Welcome to Hypermart
Sign in    |    Sign up

Jarang Terekspos, Inilah Tempat Wisata di Indonesia yang Wajib Dikunjungi!

Indonesia terbentang dari Sabang sampai Merauke. Sejauh itu pula hamparan keindahan alam tersaji memanjakan mata siapapun yang berkunjung. Mau wisata alam gunung dan pantai, wisata budaya, wisata kuliner, wisata halal, dan wisata lainnya serba ada. Berbicara soal keindahan alam Indonesia tak pernah ada habisnya. Selalu saja ada yang membuat wisatawan, terutama turis asing terkesan. Situs penyedia panduan wisata, Rough Guides merilis  daftar 20 negara terindah di dunia, berdasarkan voting warganet dari seluruh dunia. Hasilnya Indonesia berada di peringkat ke-6, mengalahkan negara lain yang juga terkenal akan daya tarik wisatanya, seperti negara Islandia, Amerika Serikat, Finlandia, Switzerland, dan India. 

Tidak cuma kekayaan alamnya yang banyak, kultur di Indonesia juga amat beraneka ragam. Tiap kawasan ada daerah yang eksklusif yang warna-warni budayanya yang menyebabkan negeri ini sangat beragam. Simak disini yuk tempat-tempat wisata di Indonesia yang wajib dikunjungi namun belum terlalu terekspos:

 

Teluk Kiluan, Lampung

Tempat wisata ini berlokasi di Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Berbicara soal keindahan alam di tempat wisata ini tak perlu diragukan. Sebab, di tempat wisata ini terdapat pasir putih yang bersih serta air laut yang sangat jernih. Teluk Kiluan juga terkenal karena banyak terdapat lumba-lumba disana. Ada dua jenis lumba-lumba di Teluk Kiluan, yaitu lumba-lumba hidung botol dan lumba-lumba paruh panjang. Si hidung botol (Tursiops truncatus) cenderung pemalu dan berbadan besar.

Tempat wisata di Indonesia ini pun bisa dijadikan pilihan ketika Anda ingin bersantai sembari menikmati pemandangan ikan lumba-lumba yang menari di atas ombak.

 

Pantai Ora, Maluku

Setelah pulau Lampung, kini beralih ke bagian Indonesia Timur tepatnya di pulau Maluku. Tepatnya di Maluku Tengah, Provinsi Maluku, terdapat pantai yang bernama Pantai Ora yang memiliki keindahan alam sangat memukau. Bahkan pantai ini disebut-sebut memiliki peluang menjadi tempat wisata di Indonesia yang mendunia.

 

Lembah Harau, Sumatera

Lembah Harau merupakan lembah yang subur terletak di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. Berada sekitar 138 km dari Padang dan sekitar 47 km dari Bukittinggi atau sekitar 18 km dari Kota Payakumbuh dan 2 km dari pusat pemerintahan Kabupaten Lima Puluh Kota. Tempat ini dikelilingi batu granit terjal berwarna-warni dengan ketinggian 100 sampai 500 meter. Lembah Harau memiliki iklim tropis dan tanah yang subur.  Hijaunya pepohonan dan sawah yang mengelilinginya membuat pemandangan alam kian menawan. Lembah Harau juga dijuluki sebagai Lembah Yosemite di Indonesia karena memiliki keindahan seperti Taman Nasional Yosemite yang terletak di Sierra Nevada California dan telah terkenal ke seluruh dunia.

 

Danau Toba, Sumatera

Danau Toba dengan kisah legendanya yang melegenda tentu sudah sering dibahas di berbagai dongeng anak, tapi keindahan danau yang berada di Sumatera Utara ini tidak kalah dengan legenda danau Lochness di Scotlandia. Walau Danau Toba tak memiliki salju, tapi soal keasrian, kesejukan, dan keindahannya Danau Toba megang banget. Yang pasti tidak boleh kelewatan, saat berkunjung ke danau vulkanik ini wajib banget nyebrang dan mampir ke pulau Samosir ditengahnya.  Di Pulau Samosir tak hanya dapat menikmati keindahan Danau Toba, tapi juga belajar sejarah dan budaya tanah Karo.

 

Pantai Tanjung Tinggi, Belitung

Pantai Tanjung Tinggi merupakan salah satu pantai tercantik yang ada di provinsi Bangka Belitung. Kepulauan Bangka Belitung memang terkenal dengan keindahan pantainya yang dihiasi batu-batu granit besar. Tanjung Tinggi terletak sekitar 30 km dari kota Tanjungpandan. Pantai Tanjung Tinggi yang menjadi lokasi syuting film Laskar Pelangi ini wajib masuk list wisata, karena selain indah, Pulau Belitung sangat mudah dijangkau dari Jakarta, 

 

Pulau Cubadak, Sumatera

Dari daratan dengan rimbunnya pepohonan yang eksotis, pasir putih yang menawan, sampai underwater yang sangat cantik, dengan flora dan fauna yang hidup harmonis dihabitat aslinya, itulah gambaran surga di Paradiso Village Cubadak.  Pulau terpencil yang berada di provinsi Sumatera Barat ini ramai dikunjungi wisatawan mancanegara, karena resort Paradiso Village Cubadak memang dikelola asing jadi lebih terdengar gaungnya di luar negeri.

 

Kerumutan, Riau

Objek wisata yang sering disebut harta karun yang terpendam ini berada di Provinsi Riau. Tempat wisata ini bernama Kerumutan. Kawasan hutan ini terbentang hingga melalui dua kabupaten, yaitu Pelalawan dan Indragiri Hulu. Saking luasnya, kawasannya dibagi tiga di mana pembagian kawasannya dilihat dari kondisi lahannya. Kawasan pertama adalah Kawasan Inti, yang luasnya mencapai 93 ribu hektar lebih. Kawasan kedua, Kawasan Lindung Gambut, dengan luas 52 ribu hektar lebih. Terakhir, Kawasan Intervensi, yang dimaksudkan sebagai tempat penyelamatan ekosistem rawa gambut, dengan luas lebih dari 1.1 juta hektar. Namun di tempat wisata ini Anda bisa menikmati keindahan hutan tropis yang masih asri. Selain itu, di tempat ini pun Anda bisa menyaksikan satwa-satwa langka.

 

Pantai Pulau Merah, Banyuwangi

Terletak di ujung timur Pulau Jawa, Kabupaten Banyuwangi menyimpan surga wisata alam yang sangat indah. Jarak dari Bali ke Banyuwangi pun tidak terlalu jauh dengan waktu tempuh 2 jam menggunakan kapal cepat. Meski sedang populer, tapi belum banyak yang tahu Banyuwangi memiliki pantai cantik bernama Red Island atau dikenal Pantai Pulau Merah.

Pantai Pulau Merah masih bersih dan indah dengan latar belakang bukit hijau.  Berlokasi di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Anda bisa melakukan kegiatan surfing “bersahabat dengan ombak” atau sekadar menikmati sunset.

Leave a Reply

You may also like

Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan


Kayu manis atau cinnamon adalah salah satu jenis…



Jenis Bahan Makanan yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas


Kulkas atau lemari pendingin dan freezer saat ini…



Tahun Baru Saka, Makna dan Harapan


Hari Raya Nyepi merupakan acara peringatan Tahun…



Arti Perlombaan pada 17 Agustus


Sesaat setelah masuk bulan Agustus sepertinya ada hal…



Resep buka puasa seru Lemon Cheesecake yang mudah banget dibuat


Halo Hypermart Lovers! Berbuka puasa identik dengan yang manis-manis, mulai dari minuman hingga makanan. Tentunya juga acara berbuka puasa terasa tidak lengkap jika tidak ditemani…



Ternyata Es Teh Manis Tidak Cocok Untuk Berbuka Puasa! Temukan Jawabannya disini!


Saat berbuka puasa yang banyak sekali orang-orang yang…



Siapa bilang bulan puasa tidak bisa berhemat? temukan tipsnya disini!


Biasanya di bulan puasa pengeluaran rumah tangga semakin membengkak. Pengeluaran kita menjadi jauh lebih tinggi dibandingkan bulan-bulan biasa. Apalagi kalau ada tawaran berbuka puasa di luar…



Tips Mengolah Kepiting Agar Tidak Amis


Kepiting merupakan salah satu makanan seafood yang paling…



Resep Ayam Teriyaki


Jepang adalah salah satu negara yang memiliki banyak…



Tradisi Yang Biasa Dilakukan Saat Tahun Baru Imlek

Imlek, atau Tahun Baru Cina, merupakan salah satu perayaan terbesar yang dilakukan oleh masyarakat keturunan Tionghoa di Indonesia tiap tahunnya. Sejarah kata “Imlek” sendiri sebenarnya berasal dari dialek Hokkian, yaitu Im dan Lek. Im memiliki arti bulan, sedangkan Lek berarti penanggalan. Dengan kata lain, Imlek sendiri berarti kalender (penanggalan) bulan, atau dalam bahasa Inggris lebih dikenal dengan Lunar New Year. 

