Welcome to Hypermart
Sign in    |    Sign up

Peralatan Dapur Modern yang Kamu Butuhkan di Rumah!

Dapur merupakan salah satu ruangan yang penting di dalam rumah. Khususnya bagi para wanita, di mana dapur menjadi tempat ibu rumah tangga menghabiskan waktu sehari-hari untuk menyiapkan makanan. Kalau kita bicara soal dapur, tentu akan berkaitan dengan alat-alat yang ada di dalamnya. Aktivitas masak-memasak pastinya didukung dengan peralatan dapur yang lengkap. Apalagi di zaman modern seperti sekarang, telah banyak alat masak yang lebih memudahkan proses memasak.

Peralatan dapur mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Seiring perubahan zaman, ada banyak peralatan dapur modern yang memudahkan para ibu di rumah untuk memasak lebih cepat dan efisien. Jika dulu menanak nasi perlu waktu hingga satu jam di atas tungku, kini memasak nasi hanya perlu 10 menit saja di rice cooker sebagai contohnya. Namun selain rice cooker, peralatan dapur apalagi ya yang menawarkan kemudahan dan efisiensi waktu? Berikut rangkuman peralatan dapur modern dan esensial yang perlu Hypermart Lovers miliki di zaman modern ini :

 

  1. Multi Cooker

Multi cooker bisa disebut sebagai versi canggih dari rice cooker. Punya bentuk yang mirip, multi cooker menawarkan fungsi yang lebih beragam dari rice cooker. Seperti namanya ‘multi’, produk ini bisa Anda pakai untuk menggoreng, memanggang, hingga mengukus makanan.

Harga peralatan dapur ini pun tentu lebih mahal dari rice cooker biasanya. Tertarik punya ‘robot kecil serba bisa’ ini?

 

  1. Knife Sharpener

Mengasah pisau sudah dikenal dari zaman dahulu kala. Namun, cara mengasah pisau semakin berkembang dan kemudahannya semakin terasa. Jika nenek kita zaman dulu mengasah pisau menggunakan batu, kini ada peralatan dapur khusus yang populer dengan sebutan ‘knife sharpener’.

Bentuknya cukup bervariasi, tapi yang paling umum ditemukan adalah knife sharpener berbentuk panjang seperti pisau besar. Bahkan ada juga sejenis knife sharpener yang memungkinkan kita mengasah dua pisau sekaligus!

 

  1. Slow Press Juicer

Siapa yang tak suka minum jus? Minuman segar dari buah ini menjadi alternatif untuk Anda yang malas makan buah. Kini, peralatan dapur pembuat jus sudah sangat beragam. Salah satu yang sedang jadi primadona adalah Slow Press Juicer. Mesin ini mengolah buah-buahan atau sayuran dengan lebih lambat sehingga nutrisinya dinilai lebih terjaga.

 

  1. Air Fryer

Jika Anda tak bisa lepas dari gorengan,maka air fryer bisa masuk ke dalam daftar peralatan dapur incaranmu. Peralatan dapur ini bisa menggoreng makanan tanpa minyak. Jadi lebih sehat kan? Air fryer menggunakan udara panas berkecepatan tinggi sehingga bisa membuat makanan matang dan bertekstur renyah seperti digoreng.

 

  1. Steam Oven

Steam oven juga menjadi solusi untuk Anda yang ingin hidup sehat. Berbeda dengan oven biasa, steam oven perlu menambahkan air untuk menyempurnakan proses pematangan. Uap panas yang diberikan oleh air dipercaya bisa membuat tekstur makanan lebih terjaga nutrisinya. Kekurangan steam oven hanyalah tidak bisa membuat makanan terlihat kecoklatan seperti layaknya dipanggang dalam oven biasa. Meskipun demikian, alat ini akan banyak membantu dalam proses masak sehari-hari.

 

  1. Peralatan dapur untuk pemotong kentang goreng

Tak punya waktu mengupas dan memotong kentang? Serahkan saja pada peralatan dapur yang satu ini. Alat pemotong makanan instan sudah banyak variasinya. Kini, Anda juga bisa memotong kentang untuk membuat french fries dalam hitungan detik saja. Memasak jadi semakin praktis!

 

  1. Bread Maker

Bread Maker atau alat pembuat roti secara instan juga semakin banyak diminati. Para ibu rumah tangga sudah tidak perlu lagi menguleni bahan roti dan takut adonan tidak mengembang. Kita hanya perlu memasukkan bahan-bahan ke dalam bread maker. Secara otomatis, peralatan dapur modern ini akan membantu proses pelumatan adonan, fermentasi, hingga pemanggangan

Setelah mengetahui beberapa peralatan dapur modern dan fungsinya, saatnya Hypermart Lovers mulai membeli segala keperluan untuk memaksimalkan fungsi dapur. Jika ingin merancang dapur baru, Hypermart menyediakan semua perabot dan aksesoris dapur yang sesuai dengan gaya dan rutinitas memasak Hypermart Lovers!

Leave a Reply

You may also like

Berbagai Jenis Buah untuk Jantung Sehat


Mengatur pola makan sehat merupakan kunci utama dalam…



Benarkah minum teh dapat mengatasi masalah susah tidur? temukan jawabannya disini!


Teh hangat dikenal dapat membuat tidur lebih nyenyak.…



5 Peralatan Masak Jaman Dahulu yang Hampir Terlupakan


Peralatan masak di dapur adalah salah satu hal…



Resep Kalio Daging Sapi khas Padang


Kalio adalah sebutan masak rendang setengah jadi…



Resep Pindang Serani Khas Jepara


Makanan Indonesia memang terkenal memiliki banyak ragam dan…



Tips Menyimpan Tahu yang Tepat Agar Tidak Cepat Asam dan Tahan Lama


Terbuat dari fermentasi kacang kedelai, tahu sering dikonsumsi…



Memutihkan Gigi Secara Alami


Siapa sih yang tidak menginginkan senyum menawan yang menunjukkan sederet gigi putih. Memang naturalnya gigi manusia tidaklah putih cerah bagaikan selembar kertas putih. Gigi manusia pada umumnya…



Cara Tepat Agar Anak Gampang Makan


Disaat anak susah makan saat disuapi makanan atau…



Tips Menyimpan Beras Awet dan Bebas Kutu


Dalam hal urusan dapur, biasanya banyak orang yang…



Jangan Dibuang! Ini Manfaat Teh Basi untuk Kesehatan

Teh merupakan salah satu minuman herbal yang banyak dikonsumsi dan memiliki banyak sekali jenisnya, ada teh hijau, teh putih, teh oolong, hingga teh hitam. Ternyata selain mengonsumsi teh yang baru, ternyata manfaat teh basi juga tak kalah luar biasa. Bahkan teh basi nyatanya digunakan oleh orang zaman dahulu untuk memperbesar alat vital. Mitos yang terbilang unik ini membuktikan khasiat teh basi bisa membantu keperkasaan pria. Selain itu, masih banyak sekali manfaat teh basi yang bisa Anda dapatkan. Bahkan dalam sebuah studi yang dilakukan di berbagai negara telah membuktikan bahwa layaknya mengonsumsi teh basi dapat menghasilkan banyak khasiat.

Senyawa antioksidan tinggi pada teh yang membuat konsumsinya dapat merasakan manfaatnya. Namun, hingga saat ini tidak jelas apakah jika dibuat basi kemampuan antioksidannya semakin meningkat atau berkurang. Antioksidan mampu melawan oksidasi, sehingga jika sebuah senyawa antioksidan dibiarkan lama di udara bebas semestinya kemampuan antioksidannya akan berkurang karena senyawa antioksidannya telah diikat oleh oksigen.

1. Menghilangkan Mata Panda
Kemudian manfaat teh basi yang selanjutnya yaitu, untuk menghilangkan mata panda. Bagi wanita, mata panda memang menjadi hal yang sangat mengganggu penampilan. Ada banyak sekali bahan alami yang bisa menghilangkan atau menyamarkan mata panda, salah satunya yaitu menggunakan manfaat teh basi.
Adanya kandungan vitamin A dan vitamin E pada teh basi bisa dimanfaatkan untuk membuat mata terlihat lebih segar. Cara menggunakannya cukup mudah, Anda hanya perlu merendam wajah pada mangkuk berisi larutan air dan teh basi. Kemudian bilas dengan air hangat setelahnya. Apabila dilakukan secara rutin akan menjadikan area mata hitam di bawah mata akan lebih cerah dan kantong kempes secara perlahan.

