Welcome to Hypermart
Sign in    |    Sign up

3 Resep Makanan Khas Bali yang anti Mainstream

Jika mendengar kata “Bali” apa yang ada di pikiran Hypermart Lovers? Sebuah pulau cantik dengan jutaan pesona budaya yang tidak ada habisnya? Yup, Bali bisa dibilang merupakan salah satu pesona yang dimiliki Indonesia.
Tidak hanya memiliki pantai yang cantik, Bali juga dikenal dengan beragam budaya, baik dari tarian, rumah adat, bahkan hingga tata cara upacara keagamaannya yang banyak diminati oleh masyarakat, baik dari masyarakat lokal Bali, orang luar Bali, hingga turis internasional yang kerap kali menjadikan Bali sebagai destinasi wisata favorit.

Nah, jika Hypermart Lovers juga termasuk orang yang menjadi fans berat masakan khas Bali, mulai sekarang Hypermart Lovers tidak perlu jauh-jauh terbang ke pulau dewata hanya untuk mencicipi kulinernya. Tidak perlu pesan dari restoran, tapi mencoba membuatnya sendiri di dapur. Berikut ini 10 Resep Masakan Khas Bali yang wajib Hypermart Lover coba buat!

1. Resep Sate Lilit Bali

Sumber foto: resephariini.com

Bahan-bahan:
350 gram daging ayam, giling halus
150 gram udang, giling
1,5 sdm kelapa muda parut
1 sdm santan kental
15-20 batang serai untuk tusukan
1 sdt gula
1 sdt garam

Bumbu halus:
8 siung bawang merah
3 siung bawang putih
5 buah cabai keriting
3 cm kunyit, bakar
1 cm jahe
3 butir kemiri, sangrai
1/4 sdt ketumbar, sangrai
1/2 sdt terasi, bakar
1 buah serai ambil putihnya
3 lembar daun jeruk

Cara membuat:
1. Haluskan bumbu, kemudian tumis hingga harum.
2. Tambahkan gula garam, aduk hingga matang, angkat.
3. Pada wadah masukkan ayam, udang giling, santan, kelapa parut lalu tambahkan bumbu halus yang telah ditumis. Aduk hingga tercampur rata.
4. Ambil 1 sdm adonan, tempelkan/ lilitkan pada ujung serai atau bambu (menyerupai pentul) hingga rapi.
5. Panggang diatas pan, bolak balik hingga matang dan harum.
6. Sajikan dengan sambal matah selagi hangat.

2. Resep Tumis Tuna Sambal Matah

Sumber foto: Pinterest

Bahan-bahan:
300 gram daging tuna segar
20 gram cabai rawit merah
5 lembar daun jeruk purut, iris halus
2 batang sereh, iris halus bagian yang putihnya
7 butir bawang merah, iris halus
4 butir bawang putih, iris halus
1 sachet terasi bakar, haluskan
1 butir jeruk limau
Garam, gula, dan kaldu bubuk secukupnya

Cara membuat:
1. Kukus ikan tuna selama lebih kurang 10 menit.
2. Iris halus bawang merah, bawang putih, daun jeruk, sereh dan cabe rawit.
3. Setelah itu suwir-suwir daging tuna.
4. Panaskan minyak goreng secukupnya, tumis semua bumbu yang tadi diiris-iris.
5. Masukkan suwiran tuna. Beri gula, garam dan kaldu bubuk secukupnya.
6. Masak jangan terlalu lama. Tambahkan perasan jeruk limo.
7. Sajikan bersama nasi putih hangat.

3. Resep Ayam Suwir Bali

Sumber foto: reseptina.com

Bahan-bahan:
500 gram ayam, rebus, goreng, suwir-suwir dan tiriskan
200 ml air
2 batang serai, simpul dan geprek
10 lembar daun jeruk, robek-robek
1 blok maggi ayam/penyedap rasa
Gula dan garam secukupnya
1 buah jeruk limo

Bumbu halus:
10 siung bawang merah
8 siung bawang putih
1 sdt terasi bakar
15 buah cabai merah keriting
6 buah cabai rawit orange
1 ruas jari kencur

Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus hingga harum, masukan daun jeruk & serai masak hingga matang.
2. Masukan ayam aduk rata.
3. Masukan air, garam, gula, maggi blok, masak hingga bumbu meresap & air mengering (tes rasa, jika sudah sesuai selera) beri perasan air jeruk limo, aduk sebentar dan matikan api, siap disajikan.