Untuk tahun ini, perayaan Tahun Baru Imlek 2571 Kongzili jatuh pada hari Sabtu, 25 Januari 2020 dan ditetapkan sebagai hari libur nasional. Penanggalan Imlek tidak berdasarkan kalender bulan dan tahun. Namun, perhitungannya menggunakan nomor sebagaimana pemerintahan Huangdi. Saat ini dalam menyambut Tahun Baru Imlek, ada beberapa tradisi yang bakal Anda temui. Berikut tradisi yang biasa dilakukan saat Tahun Baru Imlek :

 

Membersihkan Rumah 

Rumah harus sudah bersih dan aktivitas beres-beres harus selesai ketika tengah malam sebelum Imlek. Membersihkan rumah bagi orang Tionghoa penting, karena selain menyambut saudara, tetangga, dan rekan yang datang bersilaturahmi, membersihkan rumah punya arti lain. 

Membersihkan rumah jelang Imlek dianggap untuk membersihkan kesialan tahun sebelumnya. Tahun baru berarti saatnya rezeki baru masuk, untuk itu membersihkan rumah saat Hari Imlek justru hal tabu karena dianggap dapat membersihkan rezeki yang baru.

 

Memakai Unsur Warna Merah

Dekorasi dan pernak-pernik dengan unsur warna merah adalah salah satu tradisi perayaan Imlek sebagai lambang kemakmuran dan keberuntungan. Selain itu, warna merah juga dipercaya dapat mengusir iblis atau hewan mitologi yang muncul saat perayaan tahun baru.

 

Sembahyang Leluhur 

Bagi Tionghoa yang masih memegang kepercayaan Konghucu, sembahyang leluhur lazim dilakukan sehari sebelum Imlek. Sembahyang leluhur dilakukan dengan memberi persembahan makanan yang terdiri dari buah, kue, dan daging. Juga minuman seperti teh dan arak. Terakhir, dilakukan dengan membakar uang kertas. Kepercayaan ini tidak lagi dilakukan oleh semua orang Tionghoa kini.

 

Sembahyang ke Klenteng

 Malam sebelum Imlek atau pagi Imlek ada tradisi sembahyang ke klenteng untuk memanjatkan syukur sekaligus meminta perlindungan di tahun baru. Sembahyang ke klenteng dilakukan oleh Tionghoa dengan kepercayaan Konghucu.

 

Makan Bersama Keluarga 

Lazimnya makan bersama keluarga dilakukan malam sebelum Imlek. Saat malam ini ada berbagai hidangan khas peranakan Tionghoa-Indonesia yang disajikan. Ketika pagi Imlek, makan bersama juga dilakukan tetapi biasanya hidangan yang disajikan tidak mengandung daging. Hal ini dipercaya sebagai penghormatan bagi dewa yang tidak menyantap hewan bernyawa. Namun kembali lagi kepercayaan ini hanya dilakukan Tionhoa kepercayaan Konghucu.

 

Dirayakan dengan Sajian Makanan Khas

Hampir semua perayaan selalu punya tradisi makanan khusus, termasuk Imlek. Beberapa diantaranya adalah mie yang tidak dipotong untuk melambangkan umur yang panjang, kue keranjang yang dipercaya dapat merekatkan hubungan dan membawa kebaikan, juga ada 12 jenis masakan dan 12 jenis kue yang disajikan sebagai simbol 12 shio dan harapan baik.

 

Tradisi Makan Yu Sheng

Makanan satu ini wajib dihidangkan saat perayaan Tahun Baru Imlek. Yu Sheng/Yee Sang terdiri dari irisan lobak, rebung, jahe, ketimun, wortel, jeruk bali, ikan mentah yang diberikan saus. Sebelum makan, sekeluarga harus mengaduknya bersama dan terpenting harus mengangkat isi dari hidangan tinggi-tinggi dengan sumpit. Semakin tinggi mengangkat, maka semakin cepat harapan terkabul dan keberuntungan berlipat-lipat akan menghampiri di tahun baru.

 

Silaturahmi Keluarga

Hari pertama biasanya keluarga saling mengunjungi. Lazimnya anggota keluarga berusia muda akan berkunjung ke anggota keluarga yang usianya lebih tua. Silaturahmi dilakukan dengan memberi salam Gong Xi Fat Choi sembari mengepalkan tangan kanan di dada lalu dibungkus dengan telapak tangan kiri sebagai tanda penghormatan. 

 

Bagi-Bagi Angpao

Selesai memberi salam, orang yang sudah menikah akan memberikan angpao kepada orang yang belum menikah. Pernikahan dianggap sebagai batas kedewasaan seseorang, tetapi bagi orang dewasa yang belum menikah masih boleh menerima angpao yang dianggap dapat memberi nasib baik termasuk jodoh. 

 

Sebenarnya tradisi Tionghoa kuno adalah memberi permen atau manisan, bukan angpao. Namun karena uang dianggap lebih praktis dan berguna terjadi perubahan tradisi.

Leave a Reply

You may also like

Fakta Unik Tentang Bayi Baru Lahir


Di balik tubuh mungil, wajah menggemaskan, dan kulitnya…



8 Makanan Khas Imlek dan Maknanya


Tak terasa perayaan Tahun Baru Imlek akan segera…



Manfaat Susu


Hypermart lovers, kita tahu susu adalah minuman yang kaya akan kalsium, sehingga baik untuk pertumbuhan dan kepadatan tulang. Bukan cuma itu manfaatnya, susu merupakan sumber…



Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan


Kayu manis atau cinnamon adalah salah satu jenis…



5 Barang Alternatif Pengganti Plastik yang Ramah Lingkungan!


Pemakaian beberapa bahan plastik menjadi masalah serius belakangan…



Resep Sambel Goreng Krecek


Krecek adalah kulit sapi yang dikeringkan dan dapat…



Tips Mudah dan Sederhana Mendekor Rumah untuk Perayaan atal


Perayaan Natal akan segera tiba, biasanya menjelang hari…



Makanan Sisa dalam Kulkas? Jangan Dibuang!


Pastinya pernah mengalami kelebihan makanan sisa dalam jumlah…



Memperkenalkan Resolusi Tahun Baru kepada Anak


Menjadi orangtua adalah sebuah pekerjaan seumur hidup yang…



Jenis Bahan Makanan yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas

Kulkas atau lemari pendingin dan freezer saat ini begitu lekat dengan kehidupan seseorang.  Kulkas menjadi suatu yang harus dimiliki oleh setiap rumah, pasalnya setiap saat orang kini lebih kerap menyimpan makan dan minuman yang belum sempat mereka konsumsi. Sementara di lain waktu mereka juga masih ingin mengonsumsinya, sehingga membuat kulkas menjadi lemari penyimpanan terbaik untuk makanan.

Tanpa disadari, seseorang kerap melakukan kesalahan ini. Sebab nyatanya tak semua makanan baik disimpan di dalam freezer. Ada makanan justru menjadi tidak berfungsi dengan baik lagi jika disimpan di dalam freezer. Freezer yang memiliki suhu di bawah minus derajat celcius tersebut memang dipercaya dapat membunuh bakteri dan kuman, sehingga makanan tetap sehat meski disimpan dalam waktu lama.

