Welcome to Hypermart
Sign in    |    Sign up

Resep Buko Pandan Khas Filipina Yang Segar

Buko Pandan adalah hidangan penutup khas Filipina yang populer di hampir segala jenis pesta dan acara spesial di Filipina. Rasanya segar dan creamy, biasanya disajikan dingin atau beku dan dibuat dengan kelapa muda dan aroma daun pandan. Nama buko pandan sendiri sebenarnya berarti pandan kelapa muda, di mana buko artinya kelapa muda.  Hidangan penutup yang identik dengan warna hijau ini biasanya disajikan dalam keadaan dingin atau beku dan dibuat dari kelapa muda serta daun pandan. 

Kreasi es kelapa muda aroma pandan dengan kuah susu keju, beserta tambahan penyajiannya yang tentunya sanggup kita modifikasikan lagi sesuai selera, telah menjadi sajian dessert favorit keluarga di rumah. Untuk menciptakan buko pandan atau filipino coconut pandan dessert ini sendiri di rumah, berikut adalah cara mudah membuat buko pandan dengan materi sederhana dan mudah di dapat :

Bahan Buko Pandan:

  • 1 buah kelapa muda, kerok dagingnya
  • 1 bungkus agar-agar plain
  • 1 bungkus atau 210 gram sari kelapa nata de coco
  • 15 lembar daun pandan lalu blender dengan 300 ml air
  • 1000 ml susu uht atau susu evaporasi
  • Susu kental manis secukupnya
  • Keju parut sesuai selera
  • Tambahkan sagu mutiara

Cara Membuat Buko Pandan:

  1. Pertama, blender 15 lembar daun pandan bersama 300 ml air, setelah itu saring. Hasil blenderan pandan bisa langsung dipakai untuk menambahkan aroma, rasa dan mempengaruhi warna pada kuah. 
  2. Tips sederhana membuat ekstrak pandan sendiri di rumah, Anda bisa simpan dalam wadah atau gelas maupun bungkus plastik dan berdirikan pada sebuah gelas (bagian runcing di bawah), lalu masukkan dalam kulkas, biarkan seharian sampai ada endapan pasta pandan di bagian bawah yang berwarna pekat.
  3. Air kelapa muda bisa Anda manfaatkan untuk campuran agar-agar bubuk, aduk rata serta beri pasta pandan tadi secukupnya. Rebus hingga mendidih sambil terus diaduk, tuang dalam wadah dan biarkan mengeras.
  4. Potong-potong agar-agar yang sudah mengeras, sebagian dipotong dadu dan sebagian lainnya diserut atau potong memanjang.
  5. Siapkan wadah lalu tuangkan susu, daging kelapa muda, nata de coco tanpa airnya, potongan agar-agar, aduk rata. Lalu tambahkan susu kental manis dan pasta pandan secukupnya serta parutan keju lalu aduk rata kembali. Terakhir simpan dalam kulkas dan minuman segar buko pandan siap disajikan.

Leave a Reply

You may also like

Tips Menggoreng Ikan Hingga Kering, Garing dan Renyah


Ikan merupakan sumber protein yang sangat baik. Ikan…



Wow 3 Jenis Garam Berikut Ini Dapat Membuat Masakan Terasa Lezat! Nomer 2 Paling Mantap!


Garam merupakan bumbu dapur yang sangat penting dan dapat menambah kenikmatan masakan. Kehadiran garam dapat membuat makanan yang terasa hambar menjadi lezat. Di indonesia sendiri,…



Ternyata 3 Jenis Ikan Bermanfaat Untuk Si Kecil


Bunda pastinya ingin memberikan gizi terbaik untuk buah…



Memutihkan Gigi Secara Alami


Siapa sih yang tidak menginginkan senyum menawan yang menunjukkan sederet gigi putih. Memang naturalnya gigi manusia tidaklah putih cerah bagaikan selembar kertas putih. Gigi manusia pada umumnya…



Bahan Pengganti Kecap Asin Agar Masakan Tetap Sedap


Kecap adalah salah satu bahan penyedap masakan yang…



5 Jenis Minyak Goreng yang Lebih Sehat Untuk Memasak! No 2 Paling Mantap!


Hai, Hypermart Lovers! Bagi masyarakat Indonesia yang terbiasa dengan makanan yang  digoreng,  minyak goreng merupakan salah satu komponen penting dan bahan yang dibutuhkan. Namun, tahukah…



Ternyata air cucian beras masih ada manfaatnya! untuk apa saja?


Apa yang Anda lakukan dengan air cucian beras?…



Ramadan Tiba! Siapkan Menu Praktis Untuk Sahur Dengan Tips Ini


Bulan puasa segera tiba kurang dari seminggu lagi.…



Resep Kalio Daging Sapi khas Padang


Kalio adalah sebutan masak rendang setengah jadi…



Resep Kalio Daging Sapi khas Padang

Kalio adalah sebutan masak rendang setengah jadi atau gule, makanan ini adalah khas ala Minang, Padang, Sumatera Barat. Kalio tidak lah sama dengan rendang karena rendang cenderung kering tetapi kalio masih berkuah. Masakan gulai kalio ini pada umumnya menggunakan daging sapi yang lembut dan empuk, jika ingin menggantinya dengan daging kambing atau daging ayam kampung yang lezat itu tergantung selera Anda, yang penting bumbu kalio daging nya masih sama. Bagi Anda yang masih bingung perbedaan antara Kalio dan Rendang, berikut ini ada beberapa cara membedakan makanan khas Minang tersebut :

Dari Segi Tampilan

Jika terlihat secara kasat mata alias dari segi tampilannya, rendang memiliki warna asli yang agak gelap. Warnanya cenderung cokelat kehitaman. Semakin gelap warna rendang, maka semakin enak cita rasa rendang tersebut. Sementara kalio memiliki warna yang lebih terang dan cenderung cokelat agak kemerahan seperti warna karamel. Jika ada rendang yang berwarna kemerahan, itu bukanlah rendang asli Padang, tapi adalah rendang Jawa.  

Cita Rasa dan Tekstur

Dari segi cita rasanya, rendang dan kalio sama-sama memiliki rasa yang agak pedas. Tapi dari segi teksturnya, keduanya sangat berbeda. Rendang bertekstur lebih kering dan kesat dengan daging yang terasa lebih empuk dan langsung hancur saat di mulut. Rendang tidak punya kuah sama sekali, yang ada hanyalah bumbu dan santan yang mengental membentuk serat-serat halus. Lain halnya dengan kalio yang bertekstur agak lengket, basah dengan kuah yang sedikit encer.  

Bahan dan Bumbu

Rendang Padang asli hanya bisa dibuat dengan daging sapi atau kerbau. Sementara kalio bisa dibuat dengan daging apa saja seperti ayam, bebek, jerohan, telur, hingga jengkol. 

Waktu Memasak

Kalio dikatakan sebagai rendang setengah matang karena waktu memasaknya yang jauh lebih sebentar dibanding rendang. Kalio hanya membutuhkan waktu memasak kurang lebih tiga jam, sementara rendang membutuhkan waktu memasak hingga delapan jam lebih hingga tidak ada cairan yang tersisa. Hal inilah yang membuat rendang lebih tahan lama dan bisa disimpan selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan dibanding dengan kalio.

Setelah mengetahui cara membedakan antara Kalio dan Rendang, simak disini yuk cara pembuatannya! Berikut ini Resep Kalio Daging Sapi khas Padang yang bisa Anda buat di rumah!

Bahan:

  • 1 kg daging sapi
  • 500 ml santan kental kelapa
  • 5 buah kentang, potong dadu
  • Air secukupnya

Bumbu Halus:

  • 20 buah cabai rawit
  • 20 buah cabai merah
  • 10 buah bawang merah
  • 10 siung bawang putih
  • 8 butir kemiri, sangrai
  • 4 sendok makan ketumbar, sangrai
  • 7 cm kunyit
  • 5 cm jahe
  • 1 sendok jintan

Bumbu Lainnya:

  • 4 batang serai, ambil putihnya dan pipihkan
  • 6 cm lengkuas, pipihkan
  • 7 lembar daun salam
  • 9 lembar daun jeruk purut/jeruk nipis
  • 4 lembar daun kunyit, simpulkan
  • 5 batang kayu manis
  • 6 butir cengkeh
  • 4 buah kapulaga
  • 4 buah kembang pekak
  • 3 sendok makan gula pasir
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya, untuk menumis

Cara Membuat:

  1. Panaskan minyak goreng sekitar 5 sendok didalam wajan hingga mendidih, jika sudah selesai tumis bumbu halus hingga harum. Aduk rata.
  2. Lalu masukkan daun jeruk purut atau jeruk nipis, lengkuas, daun kunyit, kapulaga, serai, daun salam, cengkeh, kayu manis dan kembang pekak kedalamnya kemudian aduk rata dan tumis bumbu hingga aromanya harum sampai daun bumbunya menjadi layu.
  3. Jika aromanya sudah harum barulah masukkan daging sapi, masaklah dengan api sedang. Tambahkan gula pasir dan garam secukupnya sesuai selera baru kemudian tambahkan air hangat kira-kira 1 liter dan rebuslah daging hingga empuk lalu masukkan lagi kentang.
  4. Jika daging sapi dan kentang sudah empuk barulah masukkan santan kelapa kental, masak dengan api yang kecil sambil diaduk rata agar santan kelapa matang sempurna dan berminyak.
  5. Jika dirasa daging sudah empuk, matang sempurna dan kuah santannya mengental berminyak barulah kemudian Kalio Daging bisa segera diangkat.
  6. Sajikan dalam mangkuk saji dan dapat disantap bersama nasi putih hangat.

