Welcome to Hypermart
Sign in    |    Sign up

5 Peralatan Masak Jaman Dahulu yang Hampir Terlupakan

Peralatan masak di dapur adalah salah satu hal yang tidak bisa dihilangkan keberadaannya di rumah, terlebih lagi jika memang sering memasak sendiri untuk konsumsi sehari-hari. Bahkan jika Anda bukan tipe yang sering memasak, tetap saja dibutuhkan peralatan dapur yang mendasar untuk selalu tersedia. Beberapa peralatan masak ini mungkin sudah banyak dilupakan orang jaman sekarang terutama yang berada di kota-kota besar, padahal sebelum banyak alat masak modern perabotan inilah yang digunakan untuk memasak dalam rangka memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun untuk kepentingan-kepentingan tertentu alat-alat masak tradisional ini masih sering digunakan dan bagi masyarakat yang masih tinggal di daerah pedalaman, peralatan ini masih menjadi yang utama dalam kegiatan memasak untuk kebutuhan sehari-hari. Berikut ini adalah 5 Peralatan masak jaman dahulu yang hampir dilupakan:

1. Dandang

Sumber foto: Tribunnews

Dandang adalah alat masak tradisional untuk memasak nasi. Dandang biasanya terbuat dari tembaga, berwarna kuning keemasan dan memiliki bentuk seperti topi pesulap yang dibalik. Penggunaan dandang untuk menanak / masak nasi dengan cara mengukusnya.

2. Kukusan bambu

Kukusan bambu atau masyarakat sunda menyebutnya “ Aseupan “ adalah alat masak yang menjadi pelengkap dandang dalam menanak nasi. Aseupan ini terbuat dari bambu dan bentuknya seperti tumpeng.

3. Tungku api

Sumber foto: Plukme

Tungku atau di sunda lebih dikenal dengan nama “Hawu” Ini adalah alat untuk memasak ( kompor ) yang terbuat dari tanah liat atau tumpukan batu bata. Bahan bakar untuk memasak yang digunakan adalah kayu bakar. Tungku masih banyak juga yang menggunakan, terutama untuk daerah pedalaman yang penduduknya masih tergolong kurang mampu.

4. Dulang kayu

Peralatan masak yang satu ini mungkin hanya terdapat di beberapa daerah saja di Indonesia. Bentuknya seperti pot dengan bagian bawah yang sedikit mengecil, sementara bahan pembuatnya adalah kayu keras sejenis nangka, kelapa dan kayu-kayu padat lainnya. Dulang di masyarakat Sunda dijadikan untuk mendinginkan nasi yang baru matang.

5. Kipas bambu

Peralatan masak tradisional ini berfungsi sebagai kipas yang menghasilkan udara dan digunakan untuk mendinginkan nasi..

Leave a Reply

You may also like

Atlet Asean Games Akan Mencicipi Makanan Tradisional


Tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah untuk event…



Tips Selalu Sarapan Setiap Hari


Bagaikan peluru pada pistol, begitulah seharusnya sarapan pada kegiatan seharian Hypermart Lovers. Sarapan akan memperlengkapi Hypermart Lovers dengan tenaga dan energi untuk menghadapi hari setelah 'berpuasa'…



3 Resep Makanan Khas Bali yang anti Mainstream


Jika mendengar kata “Bali” apa yang ada di…



Siapa bilang bulan puasa tidak bisa berhemat? temukan tipsnya disini!


Biasanya di bulan puasa pengeluaran rumah tangga semakin membengkak. Pengeluaran kita menjadi jauh lebih tinggi dibandingkan bulan-bulan biasa. Apalagi kalau ada tawaran berbuka puasa di luar…



Praktis Menghilangkan Noda Membandel


Noda pada baju bisa membuat pemakainya tidak percaya diri alias…



Alternatif Kegiatan Liburan Akhir Tahun


Penghujung tahun 2018 segera tiba, sudah waktunya Anda…



Ternyata Es Teh Manis Tidak Cocok Untuk Berbuka Puasa! Temukan Jawabannya disini!


Saat berbuka puasa yang banyak sekali orang-orang yang…



Tips Mengolah Kepiting Agar Tidak Amis


Kepiting merupakan salah satu makanan seafood yang paling…



Arti Perlombaan pada 17 Agustus


Sesaat setelah masuk bulan Agustus sepertinya ada hal…