 

Sumber foto: tripcanvas

Leave a Reply

You may also like

3 Resep Makanan Khas Bali yang anti Mainstream

Teh hangat dikenal dapat membuat tidur lebih nyenyak. Namun hal ini masih menjadi perdebatan, karena banyak juga yang tidak merasakan pengaruh dari minum teh bagi masalah susah tidur. Tiap kandungan daun teh mengandung kafein, kandungan kafein adalah zat stimulan yang bisa ditemukan dalam banyak produk makanan atau minuman, contohnya ada pada kopi. Kafein berfungsi untuk menstimulasi (merangsang) tubuh agar tetap awas dan terjaga, tidak ngantuk. Teh hijau, teh hitam, atau teh berwarna putih mengandung kira-kira di bawah 100 gram kafein per cangkirnya. Sayangnya, kafein yang Anda konsumsi sebelum tidur dapat membuat tubuh terjaga karena menghalangi bahan kimia otak yang merangsang rasa ngantuk. Produksi hormon adrenalin dalam tubuh pun juga akan semakin terpicu setelah Anda minum teh.

Namun Anda bisa mencoba jenis teh yang lain untuk membantu badan Anda untuk menjadi lebih rileks, yaitu teh herbal. Teh herbal ini umumnya tidak memiliki kafein. Walaupun ada, pasti kandungan kafeinnya sangat sedikit sehingga tidak menyebabkan susah tidur. Anda bisa mencoba varian teh herbal berikut ini:

  1. Teh Kamomil : Teh kamomil terbuat dari bunga kamomil yang dikeringkan. Teh kamomil mempunyai efek baik bagi tubuh, yaitu membuat tidur lebih nyenyak dan bisa meredakan kecemasan yang melanda. Teh ini tidak mengandung kafein.
  2. Teh Daun Mint : Teh herbal yang satu ini komposisi utamanya adalah dari daun mint yang dikeringkan. Teh ini sama sekali tidak mengandung kafein. Minum teh di malam hari jenis ini berguna untuk meredakan sakit perut dan membuat pikiran dan tubuh jadi tenang. Namun, untuk orang yang memiliki penyakit asam lambung sebaiknya tidak mengonsumsi teh herbal ini di malam hari.
  3. Teh Akar Jahe : Gunakan akar jahe sebagai bahan utamanya. Teh jahe ini secara alami tidak mengandung kafein, berguna untuk meredakan mual, dan membuat otot-otot badan menjadi rileks. Cara membuatnya adalah dengan memasukan potongan akar jahe sebesar ruas jari, lalu tuangkan air panas dan diamkan beberapa menit. Anda pun siap minum teh di malam hari tanpa takut insomnia atau susah tidur.

Jadi jika Anda mengalami masalah susah tidur, Anda bisa mencoba minum teh herbal seperti ulasan diatas. Semoga tipsnya bermanfaat ya Hypermart Lovers!

Leave a Reply

You may also like

BACK TO SCHOOL! 5 Tips Agar Anak Semangat Masuk Sekolah

Liburan sekolah merupakan waktu yang paling menyenangkan bagi anak-anak karena mereka memiliki waktu luang yang lebih banyak untuk bermain setelah berbulan-bulan melakukan aktivitas padat untuk belajar. Liburan biasanya diisi dengan berbagai macam aktivitas, baik itu bersantai di rumah ataupun pergi ke suatu tempat seperti pantai atau gunung.

Namun, terkadang liburan yang menyenangkan tersebut tidak selamanya membawa efek positif bagi anak-anak ketika harus kembali ke sekolah. Tidak jarang liburan membuat semangat untuk kembali belajar menurun. Sindrom pasca liburan ini kerap kali dialami oleh semua orang, baik itu orang dewasa ataupun anak-anak.