 

Leave a Reply

You may also like

Tradisi Yang Biasa Dilakukan Saat Tahun Baru Imlek


Imlek, atau Tahun Baru Cina, merupakan salah satu…



5 Peralatan Masak Jaman Dahulu yang Hampir Terlupakan


Peralatan masak di dapur adalah salah satu hal…



5 Barang Alternatif Pengganti Plastik yang Ramah Lingkungan!


Pemakaian beberapa bahan plastik menjadi masalah serius belakangan…



Tips Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi


Jika Anda memiliki anak kecil, memang sudah…



Cara Ngabuburit yang Asik dan Seru Selama Bulan Ramadan


Banyak sekali aktivitas ngabuburit yang asik dan…



Resep Pindang Serani Khas Jepara


Makanan Indonesia memang terkenal memiliki banyak ragam dan…



Cara Tepat Agar Anak Gampang Makan


Disaat anak susah makan saat disuapi makanan atau…



Tips Selalu Sarapan Setiap Hari


Bagaikan peluru pada pistol, begitulah seharusnya sarapan pada kegiatan seharian Hypermart Lovers. Sarapan akan memperlengkapi Hypermart Lovers dengan tenaga dan energi untuk menghadapi hari setelah 'berpuasa'…



Tips Perawatan Kulit Kaki Sehat, Lembut, dan Cantik


Perawatan tubuh dan wajah adalah hal yang…



Resep Choco Moist Praktis Tanpa Oven Untuk Valentine

Valentine menjadi satu hari yang spesial bagi pasangan kekasih. Biasanya banyak kejutan yang diberikan, termasuk membuat hidangan cake dan minuman serba manis untuk disantap bersama. Selain bunga, aneka kudapan serba manis seperti coklat juga wajib ada untuk memeriahkan Valentine. Cokelat adalah salah satu jenis makanan favorit dari anak-anak hingga orang tua. Rasanya yang manis sering membuat coklat dipakai sebagai bahan dasar olahan makanan dan minuman penggoyang lidah. Nah, bagi Anda yang ingin mencoba memberikan kado spesial untuk orang tercinta, tidak ada salahnya membuat kue yang super lezat. Choco Moist Cake ini dijamin akan membuat hati orang tercinta makin meleleh lho. Simak resepnya disini :

Bahan :

  • 170 gr mentega atau margarine
  • 150 gr gula halus
  • 200 ml susu cair
  • 2 butir telur ayam, kocok lepas
  • 110 gr tepung terigu protein rendah atau serba guna
  • 50 gr coklat bubuk
  • 1/4 sdt baking soda
  • 1 sdt baking powder 
  • 1 sdt vanila ekstrak atau 1/4 sdt vanili bubuk

    Cara membuat :
  1. Siapkan loyang yang memiliki lubang di tengahnya. Olesi dengan mentega dan taburi dengan tepung terigu.
  2. Dalam panci kecil, campur susu, margarine, gula, dan vanili bubuk. Panaskan hingga gula larut, aduk – aduk. Angkat & biarkan dingin.
  3. Ayak terigu, coklat bubuk, baking soda, dan baking powder. Sisihkan.
  4. Jika larutan susu sudah hangat, masukkan kocokan telur, aduk rata. Pastikan larutan susu tidak panas karena akan membuat telur matang.
  5. Masukkan larutan susu dan telur ke dalam campuran terigu sedikit – sedikit sambil diaduk perlahan. Tidak perlu terlalu kuat. Pastikan tepung bercampur larutan.
  6. Tuang adonan kedalam loyang, lalu kukus selama 45 menit dalam dandang yang sudah dipanaskan sebelumnya. Jangan lupa tutup permukaan dandang dengan kain bersih supaya uap airnya tidak menetes ke kue. Hindari membuka tutup dandang agar cake mengembang sempurna.
  7. Setelah matang, biarkan agak mendingin sebelum dilepaskan dari cetakan.

Demikian resep kue choco moist  yang bisa Anda coba resep nya dirumah. Pastikan untuk membaca setiap langkah dengan benar ya agar masakan yang dihasilkan sesuai dengan resep nya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

You may also like

Perbedaan Disneyland dan Disneysea


Tokyo Disney Resort memiliki dua buah taman…



9 Mitos dan Fakta Tahun Baru Imlek


Sejak tahun 2003, hari raya Imlek telah menjadi…



Ramadan Tiba! Siapkan Menu Praktis Untuk Sahur Dengan Tips Ini


Bulan puasa segera tiba kurang dari seminggu lagi.…



Ini Hal yang Perlu Diketahui Ketika Menyiapkan Perlengkapan Bayi!


Menyiapkan perlengkapan untuk calon buah hati merupakan hal…



3 Resep Makanan Khas Bali yang anti Mainstream


Jika mendengar kata “Bali” apa yang ada di…



Ternyata 3 Jenis Ikan Bermanfaat Untuk Si Kecil


Bunda pastinya ingin memberikan gizi terbaik untuk buah…



5 Jenis Minyak Goreng yang Lebih Sehat Untuk Memasak! No 2 Paling Mantap!


Hai, Hypermart Lovers! Bagi masyarakat Indonesia yang terbiasa dengan makanan yang  digoreng,  minyak goreng merupakan salah satu komponen penting dan bahan yang dibutuhkan. Namun, tahukah…



Resep Ayam Teriyaki, Cocok untuk Berbuka dan Sahur!


Ayam teriyaki adalah resep masakan ayam dengan bumbu…



Resep Ayam Teriyaki


Jepang adalah salah satu negara yang memiliki banyak…



Resep Ngohiong Khas Imlek

Malam tahun baru Cina atau malam Imlek adalah salah satu acara keluarga yang wajib dihadiri. Tahun baru Cina bisa dikatakan sebagai sebuah peluang bagi para keluarga untuk bertegur sapa, bertemu, serta menikmati makanan tradisi mereka bersama-sama. Biasanya anak-anak hingga orang dewasa telah menunggu saat ini untuk tiba karena makanan yang disajikan hanya akan muncul pada saat perayaan menjelang hari Imlek itu saja.

Bicara mengenai makanan khas Imlek, ternyata panganan khas Imlek tak cuma mie panjang, kue keranjang, atau olahan daging babi lho. Ada juga beberapa makanan halal yang bisa disantap yang bisa Anda nikmati. Salah satu kuliner khas Imlek yang layak dicoba adalah Ngohiong. Gorengan yang satu ini mirip dengan sosis ikan, karena dibuat dari seafood giling dan ayam. Terkadang Ngohiong juga disebut juga dengan nama kekian, meskipun sebenarnya ngohiong dan kekian adalah dua masakan berbeda karena ngohiong dibungkus menggunakan kembang tahu sementara kekian tidak. Bagaimana cara membuat ngohiong yang gurih dan harum? Berikut ini resep ngohiong ayam udang untuk Anda  bisa Anda coba di rumah :

Bahan-bahan :

  • 300 gram udang kupas, giling
  • 150 gram bawang bombay, cincang halus
  • 150 gram fillet ayam, giling
  • 4 sendok makan tepung tapioka
  • 4 lembar kembang tahu
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 3 sendok makan es serut
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 1 sendok teh bumbu ngohiong (five spice)
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 1 putih telur
  • minyak goreng secukupnya untuk menumis

Cara Membuat Ngohiong:

  1. Panaskan sedikit minyak goreng, kemudian tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Setelah itu angkat dari kompor.
  2. Campur tumisan bawang tadi dengan udang giling, ayam giling, tepung tapioka, saus tiram, bumbu ngohiong, garam, gula pasir, dan merica bubuk. Aduk hingga benar-benar rata.
  3. Masukkan putih telur, kemudian lanjutkan dengan air es sedikit demi sedikit. Aduk dengan spatula kayu atau besi hingga adonan kalis.
  4. Pisahkan adonan menjadi empat bagian sama rata, kemudian bungkus masing-masing dengan kulit tahu.
  5. Gulung adonan hingga padat, kemudian bungkus dengan aluminium foil atau plastik food grade.
  6. Panaskan air secukupnya di panci kukusan, kemudian kukus ngohiong selama 20 menit.
  7. Setelah ngohiong matang, angkat dan biarkan dingin. Setelah itu goreng dengan minyak panas dan banyak sampai renyah.

Bagaimana? Mudah bukan? Sajikan Ngohiong dalam keadaan utuh atau potong-potong terlebih dahulu!

