlengkapi Hypermart Lovers dengan tenaga dan energi untuk menghadapi hari setelah 'berpuasa'…



Arti Perlombaan pada 17 Agustus


Sesaat setelah masuk bulan Agustus sepertinya ada hal…



Tips Memilih Ikan Salmon Segar


Ikan Salmon adalah salah satu ikan yang bisa…



Tips Agar Kentang Tidak Mudah Menghitam Setelah Dikupas


Kentang adalah salah satu sumber karbohidrat baik untuk…



Siapa bilang bulan puasa tidak bisa berhemat? temukan tipsnya disini!


Biasanya di bulan puasa pengeluaran rumah tangga semakin membengkak. Pengeluaran kita menjadi jauh lebih tinggi dibandingkan bulan-bulan biasa. Apalagi kalau ada tawaran berbuka puasa di luar…



Memperkenalkan Resolusi Tahun Baru kepada Anak


Menjadi orangtua adalah sebuah pekerjaan seumur hidup yang…



Ramadan Tiba! Siapkan Menu Praktis Untuk Sahur Dengan Tips Ini


Bulan puasa segera tiba kurang dari seminggu lagi.…