Pada umumnya, gejala dari sindrom pasca liburan panjang ini yaitu semangat yang menurun, susah bangun pagi atau enggan untuk belajar. Kondisi seperti ini terkadang membuat para orangtua merasa kebingungan dan mencari cara untuk membangkitkan kembali semangat anak-anak untuk belajar. Hal seperti ini sebenarnya tidak akan terjadi apabila pada waktu liburan para orangtua menerapkan kedisiplinan dan mengorganisir waktu liburan si kecil.

Berikut Tips Mengatasi Holiday Syndrome Pada Anak-Anak

1. Membiasakan anak untuk tidur lebih awal
Pada waktu libur biasanya para orangtua membiarkan anak-anak tidur semaunya tanpa terjadwal. Kebiasaan seperti ini yang memicu sindrom pasca liburan pada anak-anak sehingga semangat mereka untuk belajar menurun. Kebiasaan tidur larut malam pada waktu liburan akan berdampak negatif ketika anak harus kembali masuk sekolah. Mereka cenderung susah untuk bangun pagi dan tidak bersemangat untuk pergi ke sekolah.

2. Hindari kebiasaan bangun siang pada waktu liburan
Bangun siang adalah hal yang paling disukai oleh anak-anak ketika liburan. Namun, kebiasaan ini akan terus berlanjut sampai tiba waktunya harus kembali ke sekolah. Tentunya hal ini menjadi kebiasaan buruk pada waktu libur yang menjadi kebiasaan pada hari-hari biasa. Maka dari itu, Hypermart Lovers sebagai orangtua hendaknya tidak membiarkan anak untuk melakukan kebiasan tersebut pada waktu libur karena bisa berdampak buruk pada anak ketika harus kembali ke sekolah. Biasakan supaya anak bangun pagi meskipun sedang libur supaya ketika harus masuk sekolah lagi, mereka akan terbiasa untuk bangun pagi.

3. Usahakan supaya anak tetap belajar pada waktu libur
Ketika libur biasanya aktivitas belajar anak terhenti sehingga hal ini akan berdampak ketika anak kembali sekolah. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya pada waktu libur, Hypermart Lovers tetap menyarankan anak untuk belajar dengan intensitas yang lebih sedikit. Dengan begitu pada waktu anak harus kembali bersekolah maka semangat belajar anak akan tetap stabil.

4. Memberikan perlengkapan sekolah yang baru pada anak
Supaya si kecil tetap semangat untuk belajar setelah liburan, Hypermart Lovers bisa menyiasatinya dengan memberikan perlengkapan sekolah yang baru. Anak-anak biasanya tidak sabar untuk mencoba perlengkapan sekolah yang baru sehingga hal ini akan memicu semangat anak setelah liburan.

5. Menciptakan suasana hari-hari terakhir liburan yang menyenangkan dan bermanfaat
Suasana liburan yang menyenangkan akan membuat anak kembali bersemangat untuk sekolah. Selain itu, isi liburan anak dengan berbagai hal bermanfaat yang berkaitan dengan pelajaran di sekolahnya. Dengan begitu, anak akan bersemangat untuk kembali ke sekolah dan bertemu dengan teman-temannya. Hypermart Lovers bisa mengisi liburan anak dengan mengajaknya jalan-jalan ke museum ataupun tempat bersejarah lainnya.

Itulah 5 tips mengatasi sindrom pasca liburan pada anak-anak yang bisa Hypermart Lovers lakukan untuk membangkitkan kembali semangat belajar si kecil. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Hypermart Lovers dalam mengatasi hal tersebut!

Leave a Reply

You may also like

Hai, Hypermart Lovers!

Bagi masyarakat Indonesia yang terbiasa dengan makanan yang  digoreng,  minyak goreng merupakan salah satu komponen penting dan bahan yang dibutuhkan. Namun, tahukah Hypermart Lovers bahwa ada beberapa jenis minyak goreng yang bisa digunakan dan lebih sehat? Yuk kenali jenis-jenis minyak goreng yang ada di pasaran dan tentukan minyak goreng jenis apa yang menurut Hypermart Lovers paling sehat untuk digunakan!