2. Mengencangkan Kulit
Tidak hanya untuk menghilangkan mata panda saja, nyatanya manfaat teh basi juga mampu mengencangkan kulit. Teh memang menjadi salah satu bahan alami yang dapat mengencangkan kulit. Dan hal ini juga berlaku loh dengan teh basi. Itu karena, teh basi memiliki banyak kandungan vitamin E di dalamnya.

Sehingga membuat teh basi ini bisa membuat kulit wajah menjadi lebih kencang dan lembut. Cara menggunakan cukup mudah, Anda hanya perlu membasuh wajah di pagi hari dengan teh sisa semalam secara rutin seminggu 3 kali, dijamin kulit wajah Anda menjadi lebih kencang dan tidak kendur.

3. Mencerahkan Kulit
Bahkan manfaat teh basi juga bisa mencerahkan wajah loh. Tidak hanya kandungan vitamin E saja yang ada di dalam teh basi, nyatanya di dalam teh basi juga terdapat kandungan vitamin A dan juga vitamin C. Semua kandungan ini memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit dan menjaga elastisitas kulit. Penggunaan teh basi layaknya scrub dapat dioleskan langsung ataupun dijadikan sebagai masker wajah.

Tak hanya itu saja, Anda juga bisa menggunakan manfaat teh basi sebagai masker wajah. Cara menggunakannya cukup mudah, Anda cukup saring bubuk teh basi dan diamkan selama satu malam sebelum dioleskan ke seluruh wajah. Diamkan beberapa menit, lalu bisa wajah dengan air hangat hingga bersih.

4. Mengatasi Masalah Rambut
Tidak hanya wajah saja, nyatanya manfaat teh basi juga sangat baik untuk kesehatan rambut. Salah satunya yaitu, untuk mengatasi masalah rambut rontok. Caranya, gunakan teh basi sebagai campuran masker anti rambut rontok. Siapkan satu kantong teh basi lembab dan usapkan pada kulit kepala. Pijat beberapa menit agar sari teh basinya meresap masuk ke pori-pori kulit kepala. Lalu bilas menggunakan sampo dan air hangat sampai bersih.

Selain mengatasi masalah rambut rontok, Anda juga bisa mengatasi masalah rambut yang kering. Kehilangan nutrisi yang berlebihan dapat menyebabkan rambut yang kering dan bercabang. Untuk mengatasi hal itu, Anda bisa menggunakan manfaat teh basi. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu merendam teh basi selama semalaman dan peras airnya untuk dibilas pada rambut keesokan harinya. Diamkan selama beberapa menit lalu bilas sampai bersih.

5. Membasmi Jamur Kuku
Manfaat teh basi juga mampu untuk mengobati infeksi dan gatal-gatal pada kuku loh. Endapan air dari teh basi dipercaya memiliki sifat anti radang dan anti bakteri, sehingga dapat mencegah terjadinya peradangan dan mengatasi jamur kuku. Namun hal ini belum terbukti secara medis ya, jadi ada baiknya untuk berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu.

Cara penggunaannya juga cukup mudah, Anda hanya perlu tempelkan teh basi yang sudah ditiriskan selama beberapa jam ke bagian kuku yang berjamur. Diamkan selama beberapa menit, lalu cuci menggunakan air hangat. Lakukan hal ini secara berulang kali hingga rasa gatalnya menghilang.

6. Mengatasi Ketombe
Manfaat teh basi yang terakhir dapat mengatasi masalah ketombe berlebih. Hal ini karena di dalam teh basi terdapat kandungan berupa, antioksidan dan beberapa zat lainnya yang telah terurai oleh bakteri yang akan menyingkirkan ketombe yang ada di kulit kepala. Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu merendam teh basi selama semalaman dan peras airnya untuk dibilas pada rambut keesokan harinya. Diamkan selama beberapa menit lalu bilas sampai bersih.

Setelah mengetahui berbagai macam manfaat Teh Basi, apakah Hypermart Lovers berniat untuk mencobanya?

Leave a Reply

You may also like

Cara Tepat Agar Anak Gampang Makan


Disaat anak susah makan saat disuapi makanan atau…



Dekorasi Natal yang Wajib Ada di Rumah


Natal selalu menjadi momen yang selalu ditunggu-tunggu setiap…



Tradisi Menyambut Tahun Baru di Berbagai Negara


Tahun baru sepertinya telah menjadi suatu fenomena yang…



Berbagai Jenis Buah untuk Jantung Sehat


Mengatur pola makan sehat merupakan kunci utama dalam…



Tips Menghilangkan Bosan saat “Self Quarantine”


Meningkatnya jumlah pasien yang positif Corona di Indonesia…



Perbedaan Disneyland dan Disneysea


Tokyo Disney Resort memiliki dua buah taman…



Manfaaat Mengkonsumsi Ikan Dori untuk Kesehatan


Ikan dori merupakan jenis ikan yang banyak dihidangkan…



Tips Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi


Jika Anda memiliki anak kecil, memang sudah…



3 Resep Makanan Khas Bali yang anti Mainstream


Jika mendengar kata “Bali” apa yang ada di…



Mengenal Beragam Jenis Spatula dan Fungsinya Masing-Masing

Bagi para pemasak, maka pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu peralatan dapur yang bernama spatula. Pada dasarnya, spatula sering digunakan untuk mencampur ataupun mengaduk bahan makanan pada setiap proses memasak. Spatula menjadi alat masak yang wajib ada di dapur. Jika tidak ada, maka masakan sudah pasti akan gosong atau tidak matang dengan merata. Bahkan, bumbunya pun tidak meresap secara menyeluruh. Keberadaan spatula mempunyai peranan penting dalam proses memasak. Baik itu saat menggoreng, menumis, merebus, sampai meniriskan bahan makanan. Hal ini tak bisa dilakukan sendiri tanpa alat bantu berupa spatula ini.

  1. Cooking Spatula

Spatula yang satu ini tentu sudah tidak asing dong untuk para ibu di rumah. Ada banyak variasi bahan yang dipakai, tapi dua bahan yang paling sering dipilih adalah yang bahan kayu dan stainless steel. Berikut penjelasan Spatula Kayu dan Stainless :

  • Spatula kayu

Spatula kayu memiliki banyak bentuk dan jenis bahan yang ternyata berbeda-beda juga. Jenis kayu yang paling populer dibuat adalah kayu mahoni. Sebagian besar spatula kayu digunakan untuk menggoreng makanan, atau mengaduk tumisan di atas wajan. Bentuknya yang tidak tajam bisa mencegah adanya goresan di permukaan wajan. Meski mudah dipakai, perawatan sutil kayu cukup menantang. Ada beberapa jenis kayu yang mudah sekali berjamur jika cuaca lembab. Pastikan menyimpan spatula kayu dalam suhu ruang yang tepat dan memastikannya selalu kering.

  • Spatula stainless

Tidak hanya untuk kayu, untuk yang terbuat dari stainless juga memiliki banyak jenis dan bentuk. Ada bentuk yang bolong di bagian sendoknya, ada pula yang pipih. Keduanya sama-sama cocok dipakai untuk menggoreng. Namun, sutil penggorengan yang berongga lebih mudah dipakai karena bisa membantu meniriskan makanan dari minyak saat diangkat.

Pastikan memilih stainless spatula dengan ujung sendok yang tumpul agar tidak menggores atau merusak permukaan wajan. Panjang gagangnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Pilih yang bergagang panjang untuk memasak di atas wajan yang besar untuk menghindari panas. Tapi, jika Anda memasak dengan wajan yang kecil, Anda bisa memilih spatula dengan gagang yang lebih pendek.