Kebanyakan orang akan memasukkan makanan ke dalam kulkas untuk menghindari dari kebusukan. Mulai dari buah-buahan, sayur, hingga daging. Menyimpan berbagai makanan di dalam kulkas memang bisa membantu memperpanjang umur makanan. Tetapi, ternyata tidak semua makanan boleh disimpan di dalam kulkas karena justru bisa merusak kualitasnya. Berikut beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak disimpan dalam kulkas :

  1. Madu
    Memasukan madu ke dalam kulkas akan membuat kualitas madu menjadi buruk. Suhu dingin akan membuat madu lebih pekat, mengeras, dan mengkristal, sehingga nutrisinya akan berkurang.
  2. Minyak
    Jangan menyimpan minyak apapun ke dalam lemari pendingin, hal ini akan membuat minyak menjadi kental dan keruh.
  3. Kentang
    Menyimpan kentang dalam suhu dingin akan membuat kentang lembab dan cepat busuk. Solusinya, simpanlah kentang di wadah kertas dan letakkan di tempat kering.
  4. Bawang
    Selain kentang, penyimpanan bawang dalam lemari pendingin juga bisa menyebabkan cepat busuk. Karena bawang membutuhkan sirkulasi udara yang lancar, maka bawang juga tak cocok disimpan di kulkas. bawang yang disimpan di kulkas malah cepat berubah warna dan membusuk.
  5. Melon
    Melon bisa disimpan di dalam kulkas apabila sudah dipotong-potong. Apabila masih dalam keadaan utuh, hindari memasukan melon ke dalam kulkas karena akan menghilangkan sifat antioksidan dalam melon. Selain itu, ukuran utuh buah melon juga akan memakan tempat sehingga kulkas akan lebih sempit.
  6. Alpukat
    Jangan menyimpan alpukat mentah ke dalam kulkas karena akan memperlambat proses pematangan
  7. Tomat
    Tomat yang disimpan di kulkas akan lebih cepat matang dibandingkan yang disimpan di suhu ruangan. Maka, jika tomat yang sudah matang disimpan dalam kulkas akan lebih cepat membusuk
  8. Buah Berry
    Buah berry yang disimpan di kulkas akan mengakibatkan berry kering dan rasanya menghilang.
  9. Pisang
    Saat dimasukan ke dalam kulkas, pisang akan berubah warna menjadi cokelat hanya dalam beberapa jam saja. Lama kelamaan pisang akan membusuk dengan cepat, untuk itu pisang hanya bisa disimpan di suhu ruangan.
  10. Roti
    Roti yang dimasukan ke dalam kulkas akan menjadi keras. Sehingga, rasa yang dihasilkan tidak enak lagi.
  11. Rempah-rempah
    Rempah-rempah tidak membutuhkan lemari pendingin untuk membuatnya awet. Cukup disimpan di suhu ruangan untuk menjaga kualitasnya.
  12. Saus
    Tanpa dimasukan ke dalam kulkas, saus bisa bertahan lama di suhu ruangan. Justru, saus akan cepat membusuk jika dimasukan ke dalam kulkas
  13. Kopi
    Kopi seharusnya disimpan dalam kontainer kedap udara. Menyimpannya di dalam kulkas akan memberi efek buruk pada rasa yang dihasilkan. Struktur selnya akan berubah, yang menyebabkan aroma kopi hilang.
  14. Alkohol
    Alkohol yang sudah dibuka segelnya sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas cukup simpan dalam suhu ruangan.
  15. Daun Kemangi
    Menyimpan daun kemangi bisa dengan cara merendam bagian bawah batangnya dengan air dan simpan dalam suhu ruangan. Penyimpanan daun kemangi di dalam kulkas akan membuat kemangi layu dan kehilangan aroma.

Selain membuat kapasitas penyimpanan kulkas jadi lebih longgar, Anda juga bisa berhemat karena persediaan bahan makanan yang tidak mudah rusak. Yuk segera pindahkan semua bahan makanan yang tidak seharusnya disimpan di kulkas.

Leave a Reply

You may also like

8 Makanan Khas Imlek dan Maknanya


Tak terasa perayaan Tahun Baru Imlek akan segera…



Food Truck Makanan Gratis saat Asian Games


Hypermart Lovers! Asian Games 2018 tinggal hitungan hari…



Tradisi Yang Biasa Dilakukan Saat Tahun Baru Imlek


Imlek, atau Tahun Baru Cina, merupakan salah satu…



Tips Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi


Jika Anda memiliki anak kecil, memang sudah…



Mengejutkan! Air Cucian Beras Ternyata Banyak Manfaatnya!


Manfaat Air Cucian Beras Air cucian beras biasanya…



Tips dan Trik Menjadi Traveler Pemula


Traveling berkeliling ke tempat-tempat wisata di tanah air…



Ragam Tradisi Lebaran di Indonesia


Tak terasa momen Hari Raya Idul Fitri tinggal…



Tips Dasar Dekorasi Kue Ulang Tahun Homemade


Merayakan ulang tahun merupakan hal yang biasa kita…



Perbedaan Disneyland dan Disneysea


Tokyo Disney Resort memiliki dua buah taman…



Leave a Reply

You may also like

TIps Membuat Alis


Setuju gak sih kalau alis menjadi salah satu bagian penting untuk lebih percaya diri? Nah, coba tutorial sederhana berikut biar alis tampak cetar dan tetap…



Resep Molten Lava Cake untuk Rayakan Valentine!


Cokelat adalah salah satu jenis makanan favorit anak-anak…



Resep Ayam Bakar Madu Lezat


Ayam merupakan jenis daging yang disukai oleh semua…



Resep Ngohiong Khas Imlek


Malam tahun baru Cina atau malam Imlek adalah…



Resep Jajanan Jongkong Surabaya


Jongkong Surabaya adalah jajanan manis basah tradisional yang…



Tips Agar Kentang Tidak Mudah Menghitam Setelah Dikupas


Kentang adalah salah satu sumber karbohidrat baik untuk…



Siapa bilang bulan puasa tidak bisa berhemat? temukan tipsnya disini!


Biasanya di bulan puasa pengeluaran rumah tangga semakin membengkak. Pengeluaran kita menjadi jauh lebih tinggi dibandingkan bulan-bulan biasa. Apalagi kalau ada tawaran berbuka puasa di luar…



8 Makanan Khas Imlek dan Maknanya


Tak terasa perayaan Tahun Baru Imlek akan segera…



Manfaat Susu


Hypermart lovers, kita tahu susu adalah minuman yang kaya akan kalsium, sehingga baik untuk pertumbuhan dan kepadatan tulang. Bukan cuma itu manfaatnya, susu merupakan sumber…



Tips Menggoreng Makanan Agar Tidak Kolesterol

Menggoreng makanan adalah proses memasak yang sebenarnya tidak begitu dianjurkan bagi banyak ahli kesehatan. Bukan hanya kalorinya yang bertambah banyak, namun juga meningkatkan kadar kolesterol. Menggoreng dapat meningkatkan jumlah kalori dan kolesterol dari makanan yang dikonsumsi. Hal ini mungkin sedikit mengkhawatirkan bagi masyarakat yang berusaha untuk hidup sehat, bebas dari kolesterol jahat. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa dengan menggoreng, makanan akan terasa lebih lezat.

Ada banyak sekali makanan enak yang digoreng dan sulit melepaskan godaan makan makanan yang digoreng. Tapi bagaimana jika kolesterol naik? Nah, untuk menurunkan kadar kolesterol pada makanan yang digoreng, cara-cara sederhana ini yang bisa dilakukan di rumah.

 

Gunakan minyak zaitun atau minyak kelapa

Jika ingin menggoreng atau menumis, Anda bisa mengganti minyak goreng biasa dengan minyak zaitun atau kelapa yang lebih sehat dan rendah kolesterol. Dan pastinya lebih sehat dibanding dengan minyak lainnya.

Goreng dengan minyak bersih

Gunakan minyak baru yang bersih, belum keruh dan tidak kecoklatan. Karena minyak baru masih terjaga kualitasnya, dan kadar kolesterolnya tidak terlalu banyak dibanding minyak yang sudah dipakai berulang kali. Minyak yang sudah sering dipakai pasti lebih banyak kolesterol dan tidak sehat.

Goreng dengan minyak panas

Agar makanan yang digoreng tidak menyerap banyak minyak, goreng dalam keadaan minyak panas. Jangan memasukkan makanan sebelum apinya panas, namun jangan menggunakan api yang terlalu besar, bisa-bisa cepat gosong.

Tiriskan dengan kertas yang menyerap minyak

Setelah makanan diangkat dari penggorengan, tiriskan terlebih dahulu sebelum dimakan, lebih baik lagi jika dialasi tisu atau kertas makan yang bisa menyerap minyak agar minyak tidak berlebihan.

Jangan memanaskan makanan yang sudah digoreng

Setelah menggoreng makanan sebaiknya tidak digoreng lagi, bukan hanya mengurangi nutrisinya tapi juga menambah kadar kolesterol karena minyak akan menyerap lebih banyak minyak.

Jangan gunakan mentega atau margarin

Sebaiknya jangan memasak dengan mentega atau margarin untuk mengurangi potensi lemak trans dan jenuh yang memicu kolesterol. Lebih baik gunakan minyak zaitun atau minyak kelapa dibanding dengan menggunakan mentega atau margarin.

 

Itu dia beberapa langkah mudah untuk mengurangi kadar kolesterol pada makanan gorengan. Pastinya Anda ingin makanan yang dimasak itu baik bagi kesehatan seluruh anggota keluarga, kan? Yuk, mulai dari sekarang selalu ingat tips ini ya! Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Leave a Reply

You may also like

3 Resep Makanan Khas Bali yang anti Mainstream


Jika mendengar kata “Bali” apa yang ada di…



Makanan Akan Melimpah Saat Lebaran. Bagaimana Cara Agar Tetap Sehat Walau Makan Banyak?