1. Minyak Zaitun
Adapun kandungan dan zat-zat alami yang dikandung oleh minyak zaitun antara lain vitamin A, C, D, E, K, asam lemak tak jenuh, asam maristat, asam arachidat, asam palmitat, asam stearate, dan lignoserat. Tak hanya itu saja, minyak zaitun pun mengandung polifenol, asam oleat, pottasium, asam lemak esensial, zat besi, dan juga kalsium. Kandungan fenol yang terdapat pada minyak zaitun mengandung flavonoid yang mempunyai peranan aktif sebagai antioksidan yang sangat baik serta dapat membantu dalam menghambat proses oksidasi dari kolesterol jahat dalam tubuh

2. Minyak Wijen
Minyak wijen merupakan salah satu jenis minyak esensial yang sering digunakan dalam proses memasak. Selain dianggap dapat membuat olahan makanan menjadi lebih nikmat, rupanya minyak wijen juga memiliki sederet manfaat yang baik untuk kesehatan.
Kandungan magnesium, protein, lemak nabati, vitamin E, vitamin B, asam folat dan antioksidan yang dimilikinya, secara ampuh dapat menangani gangguan kesehatan.

3. Minyak Kacang
Sejak dulu, kacang tanah dikenal luas sebagai tanaman yang berkhasiat untuk tubuh. Minyak kacang tanah merupakan salah satu bagian dari tanaman ini dan salah satu minyak nabati alami terbaik. Minyak kacang tanah banyak memiliki kandungan, diantaranya adalah omega-3 dan zat asam sehat lainnya. Manfaat minyak kacang tanah dikenal luas baik untuk jantung dan mengandung anti oksidan yang ampuh atasi kanker.

4. Minyak Bunga Matahari

Minyak bunga matahari berasal dari biji bunga matahari. Minyak ini biasanya digunakan sebagai minyak goreng dan bahan pembuatan kosmetik. Senyawa yang terkandung di dalam minyak ini cukup lengkap antara lain omega-6 (asam linoleat), omega-9 (asam oleat), vitamin E, lemak, sterol, asam palmitat, asam stearat, lesitin, tokoferol, karotenoid dan beberapa senyawa hidrokarbon alifatik.

5. Minyak Jagung
Minyak Jagung dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah karena kandungan asam lemak jenuh yang lebih rendah dan juga tinggi Omega 3

5 Bahan Makanan yang Wajib Tersedia di Dapur

Hypermart Lovers pernah mengalami keadaan darurat di dapur dimana tidak ada bahan makanan sehat yang tersedia? Keadaan seperti ini bisa bikin panik apalagi jika si kecil yang berteriak kelaparan. Selain berbagai makanan praktis seperti mi, sarden, dan nugget, pastikan Hypermart Lovers selalu siap sedia bahan-bahan makanan yang sehat di kulkas dan di dapur.

1. Telur

nutritious protein yolk life organic Free Photo

Telur adalah bahan makanan yang serba bisa. Bisa nikmat dimakan dengan nasi saja, bisa juga diolah menjadi berbagai macam makanan. Sediakan cukup telur di dapur Hypermart Lovers agar menú makan sederhana sekalipun tetap bergizi.

2. Buah-Buahan Segar

Hand holding apple in store Free Photo

Selain diperlukan untuk kesehatan, buah-buahan segar juga baik untuk menjaga berat badan. Kapan pun Hypermart Lovers memerlukan camilan, Hypermart Lovers bisa memilih buah-buahan yang segar dan cukup mengenyangkan seperti anggur, apel, atau pisang. Selain dimakan langsung, Hypermart Lovers juga bisa membuat berbagai makanan penutup dan jus.

3. Susu (atau pengganti susu sejenis)

Close-up of glass with milk Free Photo

Empat sehat lima sempurna. Selalu sediakan susu di kulkas untuk berbagai keperluan. Bisa diminum begitu saja, atau disajikan dengan sereal, buah, atau sebagai pelengkap berbagai olahan makanan.