  1. Baking Spatula

Fungsi spatula ini adalah untuk membuat kue atau khusus untuk dunia baking. Ada tiga jenis spatula yang paling populer digunakan untuk baking yaitu offset spatula, icing spatula, dan flat spatula. Apakah bedanya? Berikut penjelasannya :

  • Icing spatula

patula jenis ini memiliki lebar yang ramping dan agak panjang. Salah satu fungsi spatula ini adalah untuk meratakan krim di atas cake.

  • Offset spatula

Offset spatula juga tak kalah populer dengan icing spatula. Bentuknya mirip dan fungsinya pun hampir sama. Bedanya, offset spatula juga bisa digunakan untuk memindahkan kue atau cookies dari loyang.

  • Flatula (Flat Spatula)

Spatula yang satu ini juga memiliki fungsi yang mirip dengan offset spatula. Perbedaan bisa terlihat dari bentuknya. Flat spatula memiliki ukuran lebih lebar sehingga bisa digunakan untuk memindahkan potongan kue yang lebih besar.

  1. Spatula multifungsi

Ada satu spatula yang bisa dipakai untuk cooking dan baking, yaitu spatula yang terbuat dari silikon dan berbentuk pipih. Biasanya, spatula ini dipakai untuk mengaduk bahan makanan mulai dari adonan kue hingga adonan bakwan. Tentunya spatula silikon juga sangat populer kita gunakan di dapur.

Bagaimana Hypermart Lovers? Pastikan juga menggunakan spatula dengan jenis yang tepat untuk mengaduk masakan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

Leave a Reply

You may also like

Resep Tteokbokki Khas Korea


Tteokbokki merupakan makanan sejenis kue berbahan beras yang…



Resep Selat Solo, Bistik Jawa Khas Kota Solo


Selat solo atau racikan salat adalah sebuah hidangan…



Tips Menyimpan Buah dan Sayur Tanpa Kulkas


Buah dan sayuran memang memiliki banyak ragam jenisnya.…



Dekorasi Natal yang Wajib Ada di Rumah


Natal selalu menjadi momen yang selalu ditunggu-tunggu setiap…



Ternyata 3 Jenis Ikan Bermanfaat Untuk Si Kecil


Bunda pastinya ingin memberikan gizi terbaik untuk buah…



Resep Baked Potato, Cocok Banget Untuk Sarapan Keluarga!


Sarapan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Biasakan…



Resep Sup Jagung Telur yang Cocok untuk Cuaca Dingin


Jagung merupakan bahan makanan yang lezat serta bisa…



Resep Molten Lava Cake untuk Rayakan Valentine!


Cokelat adalah salah satu jenis makanan favorit anak-anak…



Kegiatan-Kegiatan Ngabuburit Saat #DirumahAja, Jadi Makin Asik!


Bulan Ramadan sangat erat kaitannya dengan ngabuburit atau…



Mengenal Jenis Tanaman Obat dan Manfaatnya

Tanaman obat adalah jenis tanaman yang sebagian atau seluruh isi tanaman tersebut, seperti daun, batang, buah, umbi (rimpang), hingga akar digunakan sebagai obat, bahan, atau ramuan obat-obatan. Badan Kesehatan Dunia (WHO) sendiri mendefinisikan obat herbal atau medicinal plants sebagai tanaman yang digunakan dengan tujuan pengobatan dan merupakan bahan asli dalam pembuatan obat herbal.

Tanaman obat tradisional memiliki berbagai efek pada sistem metabolisme tubuh manusia. Mulai dari memberikan efek analgesik, antioksidan, hingga antiradang. Tidak heran apabila banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan obat tradisional sebagai cara mengobati beberapa masalah kesehatan, seperti demam, batuk, pilek, flu, sakit kepala, sakit perut, gangguan pencernaan, masalah kulit, hingga insomnia.

Tanaman obat juga dapat dikembangkan dan diolah untuk berbagai macam kebutuhan, seperti industri makanan atau minuman, sebagai bahan dasar pembuatan kosmetik, serta digunakan dalam industri spa tradisional. Berikut jenis-jenis tanaman obat yang bisa ditemukan di Indonesia :

  • Jahe

Jahe  adalah salah satu tanaman obat populer lantaran telah dikenal lama akan manfaatnya bagi kesehatan, utamanya dalam mengatasi gangguan pencernaan seperti sakit perut dan mual-muntah, pusing akibat vertigo, sakit kepala, meringankan nyeri haid, bahkan hingga meredakan nyeri sendi, seperti rematik dan osteoarthritis.

  • Kunyit

Kunyit umumnya digunakan sebagai bumbu dapur, namun siapa sangka dalam penelitian , kunyit memiliki zat kurkumin yang dapat bermanfaat bagi kesehatan. Secara umum, masyarakat mengetahui kunyit memiliki manfaat bagi kesehatan mulai dari sebagai antiradang dan antioksidan, menjaga kesehatan sistem pencernaan, menurunkan kolesterol, menurunkan kadar gula darah, mengurangi risiko penyakit jantung, hingga membantu mencegah kanker.

  • Lengkuas (laos)

Lengkuas dikenal juga dengan sebutan laos. Tumbuhan ini sangat bermanfaat karena mengandung galangin, beta-sitosterol, flavonoid lainnya hingga kandungan vitamin A, vitamin C, zat besi, serat, dan karbohidrat. Beberapa manfaat lengkuas bagi kesehatan adalah sebagai antioksidan, mengurangi nyeri dan peradangan, melawan infeksi, meningkatkan kesuburan pria, serta berpotensi sebagai antikanker.

  • Kencur

Kencur atau Kaempferia Galanga  masih satu rumpun dengan jahe, lengkuas, dan kunyit. Kencur dikenal masyarakat luas  untuk mengobati berbagai jenis penyakit seperti penambah nafsu makan dan penambah stamina tubuh, memperlancar haid bagi wanita, serta mengatasi gangguan kesehatan, seperti flu, masuk angin, diare, batuk, sakit kepala, dan radang lambung.

  • Temulawak

Satu lagi keluarga dari jahe, lengkuas, kunyit dan kencur, adalah temulawak. Temulawak dikenal masyarakat luas sebagai obat tradisional untuk penambah nafsu makan, mengatasi gangguan pencernaan, seperti irritable bowel syndrome (IBS), perut kembung setelah makan, dan gangguan lambung.

  • Lidah Buaya

Aloe vera atau lebih dikenal dengan sebutan lidah buaya sering ditemukan sebagai tanaman hias. Padahal, tanaman lidah buaya memiliki khasiat  bagi pengobatan, terutama banyak digunakan masyarakat sebagai penyembuh luka, meningkatkan kesehatan pencernaan, menjaga kesehatan mulut, hingga mengobati jerawat dan juga panas dalam.

  • Daun Kumis Kucing

Halaman rumah bisa menjadi apotik hidup bagi kita, sebab ada banyak tanaman yang sebagian besar berfungsi sebagai tanaman hias tumbuh dengan baik di halaman rumah, salah satunya adalah tanaman kumis kucing. Daun kumis kucing dikenal ampuh mengobati kencing batu, penyakit ginjal, radang kandung kemih, diabetes, dan asam urat.

  • Daun Kemangi

Daun kemangi seringkali digunakan sebagai bumbu atau lalapan. Wanginya yang khas banyak digunakan untuk bumbu sehingga dapat menambah cita rasa pada masakan. Tanpa disadari daun kemangi memiliki khasiat bagi tubuh terutama untuk meringankan perut kembung, meningkatkan nafsu makan, hingga mengobati luka goresan pada kulit.

  • Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko faktor penyakit jantung, mencegah batu ginjal, membantu penyerapan zat besi, dan meningkatkan kesehatan kulit. Selain banyak digunakan sebagai obat-obatan, jeruk nipis juga seringkali dijadikan sebagai bahan tambahan dalam masakan, jeruk nipis juga banyak dijadikan sebagai minuman olahan yang menyegarkan.