Makanan Akan Melimpah Saat Lebaran. Bagaimana Cara Agar Tetap Sehat Walau Makan Banyak? Hari raya Idul Fitri tinggal menghitung hari saja, moment yang di tunggu-tunggu…



Alternatif Kegiatan Liburan Akhir Tahun


Penghujung tahun 2018 segera tiba, sudah waktunya Anda…



Tahun Baru Saka, Makna dan Harapan


Hari Raya Nyepi merupakan acara peringatan Tahun…



Tips Selalu Sarapan Setiap Hari


Bagaikan peluru pada pistol, begitulah seharusnya sarapan pada kegiatan seharian Hypermart Lovers. Sarapan akan memperlengkapi Hypermart Lovers dengan tenaga dan energi untuk menghadapi hari setelah 'berpuasa'…



Tips Menggoreng Makanan Agar Tidak Kolesterol


Menggoreng makanan adalah proses memasak yang sebenarnya tidak…



Bahan Pengganti Kecap Asin Agar Masakan Tetap Sedap


Kecap adalah salah satu bahan penyedap masakan yang…



Praktis Menghilangkan Noda Membandel


Noda pada baju bisa membuat pemakainya tidak percaya diri alias…



Jus VS Smoothie


Hypermart Lovers, Jus dan smoothie adalah dua alternatif minuman sehat yang dapat dikonsumsi sehari-hari dan praktis pembuatannya. Keduanya memiliki manfaat untuk kesehatan. Jus dapat meberikan…



Resep Ayam Bakar Bekakak Special Untuk Tahun Baru

Ayam merupakan jenis daging yang disukai oleh semua kalangan. Manfaat memakan daging ayam bagi kesehatan jelas sangat tinggi, karena daging ayam mengandung protein tinggi, serta vitamin dan mineral. Makan daging ayam juga diyakini dapat membantu menurunkan berat badan, mengontrol kadar kolesterol, tekanan darah, mengurangi risiko kanker dan masih banyak lagi. Ayam juga termasuk daging yang mudah diolah. Ayam dapat diolah dengan cara digoreng, dikukus, atau dibakar. Contohnya Ayam Bekakak ini. Ayam Bekakak di daerah Jawa Barat disebut dengan ayam bakakak yang artinya olahan ayam utuh. Pada umumnya ayam bakakak ini dimasak dengan cara dibakar atau dipanggang dengan oven yang disebut ayam bekakak oven atau bekakak panggang. Namun ada juga ayam bekakak goreng. Soal bumbu, ada banyak variasi dengan bermacam-macam jenis bumbu, misalnya ayam bekakak bumbu rujak, ayam bekakak bumbu manis dan bumbu pedas. 

Ayam Bakakak adalah olahan ayam utuh yang dibakar dengan terlebih dahulu di ungkep dengan racikan bumbu manis. Di daerah Jawa Barat, ayam bakakak ini disajikan di hari-hari istimewa hajatan seperti hari pernikahan dan sunatan. Ayam bakakak ini di simbolkan sebagai sedekah dari yang punya hajat untuk masyarakat sekitar. Biasanya ayam bakakak disajikan dengan hiasan yang cantik dan menarik dengan nasi tumpeng.

Resep ayam bekakak, sebetulnya sama dengan racikan bumbu ayam bakar seperti biasa namun yang berbeda adalah dalam penyajian dan tampilannya, ayam bekakak terlihat lebih mewah karena disajikan dalam kondisi ayam utuh. Yuk, simak resepnya disini :

Bahan-bahan :

  • 1 ekor ayam kampung, dibelah dua melebar tidak putus
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 4 cm kunyit, dibakar, haluskan
  • 1 1/2 sdt garam
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdm gula merah yang sudah disisir
  • 400 ml air
  • 3 sdm minyak untuk menumis

Bahan di haluskan :

  • 4 buah cabe merah besar
  • 9 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 cm jahe
  • 1/2 sdt ketumbar
  • 5 butir kemiri, disangrai

Cara Memasak : 

  1. Lumuri ayam dengan bawang putih, kunyit dan garam. Diamkan selama 15 menit.
  2. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus sampai harum. Tuang air, didihkan.
  3. Masukkan ayam, Kecap Manis, gula merah dan garam. Masak sampai meresap.
  4. Panggang ayam sambil dioles sisa bumbu sampai kering.
  5. Sajikan untuk 4 porsi dengan sambal pedas dan lalapan sayur.

Leave a Reply

You may also like

Perbedaan Disneyland dan Disneysea


Tokyo Disney Resort memiliki dua buah taman…



Siapa bilang bulan puasa tidak bisa berhemat? temukan tipsnya disini!


Biasanya di bulan puasa pengeluaran rumah tangga semakin membengkak. Pengeluaran kita menjadi jauh lebih tinggi dibandingkan bulan-bulan biasa. Apalagi kalau ada tawaran berbuka puasa di luar…



Makanan Yang Dapat Mencerahkan Kulit


Kulit merupakan salah satu organ tubuh yang juga…



Jenis Bahan Makanan yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas


Kulkas atau lemari pendingin dan freezer saat ini…



Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan


Kayu manis atau cinnamon adalah salah satu jenis…



Praktis Menghilangkan Noda Membandel


Noda pada baju bisa membuat pemakainya tidak percaya diri alias…



Cintai Lingkungan, Seperti Mencintai Diri Sendiri


Tahukah Hypermart Lovers bahwa setiap tanggal 10 Januari,…



Alternatif Kegiatan Liburan Akhir Tahun


Penghujung tahun 2018 segera tiba, sudah waktunya Anda…



Memasak Bubur Suro, Makanan Khas Saat Tahun Baru Islam


Besok umat Muslim akan memperingati Tahun baru Islam,…



Destinasi Wisata Saat Merayakan Tahun Baru!

Momen dan detik-detik pergantian tahun merupakan salah satu momen spesial yang ditunggu-tunggu. Ada banyak sekali cara untuk menikmati perayaan pergantian tahun, salah satunya yaitu dengan mengunjungi beberapa tempat yang belum pernah Anda kunjungi. Tidak perlu jauh-jauh keluar negeri, Anda juga bisa menikmati kemeriahan malam pergantian tahun ini di Indonesia. Nah ini dia beberapa tempat atau juga kota yang bisa Anda kunjungi untuk merayakan tahun baru di Indonesia.

Perayaan pergantian tahun di berbagai tempat memang tidak pernah sepi, begitu pun dengan Indonesia. Keberagaman suku serta budaya menyebabkan perayaan pergantian tahun dihiasi oleh beragam tradisi yang berbeda-beda. Di Indonesia, perayaan tahun baru yang biasa dilakukan adalah dengan melepaskan kembang api, meniup terompet serta melakukan hitung mundur bersama. Untuk Anda yang masih bingung kemana saat perayaan pergantian tahun, berikut  tempat-tempat terbaik yang akan membuat pergantian tahun terasa mengesankan.

Bali

Bali memang terkenal dengan wisata yang mempesona, oleh karena itu Bali juga menjadi tujuan utama wisatawan dalam merayakan pergantian tahun.Banyak sekali tempat-tempat di Bali yang mengadakan acara pergantian tahun, dengan pesta kembang api, party, dan lain sebagainya.

Ke Bali belum lengkap jika Anda tidak melakukan berbagai wisata air seperti parasailing, banana boat, flying fish, jet ski, seawalker, dan diving. Tanjung Benoa merupakan spot paling seru untuk melakukan kegiatan tersebut. Jangan ketinggalan untuk makan bersama singa di Tsayo Lion Restoran. Anda juga bisa mencoba Glamping (Glamour Camping) di Sandat Glamping Tents. Tempatnya yang seru ini akan memberikan pengalaman baru bagi wisatawan.

Jogjakarta

Tak perlu diragukan lagi, D.I. Yogyakarta merupakan salah satu destinasi liburan akhir tahun favorit wisatawan Indonesia selain Bali dan Bandung. Ngomongin tempat liburan di Jogja tentu tak sekadar Malioboro atau Candi Prambanan. Daerah Istimewa ini punya banyak suguhan tempat wisata tahun baru mulai dari alam, kuliner, hingga budaya. Dari perkotaan, dataran tinggi nan sejuk, hingga pesisir pantai yang eksotis. Tak heran wisatawan domestik maupun mancanegara senang menghabiskan malam Tahun Baru di sini.

Bandung

Bandung merupakan alternatif paling memungkinkan untuk Anda yang belum memiliki rencana menghabiskan malam pergantian tahun. Jaraknya yang cukup dekat dengan Jakarta, menyebabkan Bandung banyak dijadikan destinasi liburan. Kota Bandung menjadi tujuan untuk liburan Tahun Baru. Ada sejumlah titik yang menjadi pilihan untuk merayakan malam pergantian tahun di kota Paris Van Java. Puncak perayaan malam Tahun Baru di Kota Bandung dipusatkan di kawasan Asia Afrika. Ada lima titik yang akan menggelar aneka pertunjukan. Kelima lokasi itu yakni Taman Alun-alun, Jalan Sukarno, Cikapundung Riverspot, Braga Pendek, dan Car Free Night Asia Afrika.