Leave a Reply

You may also like

Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan


Kayu manis atau cinnamon adalah salah satu jenis…



Jarang Terekspos, Inilah Tempat Wisata di Indonesia yang Wajib Dikunjungi!


Indonesia terbentang dari Sabang sampai Merauke. Sejauh…



5 Tips Membedakan Madu Asli dan Palsu


Madu memang menjadi salah satu bahan minuman alami…



Dekorasi Natal yang Wajib Ada di Rumah


Natal selalu menjadi momen yang selalu ditunggu-tunggu setiap…



9 Mitos dan Fakta Tahun Baru Imlek


Sejak tahun 2003, hari raya Imlek telah menjadi…



Perbedaan Disneyland dan Disneysea


Tokyo Disney Resort memiliki dua buah taman…



Cara Tepat Agar Anak Gampang Makan


Disaat anak susah makan saat disuapi makanan atau…



Tips dan Trik Menjadi Traveler Pemula


Traveling berkeliling ke tempat-tempat wisata di tanah air…



Siapa bilang bulan puasa tidak bisa berhemat? temukan tipsnya disini!


Biasanya di bulan puasa pengeluaran rumah tangga semakin membengkak. Pengeluaran kita menjadi jauh lebih tinggi dibandingkan bulan-bulan biasa. Apalagi kalau ada tawaran berbuka puasa di luar…



Resep Ngohiong Khas Imlek

Teh hangat dikenal dapat membuat tidur lebih nyenyak. Namun hal ini masih menjadi perdebatan, karena banyak juga yang tidak merasakan pengaruh dari minum teh bagi masalah susah tidur. Tiap kandungan daun teh mengandung kafein, kandungan kafein adalah zat stimulan yang bisa ditemukan dalam banyak produk makanan atau minuman, contohnya ada pada kopi. Kafein berfungsi untuk menstimulasi (merangsang) tubuh agar tetap awas dan terjaga, tidak ngantuk. Teh hijau, teh hitam, atau teh berwarna putih mengandung kira-kira di bawah 100 gram kafein per cangkirnya. Sayangnya, kafein yang Anda konsumsi sebelum tidur dapat membuat tubuh terjaga karena menghalangi bahan kimia otak yang merangsang rasa ngantuk. Produksi hormon adrenalin dalam tubuh pun juga akan semakin terpicu setelah Anda minum teh.

Namun Anda bisa mencoba jenis teh yang lain untuk membantu badan Anda untuk menjadi lebih rileks, yaitu teh herbal. Teh herbal ini umumnya tidak memiliki kafein. Walaupun ada, pasti kandungan kafeinnya sangat sedikit sehingga tidak menyebabkan susah tidur. Anda bisa mencoba varian teh herbal berikut ini:

  1. Teh Kamomil : Teh kamomil terbuat dari bunga kamomil yang dikeringkan. Teh kamomil mempunyai efek baik bagi tubuh, yaitu membuat tidur lebih nyenyak dan bisa meredakan kecemasan yang melanda. Teh ini tidak mengandung kafein.
  2. Teh Daun Mint : Teh herbal yang satu ini komposisi utamanya adalah dari daun mint yang dikeringkan. Teh ini sama sekali tidak mengandung kafein. Minum teh di malam hari jenis ini berguna untuk meredakan sakit perut dan membuat pikiran dan tubuh jadi tenang. Namun, untuk orang yang memiliki penyakit asam lambung sebaiknya tidak mengonsumsi teh herbal ini di malam hari.
  3. Teh Akar Jahe : Gunakan akar jahe sebagai bahan utamanya. Teh jahe ini secara alami tidak mengandung kafein, berguna untuk meredakan mual, dan membuat otot-otot badan menjadi rileks. Cara membuatnya adalah dengan memasukan potongan akar jahe sebesar ruas jari, lalu tuangkan air panas dan diamkan beberapa menit. Anda pun siap minum teh di malam hari tanpa takut insomnia atau susah tidur.

Jadi jika Anda mengalami masalah susah tidur, Anda bisa mencoba minum teh herbal seperti ulasan diatas. Semoga tipsnya bermanfaat ya Hypermart Lovers!

Leave a Reply

You may also like

Resep dan Tips Membuat Bakso Ikan Kenyal dan Lembut


Banyak yang mengira jika bakso adalah makanan…



Luar Biasa! Kulit buah ternyata banyak manfaatnya! no 3 paling mengejutkan!


1.Apel Ternyata tidak hanya daging buahnya saja yang…



Dekorasi Natal yang Wajib Ada di Rumah


Natal selalu menjadi momen yang selalu ditunggu-tunggu setiap…



5 Jenis Minyak Goreng yang Lebih Sehat Untuk Memasak! No 2 Paling Mantap!


Hai, Hypermart Lovers! Bagi masyarakat Indonesia yang terbiasa dengan makanan yang  digoreng,  minyak goreng merupakan salah satu komponen penting dan bahan yang dibutuhkan. Namun, tahukah…



Memasak Bubur Suro, Makanan Khas Saat Tahun Baru Islam


Besok umat Muslim akan memperingati Tahun baru Islam,…



Cara Ngabuburit yang Asik dan Seru Selama Bulan Ramadan


Banyak sekali aktivitas ngabuburit yang asik dan…



Atlet Asean Games Akan Mencicipi Makanan Tradisional


Tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah untuk event…



Resep Sambel Goreng Krecek


Krecek adalah kulit sapi yang dikeringkan dan dapat…



Food Truck Makanan Gratis saat Asian Games


Hypermart Lovers! Asian Games 2018 tinggal hitungan hari…



Resep dan Tips Membuat Bakso Ikan Kenyal dan Lembut

Banyak yang mengira jika bakso adalah makanan khas Indonesia, padahal sebenarnya asal muasal bakso adalah dari Tionghoa, meskipun demikian tetap saja makanan ini menjadi salah satu favorit masyarakat Indonesia. Bermula dari ungkapan kasih sayang dan bakti seorang anak kepada ibunya pada masa Dinasti Ming (1368-1644) di Cina, terciptalah jenis kuliner oriental yang kelak merambah Nusantara dan menjadi sangat populer di Indonesia. Kata bakso sendiri terdiri dari dua kata. Dalam bahasa hokian, “bak” berarti babi sedang “so” makanan. Jadi, bakso adalah olahan makanan dari daging babi. Karena di Indonesia sendiri mayoritas penduduknya muslim, jadi bakso sendiri diolah menggunakan daging sapi, ikan ataupun udang.

Bakso ikan merupakan salah satu jajanan yang sudah terkenal akan kelezatannya. Olahan ikan ini banyak digemari oleh masyarakat mulai dari anak-anak, remaja, sampai orang dewasa menyukai makanan olahan yang terbuat dari bahan dasar ikan ini.

Bakso ikan ini memiliki rasa yang yang enak dan gurih. Selain itu, makanan ini juga memiliki kandungan protein yang tinggi untuk dikonsumsi. Ada banyak bakso ikan yang beredar di pasaran, seperti bakso ikan tenggiri, ikan tuna, dan ikan kakap.

Cara membuat bakso ikan ini memang tidak semudah membuat resep bakso pada umumnya. Ada beberapa tips khusus yang harus diperhatikan supaya bakso ikan kuah yang dibuat nanti hasilnya bisa sempurna dan rasanya juga enak dan lezat. Hal yang paling utama tentunya bahan utama yang digunakan harus benar-benar ikan segar dan kualitasnya baik.

Hampir semua daging ikan yang berwarna putih, seperti ikan patin, ikan kerapu, ikan tenggiri, ikan tongkol, ikan tuna bahkan ikan lele pun bisa dengan mudah diproses menjadi bakso ikan yang enak dan lezat. Yang paling penting daging ikan itu harus segar dan mempunyai tekstur yang kenyal dan tidak lembek supaya bakso ikan kuah yang dibuat nanti hasilnya juga menjadi kenyal dan nikmat disantap. Satu lagi yang paling penting adalah daging ikan yang digunakan harus benar-benar bersih dari duri ikan. Berikut Resep serta Tips Cara Membuat Bakso Ikan Kenyal dan Lembut :

Bahan-bahan

  • 500 gr daging ikan tenggiri
  • 4 siung bawang putih
  • Es batu yang sudah diserut
  • 3 sdm tepung sagu atau tepung tapioka
  • 2 butir telur ayam (diambil putih telurnya saja)
  • 2 sdm gula pasir
  • Garam secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Air bersih secukupnya

Cara Membuat Bakso Ikan Tenggiri

  1. Langkah pertama itu masukkan daging ikan tenggiri yang sudah dibersihkan ke dalam food processor atau mesin bakso ikan bersama dengan putih telur, garam, gula pasir, dan es serut sedikit saja. Kemudian haluskan semua bahan itu sampai benar-benar halus.
  2. Setelah itu tuangkan ke dalam sebuah wadah, lalu masukkan tepung sagu atau tepung tapioka sambil diaduk-aduk sampai merata dan diuleni searah jarum jam sampai semua bahannya tercampur rata. Tepung sagu atau tepung tapioka bisa Anda tambahkan sedikit demi sedikit kalau adonannya masih terlalu lembek.
  3. Siapkan panci dan rebus air bersih secukupnya sampai mendidih, kemudian matikan apinya.
  4. Bentuk adonan bakso tadi dengan dengan menggunakan genggaman tangan dan tekan sampai membentuk bulatan-bulatan.
  5. Ambil adonan pentol bakso diatas dengan sendok makan dan masukkan ke dalam air panas di dalam panci yang sudah direbus. Ulangi sampai adonan pentol bakso ikannya habis.
  6. Kalau sudah, rebus lagi bakso dengan menggunakan api sedang sampai bakso ikannya mengambang dan matang.
  7. Setelah matang, segera angkat dan tiriskan.