  • Daun Sirih

Daun sirih banyak ditemukan di halaman rumah atau kebun. Masyarakat Indonesia mengenalnya sebagai bumbu dan juga memiliki khasiat dalam pengobatan tradisional. Dalam berbagai penelitian menyebutkan bahwa daun sirih memiliki kandungan yodium, kalium, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan asam nikotinat. Antioksidan tanin dalam daun sirih juga mempercepat respon tubuh untuk membekukan darah dan menyembuhkan luka. Manfaat lain daun sirih untuk kesehatan sebagai antidiabetes, antikanker, antibakteri, antimalaria, antiasma, menurunkan kadar kolesterol, menyembuhkan luka, menjaga kesehatan mulut, hingga mengobati tukak lambung. Selain itu, daun sirih juga mengandung sejumlah zat kimia, seperti minyak sirih, chavicol, betle phenol, eugenol, terpenoid, dan campene.

Leave a Reply

You may also like

Resep Selat Solo, Bistik Jawa Khas Kota Solo


Selat solo atau racikan salat adalah sebuah hidangan…



Resep Sambel Goreng Krecek


Krecek adalah kulit sapi yang dikeringkan dan dapat…



Mengenal Perbedaan antara Cake dan Pastry


Saat memasuki ke toko kue atau roti, tentunya…



Ternyata Es Teh Manis Tidak Cocok Untuk Berbuka Puasa! Temukan Jawabannya disini!


Saat berbuka puasa yang banyak sekali orang-orang yang…



Resep Korean Beef Bulgogi


Daging sapi mudah diolah menjadi makanan yang menggiurkan…



Ternyata air cucian beras masih ada manfaatnya! untuk apa saja?


Apa yang Anda lakukan dengan air cucian beras?…



Mengenang Masa Kecil dengan Membuat Permen Gula Asem Pedas


Permen gula asam manis adalah jajanan tradisional jaman…



Lima Makanan Tradisional Teman Perjuangan Saat Melawan Penjajah


Kemerdekaan Indonesia tidak pernah lepas dari sejarah. Salah…



Tips Sukses Membuat Roti


Roti merupakan salah satu makanan yang memiliki sejarah…



Makanan Khas Imlek dan Maknanya

Imlek atau tahun baru China biasanya selalu identik dengan ucapan Gong Xi Fa Cai ataupun angpao bagi masyarakat Tionghoa. Tetapi ada satu hal yang tidak bisa kita lupakan dari imlek, yakni makanan saat Imlek. Tahun baru China selalu di rayakan secara meriah oleh masyarakat Tionghoa. Mereka selalu merayakan dengan cara berkumpul bersama dengan anggota keluarga. Semua anggota keluarga yang ada di wilayah yang jauh pun akan kumpul bersama.

Imlek selain identik dengan warna merah, yang berarti simbol keberuntungan atau keselamatan untuk menyongsong tahun baru. Terkadang saat Imlek pun akan cukup banyak makanan yang akan disajikan saat imlek. Makanan saat imlek pun sangat beragam dan biasanya setiap makan pagi, siang, dan malam pun akan disajikan makanan yang berbeda-beda. Makanan Imlek pun sebenarnya memiliki sarat makna. Setiap makanan yang disajikan pun memang memiliki makna yang beragam dari setiap makanan yang disantap. Bahkan setiap makanan tersebut memiliki filosofi tersendiri bagi kehidupan masyarakat Tionghoa.

  1. Mie

Pada umumnya, di Tahun Baru Imlek, mie disajikan dalam bentuk menu mie goreng atau sering juga disebut siu mie. Makanan yang wajib ada saat Imlek ini melambangkan panjang umur, kebahagiaan, serta rezeki yang berlimpah. Dalam budaya Tionghoa, pada saat Tahun Baru Imlek semua orang membuat harapan yang akan terwujud bila kita menyantap mi ini dari bagian paling ujungnya tanpa terputus.

  1. Yu Sheng

Hidangan ini merupakan perpaduan irisan sayuran segar seperti lobak dan wortel dan potongan ikan segar yang masih mentah seperti tuna dan salmon. Yu Sheng mewakili keberuntungan agar hidup semakin baik sejak datangnya tahun baru. Hidangan ini disantap bersama-sama keluarga dengan cara yang unik, yaitu makanan diangkat setinggi mungkin menggunakan sumpit dari atas piring sajian.

  1. Kue Keranjang

Kue Keranjang adalah salah satu hidangan khas Imlek yang sangat ikonik dalam perayaan ini. Bentuk bulatnya melambangkan harapan keluarga yang selalu bersatu dan juga rukun. Kue Keranjang yang dalam bahasa Mandarin disebut Nian Gao ini memang merupakan kue khas Tahun Baru Imlek yang dibuat spesial untuk merayakan hari besar tersebut. Biasanya, kue disajikan disusun bertingkat dari ukuran paling besar hingga yang terkecil di meja makan untuk melambangkan bertambahnya kemakmuran. Uniknya Kue Keranjang ini bisa dinikmati dengan berbagai cara, lho. Selain dimakan langsung, ya, kamu juga bisa menggorengnya terlebih dahulu dengan campuran tepung terigu dan telur untuk tekstur yang berbeda.

  1. Telur Rebus Teh

Teh telur (tea leaf egg) mungkin saja terdengar aneh di telinga kita, tetapi teh telur yang bisa memberi stamina ini rasa-rasanya enak! Telur direbus sampai setengah masak, lantas cangkangnya diretakkan hingga teh yang sudah digabung kecap asin juga merembes masuk kedalam telur. Tidak hanya kecap asin, teh juga digabung dengan kayu manis serta lada hitam. Wanginya harum dengan citarasa asin yang khas. Teh telur ini melambangkan kesuburan.

  1. Pindang Ikan Bandeng

Sajian ikan-ikanan menjadi makanan yang wajib ada saat perayaan Tahun Baru Imlek. Kalau di Indonesia sendiri biasanya ikan yang disajikan berupa Ikan Bandeng yang dimasak pindang secara utuh saat Imlek. Ikan bandeng akan disajikan secara utuh karena diyakini bisa memberi rezeki dan keberuntungan terus menerus. Selain itu, ikan utuh juga merupakan simbol tolak bala dalam budaya orang Tionghoa.

  1. Ayam atau Bebek

Ayam atau bebek menjadi simbol udara yang memiliki arti kesetiaan dan ketaatan. Makanya sajian ayam atau bebek utuh selalu hadir saat Imlek. Ayam dan bebek ini juga pasti disajikan secara utuh dengan harapan keluarga yang memakannya akan menjadi keluarga yang utuh dan bahagia selalu.

  1. Jiaozi

Jiaozi atau juga dikenal dengan nama KuoTie ini merupakan makanan tradisional khas Tiongkok yang wajib disantap pada Tahun Baru Imlek.Jiaozi ini bentuknya mirip dengan pangsit yang ada di dim sum. Jiaozi ini biasanya disantap sebagai makanan pembuka di jamuan makan keluarga, Jiaozi ini diharapkan bisa mendatangkan kelimpahan rejeki dan kerukunan.

  1. Sup Delapan Bentuk

Kata ‘delapan’ diambil dari 8 bahan dasar yang digunakan untuk membuat sup ini. Ada teripang, jamur tungku/hitam, udang, perut ikan, kerang kering, abalone, kacang ginko, serta biji lotus. Hidangan khas Tahun Baru Imlek ini wajib disantap karena simbol dari harapan bisnis atau usaha yang mampu berkembang dengan cepat di tahun baru. Rasanya yang gurih dan enak membuat makanan ini jadi favorit keluarga saat perayaan Tahun Baru Imlek.

  1. Kue Mangkok

Kue mangkok warna merah ini juga akan kamu lihat selama perayaan Imlek. Kue mangkok ini akan berdampingan dengan kue keranjang. Kue mangkok warna merah ini melambangkan rezeki yang akan selalu mekar sepanjang tahun. Diharapkan tahun baru akan memberikan rezeki baru yang berlimpah dan tak terputus sepanjang tahun. Selain kue mangkok masih ada kue-kue Imlek lain yang ikut meramaikan Imlek.

  1. Jeruk

Buah yang satu ini juga menjadi buah yang penting selama perayaan Imlek. Jeruk ini juga melambangkan rezeki yang berlimpah ruah. Biasanya jeruk yang disajikan di saat Imlek ini masih memiliki tangkai dan daunnya. Jeruk utuh ini melambangkan kemakmuran dan kesejahteraan yang akan selalu tumbuh.

