Welcome to Hypermart
Sign in    |    Sign up

Kado Unik Spesial untuk Valentine

Tanggal 14 Februari yang diperingati sebagai hari kasih sayang akan segera tiba. Biasanya banyak pasangan yang membuat rencana sedemikian rupa supaya hari kasih sayang akan terasa istimewa. Jatuh pada hari Kamis nanti, tentu sudah banyak dari Anda yang sudah berpasangan ini segera menghabiskan hari istimewa ini dengan orang terkasih. Karena jatuh di hari kerja pasti banyak dari Anda yang merasa kecewa, tenang saja hari istimewa tidak harus dirayakan tepat hari itu juga. Kehangatan valentine masih bisa dirayakan kapanpun dan dimanapun tidak perlu mematok tanggal pada bulan februari.

Pada perayaan Hari Valentine, biasanya kado yang diberikan oleh kekasih adalah cokelat dan bunga. Selain cokelat dan bunga,  ada banyak sekali hadiah yang dapat diberikan kepada orang terkasih. Salah satunya adalah souvenir buatan tangan atau bahkan kue buatan sendiri. Selain lebih berkesan namun juga rasa kasih sayang dalam hadiah tersebut lebih tersampaikan.

Berikut ini hadiah-hadiah yang bisa Anda berikan kepada sang kekasih :

1. Throw Pillow

Cokelat dan bunga sangat identik sebagai hadiah di hari kasih sayang, namun akan lebih istimewa lagi jika Anda memberikan hadiah yang lebih personal. Memberikan bantal untuk pasangan bisa menjadi hadiah yang sangat istimewa, lho! Bantal unik dan nyaman dihiasi dengan aksen personal bisa menambah kenyamanan momen kebersamaan Anda di rumah. Menariknya lagi, bantal yang lucu dan lembut ini juga bisa melengkapi dekorasi unik di rumah Anda.

2. Photo Book

Berikan sang kekasih kejutan manis dengan hadiah berupa Photo book. Anda dapat mengumpulkan momen romantis dan menyenangkan dalam sebuah album personal yang dapat dikenang selamanya. Tambahkan juga beberapa note pada setiap halamannya. Sentuhan personal akan membuat hadiah ini menjadi semakin istimewa.

3. Canvas Art

Tak hanya bisa mengabadikan momen dengan sempurna, canvas art juga cocok dijadikan dekorasi menarik di setiap ruangan. Gantung saja canvas art di kamar Anda untuk menambahkan aksen personal dan unik. Ini juga bisa menjadi hadiah yang sempurna untuk pasangan Anda, lho!

4. Tote Bag

Tak ada cara yang lebih spesial untuk menyenangkan hati pasangan Anda selain memberikannya tote bag. Selain bisa dibawa kemana-mana tote bag yang didesain khusus untuk pasangan Anda akan menjadi hadiah super spesial!

5. Gadget Case

Tak ada yang lebih personal dari gadget case yang selalu dibawa ke mana saja menemani aktivitas pasangan Anda seharian. Pastikan pasangan Anda bisa selalu merasakan kasih sayang dan suntikan semangat untuk menjalani harinya setiap kali manatap personalized gadget case buatan Anda.

6. Photo Prints

Jangan biarkan koleksi foto romantis Anda hanya tersimpan di dalam galeri ponsel. Ubah foto-foto tersebut menjadi koleksi photo prints yang akan membuat pasangan Anda tersenyum manis setiap kali melihatnya. Selain sangat cocok untuk dijadikan hadiah di hari kasih sayang, photo prints dengan wooden stand juga dapat mempermanis dekorasi meja Anda.

Sekarang, Anda tak perlu bingung memilih kado Valentine unik untuk pasangan bukan? Ketujuh ide di atas dijamin akan membuat pasangan Anda merasa istimewa di tanggal 14 Februari. Semoga pasangan Anda suka dengan kado yang diberikan, ya!

Leave a Reply

You may also like

Resep Ayam Teriyaki


Jepang adalah salah satu negara yang memiliki banyak…



Manfaat Susu


Hypermart lovers, kita tahu susu adalah minuman yang kaya akan kalsium, sehingga baik untuk pertumbuhan dan kepadatan tulang. Bukan cuma itu manfaatnya, susu merupakan sumber…



Food Truck Makanan Gratis saat Asian Games


Hypermart Lovers! Asian Games 2018 tinggal hitungan hari…



Makanan Sisa dalam Kulkas? Jangan Dibuang!


Pastinya pernah mengalami kelebihan makanan sisa dalam jumlah…



7 Tips Praktis Menghilangkan Bau Kulkas


Kulkas memang sering dipakai dan menyimpan banyak makanan,…



Digital Mom


Digital Mom' menghabiskan cukup banyak waktu menjelajahi internet untuk belanja maupun mencari tahu berbagai hal penting dan menarik untuk anak dan keluarganya. Tidak hanya mengenai…



Kado Unik Spesial untuk Valentine


Tanggal 14 Februari yang diperingati sebagai hari kasih…



Resep Burritos Ayam dengan Saus Guacamole


Burrito atau taco de harina merupakan salah satu…



Ini Hal yang Perlu Diketahui Ketika Menyiapkan Perlengkapan Bayi!


Menyiapkan perlengkapan untuk calon buah hati merupakan hal…



Resep Molten Lava Cake untuk Rayakan Valentine!

Cokelat adalah salah satu jenis makanan favorit anak-anak sampai orang tua. Rasanya yang manis sering membuat cokelat dipakai sebagai bahan dasar olahan makanan dan minuman penggoyang lidah. Banyak pula aneka kue yang terbuat dari ramuan berbahan dasar cokelat, contohnya dessert-dessert yang bisa dijadikan makanan penutup seperti chocolate lava cake. Rasanya yang lembut dan padat diluar, cokelat akan melumer didalam mulut begitu akan langsung terasa saat masuk mulut. Molten lava cake saat ini menjadi trending topic di berbagai restoran yang menyediakan menu cake pada umumnya. Tidak hanya untuk dinikmati, akan tetapi molten lava cake ini sudah booming diberbagai penjuru dunia apalagi di Indonesia. Apalagi Hari Valentine yang identik dengan cokelat, daripada membelinya mendingan kita bikin yuk. Simak resepnya disini :

Bahan :

  • 100gr dark cokelat, dicincang
  • 2 butir telur ayam
  • 100gr butter
  • 100gr gula pasir halus atau gula bubuk
  • 2 kuning telur
  • 85 gr tepung terigu protein sedang
  • 15gr cokelat bubuk
  • cokelat bubuk untuk taburan cetakan dari molten lava cake
  • Gula bubuk untuk taburan juga
  • Yang terakhir adalah margarine untuk olesan cetakan

 

Cara membuat Molten Lava Cake :

  1. Langkah pertama, oleskan cetakan dengan margarine yang sudah disediakan. Kemudian simpan cetakan tersebut kedalam lemari es agar margarine yang dioleskan cepat membeku.
  2. Kemudian, oleskan lagi margarine pada cetakan yang sudah membeku dengan ditaburi bubuk cokelat, lalu sisihkan.
  3. Selanjutnya, tim dark chocolate dan juga butter sampai meleleh. Setelah itu sisihkan terlebih dahulu agar dingin
  4. Kocok telur ayam lalu campurkan dengan gula pasir dan juga kuning telur. Kocok adonan tersebut sampai mengembang dan kental.
  5. Setelah adonan mulai mengembang, tambahkan tepung terigu protein sedang dan juga cokelat bubuk sambil diayak diatas adonan tersebut. Dan aduk adonan dengan mixer sampai tercampur rata
  6. Setelah tercampur, tambahkan dark chocolate yang sudah dilelehkan kemudian aduk lagi sampai merata kembali.
  7. Langkah berikutnya yaitu menuangkan adonan kedalam cetakan sampai penuh dan disimpan ke dalam lemari es selama 30 menit. Tunggu sampai adonan membeku terlebih dahulu.
  8. Kemudian, panaskan oven dengan suhu sekitar 200 derajat celcius dan panggang adonan selama 13 menit sampai terlihat bagian samping dan juga atas cake terlepas dari cetakan.
  9. Setelah selesai, angkat kue dari oven dan diamkan sekitar 2 menit. Dan letakkan di piring dan taburi dengan gula halus. Molten lava cake siap untuk disajikan.