Semarang

Meski bukanlah sebuah perayaan tahun baru yang jor-joran, namun Semarang mampu merayakan setiap momen pergantian tahun dengan berbagai keunikannya. Di kota ini, Anda bisa menemukan kekayaan objek wisata bernilai historis, seperti kota tua terbaik di Indonesia, dan wisata kuliner yang patut diunggulkan. Kehidupan kota lumpia ini nampak bersahaja, tapi jangan salah, dalam hal perayaan dan pesta-pesta besar, seringkali antusiasme masyarakat Semarang menjadi juaranya.

Gili Trawangan

Saat malam pergantian tahun, Gili Trawangan tak pernah ketinggalan untuk merayakan pesta. Pesta ini diadakan di pinggir pantai yang dilengkapi dengan variasi acara pesta dari berbagai kelab malam yang ada di sekitar Gili. Sensasi yang berbeda pasti bisa Anda rasakan ketika merayakan malam pergantian tahun di Gili. Berdansa atau berjoget di atas pasir putih yang halus, diiringi semilir angin dan ombak laut, tak lupa juga iringan musik yang meriah. Setelah puas merayakan pesta pergantian tahun, Anda bisa menghabiskan liburan dengan mengunjungi spot-spot istimewa di Gili Trawangan. Di bagian timur pulau ini Anda bisa menemukan sunrise yang indah.

Flores

Destinasi Tahun Baru berikutnya hadir dari wilayah Timur Indonesia, yaitu Flores Nusa Tenggara Timur. Suasana yang eksotik dapat membuat liburan Anda semakin berkesan. Selain itu, ragam budaya juga dapat Anda pelajari di sana. Anda dapat berkeliling mengeksplor Flores di pagi hari, dan malam harinya siap-siap menikmati pergantian tahun yang meriah. Jangan lupa juga untuk mencicipi aneka kuliner yang tersedia di Flores ini. Ragam seafood akan Anda temukan di sini. Bagi Anda pecinta kain tenun, dapat juga mengunjungi Flores sambil berburu kain tenun yang menjadi ciri khas daerah ini.

Belitung

Daerah yang dijuluki dengan Laskar Pelangi ini juga dapat menjadi pilihan destinasi Tahun Baru. lokasinya yang eksotik akan menambah cantik suasana malam pergantian tahun. Jangan lupa untuk mengunjungi pantai-pantai indah yang ada di sana. Pastikan Anda tidak melewatkan beberapa destinasi khas di Belitung seperti sekolah Laskar Pelangi, pantai dengan keindahan laut serta batu-batu yang membuat pemandangan semakin eksotik. Anda dapat memanfaatkan waktu untuk mengeksplor keindahan Belitung.

Leave a Reply

You may also like

Resep Ayam Teriyaki, Cocok untuk Berbuka dan Sahur!


Ayam teriyaki adalah resep masakan ayam dengan bumbu…



Cara Memilih Margarin yang Aman dan Sehat


Margarin adalah salah satu bahan makanan yang disukai…



Mengenang Masa Kecil dengan Membuat Permen Gula Asem Pedas


Permen gula asam manis adalah jajanan tradisional jaman…



Resep Ayam Bakar Madu Lezat


Ayam merupakan jenis daging yang disukai oleh semua…



Memutihkan gigi gak perlu mahal! Gunakan bahan-bahan alami ini!


Memiliki gigi putih tentunya akan menambah rasa percaya diri ketika berfoto maupun berbicara pada seseorang. Salah satu cara mendapatkan gigi putih yang jadi tren saat…



Benarkah minum teh dapat mengatasi masalah susah tidur? temukan jawabannya disini!


Teh hangat dikenal dapat membuat tidur lebih nyenyak.…



Tips Dasar Dekorasi Kue Ulang Tahun Homemade


Merayakan ulang tahun merupakan hal yang biasa kita…



Resep Roti Panggang


Belum memiliki ide dan Anda penggemar roti panggang untuk sarapan? Ingin coba sensasi lain dengan roti panggang tanpa mengindahkan kesehatan Anda? Coba resep sederhana ini…



Alternatif Kegiatan Liburan Akhir Tahun


Penghujung tahun 2018 segera tiba, sudah waktunya Anda…



Tips Mudah dan Sederhana Mendekor Rumah untuk Perayaan atal

Perayaan Natal akan segera tiba, biasanya menjelang hari suci bagi umat Kristiani akan sibuk mempersiapkan segala sesuatu untuk perayaan Natal, salah satunya dengan mendekorasi rumah dengan tema Natal. Salah satu cara mengungkapkan kegembiraan menyambut Natal adalah dengan menghias rumah. Hiasan yang digunakan dapat membawa atmosfer yang positif sekaligus menambah semarak Natal. Dekorasi Natal biasanya identik dengan warna merah dan hijau. Selain itu banyak kerlap kerlip yang identik dengan Natal. Dan tidak ketinggalan menghias pohon Natal adalah yang paling menyenangkan dan ditunggu-tunggu. Menghias rumah saat Natal bukan hanya sebuah rutinitas di tiap tahun. Namun, dibalik rutinitas ini tersimpan nilai positif lewat kebersamaan menghias rumah. Menjadi sebuah hal yang membahagiakan untuk mendekorasi rumah secara bersama-sama. Nah, untuk mengetahui tips mudah untuk mendekorasi rumah saat natal, coba simak tips-tips berikut ini :

Tentukan Warna Cat Rumah

Agar suasana Natal di dalam rumah lebih terasa, Anda bisa mengecat ulang ruang rumah. Pilihannya bisa memilih warna putih untuk menciptakan kesan bersih, oranye untuk kesan hangat, ungu muda untuk kesan elegan dan agung, atau hijau dan merah untuk nuansa Natal yang biasa digunakan oleh kebanyakan orang.

Gunakan Wallpaper

Jika merasa malas untuk mengecat ulang rumah, Anda juga bisa menggunakan wallpaper. Gunakan wallpaper dengan tema Natal, wallpaper ini bisa digunakan pada ruang makan atau kamar tidur.

Siapkan Pohon Natal

Salah satu ciri khas dari dekorasi Natal adalah keberadaan pohon Natal, guna memeriahkan suasana Natal, letakan satu buah pohon Natal di sudut rumah yang dapat dilihat oleh banyak orang. Sebelum membeli, ada baiknya terlebih dahulu menyesuaikan tinggi pohon dengan tinggi ruang rumah, karena jangan sampai nanti pohon yang dibeli justru kebesaran atau kekecilan.

Gunakan Pernak-pernik Natal

Agar memunculkan nuansa Natal yang kuat pada rumah, gunakanlah berbagai macam pernak-pernik Natal, seperti menempelkan ornamen-ornamen yang mengingatkan kita tentang Natal, menaruhkan kartu ucapan Natal di rak buku, kulkas atau rak sepatu atau menaruhkan toples-toples berisi lilin beraroma. Anda juga bisa mempercantik ruangan dengan menggunakan christmas stocking alias kaus kaki khas Sinterklas.

 

Bagaimana tips-tips mudah untuk mendekor suasana natal di rumah? Cukup simple kan? Yuk dekor rumah Anda untuk merayakan perayaan Natal tahun ini!

Leave a Reply

You may also like

Tips Memilih Ikan Salmon Segar


Ikan Salmon adalah salah satu ikan yang bisa…



9 Mitos dan Fakta Tahun Baru Imlek


Sejak tahun 2003, hari raya Imlek telah menjadi…



Atlet Asean Games Akan Mencicipi Makanan Tradisional


Tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah untuk event…



Mengenang Masa Kecil dengan Membuat Permen Gula Asem Pedas


Permen gula asam manis adalah jajanan tradisional jaman…



Praktis Menghilangkan Noda Membandel


Noda pada baju bisa membuat pemakainya tidak percaya diri alias…



Memperkenalkan Resolusi Tahun Baru kepada Anak


Menjadi orangtua adalah sebuah pekerjaan seumur hidup yang…



Ternyata 3 Jenis Ikan Bermanfaat Untuk Si Kecil


Bunda pastinya ingin memberikan gizi terbaik untuk buah…



Makanan Sisa dalam Kulkas? Jangan Dibuang!