  1. Manisan Segi 8

Manisan yang berada di kota segi delapan juga hadir saat Imlek, manisan segi delapan ini dikenal sebagai “tray of happines”. Sesuai dengan namanya manisan segi delapan mengandung banyak makna. Misalnya biji teratai yang melambangkan kesuburan dan leci sebagai lambang keluarga yang kuat. Selain itu angka delapan juga menjadi angka keberuntungan yang dipercayai oleh orang Tionghoa.

 

Makanan-makanan khas Imlek ini ternyata memang mempunyai makna yang baik untuk tahun baru. Pasti di tahun baru Imlek kerbau logam kamu juga akan menemukan makanan-makanan yang penuh keberuntungan ini.  Semoga di tahun kerbau logam ini Hypermart Lovers semakin berlimpah rezeki dan keberuntungan ya!

Leave a Reply

You may also like

Tips dan Trik Menjadi Traveler Pemula


Traveling berkeliling ke tempat-tempat wisata di tanah air…



Resep dan Tips Membuat Bakso Ikan Kenyal dan Lembut


Banyak yang mengira jika bakso adalah makanan…



Tips Menyimpan Beras Awet dan Bebas Kutu


Dalam hal urusan dapur, biasanya banyak orang yang…



Tradisi Yang Biasa Dilakukan Saat Tahun Baru Imlek


Imlek, atau Tahun Baru Cina, merupakan salah satu…



Selain Jeruk, Gunakan 5 Bahan Ini untuk Menghilangkan Bau Amis pada Ikan!


Selain memiliki daging yang sehat dan kaya protein,…



Bahan Pengganti Kecap Asin Agar Masakan Tetap Sedap


Kecap adalah salah satu bahan penyedap masakan yang…



BACK TO SCHOOL! 5 Tips Agar Anak Semangat Masuk Sekolah


Liburan sekolah merupakan waktu yang paling menyenangkan bagi…



Resep Brulee Bomb, Camilan Hits Masa Kini!


Brulee Bomb adalah camilan berbentuk bola yang dilapisi…



Tips Perawatan Kulit Kaki Sehat, Lembut, dan Cantik


Perawatan tubuh dan wajah adalah hal yang…



Tips Menyimpan Tahu yang Tepat Agar Tidak Cepat Asam dan Tahan Lama

Terbuat dari fermentasi kacang kedelai, tahu sering dikonsumsi sebagai pengganti daging. Olahan kedelai ini memang mengandung protein nabati yang cukup tinggi, sehingga mampu memberi asupan protein bagi para vegetarian atau bagi mereka yang tak bisa mengkonsumsi daging. Pengolahannya juga cukup mudah, dapat dimasak menjadi beragam jenis hidangan, mau ditumis bersama sayuran, digoreng biasa, atau dicampur dengan bumbu serta rempah-rempah dan disajikan sebagai makanan berkuah. Dengan tekstur yang lembut, tahu bisa dinikmati oleh segala usia. Bukan itu saja, harganya yang terjangkau pun membuatnya kerap disimpan sebagai pasokan bahan masakan sehari-hari. 

Di balik teksturnya yang lembut dan rapuh tersebut, tahu ternyata juga cukup rentan, hanya bisa disimpan beberapa hari saja. Belum lagi bila cara menyimpannya kurang tepat, baru satu hari saja, tahu sudah berubah menjadi asam dan basi. Menyimpannya di dalam kulkas saja tak cukup, namun dengan menerapkan metode tertentu, tahu yang disimpan bisa bertahan hingga satu minggu, bahkan lebih. Bagaimana caranya? Yuk, simak tipsnya berikut ini:

 

  1. Rendam dengan air bersih

Tahu yang baru dibeli di pasar atau supermarket, sebaiknya langsung dibilas dengan air bersih. Buang air tahu yang ada dalam bungkusnya, lalu rendam tahu dengan air bersih. Sebaiknya gunakan air yang sudah matang atau air minum. Kalau berniat untuk menyimpan tahu dalam jangka waktu lama, sebaiknya ganti airnya sehari sekali.

  1. Simpan dalam wadah kedap udara

Wadah atau tempat penyimpanan tahu juga perlu diperhatikan. Pilih wadah yang kedap udara dengan penutup rapat. Tahu yang disimpan dalam wadah kedap udara bisa lebih awet untuk mencegah tumbuhnya jamur atau bakteri. Fitur-fitur wadah ini sangat fungsional, membuatnya mudah disimpan, menjaga kesegaran tahu lebih lama, dan mencegah terjadinya kontaminasi.

  1. Rebus tahu dengan air mendidih

Didihkan air. Lalu segera masukkan tahu. Tahu yang sudah direbus ini nantinya bisa tahan sampai beberapa hari. Hanya saja memang teksturnya bakal terasa lebih padat atau keras ketika diolah atau dimasak untuk jadi hidangan yang kita inginkan.

  1. Rendam dalam larutan garam

Tahu yang sudah direbus bisa direndam dalam larutan garam selama beberapa menit. Lalu airnya diganti dengan air bersih atau air yang masih baru. Tahu pun bisa awet bahkan sampai seminggu lamanya.

  1. Masukkan tahu ke dalam kulkas

Agar lebih tahan lama, simpan tahu dalam wadah tadi ke dalam kulkas. Pastikan jika wadah tersebut tertutup dengan sempurna demi menghindari bakteri masuk. Jangan lupa cuci kembali tahu saat akan digunakan.

 

Bagaimana Hypermart Lovers? Cukup mudah kan cara menyimpan tahu agar tidak cepat asam dan tahan lama ini? Jangan lupa untuk praktikkan di rumah ya tips ini, ya!

Leave a Reply

You may also like

Tips Menyiapkan Bekal Si Kecil untuk Pergi Ke Sekolah!


Setelah adanya pandemi corona, akhirnya pemerintah menerapkan sistem…



Resep Mango Sago Khas Hongkong


Selain ada Buko Pandan dari Negara Thailand yang…



Praktis Menghilangkan Noda Membandel


Noda pada baju bisa membuat pemakainya tidak percaya diri alias…



Tradisi Yang Biasa Dilakukan Saat Tahun Baru Imlek


Imlek, atau Tahun Baru Cina, merupakan salah satu…



Arti Perlombaan pada 17 Agustus


Sesaat setelah masuk bulan Agustus sepertinya ada hal…



Makanan Sisa dalam Kulkas? Jangan Dibuang!


Pastinya pernah mengalami kelebihan makanan sisa dalam jumlah…



Ternyata air cucian beras masih ada manfaatnya! untuk apa saja?


Apa yang Anda lakukan dengan air cucian beras?…



Resep Kalio Daging Sapi khas Padang


Kalio adalah sebutan masak rendang setengah jadi…



Tips dan Trik Menjadi Traveler Pemula


Traveling berkeliling ke tempat-tempat wisata di tanah air…



Jenis-Jenis Saus Spesial untuk Pesta BBQ Tahun Baru

BBQ sering menjadi salah satu pilihan yang menyenangkan untuk pesta atau party di malam natal dan tahun baru bersama keluarga maupun teman. Barbeque atau kegiatan bakar-bakar ini bisa dilakukan dimanapun, termasuk di rumah. Tidak heran jika banyak orang yang menjadikannya sebagai pilihan terbaik untuk merayakan sesuatu. Berbeda jenis hidangan, berbeda juga jenis saus yang perlu Hypermart Lovers siapkan. Tidak harus memakai saus barbeque botolan, Hypermart Lovers juga bisa membuat saos sendiri di rumah agar rasanya makin spesial. Yuk kenali beberapa jenis saus yang bisa Hypermart Lovers buat sesuai dengan hidangan yang diinginkan. Simak di sini ya:

 

  1. Saus Mushroom

Tahun baruan ingin membuat olahan daging steak? Saus mushroom jadi salah satu saus steak yang banyak digemari oleh semua kalangan. Tekstur yang creamy, rasa yang gurih dengan tambahan cita rasa rempah membuatnya sangat cocok disandingkan dengan irisan daging empuk. Jika Hypermart Lovers ingin membuatnya sendiri di rumah, siapkan bahan-bahan berupa jamur portobello atau jamur kancing, butter, bawang bombay, bawang putih, cooking cream, lada hitam, tepung maizena, dengan sedikit daun bayam. 