 

Tips membuat Molten Lava Cake :

Ada beberapa catatan ketika Anda membuat molten lava cake. Saat memanggang kue ini, Anda harus sangat berhati-hati dan perlu diawasi karena jika Anda terlalu lama memanggang ataupun terlalu sebentar memanggangnya maka kue ini tidak akan jadi. Kelemahan dari resep molten lava cake ini adalah menjaga lelehan cokelat yang ada di dalam kue agar tetap berada pada tempatnya. Apabila Anda memanggangnya terlalu cepat maka adonan tidak akan matang dengan merata. Dapat dipastikan beberapa bagian masih mentah. Dan apabila Anda memanggangnya terlalu lama, maka bisa jadi adonannya gosong bahkan cokelat yang ada di dalam adonan akan meleleh keluar. Oleh karena itu Anda perlu berhati-hati dalam memanggangnya.

Leave a Reply

You may also like

Resep Banana Nugget


Jika dulu pisang lebih sering diracik menjadi pisang goreng, kali ini olahannya juga bisa dibuat menjadi pisang nugget yang lagi kekinian dan disukai anak-anak loh!…



Resep Burritos Ayam dengan Saus Guacamole


Burrito atau taco de harina merupakan salah satu…



Ramadan Tiba! Siapkan Menu Praktis Untuk Sahur Dengan Tips Ini


Bulan puasa segera tiba kurang dari seminggu lagi.…



Ternyata air cucian beras masih ada manfaatnya! untuk apa saja?


Apa yang Anda lakukan dengan air cucian beras?…



5 Tips Membedakan Madu Asli dan Palsu


Madu memang menjadi salah satu bahan minuman alami…



Resep Sambel Goreng Krecek


Krecek adalah kulit sapi yang dikeringkan dan dapat…



Siapa bilang bulan puasa tidak bisa berhemat? temukan tipsnya disini!


Biasanya di bulan puasa pengeluaran rumah tangga semakin membengkak. Pengeluaran kita menjadi jauh lebih tinggi dibandingkan bulan-bulan biasa. Apalagi kalau ada tawaran berbuka puasa di luar…



Makanan Hitam Nan Menggiurkan Yang Ramai Diperbincangkan


Pada awal tahun ini, dunia kuliner digegerkan dengan…



BACK TO SCHOOL! 5 Tips Agar Anak Semangat Masuk Sekolah


Liburan sekolah merupakan waktu yang paling menyenangkan bagi…



8 Makanan Khas Imlek dan Maknanya

Tak terasa perayaan Tahun Baru Imlek akan segera tiba. Dan pada tahun baru Imlek 2569, merupakan tahun shio Babi. Ada banyak sekali tradisi yang perlu dilakukan saat merayakan Imlek, salah satunya adalah makan bersama dengan keluarga besar. Dan dari tahun ke tahun, secara turun menurun, keluarga Tionghoa di Indonesia merayakan Imlek selalu menghidangkan beberapa sajian makanan wajib yang memiliki makna tersendiri. Dan menurut kepercayaan turun temurun keluarga Tionghoa, makanan-makanan ini merupakan simbol pengharapan dan doa agar di tahun yang baru, seluruh anggota keluarga dilimpahi kesehatan dan keberuntungan. Berikut ini makanan-makanan khas Imlek beserta maknanya :

 

1. Siu Mie

Sumber: Cakapcakap.com

Siu Mie atau mie panjang umur ini kerap hadir dalam perayaan Imlek. Karena Siu mie ini melambangkan umur yang panjang, kebahagiaan, serta limpahan rejeki bagi orang yang memakannya. Cara memakan siu mie sangat unik, mie ini dimakan secara utuh tanpa digigit, jika terputus berarti memiliki makna yang kurang baik. Mi baru boleh digigit dan dikunyah setelah semua bagiannya sudah ada di dalam mulut. Siu mie disajikan seperti mi goreng pada umumnya, menggunakan kol, sawi, udang, bakso, ayam, atau sosis.

2. Kue Keranjang

Sumber: Sumberlahap.id

Kue keranjang juga merupakan simbol makanan-makanan saat perayaan Imlek, rasanya kurang lengkap jika tidak ada Kue keranjang saat perayaan Imlek. Kue keranjang juga bisa disebut Nian Gao, yang berarti kue tahunan karena hanya dibuat setahun sekali pada tahun baru Imlek. Makna dari kue keranjang ini merupakan bentuk harapan agar terus bersatu. Selain makna itu, jika kue keranjang disusun bertumpuk maka maknanya agar berharap mendapatkan kemakmuran.

3. Yusheng

Sumber: Womensweekly.com

Tahukah Anda, tradisi saat memakan Yusheng disebut lo hei. Tradisi ni mengharuskan mengumpulkan seluruh anggota dalam meja, lalu mengaduk-aduk yusheng dengan sumpit sambil mengucapkan selamat Tahun baru Imlek, lalu sumpit diangkat dengan tinggi-tinggi. Semakin tinggi yusheng terangkat, maka itu dianggap semakin baik lambang harapan akan terkabul, serta semakin baik pula peruntungan pada tahun yang baru.

4. Daging Babi

Sumber: kulinerb2jogja.blogspot.com

Hidangan babi juga dipercaya sebagai pembawa keberuntungan karena diibaratkan seperti kantong yang dapat menampung banyak rezeki. Dan daging babi ini juga merupakan salah satu makanan khas Imlek dan disantap bersama keluarga besar. Seperti yang sudah diketahui babi adalah hewan yang malas. Sehingga diharapkan juga orang yang memakan babi saat Imlek tidak akan menjadi pemalas.

5. Ayam atau Bebek

Sumber: akcdn.detik.net.id

Dalam perayaan Imlek, ayam atau bebek biasanya dimasak dan disajikan secara utuh tanpa dipotong-potong. Hal ini dimaknai sebagai harapan agar keluarga tetap bersama, tetap utuh, dan bahagia. Selain itu, ayam atau bebek menjadi simbol udara yang memiliki arti kesetiaan dan ketaatan. Menurut tradisi Tiongkok, ayam dan bebek diibaratkan memiliki sifat yang serakah sehingga dengan menyantap dagingnya orang akan terhindar dari sifat buruk tersebut.

6. Manisan segi delapan

Sumber: Cdn.idntimes.com

Makanan satu ini memang lepas dari perayaan Imlek. Manisan segi delapan ini dikemas berbentuk segi 8 dan diisi dengan berbagai makanan ringan. Manisan segi delapan ini juga disebut dengan tray of togetherness atau prosperity box. Dalam satu box tray of togetherness atau prosperity box biasanya berisi manisan-manisan:

  1. Manisan melon, melambangkan kesehatan dan perkembangan hidup.
  2. Jeruk kumquat, melambangkan kemakmuran dan emas.
  3. Kelapa kering atau kelapa segar, melambangkan persatuan dan persahabatan.
  4. Kelengkeng, melambangkan banyak anak.
  5. Biji teratai, melambangkan kesuburan.
  6. Buah leci, melambangkan ikatan keluarga yang kuat.
  7. Kacang tanah, melambangkan doa agar panjang umur.
  8. Semangka merah, melambangkan kebahagiaan dan kejujuran.

7. Jeruk

Buah yang mengandung banyak manfaat untuk tubuh ini juga tidak luput dari makanan khas Imlek. Buah Jeruk ini biasanya dicari dan dihidangkan adalah jeruk yang masih ada tangkai dan daunnya. Selain melambangkan rezeki yang berlimpah, jeruk utuh dengan warna kuning keemasan ini juga melambangkan kemakmuran, kekayaan, dan kesejahteraan yang akan selalu tumbuh.

8. Lapis Legit

Sumber: Bisniswisata.co.id

Kue yang sering kita jumpai ini bagi masyarakat keturunan Tionghoa di Indonesia menjadi makanan khas Imlek. Kue ini juga memiliki makna rezeki yang berlapis-lapis hingga tumpang tindih, dan bagi siapa pun yang memakannya akan memiliki kehidupan yang manis dan legit. Lapis Legit menjadi simbol atau doa, agar setiap orang mendapat rezeki berlimpah sampai tahun-tahun berikutnya.
Nah, cukup beragam bukan makanan-makanan khas Imlek serta makna didalamnya?

Leave a Reply

You may also like

Resep Kerak Telor Khas Ibu Kota


Setiap kota tentunya mempunyai makanan khas masing-masing. Tidak…



Benarkah minum teh dapat mengatasi masalah susah tidur? temukan jawabannya disini!