4. Keju

Cheeses of different types on a white background Free Photo

Apapun akan berkali lipat lebih nikmat dengan sentuhan keju. Hypermart Lovers setuju?

5. Bawang dan bumbu

Beautiful Tasty Appetizing Ingredients Spices Red Chilli Pepper Grocery for Cooking Healthy Kitchen. Free Photo

Tanpa bumbu, makanan apa pun tidak cukup sempurna. Selalu sedia berbagai rempah dan bumbu untuk memperkuat rasa makanan. Sebagai alternatif, kita juga bisa sediakan saus tomat, saus sambal, berbagai saus pasta atau bumbu siap masak lainnya.

Sudahkah Hypermart Lovers menyediakan bahan makanan di atas? Atau Hypermart Lovers punya pilihan lain?

Garam merupakan bumbu dapur yang sangat penting dan dapat menambah kenikmatan masakan. Kehadiran garam dapat membuat makanan yang terasa hambar menjadi lezat. Di indonesia sendiri, garam yang terkenal adalah garam yang berwarna putih. Nyatanya, selain itu banyak garam jenis lain dengan berbagai kandungan, warna dan rasa yang berbeda. Apakah ada Hypermart Lovers yang mengetahui apa saja jenis garam yang ada selain garam putih? jika belum, yuk kita ketahui lebih dalam!

1. Garam Himalaya
Garam ini mulai masuk di indonesia dan mulai banyak digunakan oleh orang indonesia. Garam ini dipanen dari Pakistan dekat dengan Himalaya. Warna merah muda pada garam berasal dari kandungan kaya mineral yang terdapat di dalamnya, seperti magnesium, kalium, dan kalsium.

2. Garam Celtic
Garam satu ini dipanen dari laut Celtic di lepas pantai Prancis. Warna garam ini khas, yakni abu-abu. Cocok digunakan untuk memasak ikan dan daging. Belum banyak masyarakat Indonesia yang mengetahui garam jenis ini. 

3. Garam Kosher

Garam satu ini juga biasa ditemui di dapur-dapur rumah. Ukuran garam kosher besar-besar dan kasar. Butirannya yang besar cocok untuk membumbui daging yang bakal memberi ledakan rasa pada masakan. Walau ukurannya besar, rasanya cepat menyebar dan mudah larut pada makanan. Di pasaran, garam kosher ada yang sudah diberi tambahan yodium dan tidak. Sebaiknya perhatikan label, sebelum membeli untuk mengetahui kandungannya.

Menarik ya, Hypermart Lovers?! Yuk segera cicipi berbagai garam tadi! 

Luar biasa! Dengan Cara Ini, Noda Bandel di Pakaian Hilang dalam Sekejap!

1. Bekas Keringat (Gunakan Air Lemon)
Padatnya aktivitas di luar riangan dan panasnya terik matahari kerap kali membuat tubuh memproduksi banyak keringat. Selain membuat aroma tubuh menjadi tisak sedap, keringat ternyata juga bisa membuat warna pakaian berubah. Di beberapa bagian seperti kerah baju dan lengan merupakan bagian rawan yang seringkali berubah warna karena terkenan keringat secara terus menerus. Namun, ternyata masalah ini bisa di atasi dengan menggunakan air lemon. Yap! Air lemon rupanya ampuh untuk mengembalikan warna pakian seperti semula loh!
2. Tumpahan Kopi (gunakan baking soda/ cuka putih)
Tumpahan kopi merupakan salah satu bekas noda yang dianggap sulit hilang. Selain menyebabkan bau, tumpahan kopi juga membuat noda yang sulit dihilangkan jika hanya menggunakan detergen. Kini, tak perlu panik lagi jika pakaian kalian terkena tumpahan kopi. Cukup gunakan baking soda atau cuka putih dan noda kopi akan segera hilang!
3. Tinta (Gunakan Aseton/ Isopropil alkohol)
Bekas tinta seringkali tertinggal pada pakaian seseorang terutama bagi mereka yang selalu menyimpang pulpen di kantongnya. Noda tinta bisa dhilangkan dengan menggunakan aseton atau isopropil alokohol. Kandungan Alkohol diketahui mampu menhilangkan tinta. Cukup oleskan sedikit alkohhol dan usap perlahan, noda dipastikan hilang!