 

  1. Saus BBQ

Jenis saus ini paling populer digunakan saat pesta BBQ di rumah. Dibandingkan saus mushroom, rasa saus barbeque cenderung lebih asam dan segar. Acidity pada saus ini bisa Hypermart Lovers dapatkan dari tomat, cuka atau vinegar. Warnanya yang kemerahan juga menjadi ciri khas, karena selain tomat biasanya ada tambahan bubuk paprika. Tak hanya untuk steak, saus ini cocok digunakan untuk sosis bakar dan iga bakar. Namun, saus BBQ ini berbeda lho dengan saus yang digunakan pada Korean barbeque.

 

  1. Saus Korean Barbeque

Salah satu tren kuliner yang hype tahun ini adalah Korean barbeque. Bagi pecinta drama korea, tentu tidak asing yang dengan potongan daging yang dipanggang kemudian dicocol saus dan dimakan dengan selada. Hidangan ini juga bisa jadi pilihan untuk pesta BBQ di rumah.

Berbeda dengan saus barbeque untuk beef steak, Korean barbeque sauce tidak terbuat dari tomat. Warnanya kehitaman karena terbuat dari kecap asin, brown sugar, bawang putih dengan vinegar. Untuk itu rasanya sedikit manis dan segar. Untuk membuat pesta Korean barbeque, Hypermart Lovers juga bisa menyiapkan aneka jenis bumbu khas Korea seperti gochujang dan chunjang.

 

  1. Saus Kecap Pedas

Berencana menghidangkan seafood pada malam natal dan tahun baru? Hidangan saus kecap pedas yang nikmat bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Saus kecap pedas ini cukup praktis dibuat karena tidak membutuhkan banyak bahan, cukup dengan  kecap manis, bawang merah, tomat, lada, dan cabai, Hypermart Lovers sudah bisa meracik saus kecap yang enak.

Saus kecap ini cocok disajikan bersama ikan, cumi, ataupun udang. Hypermart Lovers bisa merasakan sensasi yang berbeda jika menambahkan irisan daun jeruk ya ke dalam sausnya.

 

  1. Saus Black Pepper

Saus black pepper atau peppercorn sauce seringkali jadi pilihan di restoran steak. Cita rasa pedas dan sensasi hangat dari lada hitam ini cocok disajikan saat cuaca dingin. Hypermart Lovers bisa membuat saus black pepper dengan bahan yang cukup sederhana, seperti lada hitam, bawang putih, bawang bombay, saus tiram, dan tepung maizena sebagai pengental. Saus ini cocok disajikan bersama daging-dagingan, baik itu daging sapi, kambing, maupun ayam. 

Bagaimana Hypermart Lovers? Dari lima jenis saus di atas, mana yang jadi favoritmu untuk dijadikan santapan saat perayaan malam natal dan tahun baru?

Leave a Reply

You may also like

TIps Membuat Alis


Setuju gak sih kalau alis menjadi salah satu bagian penting untuk lebih percaya diri? Nah, coba tutorial sederhana berikut biar alis tampak cetar dan tetap…



Luar Biasa! Kulit buah ternyata banyak manfaatnya! no 3 paling mengejutkan!


1.Apel Ternyata tidak hanya daging buahnya saja yang…



Mengenal Jenis Tanaman Obat dan Manfaatnya


Tanaman obat adalah jenis tanaman yang sebagian atau…



Resep Ayam Bakar Madu Lezat


Ayam merupakan jenis daging yang disukai oleh semua…



Manfaat Bunga Saffron Untuk Kesehatan!


Saffron adalah salah satu jenis rempah tradisional…



Resep Jus Susu Kurma, Minuman Segar Untuk Berbuka Puasa!


Kurma adalah jenis buah yang bisa tumbuh…



Alternatif Kegiatan Liburan Akhir Tahun


Penghujung tahun 2018 segera tiba, sudah waktunya Anda…



Resep Sup Jagung Telur yang Cocok untuk Cuaca Dingin


Jagung merupakan bahan makanan yang lezat serta bisa…



Resep Nasi Bakar Ikan Tuna


Tak hanya dikenal dengan kekayaan budaya dan…



Tips Memilih Beras Berkualitas, Baik dan Sehat

Mendapatkan beras yang berkualitas memang tidak mudah. Terlebih membedakan mana beras yang mengandung zat pemutih dan mana yang aman untuk dikonsumsi. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Mulai dari tekstur, bau, warna dan lain sebagainya. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan agar mendapatkan beras yang berkualitas, baik dan juga sehat :

  1. Perhatikan Warna Beras

Mengingat saat ini sudah banyak beras yang dicampur dengan berbagai pemutih. Maka memperhatikan warna beras sangat penting agar Anda benar-benar mendapatkan beras yang menyehatkan. Warna beras yang berkualitas sebenarnya bukanlah jenis beras yang terlalu putih. Karena bisa jadi warna beras tersebut memiliki kandungan pemutih. Sebaiknya, pilih warna beras yang memiliki warna bening dengan sedikit kekuningan.

  1. Perhatikan Tekstur Berasnya

Dari tekstur beras, Anda bisa melihat apakah beras tersebut tepat atau tidak untuk dikonsumsi. Beras yang berkualitas memiliki tekstur yang kuat dan tidak mudah patah saat ditekan. Sebaliknya, beras yang ketika ditekan mudah sekali hancur, itu menunjukkan bahwa beras tersebut sudah tidak layak konsumsi. Pilihlah beras yang kuat dan kokoh dengan cara menekan sampel dari beras yang ada.

  1. Pilih Beras yang Tidak Menempel saat Diremas

Beras yang menempel di tangan saat diremas menunjukkan bahwa beras tersebut memiliki kandungan pelicin. Hal ini disebabkan karena kandungan tersebut tidak baik untuk kesehatan dan dapat menimbulkan masalah pada tubuh seseorang.

  1. Amati Penampakan Berasnya

Lihat tekstur dan penampakan beras tersebut secara teliti. Apabila pada tekstur berasnya terdapat tekstur beras yang panjang atau tidak. Selain itu, lihat juga apakah di tangan Anda terdapat bekas seperti tepung atau tidak. Jika kedua tanda tersebut ada, maka itu menandakan bahwa berasnya sudah berumur tua.

  1. Pastikan Berasnya Tidak Terdapat Kutu

Umumnya, beras yang terdapat kutu menandakan bahwa beras tersebut sudah berumur lama. Dan beras yang usianya sudah lama, tentu saja tidak bersih dan kurang baik untuk kesehatan.

Akan tetapi, beras yang berkutu sebenarnya juga ada sisi positifnya. Karena itu tidak terdapat bahan atau zat kimia. Ada kalanya juga jenis beras yang baru berkutu karena terkontaminasi oleh beras yang lama.

  1. Cium Aroma Beras

Saat ini, di pasaran sudah banyak beredar jenis beras yang mengandung pewangi buatan. Beras yang mengandung pewangi buatan umumnya menimbulkan bau yang sangat wangi.  Apabila saat dicium beras tersebut menimbulkan aroma bau apek, maka itu menandakan bahwa berasnya sudah berusia lama. Sedangkan beras yang terlalu lama rasanya kurang enak. Selain itu, berasnya juga mudah busuk ketika dimasak. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih beras yang aromanya wangi yang normal dan tidak berbau apek.

  1. Gigit Berasnya untuk Menguji Kualitas Berasnya

Beras yang memiliki kualitas baik, ketika digigit tidak mudah rapuh dan cenderung keras. Dan beras yang seperti ini sangat baik untuk kencing manis. Selain itu, saat dikonsumsi juga memiliki rasa yang enak dan pulen.

  1. 8. Pilih Beras yang Bersih dan Tidak Bercampur Kotoran

Beras yang bersih adalah beras yang tidak mengandung kotoran apapun. Baik itu kotoran berupa batu, gabah atau kotoran-kotoran yang lain. Karena beras yang bersih kesehatannya lebih terjamin. Rasa beras pun juga akan semakin enak.