Teh hangat dikenal dapat membuat tidur lebih nyenyak.…



Ramadan Tiba! Siapkan Menu Praktis Untuk Sahur Dengan Tips Ini


Bulan puasa segera tiba kurang dari seminggu lagi.…



9 Mitos dan Fakta Tahun Baru Imlek


Sejak tahun 2003, hari raya Imlek telah menjadi…



Makanan Sisa dalam Kulkas? Jangan Dibuang!


Pastinya pernah mengalami kelebihan makanan sisa dalam jumlah…



Ternyata Es Teh Manis Tidak Cocok Untuk Berbuka Puasa! Temukan Jawabannya disini!


Saat berbuka puasa yang banyak sekali orang-orang yang…



Luar biasa! Dengan Cara Ini, Noda Bandel di Pakaian Hilang dalam Sekejap!


1. Bekas Keringat (Gunakan Air Lemon) Padatnya…



Manfaat Susu


Hypermart lovers, kita tahu susu adalah minuman yang kaya akan kalsium, sehingga baik untuk pertumbuhan dan kepadatan tulang. Bukan cuma itu manfaatnya, susu merupakan sumber…



Resep Ginger Cookies dan Kue Kering Khas Natal


Tidak terasa sekarang sudah di tengah-tenagh bulan Desember…



9 Mitos dan Fakta Tahun Baru Imlek

Sejak tahun 2003, hari raya Imlek telah menjadi hari libur nasional. Namun, perayaan ini bukan hanya dirayakan oleh warga Tionghoa, tapi juga berbagai lapisan masyarakat Indonesia.
Tahun baru imlek yang sebentar lagi akan dirayakan ternyata mempunyai mitos dan legenda yang dipercaya sampai saat ini oleh orang-orang Tionghoa. Kepercayaan itu pun menjadi sebuah tradisi yang dijaga dan dilestarikan selama ratusan tahun. Imlek atau perayaan tahun baru warga Tionghoa telah menjadi salah satu identitas keberagaman di Indonesia.

1. Angpao
Orang yang sudah berkeluarga memberikan rizki kepada orang tua dan anak-anaknya. Begitu juga orang yang cukup mampu, harus berbagi rizki dengan yang tidak mampu. Makna tradisi membagikan angpao pada saat Imlek ini adalah berkaitan dengan transfer energi dan kesejahteraan.

2. Liong Naga dan Barongsai
Sering melihat barongsai saat perayaan Imlek? Jika iya, karena tradisi ini adalah tradisi wajib pada perayaan Imlek. Dalam kepercayaan warga Tionghoa, Liong dan Barongsai merupakan lambang kebahagiaan dan kesenangan. Pertunjukan tarian singa dan naga ini dipercaya bisa membawa hoki.

3. Menyajikan dan Makan Makanan Khusus
Perayaan Imlek biasanya mensuguhkan 12 macam masakan dan 12 macam kue yang melambangkan 12 macam shio. Seluruh hidangan didoakan bersama-sama dengan keluarga. Masing-masing makanan memiliki makna tersendiri. Seperti yang sudah dijelaskan di artikel Hypermart sebelumnya “Makanan khas imlek beserta maknanya”, Siu Mie melambangkan panjang umur dan kemakmuran, lapis legit melambangkan rizki berlapis-lapis, Ikan sebagai simbol air, serta Bebek atau Ayam utuh sebagai lambing untuk udara.

4. Membersihkan Rumah Sebelum Hari H Tiba
Membersihkan rumah memang wajib dilakukan setiap hari, bukan hanya saat perayaan Imlek tiba. Namun saat mendekati perayaan Imlek, sangat penting memastikan kondisi rumah dalam keadaan bersih. Makna dari tradisi ini memiliki keyakinan bahwa rumah akan bersih dari keburukan dan siap menerima keberuntungan di tahun yang baru.

5. Mendekorasi Ulang Rumah
Setelah rumah dibersihkan, rumah sebaiknya harus didekorasi dengan dominan warna-warna serba merah. Pintu dan jendela di cat ulang, serta ditempeli kertas yang bertuliskan kalimat atau kata-kata baik. Bagi etnis Tionghoa, warna merah melambangkan sesuatu yang sejahtera dan kuat, serta membawa keberuntungan.

6. Pakaian dan Sepatu Baru
Selain untuk menjaga penampilan, membeli pakaian baru, sepatu baru dan mencukur rambut merupakan tradisi menjelang Imlek. Pakaian baru yang dikenakan pada hari Imlek biasanya berwarna merah atau warna terang lainnya. Warga Tionghoa percaya pentingnya penampilan dan sikap baru yang optimis menghadapi masa depan. Harapannya, masa depan tetap terang dengan kamakmuran dan rizki

7. Melunasi atau Mengurangi Hutang
Hutang memang wajib dibayar. Namun, bagi warga TIonghoa membayar hutang juga memiliki makna tersendiri. Menjelang tahun baru, warga Tionghoa melunasi atau mengurangi jumlah hutang sebagai salah satu tradisi. Harapannya, pada tahun selanjutnya tidak terbebani dengan hutang.

8. Pantang Makanan Bubur
Warga Tionghoa memiliki pantangan saat menyajikan dan memakan bubur ketika Imlek. Bubur dianggap sebagai simbol kemiskinan. Pantangan lain berkaitan dengan makanan pada perayaan Imlek adalah membalik ikan. Ikan yang dihidangkan tidak boleh dibalik posisinya. Jadi, kalaupun ingin mengambil daging pada sisi lain ikan, posisinya harus tetap dipertahankan. Ikan itu juga tidak boleh habis, melainkan disisakan untuk acara makan keesokan harinya. Ini melambangkan nilai surplus untuk tahun berikutnya.

9. Pantang Menyapu Saat Hari H
Hampir sama dengan mitos jawa yang tidak boleh menyapu di malam hari, namun bagi warga Tionghoa tidak boleh menyapu dan mengepel lantai rumah, karena dipercaya bisa menghilangkan seluruh berkah tahun baru di rumah.Hal tersebut sudah banyak yang dipercayai sejak pendahulu mereka.

Leave a Reply

You may also like

Benarkah minum teh dapat mengatasi masalah susah tidur? temukan jawabannya disini!


Teh hangat dikenal dapat membuat tidur lebih nyenyak.…



7 Tips Praktis Menghilangkan Bau Kulkas


Kulkas memang sering dipakai dan menyimpan banyak makanan,…



Resep Sup Jagung Telur yang Cocok untuk Cuaca Dingin


Jagung merupakan bahan makanan yang lezat serta bisa…



Luar Biasa! Kulit buah ternyata banyak manfaatnya! no 3 paling mengejutkan!


1.Apel Ternyata tidak hanya daging buahnya saja yang…



Ternyata Es Teh Manis Tidak Cocok Untuk Berbuka Puasa! Temukan Jawabannya disini!


Saat berbuka puasa yang banyak sekali orang-orang yang…



Arti Perlombaan pada 17 Agustus


Sesaat setelah masuk bulan Agustus sepertinya ada hal…



Kado Unik Spesial untuk Valentine


Tanggal 14 Februari yang diperingati sebagai hari kasih…



Ternyata 3 Jenis Ikan Bermanfaat Untuk Si Kecil


Bunda pastinya ingin memberikan gizi terbaik untuk buah…



Wow 3 Jenis Garam Berikut Ini Dapat Membuat Masakan Terasa Lezat! Nomer 2 Paling Mantap!


Garam merupakan bumbu dapur yang sangat penting dan dapat menambah kenikmatan masakan. Kehadiran garam dapat membuat makanan yang terasa hambar menjadi lezat. Di indonesia sendiri,…



7 Tips Menambah Nafsu Makan Anak

Nafsu makan seseorang pada umumnya dipengaruhi oleh hormon ghrelin atau leptin. Hormon ghrelin dapat membuat anak menjadi nafsu makan, sedangkan hormone leptin dapat menurunkan nafsu makan pada anak. Hormon ghrelin akan dilepaskan di perut yang kemudian akan memberikan sinyal lapar pada otak. Pada kasus ini, sering kali orang tua kebingungan karena mengatasi sulitnya anak untuk makan. Jika diteruskan anak bisa mengalami gangguan pada pertumbuhannya karena mogok makan ataupun susah makan. Karena untuk anak usia 2-3 tahun membutuhkan sekitar 1.000 kalori per hari, usia 4-8 tahun membutuhkan 1.200-1.800 kalori per hari, dan anak 9-13 tahun membutuhkan 1.600-2.200 kalori per hari.