Bahan Kuah Bakso Ikan Tenggiri

  • 1/2 kg tulang sapi atau tetelan sapi
  • 12 siung bawang putih
  • 1 bungkus kaldu sapi
  • Merica halus secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Air bersih secukupnya

Cara Membuat Kuah Bakso Ikan Tenggiri

  1. Siapkan panci dan beri air bersih secukupnya.
  2. Masukkan tetelan dan tulang sapinya dan rebus sampai empuk atau kurang lebih selama 60 menit. Selama proses pemasakan buang kotoran yang mungkin menempel dan buih airnya yang naik ke atas.
  3. Setelah itu siapkan penggorengan dan beri minyak secukupnya untuk menumis.
  4. Masukkan bawang putih yang sudah dicincang halus dan tumis sampai tercium bau harum kemudian matikan.
  5. Masukkan tumisan bawang putih di atas bersama dengan kaldu sapi, garam dan merica bubuk ke dalam panci berisi kuah kaldunya.
  6. Aduk-aduk supaya semua bahan tercampur rata sampai mendidih kemudian matikan apinya.

Tips Membuat Bakso Ikan Yang Enak

1.) Memilih Ikan

Jenis dan kualitas ikan yang akan digunakan sangat menentukan hasil bakso ikan yang dibuat. Pastikan memilih ikan yang masih segar dan memiliki tekstur yang kenyal. Contohnya ikan tenggiri yang gepeng. Ikan tenggiri yang bulat kurang lengket teksturnya sehingga hasil baksonya tidak sebagus ikan tenggiri yang gepeng.

2.) Menguleni Bakso

Dinginkan ikan sampai benar-benar dingin sebelum diuleni atau dilakukan pengadonan. Menguleni ikan bisa dilakukan secara manual atau dengan menggunakan mesin bakso ikan. Masukkan bahan-bahan lainnya satu per satu sambil terus diproses.

Air yang ditambahkan ke dalam adonan bakso sebaiknya berbentuk es batu yang sudah diserut agar daging ikannya menjadi mengerut dan bisa menghasilkan bakso ikan yang kenyal.

Tepung sagu harus dimasukkan terakhir supaya adonan bakso ikannya tidak jadi keras. Jangan mengganti tepung sagu dengan tepung sagu aren agar warna baksonya bisa lebih terang.

3.) Membentuk Bakso

Membentuk bakso juga ada caranya sendiri. Bakso dibentuk bulat-bulat dengan tangan. Caranya masukkan adonan bakso ke dalam genggaman tangan, tekan kelima jari sampai adonan keluar melalui jari telunjuk dan jempol. Lakukan cara ini berulang-ulang dahulu sebelum adonan diambil agar baksonya yang terbentuk benar-benar kompak. Kemudian segera masukkan bakso yang sudah terbentuk tadi ke dalam air es supaya baksonya menyatu dan tidak pecah saat direbus.

4.) Merebus Bakso

Satu hal yang perlu diperhatikan, yaitu bakso tidak boleh terlalu lama direndam di dalam air es supaya baksonya tidak lembek. Segera angkat bakso kalau sebagian adonan sudah dibentuk. Mengangkatnya bisa dengan saringan dan langsung dimasukkan ke dalam air mendidih. Kemudian biarkan sampai matang. Ciri bakso ikan sudah matang itu kalau sudah mengembang dua kali lipat dari ukuran semula dan bukan sekedar terapung.

5.) Setelah Direbus

Setelah matang, segera angkat baksonya dan tiriskan di atas peniris. Biarkan sampai dingin. Jangan biarkan bakso berada di dalam air panas terlalu lama. Pemanasan harus segera dihentikan begitu baksonya sudah matang supaya tidak terlalu lembek.

6.) Penyimpanan

Bakso yang sudah jadi dan dingin bisa disimpan di dalam lemari es atau freezer, tapi nanti waktu dikeluarkan bagian dalam bakso akan berlubang-lubang, karena daging ketika didinginkan itu akan memuai dan kembali menyusut setelah berada di suhu ruang. Bagian yang memuai itu tadi akan menimbulkan lubang setelah baksonya menyusut.

Untuk menghindari lubang-lubang tadi, rebus dagingnya segera selagi masih beku, supaya tempat yang memuai akan terisi oleh air.

Leave a Reply

You may also like

Mengenang Masa Kecil dengan Membuat Permen Gula Asem Pedas


Permen gula asam manis adalah jajanan tradisional jaman…



Tips Merawat Peralatan Elektronik Di Rumah


Berbagai kemudahan teknologi elektronik tentunya mempermudah perawatan…



Resep Ayam Bakar Bekakak Special Untuk Tahun Baru


Ayam merupakan jenis daging yang disukai oleh semua…



Resep Kalio Daging Sapi khas Padang


Kalio adalah sebutan masak rendang setengah jadi…



Perbedaan Disneyland dan Disneysea


Tokyo Disney Resort memiliki dua buah taman…



Resep Ayam Tangkap Khas Aceh


Indonesia memang terkenal dengan beragam kuliner yang ada.…



5 Peralatan Masak Jaman Dahulu yang Hampir Terlupakan


Peralatan masak di dapur adalah salah satu hal…



Wow 3 Jenis Garam Berikut Ini Dapat Membuat Masakan Terasa Lezat! Nomer 2 Paling Mantap!


Garam merupakan bumbu dapur yang sangat penting dan dapat menambah kenikmatan masakan. Kehadiran garam dapat membuat makanan yang terasa hambar menjadi lezat. Di indonesia sendiri,…



Resep Banana Nugget


Jika dulu pisang lebih sering diracik menjadi pisang goreng, kali ini olahannya juga bisa dibuat menjadi pisang nugget yang lagi kekinian dan disukai anak-anak loh!…



Resep dan Tips Membuat Bakso Ikan Kenyal dan Lembut

Teh hangat dikenal dapat membuat tidur lebih nyenyak. Namun hal ini masih menjadi perdebatan, karena banyak juga yang tidak merasakan pengaruh dari minum teh bagi masalah susah tidur. Tiap kandungan daun teh mengandung kafein, kandungan kafein adalah zat stimulan yang bisa ditemukan dalam banyak produk makanan atau minuman, contohnya ada pada kopi. Kafein berfungsi untuk menstimulasi (merangsang) tubuh agar tetap awas dan terjaga, tidak ngantuk. Teh hijau, teh hitam, atau teh berwarna putih mengandung kira-kira di bawah 100 gram kafein per cangkirnya. Sayangnya, kafein yang Anda konsumsi sebelum tidur dapat membuat tubuh terjaga karena menghalangi bahan kimia otak yang merangsang rasa ngantuk. Produksi hormon adrenalin dalam tubuh pun juga akan semakin terpicu setelah Anda minum teh.

Namun Anda bisa mencoba jenis teh yang lain untuk membantu badan Anda untuk menjadi lebih rileks, yaitu teh herbal. Teh herbal ini umumnya tidak memiliki kafein. Walaupun ada, pasti kandungan kafeinnya sangat sedikit sehingga tidak menyebabkan susah tidur. Anda bisa mencoba varian teh herbal berikut ini:

  1. Teh Kamomil : Teh kamomil terbuat dari bunga kamomil yang dikeringkan. Teh kamomil mempunyai efek baik bagi tubuh, yaitu membuat tidur lebih nyenyak dan bisa meredakan kecemasan yang melanda. Teh ini tidak mengandung kafein.
  2. Teh Daun Mint : Teh herbal yang satu ini komposisi utamanya adalah dari daun mint yang dikeringkan. Teh ini sama sekali tidak mengandung kafein. Minum teh di malam hari jenis ini berguna untuk meredakan sakit perut dan membuat pikiran dan tubuh jadi tenang. Namun, untuk orang yang memiliki penyakit asam lambung sebaiknya tidak mengonsumsi teh herbal ini di malam hari.
  3. Teh Akar Jahe : Gunakan akar jahe sebagai bahan utamanya. Teh jahe ini secara alami tidak mengandung kafein, berguna untuk meredakan mual, dan membuat otot-otot badan menjadi rileks. Cara membuatnya adalah dengan memasukan potongan akar jahe sebesar ruas jari, lalu tuangkan air panas dan diamkan beberapa menit. Anda pun siap minum teh di malam hari tanpa takut insomnia atau susah tidur.

