Welcome to Hypermart
Sign in    |    Sign up

Arti Perlombaan pada 17 Agustus

Sesaat setelah masuk bulan Agustus sepertinya ada hal berbeda yang bisa kita rasakan nih Hypermart Lovers. Sejak awal Agustus, umumnya warga Indonesia akan mulai menyambut hari kemerdekaan dengan melakukan banyak persiapan.

Mulai dari menghias lingkungan dengan atribut yang berwarna putih, membersihkan lingkungan ataupun mengadakan lomba-lomba. Lomba Agustusan untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia memang pastinya sudah tak asing bagi kita karena sudah kita lihat dan ikuti sejak kecil dulu.

Namun, tahukah kalian seperti apa sejarah di balik lomba Agustusan yang sering kita lakukan tersebut? Yuk cari tahu ya.

1. Panjat Pinang

Di setiap lomba Agustusan pastinya lomba panjat pinang nggak pernah ketinggalan kan Hypermart Lovers. Lomba ini memang sangat seru dan memerlukan kekompakan dari para anggota kelompok agar bisa mencapai ujung pohon pinang dan mengambil hadiahnya.

Sebab, untuk memanjat pohon pinang ini sangatlah tak mudah karena seluruh permukaan batang dilumuri oleh oli yang tentunya sangat licin.

Ternyata lomba panjat pinang telah dilakukan sejak jaman penjajahan Belanda. Para pribumi diperintahkan untuk melakukan permainan ini dengan iming-iming hadiah seperti makanan pokok dan juga pakaian.

Tentu saja hadiah tersebut sudah sangat mewah karena dulu rakyat masih kesusahan makan apalagi membeli baju. Orang Belanda pun hanya menonton para pribumi yang berebut hadiah dan menjadikan hal itu sebagai hiburan.

2. Makan Kerupuk

Siapa nih yang dulu suka ikut lomba makan kerupuk, Hypermart Lovers? Lomba yang satu ini memang tak pernah absen dari setiap acara lomba Agustusan setiap tahunnya kan. Lomba makan kerupuk memang sangat asik tapi juga terkadang cukup sulit dilakukan apalagi saat kerupuk yang diikat tali kena angin nih Hypermart Lovers. Kepala kita pun bisa pegel kerena mengejar kerupuk yang bergoyang-goyang terkena angin.

Di balik lomba yang satu ini rupanya terdapat cerita yang cukup menyedihkan lho Hypermart Lovers. Sebab, makan dengan lauk kerupuk ternyata menjadi kebiasaan bagi rakyat Indonesia sejak jaman penjajahan. Mereka tak mampu membeli lauk yang memadai sehingga terpaksa hanya mengkonsumsi lauk kerupuk.

3. Tarik Tambang

Jika dalam suatu acara perlombaan tapi tidak mencantumkan tarik tambang sebagai salah satu jenis lomba yang diadakan, tentunya akan sangat kurang menarik kan Hypermart Lovers? Lomba yang satu ini memang sering menjadi pusat perhatian karena sangatlah seru.

Baik pemain dan penonton akan sama-sama bersemangatnya sehingga bisa membuat suasana semakin meriah.

Lomba tarik tambang ini memang juga dilakukan oleh warga negara lain, tapi di Indonesia sendiri lomba ini ternyata menyimpan suatu kisah. Dahulu para rakyat Indonesia saat dijajah oleh Belanda ataupun Jepang selalu diwajibkan melakukan kerja paksa.

Saat itu mereka menggunakan tambang untuk menarik batu atau material berat lainnya. Akhirnya tarik tambang pun dijadikan hiburan oleh rakyat dan ternyata bisa bertahan hingga saat ini dan dijadikan perlombaan.

4. Balap Karung

Tidak akan terasa suasana lomba Agustusan jika tak ada lomba balap karung, setuju nggak sih Hypermart Lovers? Lomba ini sangat seru karena membutuhkan ketangkasan. Meski kelihatannya hanya memakai karung goni dan loncat-loncat saja, tapi sebenarnya lomba ini juga bisa membuat kita cepat lelah lho.

Lomba ini rupanya didasari oleh fakta bahwa saat Indonesia dijajah oleh Jepang, para pribumi tak memiliki pakaian dan harus menggunakan karung goni. Padahal karung goni bertekstur kasar dan bisa membuat tubuh menjadi gatal.

Jadi setelah merdeka, karung goni pun tak lagi dipakai dan malah digunakan lomba dengan cara diinjak-injak. Mungkin itu sebagai rasa syukur dan bahagia dari para rakyat karena tak harus memakai pakaian yang sangat tak nyaman itu lagi.

Nah, apakah Hypermart Lovers sudah pernah merasakan lomba – lomba tersebut?

Leave a Reply

You may also like