Pertumbuhan anak tidak selamanya cepat. Ada waktu-waktu tertentu di mana kecepatan pertumbuhan anak akan menurun. Pada usia prasekolah, pertumbuhan anak tidak secepat masa sebelumnya. Sehingga, kebutuhan nutrisinya pun akan sedikit menurun menyesuaikan dengan pertumbuhannya.

Tak heran, nafsu makan anak pada masa prasekolah pun mungkin akan menurun. Jadi, ini adalah hal yang normal. Nafsu makan anak biasanya akan menyesuaikan dengan kebutuhan gizinya untuk mendukung pertumbuhannya.

Selain karena faktor pertumbuhan, nafsu makan anak yang menurun juga bisa disebabkan oleh keinginan anak yang lebih besar untuk mengeksplor lingkungan sekelilingnya. Pada masa prasekolah, anak biasanya lebih suka bermain dan terlibat dalam lingkungan sekitarnya, sehingga waktu makan anak mungkin menjadi tidak menentu dan nafsu makannya menurun.

Kurang nafsu makan pada anak maupun orang dewasa dapat disebabkan oleh berbagai hal, antara lain adalah stres, tegang, efek samping obat, rasa dan tampilan makanan yang tidak menarik, atau adanya kondisi medis tertentu. Cara mengatasinya, tentu harus disesuaikan dengan penyebabnya.

Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda coba sebagai cara menambah nafsu makan anak, antara lain:

  1. Jangan memaksa anak
    Tindakan memaksa anak untuk makan dikhawatirkan justru dapat memancing ketegangan pada waktu makan. Hal ini dapat membuat anak kurang sensitif terhadap rasa lapar di kemudian hari.
  2. Berikan Tampilan yang menarik
    Berikan sajian tampilan yang beraneka ragam dan menarik mata, sehingga dapat membuat waktu makan menyenangkan. Anda bisa mengkombinasikan bermacam-macam sayur dengan warna berbeda, dan sajikan bersama sumber karbohidrat, protein, dan lemak, dalam porsi makan yang seimbang. Ini akan sangat mendukung kecukupan nutrisi pada anak dan membuat anak suka dengan tampilan yang menarik.
  3. Goda dengan aroma makanan
    Untuk menarik nafsu makan juga bisa melalui aroma makanan yang lezat dan menggoda. Bisa dengan menyajikan makanan hangat yang baru saja selesai dimasak, atau menghangatkan makanan sebelum disajikan.
  4. Bagi dalam porsi kecil
    Jika disajikan dalam porsi yang cukup besar, anak mungkin akan merasa kenyang terlebih dahulu sehingga tidak ingin memakan makanan yang sudah disajikan. Dengan membagi satu porsi penuh ke dalam bagian-bagian kecil akan membuat anak menjadi lebih senang untuk memakannya. Selain itu, porsi kecil akan mempermudah Anda untuk memberikannya kepada si kecil.
  5. Jangan memberi minum terlalu banyak
    Untuk menjaga nafsu makan dan mencegah rasa kenyang, sebaiknya jangan memberi minum terlalu banyak selama waktu makan. Berikan air, jus, teh, atau minuman lain pada anak setelah selesai makan agar tercukupi nutrisi dan serat yang baik untuk tubuh si kecil.
  6. Membuat makanan bersama anak
    Ajak anak-anak berbelanja dan menyiapkan makanan yang akan disajikan. Sebagai orang tua, Anda akan memiliki kesempatan mengetahui jenis makanan yang disukai anak, sekaligus menjelaskan nutrisi yang baik. Dengan cara ini, anak akan lebih bersemangat saat memakan masakannya sendiri yang dimasak bersama.
  7. Konsultasikan ke dokter
    Konsultasikanlah ke dokter jika masih tetap mengalami gangguan nafsu makan yang berlarut-larut. Kekurangan zat mineral tertentu, seperti zinc, diketahui dapat menurunkan nafsu makan dan memicu gangguan indera pengecap.

Itulah beberapa cara menambah nafsu makan anak yang terbilang sangat aman dan ampuh. Lakukan cara dan juga tips yang sudah disebutkan di atas sekarang juga agar anak mendapatkan kembali nafsu makannya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

You may also like

Resep Sambel Goreng Krecek


Krecek adalah kulit sapi yang dikeringkan dan dapat…



Ramadan Tiba! Siapkan Menu Praktis Untuk Sahur Dengan Tips Ini


Bulan puasa segera tiba kurang dari seminggu lagi.…



BACK TO SCHOOL! 5 Tips Agar Anak Semangat Masuk Sekolah


Liburan sekolah merupakan waktu yang paling menyenangkan bagi…



Lima Makanan Tradisional Teman Perjuangan Saat Melawan Penjajah


Kemerdekaan Indonesia tidak pernah lepas dari sejarah. Salah…



Memperkenalkan Resolusi Tahun Baru kepada Anak


Menjadi orangtua adalah sebuah pekerjaan seumur hidup yang…



5 Tips Membedakan Madu Asli dan Palsu


Madu memang menjadi salah satu bahan minuman alami…



Resep Ginger Cookies dan Kue Kering Khas Natal


Tidak terasa sekarang sudah di tengah-tenagh bulan Desember…



Resep Jajanan Jongkong Surabaya


Jongkong Surabaya adalah jajanan manis basah tradisional yang…



Kado Unik Spesial untuk Valentine


Tanggal 14 Februari yang diperingati sebagai hari kasih…



5 Barang Alternatif Pengganti Plastik yang Ramah Lingkungan!

Pemakaian beberapa bahan plastik menjadi masalah serius belakangan ini. Tak dipungkiri, dengan penemuan plastik, kehidupan kita menjadi dimudahkan dan tanpa sadar menjadi sebuah ketergantungan. Siapa sih Hypermart Lovers yang tidak pernah pakai plastik dalam kehidupan sehari – hari? Pasti mayoritas menjawab “tidak pernah” kan? Plastik memang memiliki sifat tahan air dan praktis dibawa kemanapun, yang menjadikannya cocok digunakan sebagai pelindung benda apapun.

Tapi, meskipun plastik sangat berguna dan dibutuhkan banyak orang, plastik juga menjadi benda paling berbahaya di dunia loh. Tak hanya sulit terurai, plastik juga mengandung zat kimia bersifat racun bagi tubuh. Diketahui, plastik butuh waktu puluhan, ratusan, hingga ribuan tahun hingga mampu mengalami dekomposisi alami. Bisa Hypermart Lovers bayangnkan jika plastik tersebut terurai dalam tanah dan mengkontaminasi tanah yang subuh dan mata air, pasti akan jadi masalah serius.

Proses penguraian plastik juga butuh cara penanganan khusus. Karena, plastik yang tak terurai dengan baik bisa memberikan dampak buruk bagi lingkungan sekitarnya.

Karena masalah tersebut, para ilmuwan dan aktivis lingkungan mengajak masyarakat untuk mengurangi pemakaian plastik dan beralih memakai benda lain yang lebih ramah lingkungan. Tentu saja. hal tersebut juga dilakukan demi kebaikan bersama untuk masa depan Bumi yang kita pijak.

Nah, agar kamu bisa ikut berkontribusi mengurangi sampah plastik dimulai dari hal-hal kecil. Menggunakan barang yang berbahan non-plastik untuk mengurangi limbah plastik di sekitar kita. Berikut ini beberapa barang ramah lingkungan yang bisa kamu beli dan gunakan untuk memulai program Diet Plastik :

 

1. Sedotan dari stainless atau daun kelapa kering

Sumber foto: Troveofgaia

Sedotan plastik mengandung bahan berbahaya yang disebut polypropolyne, dan dapat merubah tingkat estrogen manusia. Sedotan plastik ini bisa Hypermart Lovers ganti dengan sedotan berbahan stainless ataupun sedotan berbahan daun kelapa kering. Sedotan jenis ini bisa kamu bawa kemana saja saat bepergian untuk minum minuman kesukaanmu, dan setelah dipakai bisa dicuci kembali. Sedotan stainless biasanya terbuat dari bahan besi yang aman untuk digunakan. Sedangkan, sedotan daun kelapa kering dibuat dari daun kelapa yang memiliki lilin alami dan tak berbahaya untuk kita.