Jadi jika Anda mengalami masalah susah tidur, Anda bisa mencoba minum teh herbal seperti ulasan diatas. Semoga tipsnya bermanfaat ya Hypermart Lovers!

Leave a Reply

You may also like

Tips Mudah dan Sederhana Mendekor Rumah untuk Perayaan atal


Perayaan Natal akan segera tiba, biasanya menjelang hari…



Cara Memilih Margarin yang Aman dan Sehat


Margarin adalah salah satu bahan makanan yang disukai…



Lima Makanan Tradisional Teman Perjuangan Saat Melawan Penjajah


Kemerdekaan Indonesia tidak pernah lepas dari sejarah. Salah…



Tips Agar Kentang Tidak Mudah Menghitam Setelah Dikupas


Kentang adalah salah satu sumber karbohidrat baik untuk…



Resep Ngohiong Khas Imlek


Malam tahun baru Cina atau malam Imlek adalah…



Cara Memasak Daging dan Ikan Presto Empuk Hingga Tulang


Daging merupakan sumber protein hewani bermutu tinggi yang…



Praktis Menghilangkan Noda Membandel


Noda pada baju bisa membuat pemakainya tidak percaya diri alias…



Resep Cumi Bakar Madu


Menu seafood yang satu ini merupakan salah satu…



Digital Mom


Digital Mom' menghabiskan cukup banyak waktu menjelajahi internet untuk belanja maupun mencari tahu berbagai hal penting dan menarik untuk anak dan keluarganya. Tidak hanya mengenai…



Resep Ayam Bakar Madu Lezat

Ayam merupakan jenis daging yang disukai oleh semua kalangan. Manfaat memakan daging ayam bagi kesehatan jelas sangat tinggi, karena daging ayam mengandung protein tinggi, serta vitamin dan mineral. Makan daging ayam juga diyakini dapat membantu menurunkan berat badan, mengontrol kadar kolesterol, tekanan darah, mengurangi risiko kanker dan masih banyak lagi. Beberapa manfaat mengkonsumsi ayam adalah :

  1. Sumber protein

Ayam merupakan salah satu sumber protein terbaik yang membantu membangun dan memelihara struktur dalam tubuh yang juga memecah racun.

  1. Anti-depresan yang efektif

Daging ayam dianggap sebagai makanan yang memberikan rasa nyaman dan lega karena asam amino tryptophan. Ini meningkatkan kadar serotonin di otak dan meningkatkan suasana hati.

  1. Melawan penyakit

Daging ayam mengandung senyawa selenium yang mampu melawan penyakit. Selain itu, hal tersebut juga memiliki antioksidan yang memiliki efek positif pada penyakit degeneratif seperti radang, masalah kardiovaskular, dan neurologis.

  1. Mengatur kadar kolesterol

Daging ayam kaya akan vitamin B3 yang mengubah karbohidrat menjadi energi. Sehingga, tingkat kolesterol berkurang dan risiko penyakit jantung berkurang.

  1. Merangsang aktivitas metabolik

Kaya akan vitamin B6, daging ayam lembut membantu meningkatkan metabolisme dan menstimulasi sistem kekebalan tubuh.

Ayam termasuk daging yang mudah diolah. Ayam dapat diolah dengan cara digoreng, dikukus, atau dibakar. Salah satu olahan ayam adalah ayam bakar madu. Ayam bakar madu memiliki rasa yang unik dengan rasa yang manis dari madu, pedas dari cabai, dan gurih dari daging ayamnya sendiri. Ayam bakar madu cukup simpel dibuat karena cukup dioleskan dan dibakar. Bukan hanya mudah untuk dibuat, ayam bakar madu ini disukai semua kalangan, mulai dari anak kecil hingga dewasa. Untuk membuat ayam bakar madu, perlu diperhatikan, terkadang ayam yang akan dimasak masih merah dan bumbu tidak bisa menempel. Untuk menyiasatinya, Anda dapat merebus terlebih dahulu ayam tersebut dan menggorengnya sebentar agar bumbu bisa menempel. Yuk, simak resepnya disini :

Bahan

  • 1 kg ayam (potong 4-6 bagian)
  • 10 buah cabai rawit
  • 2 lembar daun salam
  • 1 buah jeruk nipis (ambil airnya)
  • 400 ml air
  • Kecap manis (secukupnya)
  • 2 sdm air asam jawa

Bumbu Halus

  • 6 siung bawang merah
  • 3 cm lengkuas
  • 4 siung bawang putih
  • 5 cm kunyit
  • 8 buah cabai keriting
  • 1/2 sdt ketumbar
  • Garam (secukupnya)
  • Gula (secukupnya)
  • 4 cm jahe

Cara Membuat

  1. Cuci bersih daging ayam lalu lumuri dengan air jeruk nipis. Diamkan selama 20 menit agar daging ayam tidak amis.
  2. Olesi daging ayam dengan bumbu yang telah dihaluskan dan diamkan lagi selama beberapa saat.
  3. Rebus potongan ayam dengan bumbu halus di dalam panci dengan air secukupnya.
  4. Tambahkan daun salam, cabai rawit, kecap manis dan air asam jawa.
  5. Rebus daging ayam sampai matang dan bumbu meresap serta air asat.
  6. Jika sudah matang, angkat lalu tiriskan sebentar dan lumuri kembali daging ayam dengan bumbu halus yang tersisa.
  7. Nyalakan api dan bakar daging ayam hingga permukaan luarnya mulai mengering.
  8. Angkat ayam bakar yang telah matang dan sajikan bersama nasi putih hangat serta sambal tomat.

 

A post shared by MFB (@hypermart_id) on

Leave a Reply

You may also like

Arti Perlombaan pada 17 Agustus


Sesaat setelah masuk bulan Agustus sepertinya ada hal…



Dekorasi Natal yang Wajib Ada di Rumah


Natal selalu menjadi momen yang selalu ditunggu-tunggu setiap…



Resep Jajanan Jongkong Surabaya


Jongkong Surabaya adalah jajanan manis basah tradisional yang…



Food Truck Makanan Gratis saat Asian Games


Hypermart Lovers! Asian Games 2018 tinggal hitungan hari…



Tradisi Menyambut Tahun Baru di Berbagai Negara


Tahun baru sepertinya telah menjadi suatu fenomena yang…



Makanan Sisa dalam Kulkas? Jangan Dibuang!


Pastinya pernah mengalami kelebihan makanan sisa dalam jumlah…



Jus VS Smoothie


Hypermart Lovers, Jus dan smoothie adalah dua alternatif minuman sehat yang dapat dikonsumsi sehari-hari dan praktis pembuatannya. Keduanya memiliki manfaat untuk kesehatan. Jus dapat meberikan…



Tips Merawat Peralatan Elektronik Di Rumah


Berbagai kemudahan teknologi elektronik tentunya mempermudah perawatan…



Resep Sup Jagung Telur yang Cocok untuk Cuaca Dingin


Jagung merupakan bahan makanan yang lezat serta bisa…



Resep Tomyam Seafood Segar khas Negeri Gajah

Seafood merupakan salah satu makanan yang cukup digemari oleh banyak orang di berbagai tempat. Seafood juga dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang cocok dipadukan dengan banyak sekali ragam pengolahan dan jenis makanan lainnya. Dari sekian banyak jenis olahan seafood, makanan asli Thailand cukup terkenal di dunia. Selain mango sticky rice, Thailand juga memiliki hidangan khas yang tidak kalah tenar. Hidangan tersebut adalah Tom Yam. Tom pada bahasa Thailand memiliki arti proses perebusan. Sementara Yam berarti asam pedas. Sesuai dengan namanya, sup khas Thailand ini memiliki cita rasa utama asam dan pedas. Tom yam juga diketahui memiliki beberapa varian, salah satunya jenis tom yam yang memakai seafood sebagai bahan pembuatannya. 