Leave a Reply

You may also like

Tips Selalu Sarapan Setiap Hari


Bagaikan peluru pada pistol, begitulah seharusnya sarapan pada kegiatan seharian Hypermart Lovers. Sarapan akan memperlengkapi Hypermart Lovers dengan tenaga dan energi untuk menghadapi hari setelah 'berpuasa'…



Cara Memilih Margarin yang Aman dan Sehat


Margarin adalah salah satu bahan makanan yang disukai…



5 Jenis Minyak Goreng yang Lebih Sehat Untuk Memasak! No 2 Paling Mantap!


Hai, Hypermart Lovers! Bagi masyarakat Indonesia yang terbiasa dengan makanan yang  digoreng,  minyak goreng merupakan salah satu komponen penting dan bahan yang dibutuhkan. Namun, tahukah…



Resep Buko Pandan Khas Filipina Yang Segar


Buko Pandan adalah hidangan penutup khas Filipina…



Cara Memilih Buah dan Sayur yang Baik


Tubuh sehat dan bugar merupakan dambaan bagi setiap…



Resep Onigiri Tuna Mayo Mudah dan Lezat


Onigiri atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan nasi…



Resep Kalio Daging Sapi khas Padang


Kalio adalah sebutan masak rendang setengah jadi…



Resep Ginger Cookies dan Kue Kering Khas Natal


Tidak terasa sekarang sudah di tengah-tenagh bulan Desember…



Resep buka puasa seru Lemon Cheesecake yang mudah banget dibuat


Halo Hypermart Lovers! Berbuka puasa identik dengan yang manis-manis, mulai dari minuman hingga makanan. Tentunya juga acara berbuka puasa terasa tidak lengkap jika tidak ditemani…



Mengenal Perbedaan antara Cake dan Pastry

Saat memasuki ke toko kue atau roti, tentunya Anda akan melihat banyak kue yang dijual. Ada macam-macam kue yang menggugah selera mulai dari cake, pastry, biskuit dan masih banyak lagi. Dari banyaknya kue yang ada, ternyata cake dan pastry adalah kue yang berbeda lho! Selama ini, cake dan pastry sering dianggap sebagai kue yang sama. Banyak yang menganggap bahwa semua kue adalah sama dan hanya dibedakan dari tekstur serta rasanya saja. Berikut ini perbedaan cake dan pastry mulai dari bahan pembuatannya, bentuk, rasa hingga manfaatnya dan waktu dikonsumsinya.

Pastry adalah jenis olahan makanan dari beberapa kombinasi bahan yang pada umumnya terasa manis karena mengandung lemak yang diproses melalui tahap pembakaran, jenis makanan ini biasanya disajikan untuk dessert. Bakery merupakan bagian dari pastry yang bertanggung jawab pada pembuatan bread, danish, croissant dan produk lain yang disajikan setelah di oven atau baking. Pada bakery, setelah proses cooking masih diperlukan penanganan lagi seperti memberi rasa dan tampilan sesuai dengan keperluan.

Biasanya departemen pastry yang ada di hotel atau restaurant, bertugas membuat aneka kue dan dessert untuk keperluan mereka seperti breakfast, coffee break, lunch dan dinner. Sedangkan bakery merupakan salah satu bagian dari pastry yang tugasnya membuat keperluan pastry, sehingga mengapa bakery merupakan bagian dari pastry.

Pastry juga terbagi menjadi dua, yaitu kue–kue oriental dan kue-kue kontinental. Kue-kue indonesia termasuk jenis kue oriental, sedangkan yang termasuk kue continental adalah, yeast products, breads, cake and icings, cookies, pastries, cream, pudding, frozen dessert, candy.

Jenis tepung yang digunakan untuk pastry dan bakery pun berbeda, tepung pastry memiliki persentase gluten paling rendah yaitu 8%-9%. Sementara tepung untuk bakery mengandung gluten paling tinggi yaitu 11%-12%. Kesimpulannya, meski pastry dan bakery berbeda tapi tetap menjadi satu kesatuan dalam satu divisi yang memproduksi makanan ringan dan dipasarkan secara komersial. 

Bagaimana Hypermart Lovers? Sudah bisa membedakan antara Cake dan Pastry kan?

Leave a Reply

You may also like

Manfaat Bunga Saffron Untuk Kesehatan!


Saffron adalah salah satu jenis rempah tradisional…



Memasak Bubur Suro, Makanan Khas Saat Tahun Baru Islam


Besok umat Muslim akan memperingati Tahun baru Islam,…



Resep Mango Sago Khas Hongkong


Selain ada Buko Pandan dari Negara Thailand yang…



Cara Memberishkan Lobster yang Tepat!


Lobster merupakan salah satu jenis udang besar yang…



Mitos dan Fakta tentang Buah Durian


Memiliki aroma yang sangat khas serta memiliki rasa…



Resep Jus Susu Kurma, Minuman Segar Untuk Berbuka Puasa!


Kurma adalah jenis buah yang bisa tumbuh…



Resep dan Tips Membuat Bakso Ikan Kenyal dan Lembut


Banyak yang mengira jika bakso adalah makanan…



Serupa Tapi Tak ama, Inilah Perbedaan Antara Pancake dan Waffle


Waffle dan pancake merupakan salah satu makanan…



Berbagai Jenis Buah untuk Jantung Sehat


Mengatur pola makan sehat merupakan kunci utama dalam…



Mengenal Bumbu Dapur dan Manfaatnya

Sejak zaman penjajahan, Indonesia sudah dikenal dengan kekayaan rempahnya. Fungsi utama bumbu dan rempah-rempah dalam pengolahan makanan tentunya memberikan warna, rasa, dan aroma yang sedap pada masakan Indonesia. Walaupun bahannya sama, dengan formulasi bumbu yang berbeda, cita rasa masakan yang dihasilkan bisa beragam. Ada banyak sekali jenis-jenis bumbu, baik golongan bumbu segar, rempah kering, bumbu buatan, hingga aneka jenis bumbu siap pakai. Masing-masing masakan menggunakan bumbu yang berbeda. Salah dalam memilih atau menggunakan bumbu bisa menyebabkan masalah menjadi tidak sedap.

Dalam dunia kuliner, bumbu dan rempah digolongkan menjadi beberapa macam. Kategori pertama adalah golongan bumbu basah. Rempah-rempah seperti kunyit, kencur, temu kunci, jahe, serai, bawang-bawangan, cabai, dan daun bawang masuk dalam kategori ini. Sedangkan kategori kedua adalah bumbu kering. Di antaranya kayu manis, lada, pala, jinten, kapulaga, ketumbar, dan cengkih. Yuk, kenali lebih dalam berbagai bumbu dapur wajib khas nusantara untuk bantu sempurnakan cita rasa dari masakan:

  1. Bawang Merah & Bawang Putih

Bawang merah dan bawang putih bisa dikatakan sebagai rempah paling populer dan hampir digunakan sebagai bumbu dasar dari berbagai hidangan. Selain memberikan rasa yang lebih gurih, kedua bumbu ini kerap digunakan karena aromanya yang harum ketika ditumis dengan minyak goreng.

Selain dimasak bersama kuliner lainnya, bawang merah dan bawang putih kerap digoreng untuk dijadikan bawang goreng sebagai pelengkap hidangan dengan cara ditaburi diatas makanan seperti soto, nasi goreng, bubur ayam, dan makanan lainnya.

  1. Bawang Bombay

Selain bawang merah dan bawang putih, rempah lain yang termasuk dalam bumbu dapur wajib adalah bawang bombay. Bawang bombay memiliki ukuran yang lebih besar dan membulat. Dibandingkan dengan bawang merah dan bawang putih, bawang bombay memiliki harum yang tidak terlalu tajam namun harum.

Selain ditumis, bawang bombay juga biasa disantap dalam kondisi segar sebagai campuran dari salad dan juga bisa disajikan sebagai camilan onion ring dengan menggorengnya dalam balutan tepung. Sama halnya dengan bawang merah dan putih, bawang bombay memiliki dua varian yang dibedakan dari warnanya. Bawang bombay kuning dan bawang bombay merah.