 

2. Sikat gigi bambu

Sumber foto: myplasticfreelife

Sikat gigi plastik memiliki kandungan bahan kimia berbahaya bisphenol-A (BPA) yang bisa menimbulkan infertilitas dan kanker. Tak mau kan terkena penyakit menakutkan tersebut? Solusinya, kamu bisa ganti sikat gigi yang biasa digunakan dengan sikat gigi berbahan bambu. Bulu dari sikat gigi bambu terbuat dari 62 persen minyak biji jarak, dan pegangannya terbuat dari bambu 100 persen. Uniknya, lama pemakaian sikat gigi bambu bisa menyamai masa pemakaian sikat gigi plastik loh! Gimana, tertarik untuk memilikinya?

 

3. Botol air kaca atau stainless steel

Meskipun sudah banyak botol air plastik yang bisa didaur ulang, namun masih ada kandungan PVC atau polikarbonat yang menyebabkan kanker. Nah, zat kimia tersebut tidak ada dalam botol kaca maupun stainless steel, sehingga tak merusak lingkungan juga tubuh anda. Selain itu, botol kaca dan stainless bisa menjaga jamur dan bakteri yang biasa ada di botol plastik.

 

4. Sendok makan kayu

Kamu bisa mencoba ganti sendok makan plastik dengan sendok makan dari kayu. Percayalan, saat kamu mengkonsumsi makanan dari sendok plastik, makanan akan semakin terkontaminasi dengan racun yang ada dalam plastik. Dengan memakai sendok kayu, otomatis kamu bisa ikut menjaga lingkungan.

 

5. Pembalut dari katun

Sumber foto: menstrualcupreviews

Pembalut jenis ini terbuat dari bahan yang lembut dan memungkinkan area intim mendapatkan sirkulasi udara yang baik. Resiko terkena lecet, iritasi, dan berkeringat juga lebih sedikit dibanding kamu memakai pembalut sekali pakai yang banyak dijual. Pemakaian pembalut katun ini bisa menghemat pengeluaranmu, karena bisa digunakan kembali.

 

Jadi gimana? Dengan banyaknya bahan alternatif pengganti plastik di atas, manakah yang ingin coba kamu gunakan terlebih dulu? Jika kita ikut menjaga lingkungan dengan mengganti barang plastik yang kita gunakan, kemungkinan sampah plastik bisa dikurangi dan dampak buruk terhadap lingkungan bisa diminimalisir, Hypermart Lovers! Yuk, kurangi pemakaian plastik dan jaga lingkungan kita bersama.

Leave a Reply

You may also like

7 Tips Praktis Menghilangkan Bau Kulkas


Kulkas memang sering dipakai dan menyimpan banyak makanan,…



Resep Ayam Teriyaki


Jepang adalah salah satu negara yang memiliki banyak…



Atlet Asean Games Akan Mencicipi Makanan Tradisional


Tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah untuk event…



Resep Banana Nugget


Jika dulu pisang lebih sering diracik menjadi pisang goreng, kali ini olahannya juga bisa dibuat menjadi pisang nugget yang lagi kekinian dan disukai anak-anak loh!…



5 Barang Alternatif Pengganti Plastik yang Ramah Lingkungan!


Pemakaian beberapa bahan plastik menjadi masalah serius belakangan…



3 Resep Makanan Khas Bali yang anti Mainstream


Jika mendengar kata “Bali” apa yang ada di…



Resep Ginger Cookies dan Kue Kering Khas Natal


Tidak terasa sekarang sudah di tengah-tenagh bulan Desember…



Tips Selalu Sarapan Setiap Hari


Bagaikan peluru pada pistol, begitulah seharusnya sarapan pada kegiatan seharian Hypermart Lovers. Sarapan akan memperlengkapi Hypermart Lovers dengan tenaga dan energi untuk menghadapi hari setelah 'berpuasa'…



Ternyata air cucian beras masih ada manfaatnya! untuk apa saja?


Apa yang Anda lakukan dengan air cucian beras?…



Cintai Lingkungan, Seperti Mencintai Diri Sendiri

Tahukah Hypermart Lovers bahwa setiap tanggal 10 Januari, Indonesia memperingati hari lingkungan hidup? Nah, sekarang apakah kita sudah menjaga lingkungan sekitar sebagaimana mencintai diri sendiri dan orang tersayang? Bukan hal baru lagi, kalau masalah lingkungan sering dijadikan isu yang tak kunjung terselesaikan dan mendapat solusi nih. Pada Konferensi Tingkat Tinggi G20 yang diadakan awal bulan Juli 2017 lalu, lingkungan dan perubahan iklim berada pada urutan teratas masalah yang harus segera ditangani lebih lanjut.

Masalah lingkungan pun bermacam-macam. Mulai dari Global Warming, pencemaran sampah dan polusi hingga pemakaian bahan kimia yang semakin marak digunakan. Pemakaian bahan plastik dan kertas juga menjadi perbincangan beberapa waktu belakangan. Kita pasti tahu dong, kalau sampah yang dihasilkan dari plastik tak mudah terurai hingga ratusan tahun. Begitupun dengan kertas yang berbahan baku kayu dari pohon. Terbayang kan, berapa banyak pohon yang hilang sia-sia karena kertas yang diproduksi dan kita gunakan setiap hari.

Memang, sudah banyak lembaga yang menyuarakan betapa pentingnya menjaga lingkungan hidup. Gerakan menanam pohon dan hemat energi adalah contohnya. Tapi, tidak ada salahnya juga lho, jika kita mau melakukan program cinta lingkungan dari diri sendiri. Banyak cara sederhana yang dapat dilakukan untuk mulai menjaga lingkungan. Tapi perlu diingat, semua cara tersebut tak akan berhasil jika kesadaran dari kita sendiri untuk berbenah dan mulai menjaga lingkungan masih kurang. Untuk memulainya pun cukup mudah dan bisa langsung kamu terapkan. Salah satu caranya bisa melakukan program 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Cara ini cukup efektif untuk mengurangi limbah sampah dan sampah barang yang tak terpakai di sekitarmu.

Kalau ingin melakukan “Reduce” kamu bisa mulai dengan mengurangi penggunaan bahan yang bisa merusak lingkungan. Misalnya, memakai sapu tangan untuk mengurangi penggunaan tissue. Bisa juga dengan mengurangi pemakaian kertas di kantor dengan fitur “print preview” sebelum mencetak dokumen agar tak salah. Teknologi digital pun membantu dengan adanya berbagai koran online yang dapat dibaca dimanapun. Mengurangi penggunaan sedotan plastik juga dapat dilakukan dengan membeli sedotan bambu, metal atau kaca yang sudah banyak dijual. Ketika pergi ke restoran atau cafe, kamu tinggal membawanya saja dan cuci bersih setelah dipakai.

Lalu, “Reuse” dapat dilakukan dengan memakai kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya. Memberikan pakaian yang sudah kekecilan kepada korban bencana alam atau sanak saudara bisa jadi yang paling mudah dilakukan. Saat berbelanja kamu juga bisa memakai tas belanja sendiri berbahan kain dibandingkan kantong plastik. Memakai sisi kertas yang masih kosong bisa jadi langkah mengurangi penggunaan kertas.

Dan, yang terakhir adalah “Recycle”. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan mudah. Caranya adalah mendaur-ulang sampah atau barang bekas di rumahmu menjadi kompos. Ada botol plastik atau kaleng yang tak terpakai? Gunakan saja sebagai pot tanaman dan wadah minyak goreng. Kertas yang sudah tak terpakai juga bisa didaur ulang menjadi karya seni atau dibentuk sesuai kebutuhan masing-masing.

Melakukan program 3R di kehidupan sehari-hari sebenarnya sederhana dan tidak membutuhkan banyak biaya. Hanya berbekal kemauan saja untuk mengubah kebiasaanmu. Jika semua orang mau melakukan program 3R, tentu akan memberi dampak yang positif pada persoalan lingkungan di Indonesia.

Yuk, mulai sekarang coba lakukan 3R di rumah masing-masing, Hypermart Lovers! Jangan lupa ajak anggota keluargamu juga yah! Siapa lagi kalau bukan kita yang harus menjaga dan merawat di lingkungan sekitar kita? Sayangi lingkunganmu seperti kamu menyayangi diri sendiri dan orang tercinta!

Leave a Reply

You may also like

Tips Memilih Ikan Salmon Segar


Ikan Salmon adalah salah satu ikan yang bisa…



Ternyata air cucian beras masih ada manfaatnya! untuk apa saja?