 

 
Untuk berbagai jenis noda lain dan solusinya, yuk cek linimasi Hypemart!
Source: Google

Leave a Reply

You may also like

Praktis Menghilangkan Noda Membandel

Noda pada baju bisa membuat pemakainya tidak percaya diri alias tidak “PeDe”. Apa lagi jika noda itu ada di baju putih dan cukup besar ukurannya. Hypermart Lovers setuju tidak?

Jika Hypermart Lovers punya baju yang terkena noda membandel, jangan langsung putus asa. Memang noda tersebut tidak bisa langsung hilang jika kita langsung masukkan ke mesin cuci seperti biasanya. Tidak mudah hilang juga jika kita kucek-kucek dengan deterjen saja. Tetapi ada trik-trik yang bisa Hypermart Lovers terapkan berdasarkan jenis noda atau kotorannya. Yuk coba simak video tips berikut ini:

 

Nah, Hypermar Lovers sudah tau triknya kan? Ayo segera dipraktikan.

Leave a Reply

You may also like

Siapa sih yang tidak menginginkan senyum menawan yang menunjukkan sederet gigi putih. Memang naturalnya gigi manusia tidaklah putih cerah bagaikan selembar kertas putih. Gigi manusia pada umumnya berwarna cerah walaupun ada sedikit warna kuning atau abu, tergantung pada ketebalan dan warna lapisan enamel gigi setiap individu. Sehingga pada beberapa orang, gigi yang agak kuning tidak berarti tidak bersih.

Tetapi memang seiring bertambahnya umur pada umumnya warna gigi semain kuning bukannya semakin putih. Kenapa bisa begitu? Selain karena lapisan enamel yang semakin menipis dan memperlihatkan warna dentin, lapisan gigi setelah enamel, yang natural terjadi ketika bertambah tua, ada beberapa penyebab lain yang menyebabkan gigi menjadi lebih kuning atau gelap. Penyebab ini bisa digolongkan menjadi dua yaitu penyebab intrinsik dan ekstrinsik.

Penyebab ekstrinsik yang membuat gigi lebih kuning atau gelap adalah gaya hidup. Terlalu sering mengkonsumsi kopi atau pemanis buatan misalnya atau karena merokok dan mengunyah tembakau. Penyebab intrinsik di sisi lain umumnya terjadi karena terlalu banyak mengkonsumsi antibiotik atau karena pengobatan tertentu seperti kemoterapi.

Lalu bagaimana caranya menjaga gigi tetap cerah?

1. Menjaga kebersihan gigi

Menyikat gigi dengan cara yang benar sebelum dan sesudah tidur merupakan cara termudah mencegah gigi semakin kuning karena ini akan mencegah penumpukan plak dan karang gigi yang membuat lapisan gigi menguning. Selain itu, gigi yang bersih akan menunjukkan warna gigi alami.

2. Memutihkan gigi dengan tindakan dokter gigi

Dengan berbagai teknologi yang berkembang, dokter gigi bisa membantu memutihkan gigi dengan venner atau dengan menggunakan sinar LED. Veneer adalah menambahkan lapisan tipis yang lebih cerah di atas enamel gigi sehingga gigi terlihat lebih cerah.

3. Mengkonsumsi bahan-bahan alami pemutih gigi

Gigi yang putih dan sehat ternyata bisa didapatkan dengan mudah dan murah dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti buah stroberi, pisang, dan jeruk. Bagaimana caranya? Simak video tips berikut:

 

Nah, tertarik untuk mencoba? Ayo belanja ke Hypermart.

Setuju gak sih kalau alis menjadi salah satu bagian penting untuk lebih percaya diri? Nah, coba tutorial sederhana berikut biar alis tampak cetar dan tetap hits walaupun sudah beraktivitas sekian lama.