  1. Berbagai Jenis Cabai

Bahan dasar dapur wajib selanjutnya adalah cabai. Karena Indonesia terkenal akan rasa kulinernya yang pedas, ada banyak sekali varian dari bumbu dapur satu ini dengan tingkat pada yang berbeda-beda. Untuk mendapatkan tingkat pedas paling tinggi, Anda bisa mencoba menggunakan cabai rawit dan cabai burung, sedangkan cabai keriting bisa jadi pilihan pemberi rasa pedas namun tidak setajam cabai rawit. Biasanya bumbu dapur wajib satu ini diolah dengan cara ditumbuk dan dihaluskan dalam hidangan nusantara.

Namun, dalam hidangan yang lebih modern, cabai umumnya hanya diiris sebelum digunakan untuk memasak. Selain digunakan dalam keadaan segar, cabai juga bisa dikeringkan.

  1. Merica

Merica juga dikenal dengan nama lada merupakan bumbu dapur yang memiliki cita rasa pedas dan sedikit pahit. Merica atau lada biasa menjadi bagian dari hidangan khas Indonesia seperti bumbu ayam goreng, sop, dan berbagai hidangan lainnya. Bumbu dapur ini juga tersedia dalam bentuk bubuk untuk digunakan sebagai pelengkap makanan-mu. Lada bubuk ini bisa Anda tabur ke berbagai makanan seperti mie, soto, dan lainnya.

  1. Jahe

Selain terkenal sebagai bahan dasar memasak, bumbu dapur satu ini juga kerap digunakan sebagai obat-obatan. Jahe memiliki cita rasa pedas dan biasa digunakan untuk kuliner bersantan dan juga ditumis. Selain masakan, jahe juga kerap menjadi bahan dalam membuat minuman-minuman hangat seperti wedang jahe.

  1. Lengkuas

Sekilas bumbu dapur satu ini terlihat seperti jahe, namun lengkuas memiliki cita rasa dan fungsi yang berbeda. Lengkuas umumnya digunakan untuk memasak kuliner bersantan, sayur asem, dan berbagai masakan tumisan. Lengkuas memiliki aroma yang lebih wangi dan rasa pahit keasaman khas rempah-rempah. 

  1. Serai

Bumbu dapur selanjutnya memiliki fungsi untuk memberikan aroma pada masakan. Berbentuk seperti rumput ilalang, serai atau sereh ini digunakan dengan mengiris atau mememarkan bagian bonggol-nya. Selain makanan, serai juga bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat minuman-minuman tradisional.

  1. Kunyit

Rempah-rempah satu ini nggak cuma digunakan untuk memberikan warna tapi juga menghilangkan aroma-aroma tak sedap dari bahan-bahan makanan berbentuk daging baik sapi, ayam, ataupun ikan. Selain itu, bumbu dapur ini juga merupakan bahan dasar yang kerap digunakan dalam membuat jamu tradisional.

  1. Daun Salam

Jika kebanyakan bumbu dapur sebelumnya merupakan umbi, bumbu dapur selanjutnya berupa daun. Daun salam memiliki fungsi memberikan aroma khas dalam masakan-masakan seperti lodeh, opor, dan berbagai hidangan yang menggunakan santan lainnya. Selain itu, daun salam juga bisa membantumu mengusir aroma-aroma tak sedap dari hidangan seafood. Maka dari itu, daun salam sering menjadi salah satu bumbu pelengkap ikan bakar ataupun pepes ikan.

  1. Daun Jeruk

Selain daun salam, daun jeruk juga sering digunakan sebagai bumbu dapur untuk memberikan aroma lebih sedap pada hidangan. Daun jeruk yang sering digunakan sebagai bumbu dapur adalah jeruk purut. Sama halnya dengan daun salam, daun jeruk biasanya diiris atau disobek sebelum ditumis atau dimasak bersama bumbu dapur lainnya.

  1. Ketumbar

Meskipun berasal dari daratan Eropa Selatan, rempah-rempah satu ini merupakan bumbu dapur yang cukup populer digunakan dalam berbagai hidangan tradisional di Indonesia. Ketumbar yang berbentuk bijian ini biasanya akan ditumbuk atau geprek sebelum digunakan untuk memberikan aroma yang sedap dan lembut pada hidangan.

  1. Kayu Manis

Bumbu dasar dapur lainnya adalah kayu manis yang sebenarnya merupakan kulit kayu yang didapat dari beberapa jenis spesies pohon Cinnamomum. Selain memberikan aroma manis, bumbu dapur ini juga memberikan rasa segar pada masakan. Selain pada hidangan masakan, bahan dasar ini juga kerap menjadi pelengkap bahan membuat minuman dan juga kue.

  1. Kemiri

Bumbu dapur selanjutnya adalah kemiri yang juga terkenal sebagai bahan penyubur rambut. Sebelum digunakan Biji kemiri sebelumnya disangrai atau ditumis dengan minyak terlebih dahulu sebelum dicampur kedalam masakan untuk mengentalkan masakan dan juga memberikan rasa gurih pada hidangan.

  1. Asam Jawa

Sesuai dengan namanya, bumbu dapur ini memiliki fungsi memberikan rasa asam yang segar pada masakan. Asam jawa biasa digunakan pada sayur asam dan juga gado-gado untuk memberikan rasa yang lebih segar.

  1. Pala

Pala merupakan bumbu dapur yang memiliki cita rasa menyerupai merica namun dengan aroma yang lebih sedap. Bumbu dapur ini berasal dari kepulauan sekitar Maluku dan kerap digunakan dalam hidangan-hidangan berkuah. Karena rasa dan aromanya yang sangat kuat, penggunaannya haruslah sangat ditakar.

  1. Kapulaga

Bahan dasar dapur selanjutnya adalah Kapulaga yang merupakan penyedap rasa alami yang biasanya banyak ditemukan dalam berbagai kuliner khas padang. Kapulaga juga sering ditemukan sebagai bahan membuat jamu karena memiliki berbagai khasiat kesehatan seperti manfaat analgesik dan juga baik untuk menutrisi tulang.

  1. Cengkeh

Bumbu dasar dapur terakhir adalah cengkeh yang merupakan rempah asli Indonesia yang sangat populer akan khasiatnya memberikan aroma dan rasa yang lebih sedap pada masakan. Saking banyak yang menyukai aromanya, minyak ekstrak cengkeh kerap menjadi bahan tambahan dalam membuat parfum, lho. Bumbu dapur ini biasa digunakan untuk hidangan berkuah dan populer digunakan pada hidangan India dan juga Timur Tengah.

Leave a Reply

You may also like

Resep Ngohiong Khas Imlek


Malam tahun baru Cina atau malam Imlek adalah…



Digital Mom


Digital Mom' menghabiskan cukup banyak waktu menjelajahi internet untuk belanja maupun mencari tahu berbagai hal penting dan menarik untuk anak dan keluarganya. Tidak hanya mengenai…



Resep Ayam Teriyaki


Jepang adalah salah satu negara yang memiliki banyak…



Ternyata 3 Jenis Ikan Bermanfaat Untuk Si Kecil


Bunda pastinya ingin memberikan gizi terbaik untuk buah…



Resep Choco Moist Praktis Tanpa Oven Untuk Valentine


Valentine menjadi satu hari yang spesial bagi pasangan…



Mengenal Jenis Tanaman Obat dan Manfaatnya


Tanaman obat adalah jenis tanaman yang sebagian atau…



Resep Burritos Ayam dengan Saus Guacamole


Burrito atau taco de harina merupakan salah satu…



Tips Menyiapkan Bekal Si Kecil untuk Pergi Ke Sekolah!


Setelah adanya pandemi corona, akhirnya pemerintah menerapkan sistem…



5 Bahan Makanan yang Wajib Tersedia di Dapur


5 Bahan Makanan yang Wajib Tersedia di Dapur Hypermart Lovers pernah mengalami keadaan darurat di dapur dimana tidak ada bahan makanan sehat yang tersedia? Keadaan…