Apa yang Anda lakukan dengan air cucian beras?…



Ini Hal yang Perlu Diketahui Ketika Menyiapkan Perlengkapan Bayi!


Menyiapkan perlengkapan untuk calon buah hati merupakan hal…



5 Barang Alternatif Pengganti Plastik yang Ramah Lingkungan!


Pemakaian beberapa bahan plastik menjadi masalah serius belakangan…



Atlet Asean Games Akan Mencicipi Makanan Tradisional


Tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah untuk event…



7 Tips Praktis Menghilangkan Bau Kulkas


Kulkas memang sering dipakai dan menyimpan banyak makanan,…



Resep buka puasa seru Lemon Cheesecake yang mudah banget dibuat


Halo Hypermart Lovers! Berbuka puasa identik dengan yang manis-manis, mulai dari minuman hingga makanan. Tentunya juga acara berbuka puasa terasa tidak lengkap jika tidak ditemani…



5 Bahan Makanan yang Wajib Tersedia di Dapur


5 Bahan Makanan yang Wajib Tersedia di Dapur Hypermart Lovers pernah mengalami keadaan darurat di dapur dimana tidak ada bahan makanan sehat yang tersedia? Keadaan…



3 Resep Makanan Khas Bali yang anti Mainstream


Jika mendengar kata “Bali” apa yang ada di…



Memperkenalkan Resolusi Tahun Baru kepada Anak

Menjadi orangtua adalah sebuah pekerjaan seumur hidup yang wajib dilakukan. Jika ada kendala atau kesulitan, yang bisa orang tua lakukan adalah memperbaiki proses dan cara saat menghadapi si kecil.

Tahun demi tahun pun berlalu, seiring itu pula anak akan terus bertumbuh. Dan momen tahun baru adalah momen membuat resolusi bagi semua orang, termasuk si kecil. Ternyata ada baiknya untuk mulai memperkenalkan tradisi ini kepada anak.

Berbeda dengan orang dewasa, tentunya resolusi tahun baru untuk anak jauh lebih mudah dan sederhana. Semua bisa dimulai dari hal kecil yang menyangkut dengan kehidupannya sehari-hari, misalnya menjaga kebersihan, rajin belajar, mengurangi makanan yang tidak sehat dan lebih banyak makan sayur dan buah-buahan, mengurangi bermain video games, atau bersikap lebih ramah terhadap guru dan teman-temannya di sekolah dan lain-lainnya.

Kapan waktu yang tepat untuk mengenalkan resolusi pada anak? Disarankan usia yang tepat membuat goal setting adalah pada saat seorang anak sudah berada di jenjang pendidikan dasar, yaitu sekitar umur 6 tahun ke atas. Pada tahapan usia ini anak sudah memahami tentang tanggung jawab, rutinitas, dan juga disiplin. Untuk anak di bawah usia 6 tahun, konsep waktu masih membingungkan dan ide tentang resolusi tahun baru juga masih sesuatu yang abstrak. Melihat tahapan perkembangan tersebut disarankan agar pembuatan resolusi tahun baru ini ditargetkan untuk anak-anak yang berusia 6 tahun ke atas. Berikut ini langkah-langkah cara mendidik anak yang baik yang dapat Anda lakukan untuk mendidik anak untuk mengenal pentingnya membuat resolusi tahun baru :

1. Jadikan Tradisi Keluarga

Salah satu cara mendidik anak untuk mengenalkan resolusi tahun baru adalah menjadikannya sebagai tradisi tahunan keluarga secara turun menurun. Karena cara ini bisa menjadi salah satu agar mempererat hubungan antara anak dan keluarga. Duduklah bersama dan lihat kembali apa yang sudah dicapai tahun ini. Diskusikan juga tentang prestasi maupun hambatan yang didapat selama ini. Setiap anggota keluarga bisa menyebutkan hal-hal yang diinginkan dan juga hal-hal yang ingin diubah, untuk membuatmu dan keluarga merasa lebih baik.

2. Ajarkan nilai-nilai positif

Mulailah ajarkan nilai-nilai positif yang diberikan pada si kecil. Misalnya dengan contoh sederhana, Anda bisa memuji hal apa yang telah ia capai selama satu tahun ini. Dengan begitu, Anak pun akan senang atas pujian yang Ibu berikan. Selanjutnya, Anda dapat mengarahkan anak untuk membuat resolusi tahun baru yang sederhana, seperti menjadi anak yang lebih baik, rajin, disiplin dan sebagainya.

3. Jangan Mendikte Anak

Jangan pernah mendikte anak untuk membuat resolusi yang harus mereka capai. Cukup berikan saran tentang hal apa yang harus ditingkatkan atau tujuan apa yang ingin diraih. Jangan terkesan memaksakan anak harus begini dan begitu.

4. Catat dan Pajang

Buat catatan dan pajang resolusi tersebut agar tidak mudah dilupakan. Tulis dalam sebuah buku catatan ataupun papan yang bisa dipajang dan dilihat oleh anak. Cara ini dapat memberikan semangat dan motivasi, serta mengingatkan akan hal-hal yang ingin dicapai di tahun ini.

5. Perlahan namun pasti

Tentunya saat menjalankan resolusi bagi anak tentunya membutuhkan waktu dan proses yang tidak sedikit. Yang terpenting adalah mereka sudah memiliki tujuan yang harus dicapai. Menjalankan resolusi sedikit demi sedikit akan berpengaruh besar untuk kebiasaan baik anak.

6. Jadilah Panutan

Jadilah panutan, karena orang tua sangat berpengaruh dalam pembentukan dan perkembangan karakter pada anak. Cara orang tua bersikap akan berdampak langsung pada pikiran psikologis anak. Oleh karena itu, berhati-hatilah dan bijak dalam melakukan hal apapun, agar anak selalu mengikuti hal-hal baik yang diajarkan oleh orang tuanya.

Leave a Reply

You may also like

Ternyata 3 Jenis Ikan Bermanfaat Untuk Si Kecil


Bunda pastinya ingin memberikan gizi terbaik untuk buah…



8 Makanan Khas Imlek dan Maknanya


Tak terasa perayaan Tahun Baru Imlek akan segera…



Digital Mom


Digital Mom' menghabiskan cukup banyak waktu menjelajahi internet untuk belanja maupun mencari tahu berbagai hal penting dan menarik untuk anak dan keluarganya. Tidak hanya mengenai…



Resep Ayam Teriyaki


Jepang adalah salah satu negara yang memiliki banyak…



Memutihkan gigi gak perlu mahal! Gunakan bahan-bahan alami ini!


Memiliki gigi putih tentunya akan menambah rasa percaya diri ketika berfoto maupun berbicara pada seseorang. Salah satu cara mendapatkan gigi putih yang jadi tren saat…



Ternyata Es Teh Manis Tidak Cocok Untuk Berbuka Puasa! Temukan Jawabannya disini!


Saat berbuka puasa yang banyak sekali orang-orang yang…



5 Jenis Minyak Goreng yang Lebih Sehat Untuk Memasak! No 2 Paling Mantap!


Hai, Hypermart Lovers! Bagi masyarakat Indonesia yang terbiasa dengan makanan yang  digoreng,  minyak goreng merupakan salah satu komponen penting dan bahan yang dibutuhkan. Namun, tahukah…



Siapa bilang bulan puasa tidak bisa berhemat? temukan tipsnya disini!


Biasanya di bulan puasa pengeluaran rumah tangga semakin membengkak. Pengeluaran kita menjadi jauh lebih tinggi dibandingkan bulan-bulan biasa. Apalagi kalau ada tawaran berbuka puasa di luar…



BACK TO SCHOOL! 5 Tips Agar Anak Semangat Masuk Sekolah


Liburan sekolah merupakan waktu yang paling menyenangkan bagi…



Alternatif Kegiatan Liburan Akhir Tahun

Penghujung tahun 2018 segera tiba, sudah waktunya Anda merencanakan liburan akhir tahun Anda. Libur Natal dan tahun baru adalah salah satu momen paling ditunggu oleh kebanyakan orang, karena moment itu merupakan libur panjang yang sudah dinanti-nanti oleh banyak orang untuk memiliki waktu luang bersama sanak keluarga maupun sahabat.