Dengan memadukan ragam jenis hidangan laut tersebut bersama dengan kuah tom yam, maka Anda akan merasakan nikmatnya sebuah olahan yang sangat menggugah selera makan Anda. Mengenai Tom Yam dan seafood, berikut ini resep dan cara pembuatan Tom Yam seafood asli Thailand yang lezat dan nikmat, sajian ini bisa Anda dedikasikan dan buat untuk orang-orang tercinta. Berikut ini resepnya :

Bahan-bahan

  • 15 ekor Udang ukuran sedang
  • 250 gram Ikan kakap fillet
  • 15 butir Bakso ikan
  • 100 gram Jamur merang, belah menjadi 2
  • 2 buah Wortel, iris serong
  • ¼ Kembang kol, potong perkuntum 
  • 2 batang Serai, memarkan
  • 5 lembar Daun jeruk purut
  • 2 ruas Lengkuas, memarkan
  • 3 sdm Minyak ikan
  • 10 biji Cabe rawit
  • 1 sdt Kaldu jamur (opsional) 
  • 2 sdt Garam
  • 1 sdt Gula
  • 1000 ml Air kaldu udang (bisa menggunakan bumbu instan)
  • 7 sdm Pasta tomyam (bisa menggunakan bumbu instan)

Bahan pelengkap:

  • 1 buah Jeruk nipis, ambil airnya
  • 3 batang Daun ketumbar, iris
  • 1 batang Daun bawang, iris

Bahan pasta tom yam:

  • 15 siung Bawang merah
  • 7 siung Bawang putih
  • 15 buah Cabai merah kering
  • 5 buah Cabai merah
  • 2 sdm Ebi, seduh air hangat hingga lunak
  • 1 sdt Terasi udang, bakar
  • 7 cm Lengkuas
  • 10 lembar Daun jeruk purut
  • 3 batang Serai, ambil bagian putihnya
  • 1 sdm Gula aren, sisir
  • 2 sdm Asam jawa, seduh dengan 100 ml air
  • 5 sdm Minyak ikan
  • 150 Minyak untuk menumis 

Bahan kaldu udang:

  • Kepala udang, bersihkan – 15 buah
  • Kulit udang, bersihkan – 15 buah
  • Bawang putih, memarkan – 5 siung
  • Air – 1200 ml

Langkah – langkah :

  1. Pasta tom yam: Giling halus semua bahan hingga membentuk tekstur pasta. Tumis dengan sedikit minyak hingga harum, matang, dan menyusut jumlahnya. Sisihkan.
  2. Kaldu udang: Tumis bawang putih dengan sedikit minyak hingga harum. Masukkan kulit dan kepala udang. Aduk hingga berubah warnanya. Tuangkan air dan masak hingga mendidih. Kecilkan api dan teruskan masak hingga 30 menit sambil panci ditutup. Setelah selesai, saring air kaldunya. Sisihkan.
  3. Panaskan kembali kaldu udang dengan api sedang hingga mendidih.
  4. Masukkan serai, daun jeruk, lengkuas, cabe rawit, dan pasta tom yam. Masak selama 5 menit.
  5. Masukkan semua sayur, udang, ikan kakap fillet, dan bakso ikan. Masak hingga matang.
  6. Masukkan kecap ikan, garam, gula, dan kaldu jamur. Aduk hingga rata. Sesuaikan rasanya. Angkat.
  7. Sajikan dalam mangkuk. Beri perasan jeruk nipis dan taburi dengan irisan daun bawang dan ketumbar.
  8. Siap dihidangkan.

Tips

  1. Gunakan seafood yang benar-benar segar, ditandai dengan ciri-ciri berikut.
    • Baunya tidak menyengat amis
    • Warna kulit dan daging yang masih cerah
    • Kulitnya yang masih melekat erat (tidak mudah lepas)
    • Tekstur daging kenyal (kokoh) dan tidak mudah hancur

Demikian cara membuat tom yam seafood asli Thailand yang lezat dan nikmat, sajikan hidangan tom yam seafood ini untuk orang terdekat Anda.

 

A post shared by MFB (@hypermart_id) on Jul 21

Leave a Reply

You may also like

Tips Menggoreng Ikan Hingga Kering, Garing dan Renyah


Ikan merupakan sumber protein yang sangat baik. Ikan…



Tips Mudah dan Sederhana Mendekor Rumah untuk Perayaan atal


Perayaan Natal akan segera tiba, biasanya menjelang hari…



Tips Perawatan Kulit Kaki Sehat, Lembut, dan Cantik


Perawatan tubuh dan wajah adalah hal yang…



Resep Kerak Telor Khas Ibu Kota


Setiap kota tentunya mempunyai makanan khas masing-masing. Tidak…



Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan


Kayu manis atau cinnamon adalah salah satu jenis…



Makanan Yang Dapat Mencerahkan Kulit


Kulit merupakan salah satu organ tubuh yang juga…



Tips Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi


Jika Anda memiliki anak kecil, memang sudah…



Jarang Terekspos, Inilah Tempat Wisata di Indonesia yang Wajib Dikunjungi!


Indonesia terbentang dari Sabang sampai Merauke. Sejauh…



Tips Menyimpan Beras Awet dan Bebas Kutu


Dalam hal urusan dapur, biasanya banyak orang yang…



Resep Ayam Tangkap Khas Aceh

Indonesia memang terkenal dengan beragam kuliner yang ada. Salah satu wilayah yang juga terkenal dengan kuliner ialah Nanggroe Aceh Darussalam yang kini sudah berganti nama menjadi Provinsi Aceh. Wilayah yang dikenal dengan julukan Serambi Mekkah ini memang memiliki berbagai budaya serta makanan khas Aceh. Beraneka ragam kuliner dengan bumbu khas dengan cita rasa rempah yang kuat, menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan untuk mencicipi makanan khas Aceh.

Tidak seperti makanan khas Aceh yang terkenal, Ayam Tangkap adalah satu resep otentik khas Aceh yang tidak ada bandingannya. Secara rasa, penampilan, serta kelezatannya, ayam tangkap nyaris tidak ada tandingannya.

Selain aromanya khas, yang membuat resep masakan ini unik juga terletak pada dedaunan yang menutupi sajian ayam. Selain dijadikan sebagai penghias, dedaunan ini biasanya dijadikan sebagai lalapan kering pelengkap daging ayam. Menariknya, jika masih dalam keadaan hangat, dedaunan ini memiliki tekstur renyah seperti kerupuk. Berikut cara membuat Ayam Tangkap Khas Aceh :

Bahan-bahan :

  • 750 gram Ayam, potong-potong
  • 50 gram Cabai Hijau keriting, potong jadi 2 bagian
  • 3 lembar Daun salam
  • 3 lembar Daun pandan, potong-potong
  • 20 lembar Daun kari
  • 1 sdm Garam
  • 1 sdt Merica
  • Air – secukupnya, untuk mengungkep
  • Minyak goreng – secukupnya

Bumbu Halus:

  • 6 siung Bawang putih
  • 120 gram Lengkuas
  • 2 sdt Ketumbar bubuk

Langkah – langkah :

  1. Masukkan ayam bersama bumbu halus, daun salam, garam, dan merica dalam panci. Tuangkan air hingga merendam seluruh bagian ayam. Ungkep atau masak hingga air menyusut.
  2. Panaskan banyak minyak dalam wajan. Perkirakan jumlah minyak hingga seluruh ayam bisa terendam sempurna.
  3. Goreng ayam beserta semua bumbu ungkepnya dengan api sedang menuju besar, sambil terus diaduk agar tidak gosong.
  4. Masukkan daun pandan, daun kari, dan cabai hijau ketika ayam sudah terlihat agak coklat. Masak terus hingga ayam berwarna coklat gelap dan dedaunan menjadi kering. Angkat dan tiriskan.
  5. Siap disajikan.

Tips :

Jika ingin mendapatkan serundeng, lengkuas tidak perlu dihaluskan bersama bumbu lainnya. Namun cukup diparut dan dicampurkan saat mengungkep ayam.

Leave a Reply

You may also like

Luar Biasa! Kulit buah ternyata banyak manfaatnya! no 3 paling mengejutkan!


1.Apel Ternyata tidak hanya daging buahnya saja yang…



Tips Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi


Jika Anda memiliki anak kecil, memang sudah…



Resep Kerak Telor Khas Ibu Kota


Setiap kota tentunya mempunyai makanan khas masing-masing. Tidak…



7 Tips Menambah Nafsu Makan Anak


Nafsu makan seseorang pada umumnya dipengaruhi oleh hormon…



Resep Ayam Teriyaki


Jepang adalah salah satu negara yang memiliki banyak…



Atlet Asean Games Akan Mencicipi Makanan Tradisional


Tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah untuk event…



3 Resep Makanan Khas Bali yang anti Mainstream


Jika mendengar kata “Bali” apa yang ada di…



TIps Membuat Alis


Setuju gak sih kalau alis menjadi salah satu bagian penting untuk lebih percaya diri? Nah, coba tutorial sederhana berikut biar alis tampak cetar dan tetap…



Luar biasa! Dengan Cara Ini, Noda Bandel di Pakaian Hilang dalam Sekejap!


1. Bekas Keringat (Gunakan Air Lemon) Padatnya…



Resep Nasi Bakar Ikan Tuna

Tak hanya dikenal dengan kekayaan budaya dan keindahan alamnya saja, Indonesia juga memiliki beragam kuliner nikmat yang mampu menarik hati para wisatawan untuk singgah ke Bumi Pertiwi. Tidak hanya soal budaya termasuk bahasanya, tapi juga soal keragaman kuliner yang terbentang dari Barat ke Timur Indonesia dan yang melekat di kehidupan sosial masyarakatnya. Bumi Priangan juga merupakan salah satu ‘surga’ kuliner di Indonesia. Di daerah ini begitu banyak ragam kuliner tradisional yang rasanya sungguh nikmat.

Tak heran bila banyak masakan Sunda begitu populer dan akrab di lidah masyarakat Indonesia. Nah, salah satu hidangan khas Jawa Barat yang punya banyak penggemar adalah Nasi Bakar. Nasi Bakar ini bisa diisi dengan bahan makanan lainnya seperti ikan, daging, jamur dan lain-lain.