Pastinya pernah mengalami kelebihan makanan sisa dalam jumlah…



Cara Mudah Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami


Dengan bertambahnya usia, banyak orang melakukan cara mengencangkan…



Dekorasi Natal yang Wajib Ada di Rumah

Natal selalu menjadi momen yang selalu ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Suasana yang menyenangkan bisa berkumpul bersama keluarga adalah hal yang tidak diinginkan dilewatkan. Persiapan natal pun menjadi sesuatu yang dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya. Beberapa minggu menjelang Natal, menjadikan alasan untuk menghias rumah dengan pernak pernik menarik yang bertemakan natal dan musim liburan. Dengan begitu banyak jenis ornamen dan dekorasi Natal yang dapat dipilih, seringkali membuat bingung mana yang harus digunakan.

Namun, setiap tahunnya banyak jenis ornamen baru yang dapat menjadi inspirasi tema untuk dekorasi Natal dirumah. Sehingga, setiap tahunnya memiliki berbagai macam dekorasi yang berbeda dengan cara yang berbeda bisa dibuatnya. Yuk simak dekorasi-dekorasi yang wajb ada di rumah saat Perayaan Natal tiba!

Hiasan Pohon Natal

Pohon natal menjadi salah satu hal penting yang wajib ada ketika perayaan hari Natal. Tidak peduli berapa besar atau kecil pohon natal milikmu, dekorasi natal ini akan menjadi pusat perhatian keluarga saat natal. Berbeda dengan tradisi natal di luar negeri yang bisa memilih pohon natal asli, dekorasi natal berupa pohon natal di negara Asia harus cukup puas dengan tanaman pohon natal artifisial seperti dari plastik atau kayu buatan.

Dekorasi natal ini sudah banyak tersedia dalam berbagai ukuran, bahan, dan kualitas yang bisa Anda pilih. Bahkan Anda juga bisa menciptakan sendiri pohon natal anti-mainstream dengan rekayasa ranting, buku atau bahan-bahan unik.

 

Lampu Natal

Kerlap kerlip lampu natal identik dengan kehangatan dan keceriaan Natal. Disarankan agar Anda memiliki beberapa untaian lampu natal lengkap dengan kabelnya dalam ukuran yang berbeda- beda. Dekorasi natal berupa untaian lampu natal yang panjang bukan saja cocok untuk mendekorasi rumah, tetapi juga ideal untuk menambah keindahan di titik-titik tertentu misalnya kusen jendela, rak buku, dan kabinet. Supaya hemat energi, lampu natal LED. Lampu-lampu LED biasanya jauh lebih hemat energi dan tahan lama.

Ornamen Natal
Untuk melengkapi pohon natal, ornamen hiasan seasonal natal menjadi dekorasi wajib di momen spesial ini. Koleksi ornamen natal tiap keluarga juga bervariasi. Umumnya dekorasi natal yang satu ini berupa miniatur hewan-hewan khas natal, Santa Claus, dan gantungan bola-bola natal warna-warni. Ornamen Natal biasanya terus bertambah setiap tahunnya. Oleh karena itu, jangan memaksakan seluruh dekorasi natal sekaligus.

Dekorasi Garland
Garland adalah dekorasi natal yang berbentuk untaian dedaunan dalam berbagai variasi. Umumnya dekorasi natal garland tampil dalam bentuk jarum ataupun pinus yang mekar dan lebat berwarna hijau. Kecantikan dekorasi natal garland sendiri memang ampuh untuk menciptakan suasana harmonis di dalam rumah. Bentuknya yang mudah ditata menjadikannya dekorasi natal favorit bagi setiap rumah.

Rangkaian Bunga (Wreath)
Berbentuk rangkaian bunga yang disusun membentuk lingkaran manis, dekorasi natal wreath sering tampil menghiasi dinding atau pintu rumah sebagai simbol Natal telah tiba.

Kaos Kaki Natal
Natal memang tidak pernah jauh dari bingkisan kado dan acara tukar hadiah antar anggota keluarga. Sejarahnya, Santa Claus akan turun ke setiap rumah dan memenuhi stoking natal dengan hadiah-hadiah yang dibawanya. Tradisi ini pun memunculkan dekorasi stoking natal dalam berbagai kreasi yang imut, cantik, dan menggemaskan. Stoking natal biasa digantung secara strategis di dalam rumah berdekatan dengan pohon natal. Anda bebas boleh menggantung dekorasi natal ini di daerah tangga, di dinding, atau kabinet.

Lilin
Lilin natal kerap dianggap sebagai simbol cahaya dan harapan yang lebih baik. Tidak heran kalau dekorasi natal ini wajib hadir menghiasi rumahmu. Sebagai solusi dari lilin natal biasa, Anda bisa memilih dekorasi natal berupa lilin elektronik yang praktis dan efisien. Lilin elektronik memang sedikit lebih mahal daripada lilin biasa, tetapi tahan dipakai bertahun-tahun lamanya. Supaya suasana rumah lebih cantik, lilin dekorasi natal bisa ditaruh di dalam sangkar burung berukuran kecil. Hasilnya pasti keren dan artistik

Lentera Natal
Hampir sama dengan lilin, lentera natal punya makna ‘cahaya dalam kegelapan’ yang menjadikan nuansa Natal begitu spesial. Lentera natal dengan bola lampu sudah menjadi dekorasi natal modern yang lebih praktis dan tidak berbahaya. Lentera natal bisa digantung secara leluasa, ditempatkan di dekat jendela, atau ditaruh di depan pintu rumah secara berpasangan.

Bingkisan Kado
Siapkan beberapa kardus atau kotak kecil yang bisa Anda bungkus dengan berbagai kertas kado yang indah. Tambahkan dengan sebuah pita di atasnya untuk sentuhan akhir yang semakin cantik. Umumnya dekorasi natal yang satu ini sering diletakkan di bawah pohon natal untuk menyemarakkan suasana, tapi Anda boleh meletakkannya secara acak di berbagai sudut ruangan atau di dalam rak display.

Leave a Reply

You may also like

Resep buka puasa seru Lemon Cheesecake yang mudah banget dibuat


Halo Hypermart Lovers! Berbuka puasa identik dengan yang manis-manis, mulai dari minuman hingga makanan. Tentunya juga acara berbuka puasa terasa tidak lengkap jika tidak ditemani…



Tips Mengolah Kepiting Agar Tidak Amis


Kepiting merupakan salah satu makanan seafood yang paling…



Cara Menghilangkan Lemak Membandel dari Peralatan Masak Saat Lebaran!


Hari Raya Idul Fitri merupakan momen penting berkumpul…



9 Mitos dan Fakta Tahun Baru Imlek


Sejak tahun 2003, hari raya Imlek telah menjadi…



Tips Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi


Jika Anda memiliki anak kecil, memang sudah…



Tips Menggoreng Makanan Agar Tidak Kolesterol


Menggoreng makanan adalah proses memasak yang sebenarnya tidak…



Tips Agar Kentang Tidak Mudah Menghitam Setelah Dikupas


Kentang adalah salah satu sumber karbohidrat baik untuk…



Dekorasi Natal yang Wajib Ada di Rumah


Natal selalu menjadi momen yang selalu ditunggu-tunggu setiap…



Bahan Alami untuk Atasi Kulit Berminyak


Minyak di kulit wajah manusia sebenarnya berfungsi…



Dekorasi Natal yang Wajib Ada di Rumah

Teh hangat dikenal dapat membuat tidur lebih nyenyak. Namun hal ini masih menjadi perdebatan, karena banyak juga yang tidak merasakan pengaruh dari minum teh bagi masalah susah tidur. Tiap kandungan daun teh mengandung kafein, kandungan kafein adalah zat stimulan yang bisa ditemukan dalam banyak produk makanan atau minuman, contohnya ada pada kopi. Kafein berfungsi untuk menstimulasi (merangsang) tubuh agar tetap awas dan terjaga, tidak ngantuk. Teh hijau, teh hitam, atau teh berwarna putih mengandung kira-kira di bawah 100 gram kafein per cangkirnya. Sayangnya, kafein yang Anda konsumsi sebelum tidur dapat membuat tubuh terjaga karena menghalangi bahan kimia otak yang merangsang rasa ngantuk. Produksi hormon adrenalin dalam tubuh pun juga akan semakin terpicu setelah Anda minum teh.