Sebagian dari Anda mungkin sudah mempunyai plan untuk menghabiskan liburan bersama dengan keluarga maupun sahabat, namun sebagian lagi pasti masih bingung ingin menghabiskan waktu liburan kemana dan bingung dengan liburan yang mainstream atau gitu-gitu aja. Disini, akan membahas Alternatif kegiatan saat libur akhir tahun yang berbeda dan tidak mainstream. Simak disini untuk mengetahui tempatnya :

1. Taman Kota

Tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar kota maupun luar negeri, Anda bisa menikmati alternatif kegiatan liburan di Taman Kota. Disana, Anda akan menikmati liburan unik bersama keluarga maupun sahabat. Disana, Anda bisa banyak melakukan aktifitas seperti piknik bersama keluarga, bermain bersama teman dan menikmati fasilitas taman kota yang ada. Anda juga bisa menghabiskan waktu dengan jogging, membaca buku ataupun hunting foto bersama orang tersayang.

2. Perpustakaan Kota

Salah satu liburan alternatif saat liburan akhir tahun adalah pergi ke perpustakan kota. Selain bisa menambah pengetahuan lewat buku-buku yang dibaca, Anda juga bisa menenangkan diri di dalam perpustakaan tersebut. Anda juga bisa mengambil beberapa potret rak-rak buku dan mengunggahnya di sosial media Anda. Di perpustakaan, kamu juga bisa bertemu orang-orang dengan hobi sama, yaitu membaca buku.

3. Cafe Artsy

Biasanya, setiap kota memiliki cafe yang memiliki konsep yang unik dan bisa dikunjungi saat liburan. Akhir-akhir ini muncul cafe artsy yang bisa dikunjungi karena tempat-tempatnya yang lucu dan nyaman saat berkumpul bersama keluarga maupun sahabat. Kalau hari-hari biasa ramai disambangi pengunjung, namun kemungkinan besar akan tidak terlalu ramai saat akhir tahun. Karena kebanyakan orang akan memilih pergi ke luar kota. Pada saat itulah waktu yang tepat untuk Anda mendatangi cafe artsy tersebut. Mengambil foto-foto sampai puas, dan mengunggahnya di sosial media Anda. Maka liburan Anda akan tetap berwarna seperti potret secangkir kopi.

4. Rumah Sahabat Lama

Pasti Anda sudah lama tidak berjumpa dengan teman-teman sekolah Anda? Baik teman SD, SMP, SMA maupun teman kuliah. Mengunjungi mereka juga bisa menjadi alternatif menarik saat liburan Anda nanti. Anda bisa bersilaturahmi sekaligus bernostalgia semasa kecil bersama kawan-kawan Anda. Dan pastikan abadikan momen bersama sahabat lama Anda dengan berfoto bersama

5. Sekolah Lama

Sumber foto: gogirl.co.id

Tidak hanya pergi ke rumah sahabat lama Anda, Anda juga bisa mengunjungi sekolah lama untuk bernostalgia dan melihat langsung perubahan-perubahan apa saja yang sudah terjadi setelah Anda lulus sampai sekarang. Pergi ke sekolah lama bisa menjadi pilihanmu yang anti mainstream. Ajaklah beberapa sahabat Anda untuk pergi ke sekolah lama dan Anda bisa bernostalgia sepenuhnya disana.

6. Kedai Barang Antik

Sumber foto: bayuwinata.wordpress.com

Mungkin tempat ini bisa dijadikan Alternatif kegiatan saat libur akhir tahun ini, Kedai Barang Antik adalah tempatnya. Tidak ada salahnya melihat barang-barang antik di pasar-pasar tradisional maupun pusat penjualan barang-barang bekas. Anda bisa menjumpai barang-barang yang tak pernah familiar sebelumnya. Pergi ke tempat kedai barang antik seperti mesin waktu yang bisa membawa Anda ke waktu-waktu sebelumnya. Menarik bukan liburan di Kedai barang antik ini?

Leave a Reply

You may also like

TIps Membuat Alis


Setuju gak sih kalau alis menjadi salah satu bagian penting untuk lebih percaya diri? Nah, coba tutorial sederhana berikut biar alis tampak cetar dan tetap…



Ternyata 3 Jenis Ikan Bermanfaat Untuk Si Kecil


Bunda pastinya ingin memberikan gizi terbaik untuk buah…



Praktis Menghilangkan Noda Membandel


Noda pada baju bisa membuat pemakainya tidak percaya diri alias…



Resep Kerak Telor Khas Ibu Kota


Setiap kota tentunya mempunyai makanan khas masing-masing. Tidak…



Kado Unik Spesial untuk Valentine


Tanggal 14 Februari yang diperingati sebagai hari kasih…



9 Mitos dan Fakta Tahun Baru Imlek


Sejak tahun 2003, hari raya Imlek telah menjadi…



3 Resep Makanan Khas Bali yang anti Mainstream


Jika mendengar kata “Bali” apa yang ada di…



Memperkenalkan Resolusi Tahun Baru kepada Anak


Menjadi orangtua adalah sebuah pekerjaan seumur hidup yang…



Luar biasa! Dengan Cara Ini, Noda Bandel di Pakaian Hilang dalam Sekejap!


1. Bekas Keringat (Gunakan Air Lemon) Padatnya…



Tradisi Menyambut Tahun Baru di Berbagai Negara

Tahun baru sepertinya telah menjadi suatu fenomena yang unik, seru dan ditunggu setiap tahunnya. Banyak sekali cara-cara masyarakat, baik di Indonesia maupun di belahan dunia lain dalam merayakan malam tahun baru. Setiap negara punya kebudayaan yang berbeda-beda, sehingga mereka memiliki cara dan tradisi yang berbeda pula dalam merayakan tahun baru. Tradisi unik ini hampir tak terbayangkan sebelumnya. Merayakan momen pergantian tahun selalu dimaknai sebagai peristiwa penting budaya. Selalu ada ritual atau tradisi perayaan khusus untuk menyambut datangnya tahun yang baru ini. Uniknya,  setiap negara memiliki tradisi tersendiri untuk merayakan momen tahun baru, termasuk Indonesia.

Berikut ini kebiasaan unik warga Indonesia dalam menyambut pergantian tahun  :

  1. Terompet, Saat perayaan pergantian tahun biasanya dirayakan dengan meniup terompet. Pada pertengahan bulan Desember, biasanya sudah mulai banyak penjual terompet yang bertebaran di pinggir-pinggir jalan. Dan akan semakin banyak penjual ketika mendekati akhir tahun.
  2. Konvoi, Tradisi konvoi kendaraan ketika merayakan pergantian tahun banyak di ditemukan. Akan tetapi konvoi mungkin jarang ditemukan di kota-kota besar di Indonesia, karena pada malam tahun baru biasanya kota-kota besar menggunakan sistem car free night.
  1. Begadang, banyak orang melakukan aktivitas tetap terjaga di tengah malam atau yang biasa disebut begadang. Aktivitas ini biasannya diikuti dengan berbagai kegiatan seperti bakar sate, bakar ayam maupun ikan serta aktivitas kuliner lainnya saat menjelang tahun baru.
  2. Konser, biasanya pada malam tahun baru banyak pula digelar konser di beberapa kota di Indonesia. Ada yang off air, ada juga yang on air dan disiarkan langsung oleh televisi swasta. Dan biasanya dilakukan untuk menunggu malam tahun baru tiba.

Beda dengan di Indonesia, Ini tradisi unik negara-negara di dunia untuk momen tahun baru:

1. Jepang

Sumber Foto: newyearseve2018.blogspot.com

Negari sakura ini merayakan tahun baru dengan pergi ke Kuil untuk berdoa Setelah pergantian tahun mereka secara bergantian membunyikan lonceng kemudian berdoa tentang harapan-harapan di tahun yang baru. Setelah itu mereka akan menerima undian mengenai peruntungannya di tahun yang akan datang. Lalu, mereka akan berkumpul dengan keluarga, kekasih ataupun teman-temannya.

2. Spanyol

Sumber foto: thelocal.es

Saat tengah malam pergantian tahun, warga Spanyol memiliki tradisi memakan 12 buah anggur dengan cepat, dalam hitungan setiap detik. Setiap buah anggur ini melambangkan keberuntungan dalam 12 bulan di tahun yang baru. Di Madrid, Barcelona, dan kota-kota Spanyol lainnya, para penduduk berkumpul di pusat kota saat detik-detik pergantian tahun sambil memakan anggur bersamaan dan bergantian meminum minuman anggur dari botol.