Bagi Anda penggemar Ikan Tuna dan sambal dapat memilih bahan makanan ini untuk dijadikan isian dalam Nasi Bakar. Rasanya yang gurih dan pedas, sangat cocok disantap selagi hangat. Nasi bakar yang gurih dengan tambahan isi ikan tuna yang dibumbui dengan rempah spesial khas Indonesia. Resep nasi bakar kali ini berbahan dasar ikan, salah satu diantaranya adalah ikan tuna yang kaya akan kandungan gizi untuk memenuhi kebutuhan tubuh dan bermanfaat untuk kesehatan.

Membuat nasi bakar isi ikan tuna tidaklah sulit, bahkan Anda dapat membuatnya dengan dua cara. Cara pertama adalah nasi aron yang diberikan bumbu santan dan rempah kemudian dicampur dengan isiannya, lalu dibungkus menggunakan daun pisang kemudian dibakar di atas bara api. Ada pula yang menggunakan cara dengan menumis semua bahan dengan bumbu rempah seperti membuat nasi goreng kemudian dicampur , lalu dibungkus menggunakan daun pisang sebelum dibakar.

Nasi bakar isi ikan tuna sangat pas dihidangkan untuk anggota keluarga Anda termasuk untuk perkembangan dan kesehatan anak-anak. Nasi bakar ikan tuna ini dapat disajikan dengan tambahan bahan pelengkap lainnya seperti sambal, lalapan dan tidak lupa lauk pauk pendukung seperti tahu dan tempe.

Bahan – bahan :

  • Beras – 400 gram
  • Santan instan – 65 ml
  • Sereh, geprek – 1 batang
  • Daun salam – 1 lembar
  • Daun jeruk – 2 lembar
  • Garam – secukupnya
  • Air – secukupnya

Bahan Isian:

  • Ikan tuna – 250 gram
  • Daun salam – 4 lembar
  • Bawang putih cincang – 2 siung
  • Sereh – 2 batang
  • Daun jeruk – 2 lembar
  • Garam – secukupnya
  • Bumbu Halus:
  • Bawang merah – 5 siung
  • Bawang putih – 2 siung
  • Cabe keriting – 7 buah
  • Cabe rawit – 7 buah
  • Garam – secukupnya
  • Gula – secukupnya
  • Kaldu bubuk – secukupnya

Bahan Pelengkap:

  • Daun pisang – secukupnya
  • Daun kemangi – secukupnya
  • Tusuk gigi – secukupnya

Langkah –  Langkah :

Cara Membuat Nasi

  1. Masukan beras yang telah dicuci ke dalam panci.
  2. Masukkan air, garam, santan, sereh, daun salam, daun jeruk. Masak nasi hingga matang sempurna.

Cara Membuat Isian Tuna Pedas

  1. Rebus ikan tuna dengan air secukupnya. Masukan 2 lembar daun salam, 1 batang sereh, bawang putih cincang, dan garam.
  2. Setelah matang, goreng sesaat. Lalu, suwir daging ikan.
  3. Haluskan bahan bumbu halus.
  4. Panaskan minyak, masukkan bumbu halus, 1 batang sereh, 2 lembar daun salam, dan 2 lembar daun jeruk, gula garam kaldu bubuk. Tumis hingga matang.
  5. Masukkan ikan tuna suwir, aduk hingga rata.

Cara Membuat Nasi Bakar

  1. Tata nasi, daun kemangi, ikan tuna. Lipat daun dan sematkan tusuk gigi. Lakukan hingga habis.
  2. Bakar dengan teflon.

Tips

Bakar daun pisang sebelum digunakan sampai agak layu dan mudah dibentuk.

Leave a Reply

You may also like

Tradisi Yang Biasa Dilakukan Saat Tahun Baru Imlek


Imlek, atau Tahun Baru Cina, merupakan salah satu…



Ternyata Es Teh Manis Tidak Cocok Untuk Berbuka Puasa! Temukan Jawabannya disini!


Saat berbuka puasa yang banyak sekali orang-orang yang…



Tips Memilih Ikan Salmon Segar


Ikan Salmon adalah salah satu ikan yang bisa…



Ramadan Tiba! Siapkan Menu Praktis Untuk Sahur Dengan Tips Ini


Bulan puasa segera tiba kurang dari seminggu lagi.…



Bahan Alami untuk Atasi Kulit Berminyak


Minyak di kulit wajah manusia sebenarnya berfungsi…



Fakta Unik Tentang Bayi Baru Lahir


Di balik tubuh mungil, wajah menggemaskan, dan kulitnya…



Luar Biasa! Kulit buah ternyata banyak manfaatnya! no 3 paling mengejutkan!


1.Apel Ternyata tidak hanya daging buahnya saja yang…



Benarkah minum teh dapat mengatasi masalah susah tidur? temukan jawabannya disini!


Teh hangat dikenal dapat membuat tidur lebih nyenyak.…



Resep Banana Nugget


Jika dulu pisang lebih sering diracik menjadi pisang goreng, kali ini olahannya juga bisa dibuat menjadi pisang nugget yang lagi kekinian dan disukai anak-anak loh!…



Resep Ayam Teriyaki, Cocok untuk Berbuka dan Sahur!

Ayam teriyaki adalah resep masakan ayam dengan bumbu teriyaki khas Jepang yang enak dan lezat. Seperti juga ayam yakiniku, chicken teriyaki ini juga menggunakan saus spesial khas negara sakura yang dicampur dengan bumbu khas dan daging ayam. Teriyaki merupakan saus khas Jepang yang memiliki cita rasa manis. Di Indonesia, saus ini merupakan salah satu saus digemari banyak orang. Biasanya, saus teriyaki diolah dengan daging sapi ataupun daging ayam.

Perbedaan Ayam Teriyaki dan Ayam Yakiniku

Tampilan kedua resep masakan dengan saus khas Jepang ini memang tidak berbeda secara sekilas. Memang sebenarnya perbedaannya hanya terletak di rasa dari masakan ayam atau daging tersebut. Kalau resep ayam yakiniku rasanya cenderung ke gurih atau agak asin. Kalau resep ayam teriyaki cocok sekali buat teman teman yang suka dengan citarasa yang agak manis khas Jepang.

Cara memasak Ayam Teriyaki ini sebenarnya tidaklah sulit. Bahan utama yang digunakan untuk membuat chicken teriyaki adalah dada ayam fillet. Sementara untuk sausnya, dibutuhkan bahan-bahan seperti kecap manis, kecap asin, dan saus teriyaki. Paduan rasa manis, gurih, dan tidak pedas ini cocok untuk disantap semua kalangan.

Membuat chicken teriyaki tidak membutuhkan waktu yang lama. Anda dapat menyajikannya secara praktis pada waktu sarapan,makan siang atau makan malam untuk keluarga. Saran penyajian Anda dapat menambahkan taburan wijen diatasnya.Kemudian lengkapi dengan salad sayur yang ditambah dengan mayonaise.

Bahan-bahan :

  • Dada ayam – 200 gram
  • Air jeruk nipis – 1 sdm
  • Garam – secukupnya
  • Margarin – 3 sdm
  • Bawang bombay, iris panjang – 1/2 butir
  • Bawang putih, memarkan kemudian cincang halus – 1 siung
  • Garam – 1/4 sdt

Bahan saus :

  • Saus teriyaki – 3 sdm
  • Kecap manis – 2 sdm
  • Kecap asin – 1 sdm
  • Gula palem – 1 sdm
  • Merica bubuk – 1/2 sdt
  • Air jahe, dari seruas jahe yang diparut lalu diuras – 1 sdt
  • Air – 50 ml

Langkah – Langkah :

  1. Lumuri ayam dengan air jeruk nipis dan sejumput garam. Masukkan ke dalam kulkas dan diamkan selama 15 menit. Sisihkan.
  2. Campurkan semua bahan saus dalam wadah lalu aduk hingga merata.
  3. Panaskan 2 sdm margarin di wajan datar anti lengket. Masak fillet ayam dan bolak balik hingga kedua sisinya berubah warna menjadi kecoklatan. Angkat dan Sisihkan.
  4. Panaskan 1 sdm margarin. Masukkan bawang bombay dan bawang putih, tumis hingga harum.
  5. Masukkan bahan saus dan garam. Aduk hingga saus mendidih.
  6. Masukkan ayam kemudian masak hingga semua bumbu meresap dan kuahnya mengental. Angkat dan iris ayam sesuai selera.
  7. Sajikan ayam bersama nasi putih dan brokoli rebus (sesuai selera).

Tips

  1. Ketika memasak ayam, gunakan api yang kecil supaya ayam tidak cepat gosong dan bisa matang sempurna hingga bagian dalam.
  2. Rendam dengan bumbu khusus/bumbu perendam teriyaki dan juga menyimpannya di dalam kulkas. Sehingga bumbu yang Anda buat ini dapat meresap pada daging ayam. Sedangkan bagi Anda yang ingin marinasi lebih lama, kurangi garam hingga tidak terlalu asin ketika dimasak.