Namun Anda bisa mencoba jenis teh yang lain untuk membantu badan Anda untuk menjadi lebih rileks, yaitu teh herbal. Teh herbal ini umumnya tidak memiliki kafein. Walaupun ada, pasti kandungan kafeinnya sangat sedikit sehingga tidak menyebabkan susah tidur. Anda bisa mencoba varian teh herbal berikut ini:

  1. Teh Kamomil : Teh kamomil terbuat dari bunga kamomil yang dikeringkan. Teh kamomil mempunyai efek baik bagi tubuh, yaitu membuat tidur lebih nyenyak dan bisa meredakan kecemasan yang melanda. Teh ini tidak mengandung kafein.
  2. Teh Daun Mint : Teh herbal yang satu ini komposisi utamanya adalah dari daun mint yang dikeringkan. Teh ini sama sekali tidak mengandung kafein. Minum teh di malam hari jenis ini berguna untuk meredakan sakit perut dan membuat pikiran dan tubuh jadi tenang. Namun, untuk orang yang memiliki penyakit asam lambung sebaiknya tidak mengonsumsi teh herbal ini di malam hari.
  3. Teh Akar Jahe : Gunakan akar jahe sebagai bahan utamanya. Teh jahe ini secara alami tidak mengandung kafein, berguna untuk meredakan mual, dan membuat otot-otot badan menjadi rileks. Cara membuatnya adalah dengan memasukan potongan akar jahe sebesar ruas jari, lalu tuangkan air panas dan diamkan beberapa menit. Anda pun siap minum teh di malam hari tanpa takut insomnia atau susah tidur.

Jadi jika Anda mengalami masalah susah tidur, Anda bisa mencoba minum teh herbal seperti ulasan diatas. Semoga tipsnya bermanfaat ya Hypermart Lovers!

Leave a Reply

You may also like

Praktis Menghilangkan Noda Membandel


Noda pada baju bisa membuat pemakainya tidak percaya diri alias…



Resep Choco Moist Praktis Tanpa Oven Untuk Valentine


Valentine menjadi satu hari yang spesial bagi pasangan…



7 Tips Praktis Menghilangkan Bau Kulkas


Kulkas memang sering dipakai dan menyimpan banyak makanan,…



Resep Pindang Serani Khas Jepara


Makanan Indonesia memang terkenal memiliki banyak ragam dan…



Cara Menghilangkan Lemak Membandel dari Peralatan Masak Saat Lebaran!


Hari Raya Idul Fitri merupakan momen penting berkumpul…



Resep Ayam Teriyaki


Jepang adalah salah satu negara yang memiliki banyak…



Jus VS Smoothie


Hypermart Lovers, Jus dan smoothie adalah dua alternatif minuman sehat yang dapat dikonsumsi sehari-hari dan praktis pembuatannya. Keduanya memiliki manfaat untuk kesehatan. Jus dapat meberikan…



Jarang Terekspos, Inilah Tempat Wisata di Indonesia yang Wajib Dikunjungi!


Indonesia terbentang dari Sabang sampai Merauke. Sejauh…



Ragam Tradisi Lebaran di Indonesia


Tak terasa momen Hari Raya Idul Fitri tinggal…



Perbedaan Disneyland dan Disneysea

Tokyo Disney Resort memiliki dua buah taman bermain, yaitu Disneyland dan DisneySea. Dalam hal tema yang diusung, Disneyland dapat dikatakan lebih menunjukkan kesesuaian mereka dengan hal yang berbau anak-anak. Wahana yang dimiliki Disneyland juga berkaitan erat dengan tema klasik Disney, seperti Alice in Wonderland, Winnie the Pooh, Peter Pan, dan Snow White. Selain itu, wahana tersebut juga dapat dinilai tidak mengerikan untuk dikendarai oleh sebagian besar anak-anak karena tidak mengandung ketinggian serta kecepatan yang berlebih. Meskipun terdapat satu atau dua wahana terkenal milik Disneyland yang dapat dikendarai oleh orang dewasa, akan tetapi taman bermain ini lebih terkenal dengan atraksi yang ramah akan anak-anak.

Apa yang membedakan Tokyo Disneysea dengan Tokyo Disneyland?

Tokyo Disneysea berisikan wahana-wahana permainan yang penuh petualangan dan sarat adrenalin, dan sebagian besar berkaitan dengan film-film Disney yang erat dengan laut. Sedangkan Tokyo Disneyland menyajikan wahana yang lebih variatif dan lebih banyak ditujukan untuk anak-anak. Namun, baik Disneysea maupun Disneyland semuanya family friendly dan kids friendly, tinggal menyesuaikan yang mana yang paling tepat dengan kebutuhan Anda.

Tokyo Disneysea sangat luas dengan area hiburan berair yang sangat luas dan wahana permainan air yang banyak. Wahana permainan Indiana Jones sangat cocok bagi pecinta permainan yang memacu adrenalin. Permainan ini berupa roller coaster namun melewati jalur bak di dalam terowongan yang misterius. Anda akan diajak menjadi bagian dari petualangan Indiana Jones. Selain itu, ada juga wahan 20000 Leagues Under The Sea yang cocok bagi Anda yang menyukai petualangan dan science fiction. Wahana ini terinspirasi dari salah satu film Disney dengan judul yang sama dengan nama permainannya.

Selain tema dan atmosfir yang diusung oleh Disneyland dan Disneysea, perbedaan signifikan dari kedua taman bermain ini adalah titik – titik foto yang disediakan untuk para pengunjung. Disneyland sangat terkenal dengan titik foto utama berupa kastil yang menggambarkan secara nyata logo dari Disney sendiri. Kastil ini terletak pada bagian tengah dari seluruh taman bermain. Selain itu, dominan warna yang digunakan oleh Disneyland kebanyakan merupakan warna pastel yang senada dengan kastil tersebut. Titik utama dari sudut – sudut foto taman bermain Disneysea juga merupakan sebuah gunung merapi yang berlokasi sama layaknya bangunan kastil yang juga terletak pada bagian tengah dari keseluruhan taman bermain. 

Parade milik Disneyland terkesan sangat klasik, cantik, dan anggun. Parade ini akan sesuai dengan anak-anak yang tertarik dengan karakter Disney Princess. Sedangkan Disneysea memiliki parade yang terkesan menyenangkan, menarik, dan penuh dengan karakter – karakter dari film baru Disney seperti Cars, dan Disney Villains.

Setelah mengetahui perbedaan antara Disneyland dan DisneySea, Anda akan pilih yang mana nih untuk mengisi liburan kalian? 

Leave a Reply

You may also like

Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan


Kayu manis atau cinnamon adalah salah satu jenis…



Resep Nasi Bakar Ikan Tuna


Tak hanya dikenal dengan kekayaan budaya dan…



Resep Ayam Teriyaki


Jepang adalah salah satu negara yang memiliki banyak…



Resep Ngohiong Khas Imlek


Malam tahun baru Cina atau malam Imlek adalah…



Tips Mengolah Kepiting Agar Tidak Amis


Kepiting merupakan salah satu makanan seafood yang paling…



Luar Biasa! Kulit buah ternyata banyak manfaatnya! no 3 paling mengejutkan!


1.Apel Ternyata tidak hanya daging buahnya saja yang…



Cara Memilih Margarin yang Aman dan Sehat


Margarin adalah salah satu bahan makanan yang disukai…



Destinasi Wisata Saat Merayakan Tahun Baru!


Momen dan detik-detik pergantian tahun merupakan salah…



Resep Jajanan Jongkong Surabaya


Jongkong Surabaya adalah jajanan manis basah tradisional yang…



Tips dan Trik Menjadi Traveler Pemula

Traveling berkeliling ke tempat-tempat wisata di tanah air atau ke Negara tetangga adalah suatu hal yang kini menjadi tren dikalangan anak muda. Meskipun begitu, ternyata banyak hal yang harus diperhatikan oleh para traveler terutama bagi pemula agar liburan yang dijalankan menyenangkan dan bebas dari masalah besar. Sudah banyak contoh ketika traveler ‘nekat’ menjajal liburan malah menjadi malapetaka. Misalnya bekal uang yang dibawa ternyata nggak cukup sehingga terlantar, tersesat di objek wisata yang belum pernah dikunjungi atau sempat bermasalah dengan pihak aparat setempat. Untuk menjaga liburan tetap menyenangkan meski mencoba seorang diri dan belum pernah melakukan jalan-jalan keluar daerah, coba simak tips dan trik traveling bagi pemula berikut ini!

  1. Riset Tempat Tujuan

Riset atau menelusuri secara detail tentang destinasi wisata yang akan didatangi adalah sangat penting. Dari situ akan terlihat berapa budget yang diperlukan, hal-hal apa yang menarik, menginap dimana, transportasinya bagaimana, daerahnya aman atau nggak dan lain-lain. Info untuk melakukan riset tempat wisata sudahlah sangat mudah, tinggal mencarinya di dunia maya ataupun di media sosial. Dengan melakukan riset, dijamin liburan akan lebih menyenangkan.

  1. Atur Waktu

Mengatur waktu  juga sangat penting saat ingin jadi traveler karena akan berpengaruh pada kelancaran dan kenyamanan saat menikmati liburan. Salah satunya adalah wajib dan jangan lupa untuk harus mengecek kembali tanggal keberangkatan dan kepulangan pesawat.