3. Brasil

Sumber foto: bomjardimnoticia.com

Pada malam tahun baru, orang-orang setempat berpakaian putih mendekati laut untuk menonton kembang api dan melemparkan bunga putih dan hadiah lainnya ke arah laut untuk dewi dengan harapan bahwa ia akan memberikan keberuntungan dan kebahagiaan kepada mereka. Beberapa menempatkan hadiah mereka ke dalam perahu mainan kayu kecil. Hadiah dan lilin mengambang ditinggalkan di laut selama malam.

4. Skotlandia

Sumber foto: bomjardimnoticia.com

Di Stonehaven, Skotlandia ada tradisi berparade di jalan-jalan sambil menggiring bola api di malam menuju tahun baru. Adat tersebut merupakan bagian perayaan Hogmanay di Skotlandia, yang jejak akarnya berasal dari Bangsa Viking.

5. Chile

Sumber foto: vietnamvisa-easy.com

Biasanya malam tahun baru dipenuhi suasana dengan ceria. Namun, di negara Chili masyarakatnya justru memilih pemakaman sebagai tempat untuk merayakan pergantian tahun. Mereka pergi kekuburan dengan maksud merayakan perayaan Tahun Baru keluarga dan kerabat yang telah lebih dulu meninggal dunia. Tradisi ini mengandung kepercayaan, bahwa orang yang sudah meninggal telah menunggu keluarganya dan harus memulai tahun yang baru bersama mereka.

6. Finlandia

Di Finlandia, tradisi tahun baru dilakukan dengan melelehkan lempengan timah, dipercaya bahwa yang dilelehkan adalah ramalan tahun berikutnya, jika timah berbentuk cincin maka ada perkawinan, bila nampak seperti kapal maka akan ada perjalanan, dan banyak simbol-simbol lainnya.

7. Peru

Sumber foto: list25.com

Lain lagi di Peru, dalam tradisi ini beramai-ramai melakukan adu tinju. Baik itu perempuan, laki-laki maupun anak-anak. Dalam adu tinju tersebut, orang-orang mengenakan topeng warna-warni yang sangat lucu. Tujuan dari tradisi ini adalah untuk melampiaskan semua amarah dan tekanan hidup yang dialami tahun ini.

 

Cukup unik bukan setiap perayaan tahun baru di berbagai negara ini?

Leave a Reply

You may also like

Food Truck Makanan Gratis saat Asian Games


Hypermart Lovers! Asian Games 2018 tinggal hitungan hari…



8 Makanan Khas Imlek dan Maknanya


Tak terasa perayaan Tahun Baru Imlek akan segera…



Benarkah minum teh dapat mengatasi masalah susah tidur? temukan jawabannya disini!


Teh hangat dikenal dapat membuat tidur lebih nyenyak.…



Digital Mom


Digital Mom' menghabiskan cukup banyak waktu menjelajahi internet untuk belanja maupun mencari tahu berbagai hal penting dan menarik untuk anak dan keluarganya. Tidak hanya mengenai…



Cintai Lingkungan, Seperti Mencintai Diri Sendiri


Tahukah Hypermart Lovers bahwa setiap tanggal 10 Januari,…



Resep Sambel Goreng Krecek


Krecek adalah kulit sapi yang dikeringkan dan dapat…



Jus VS Smoothie


Hypermart Lovers, Jus dan smoothie adalah dua alternatif minuman sehat yang dapat dikonsumsi sehari-hari dan praktis pembuatannya. Keduanya memiliki manfaat untuk kesehatan. Jus dapat meberikan…



Tips Agar Kentang Tidak Mudah Menghitam Setelah Dikupas


Kentang adalah salah satu sumber karbohidrat baik untuk…



Makanan Akan Melimpah Saat Lebaran. Bagaimana Cara Agar Tetap Sehat Walau Makan Banyak?


Makanan Akan Melimpah Saat Lebaran. Bagaimana Cara Agar Tetap Sehat Walau Makan Banyak? Hari raya Idul Fitri tinggal menghitung hari saja, moment yang di tunggu-tunggu…



Tradisi Menyambut Tahun Baru di Berbagai Negara

Teh hangat dikenal dapat membuat tidur lebih nyenyak. Namun hal ini masih menjadi perdebatan, karena banyak juga yang tidak merasakan pengaruh dari minum teh bagi masalah susah tidur. Tiap kandungan daun teh mengandung kafein, kandungan kafein adalah zat stimulan yang bisa ditemukan dalam banyak produk makanan atau minuman, contohnya ada pada kopi. Kafein berfungsi untuk menstimulasi (merangsang) tubuh agar tetap awas dan terjaga, tidak ngantuk. Teh hijau, teh hitam, atau teh berwarna putih mengandung kira-kira di bawah 100 gram kafein per cangkirnya. Sayangnya, kafein yang Anda konsumsi sebelum tidur dapat membuat tubuh terjaga karena menghalangi bahan kimia otak yang merangsang rasa ngantuk. Produksi hormon adrenalin dalam tubuh pun juga akan semakin terpicu setelah Anda minum teh.

Namun Anda bisa mencoba jenis teh yang lain untuk membantu badan Anda untuk menjadi lebih rileks, yaitu teh herbal. Teh herbal ini umumnya tidak memiliki kafein. Walaupun ada, pasti kandungan kafeinnya sangat sedikit sehingga tidak menyebabkan susah tidur. Anda bisa mencoba varian teh herbal berikut ini:

  1. Teh Kamomil : Teh kamomil terbuat dari bunga kamomil yang dikeringkan. Teh kamomil mempunyai efek baik bagi tubuh, yaitu membuat tidur lebih nyenyak dan bisa meredakan kecemasan yang melanda. Teh ini tidak mengandung kafein.
  2. Teh Daun Mint : Teh herbal yang satu ini komposisi utamanya adalah dari daun mint yang dikeringkan. Teh ini sama sekali tidak mengandung kafein. Minum teh di malam hari jenis ini berguna untuk meredakan sakit perut dan membuat pikiran dan tubuh jadi tenang. Namun, untuk orang yang memiliki penyakit asam lambung sebaiknya tidak mengonsumsi teh herbal ini di malam hari.
  3. Teh Akar Jahe : Gunakan akar jahe sebagai bahan utamanya. Teh jahe ini secara alami tidak mengandung kafein, berguna untuk meredakan mual, dan membuat otot-otot badan menjadi rileks. Cara membuatnya adalah dengan memasukan potongan akar jahe sebesar ruas jari, lalu tuangkan air panas dan diamkan beberapa menit. Anda pun siap minum teh di malam hari tanpa takut insomnia atau susah tidur.

Jadi jika Anda mengalami masalah susah tidur, Anda bisa mencoba minum teh herbal seperti ulasan diatas. Semoga tipsnya bermanfaat ya Hypermart Lovers!

Leave a Reply

You may also like

Resep Molten Lava Cake untuk Rayakan Valentine!


Cokelat adalah salah satu jenis makanan favorit anak-anak…



Siapa bilang bulan puasa tidak bisa berhemat? temukan tipsnya disini!


Biasanya di bulan puasa pengeluaran rumah tangga semakin membengkak. Pengeluaran kita menjadi jauh lebih tinggi dibandingkan bulan-bulan biasa. Apalagi kalau ada tawaran berbuka puasa di luar…



Makanan Sisa dalam Kulkas? Jangan Dibuang!


Pastinya pernah mengalami kelebihan makanan sisa dalam jumlah…



5 Tips Membedakan Madu Asli dan Palsu


Madu memang menjadi salah satu bahan minuman alami…



Ternyata air cucian beras masih ada manfaatnya! untuk apa saja?


Apa yang Anda lakukan dengan air cucian beras?…



Ternyata Es Teh Manis Tidak Cocok Untuk Berbuka Puasa! Temukan Jawabannya disini!


Saat berbuka puasa yang banyak sekali orang-orang yang…



Jus VS Smoothie


Hypermart Lovers, Jus dan smoothie adalah dua alternatif minuman sehat yang dapat dikonsumsi sehari-hari dan praktis pembuatannya. Keduanya memiliki manfaat untuk kesehatan. Jus dapat meberikan…



5 Peralatan Masak Jaman Dahulu yang Hampir Terlupakan


Peralatan masak di dapur adalah salah satu hal…



Mengejutkan! Air Cucian Beras Ternyata Banyak Manfaatnya!


Manfaat Air Cucian Beras Air cucian beras biasanya…