Leave a Reply

You may also like

Food Truck Makanan Gratis saat Asian Games


Hypermart Lovers! Asian Games 2018 tinggal hitungan hari…



Resep Sup Jagung Telur yang Cocok untuk Cuaca Dingin


Jagung merupakan bahan makanan yang lezat serta bisa…



Tips Menggoreng Makanan Agar Tidak Kolesterol


Menggoreng makanan adalah proses memasak yang sebenarnya tidak…



Resep Cumi Bakar Madu


Menu seafood yang satu ini merupakan salah satu…



Resep Spaghetti Tuna Sambal Matah


Makanan olahan asal Italia ini sangat populer di…



Resep Molten Lava Cake untuk Rayakan Valentine!


Cokelat adalah salah satu jenis makanan favorit anak-anak…



Memutihkan Gigi Secara Alami


Siapa sih yang tidak menginginkan senyum menawan yang menunjukkan sederet gigi putih. Memang naturalnya gigi manusia tidaklah putih cerah bagaikan selembar kertas putih. Gigi manusia pada umumnya…



Ternyata 3 Jenis Ikan Bermanfaat Untuk Si Kecil


Bunda pastinya ingin memberikan gizi terbaik untuk buah…



Resep Pindang Serani Khas Jepara


Makanan Indonesia memang terkenal memiliki banyak ragam dan…



Resep Ayam Teriyaki, Cocok untuk Berbuka dan Sahur!

Teh hangat dikenal dapat membuat tidur lebih nyenyak. Namun hal ini masih menjadi perdebatan, karena banyak juga yang tidak merasakan pengaruh dari minum teh bagi masalah susah tidur. Tiap kandungan daun teh mengandung kafein, kandungan kafein adalah zat stimulan yang bisa ditemukan dalam banyak produk makanan atau minuman, contohnya ada pada kopi. Kafein berfungsi untuk menstimulasi (merangsang) tubuh agar tetap awas dan terjaga, tidak ngantuk. Teh hijau, teh hitam, atau teh berwarna putih mengandung kira-kira di bawah 100 gram kafein per cangkirnya. Sayangnya, kafein yang Anda konsumsi sebelum tidur dapat membuat tubuh terjaga karena menghalangi bahan kimia otak yang merangsang rasa ngantuk. Produksi hormon adrenalin dalam tubuh pun juga akan semakin terpicu setelah Anda minum teh.

Namun Anda bisa mencoba jenis teh yang lain untuk membantu badan Anda untuk menjadi lebih rileks, yaitu teh herbal. Teh herbal ini umumnya tidak memiliki kafein. Walaupun ada, pasti kandungan kafeinnya sangat sedikit sehingga tidak menyebabkan susah tidur. Anda bisa mencoba varian teh herbal berikut ini:

  1. Teh Kamomil : Teh kamomil terbuat dari bunga kamomil yang dikeringkan. Teh kamomil mempunyai efek baik bagi tubuh, yaitu membuat tidur lebih nyenyak dan bisa meredakan kecemasan yang melanda. Teh ini tidak mengandung kafein.
  2. Teh Daun Mint : Teh herbal yang satu ini komposisi utamanya adalah dari daun mint yang dikeringkan. Teh ini sama sekali tidak mengandung kafein. Minum teh di malam hari jenis ini berguna untuk meredakan sakit perut dan membuat pikiran dan tubuh jadi tenang. Namun, untuk orang yang memiliki penyakit asam lambung sebaiknya tidak mengonsumsi teh herbal ini di malam hari.
  3. Teh Akar Jahe : Gunakan akar jahe sebagai bahan utamanya. Teh jahe ini secara alami tidak mengandung kafein, berguna untuk meredakan mual, dan membuat otot-otot badan menjadi rileks. Cara membuatnya adalah dengan memasukan potongan akar jahe sebesar ruas jari, lalu tuangkan air panas dan diamkan beberapa menit. Anda pun siap minum teh di malam hari tanpa takut insomnia atau susah tidur.

Jadi jika Anda mengalami masalah susah tidur, Anda bisa mencoba minum teh herbal seperti ulasan diatas. Semoga tipsnya bermanfaat ya Hypermart Lovers!

Leave a Reply

You may also like

Tips Perawatan Kulit Kaki Sehat, Lembut, dan Cantik


Perawatan tubuh dan wajah adalah hal yang…



Ramadan Tiba! Siapkan Menu Praktis Untuk Sahur Dengan Tips Ini


Bulan puasa segera tiba kurang dari seminggu lagi.…



Tips Agar Kentang Tidak Mudah Menghitam Setelah Dikupas


Kentang adalah salah satu sumber karbohidrat baik untuk…



Tips Mengolah Kepiting Agar Tidak Amis


Kepiting merupakan salah satu makanan seafood yang paling…



Cara Memilih Margarin yang Aman dan Sehat


Margarin adalah salah satu bahan makanan yang disukai…



Resep Ngohiong Khas Imlek


Malam tahun baru Cina atau malam Imlek adalah…



Praktis Menghilangkan Noda Membandel


Noda pada baju bisa membuat pemakainya tidak percaya diri alias…



Resep Kerak Telor Khas Ibu Kota


Setiap kota tentunya mempunyai makanan khas masing-masing. Tidak…



Resep Ayam Tangkap Khas Aceh


Indonesia memang terkenal dengan beragam kuliner yang ada.…



Resep Ayam Teriyaki, Cocok untuk Berbuka dan Sahur!

Teh hangat dikenal dapat membuat tidur lebih nyenyak. Namun hal ini masih menjadi perdebatan, karena banyak juga yang tidak merasakan pengaruh dari minum teh bagi masalah susah tidur. Tiap kandungan daun teh mengandung kafein, kandungan kafein adalah zat stimulan yang bisa ditemukan dalam banyak produk makanan atau minuman, contohnya ada pada kopi. Kafein berfungsi untuk menstimulasi (merangsang) tubuh agar tetap awas dan terjaga, tidak ngantuk. Teh hijau, teh hitam, atau teh berwarna putih mengandung kira-kira di bawah 100 gram kafein per cangkirnya. Sayangnya, kafein yang Anda konsumsi sebelum tidur dapat membuat tubuh terjaga karena menghalangi bahan kimia otak yang merangsang rasa ngantuk. Produksi hormon adrenalin dalam tubuh pun juga akan semakin terpicu setelah Anda minum teh.

Namun Anda bisa mencoba jenis teh yang lain untuk membantu badan Anda untuk menjadi lebih rileks, yaitu teh herbal. Teh herbal ini umumnya tidak memiliki kafein. Walaupun ada, pasti kandungan kafeinnya sangat sedikit sehingga tidak menyebabkan susah tidur. Anda bisa mencoba varian teh herbal berikut ini:

  1. Teh Kamomil : Teh kamomil terbuat dari bunga kamomil yang dikeringkan. Teh kamomil mempunyai efek baik bagi tubuh, yaitu membuat tidur lebih nyenyak dan bisa meredakan kecemasan yang melanda. Teh ini tidak mengandung kafein.
  2. Teh Daun Mint : Teh herbal yang satu ini komposisi utamanya adalah dari daun mint yang dikeringkan. Teh ini sama sekali tidak mengandung kafein. Minum teh di malam hari jenis ini berguna untuk meredakan sakit perut dan membuat pikiran dan tubuh jadi tenang. Namun, untuk orang yang memiliki penyakit asam lambung sebaiknya tidak mengonsumsi teh herbal ini di malam hari.
  3. Teh Akar Jahe : Gunakan akar jahe sebagai bahan utamanya. Teh jahe ini secara alami tidak mengandung kafein, berguna untuk meredakan mual, dan membuat otot-otot badan menjadi rileks. Cara membuatnya adalah dengan memasukan potongan akar jahe sebesar ruas jari, lalu tuangkan air panas dan diamkan beberapa menit. Anda pun siap minum teh di malam hari tanpa takut insomnia atau susah tidur.

Jadi jika Anda mengalami masalah susah tidur, Anda bisa mencoba minum teh herbal seperti ulasan diatas. Semoga tipsnya bermanfaat ya Hypermart Lovers!

Leave a Reply

You may also like

Tips Memilih Ikan Salmon Segar


Ikan Salmon adalah salah satu ikan yang bisa…



Bahan Alami untuk Atasi Kulit Berminyak


Minyak di kulit wajah manusia sebenarnya berfungsi…



Resep Buko Pandan Khas Filipina Yang Segar


Buko Pandan adalah hidangan penutup khas Filipina…



Tips Perawatan Kulit Kaki Sehat, Lembut, dan Cantik


Perawatan tubuh dan wajah adalah hal yang…



Mengenang Masa Kecil dengan Membuat Permen Gula Asem Pedas


Permen gula asam manis adalah jajanan tradisional jaman…



Resep Ginger Cookies dan Kue Kering Khas Natal


Tidak terasa sekarang sudah di tengah-tenagh bulan Desember…



Destinasi Wisata Saat Merayakan Tahun Baru!


Momen dan detik-detik pergantian tahun merupakan salah…



Resep Sambel Goreng Krecek


Krecek adalah kulit sapi yang dikeringkan dan dapat…



Kado Unik Spesial untuk Valentine


Tanggal 14 Februari yang diperingati sebagai hari kasih…