Cermati juga waktu-waktu di mana pesawat, kereta api dan hotel sedang musim diskon untuk menghemat biaya. Gunanya mengatur waktu juga agar pekerjaan tidak menumpuk atau tidak selesai pada waktunya sehingga tidak bisa cuti saat rencana liburan sudah tiba.

  1. Coba Tempat Wisata Terdekat Dahulu

Menjadi traveler sebaiknya jelajahi tempat wisata yang dekat-dekat dulu. Hal ini untuk menghindari kekurangsiapan perbekalan atau hal-hal penting yang harus dibawa saat liburan sehingga dengan jarak yang dekat bisa segera kembali untuk mengambil hal-hal penting yang ketinggalan di rumah. Jika ingin ke luar negeri, coba dulu ke negara tetangga agar bisa mengerti budaya dan peraturan negara lain.

  1. Ikuti Program  Trip

Sudah banyak agen Travel yang menjual ragam paket wisata keliling Indonesia bahkan ke berbagai tempat di belahan dunia dengan harga yang bervariasi. Ini menjadi salah satu alternatif sebagai traveler pemula yang ogah ribet mengatur budget selama liburan, karena semua biasa transportasi dan akomodasinya sudah diatur oleh agen travel. Berbeda jika berangkat sendiri yang belum tentu akan mendapatkan tiket pesawat dengan harga murah serta akomodasi yang nyaman namun dengan tarif terjangkau.

  1. Gabung Dengan Komunitas Wisata

Komunitas wisata memang menjadi acuan untuk mempermudah liburan terutama traveler pemula. Selain mendapat teman baru, anggota komunitas biasanya sudah berpengalaman dan bisa membantu untuk menjelajahi tempat wisata baru. Bahkan untuk menghemat budget yang dipunyai bisa dilakukan di sini karena pasti akan diberi informasi berbagai pilihlah penginapan murah namun tetap aman dan nyaman. Sudah banyak hotel murah dengan fasilitas yang memadai bekerja sama dengan komunitas wisata.

  1. Pilih Tempat Wisata Yang Terjangkau

Masuk ke tempat hiburan seperti pusat permainan, atraksi, museum maupun tempat lain yang memakan biaya banyak sebaiknya patut dipertimbangkan. Sebagai traveler pemula bisa pergi piknik ke taman ataupun tempat wisata alam yang belum terjamah. Dengan kondisi yang cukup menantang atau penunjang fasilitas wisatanya kurang memadai, terkadang akan membentuk mental yang kuat dan perasaan untuk mau mengerti dengan keadaan. Sehingga liburan tetap terasa menyenangkan.

Sudah mengerti kan, tips dan trik menjadi Traveler Pemula? Namun apakah Anda tahu arti Traveler Pemula itu apa? Traveler pemula adalah sebuah istilah bagi Anda yang baru mencoba melakukan perjalanan. Sebelum jadi handal dan berpengalaman, traveler di luar sana pastinya pernah berada di posisi Anda saat ini. Jadi jangan canggung untuk memulai perjalanan ini. Jika ini berhasil maka Anda akan ketagihan untuk mencoba lagi dan lagi hingga Anda dikatakan sebagai traveler berpengalaman. Jadi, jangan takut untuk mencoba berkali-kali ya! 

Leave a Reply

You may also like

8 Makanan Khas Imlek dan Maknanya


Tak terasa perayaan Tahun Baru Imlek akan segera…



Resep Burritos Ayam dengan Saus Guacamole


Burrito atau taco de harina merupakan salah satu…



Resep Ayam Bakar Bekakak Special Untuk Tahun Baru


Ayam merupakan jenis daging yang disukai oleh semua…



Bahan Pengganti Kecap Asin Agar Masakan Tetap Sedap


Kecap adalah salah satu bahan penyedap masakan yang…



Dekorasi Natal yang Wajib Ada di Rumah


Natal selalu menjadi momen yang selalu ditunggu-tunggu setiap…



Kado Unik Spesial untuk Valentine


Tanggal 14 Februari yang diperingati sebagai hari kasih…



Tahun Baru Saka, Makna dan Harapan


Hari Raya Nyepi merupakan acara peringatan Tahun…



5 Peralatan Masak Jaman Dahulu yang Hampir Terlupakan


Peralatan masak di dapur adalah salah satu hal…



Resep Choco Moist Praktis Tanpa Oven Untuk Valentine


Valentine menjadi satu hari yang spesial bagi pasangan…



Tips dan Trik Menjadi Traveler Pemula

Teh hangat dikenal dapat membuat tidur lebih nyenyak. Namun hal ini masih menjadi perdebatan, karena banyak juga yang tidak merasakan pengaruh dari minum teh bagi masalah susah tidur. Tiap kandungan daun teh mengandung kafein, kandungan kafein adalah zat stimulan yang bisa ditemukan dalam banyak produk makanan atau minuman, contohnya ada pada kopi. Kafein berfungsi untuk menstimulasi (merangsang) tubuh agar tetap awas dan terjaga, tidak ngantuk. Teh hijau, teh hitam, atau teh berwarna putih mengandung kira-kira di bawah 100 gram kafein per cangkirnya. Sayangnya, kafein yang Anda konsumsi sebelum tidur dapat membuat tubuh terjaga karena menghalangi bahan kimia otak yang merangsang rasa ngantuk. Produksi hormon adrenalin dalam tubuh pun juga akan semakin terpicu setelah Anda minum teh.

Namun Anda bisa mencoba jenis teh yang lain untuk membantu badan Anda untuk menjadi lebih rileks, yaitu teh herbal. Teh herbal ini umumnya tidak memiliki kafein. Walaupun ada, pasti kandungan kafeinnya sangat sedikit sehingga tidak menyebabkan susah tidur. Anda bisa mencoba varian teh herbal berikut ini:

  1. Teh Kamomil : Teh kamomil terbuat dari bunga kamomil yang dikeringkan. Teh kamomil mempunyai efek baik bagi tubuh, yaitu membuat tidur lebih nyenyak dan bisa meredakan kecemasan yang melanda. Teh ini tidak mengandung kafein.
  2. Teh Daun Mint : Teh herbal yang satu ini komposisi utamanya adalah dari daun mint yang dikeringkan. Teh ini sama sekali tidak mengandung kafein. Minum teh di malam hari jenis ini berguna untuk meredakan sakit perut dan membuat pikiran dan tubuh jadi tenang. Namun, untuk orang yang memiliki penyakit asam lambung sebaiknya tidak mengonsumsi teh herbal ini di malam hari.
  3. Teh Akar Jahe : Gunakan akar jahe sebagai bahan utamanya. Teh jahe ini secara alami tidak mengandung kafein, berguna untuk meredakan mual, dan membuat otot-otot badan menjadi rileks. Cara membuatnya adalah dengan memasukan potongan akar jahe sebesar ruas jari, lalu tuangkan air panas dan diamkan beberapa menit. Anda pun siap minum teh di malam hari tanpa takut insomnia atau susah tidur.

Jadi jika Anda mengalami masalah susah tidur, Anda bisa mencoba minum teh herbal seperti ulasan diatas. Semoga tipsnya bermanfaat ya Hypermart Lovers!

Leave a Reply

You may also like

Perbedaan Disneyland dan Disneysea


Tokyo Disney Resort memiliki dua buah taman…



Resep Sup Jagung Telur yang Cocok untuk Cuaca Dingin


Jagung merupakan bahan makanan yang lezat serta bisa…



Cintai Lingkungan, Seperti Mencintai Diri Sendiri


Tahukah Hypermart Lovers bahwa setiap tanggal 10 Januari,…



Resep Ayam Teriyaki, Cocok untuk Berbuka dan Sahur!


Ayam teriyaki adalah resep masakan ayam dengan bumbu…



Mengenang Masa Kecil dengan Membuat Permen Gula Asem Pedas


Permen gula asam manis adalah jajanan tradisional jaman…



Wow 3 Jenis Garam Berikut Ini Dapat Membuat Masakan Terasa Lezat! Nomer 2 Paling Mantap!


Garam merupakan bumbu dapur yang sangat penting dan dapat menambah kenikmatan masakan. Kehadiran garam dapat membuat makanan yang terasa hambar menjadi lezat. Di indonesia sendiri,…



Tradisi Yang Biasa Dilakukan Saat Tahun Baru Imlek


Imlek, atau Tahun Baru Cina, merupakan salah satu…



Resep Ginger Cookies dan Kue Kering Khas Natal


Tidak terasa sekarang sudah di tengah-tenagh bulan Desember…



Tips Menggoreng Makanan Agar Tidak Kolesterol


Menggoreng makanan adalah proses memasak yang sebenarnya tidak…