Welcome to Hypermart
Sign in    |    Sign up

Bahan Alami untuk Atasi Kulit Berminyak

Minyak di kulit wajah manusia sebenarnya berfungsi untuk melindungi kulit. Kulit berminyak untungnya lebih sedikit memunculkan keriput sehingga membuat Anda terlihat lebih muda, dibanding dengan orang yang punya kulit normal atau kering. Namun, ketika terlalu banyak, kulit bisa menjadi tersumbat sehingga memicu munculnya jerawat karena terkontaminasi dengan debu dan kotoran. Tidak hanya itu saja, kulit wajah yang terlalu berminyak juga dapat membuat makeup juga mudah luntur. Meski begitu, jenis kulit ini membutuhkan perhatian lebih, karena perlu lebih menjaga kebersihan dibanding jenis kulit lain. Berikut bahan-bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi kulit berminyak :

  1. Madu

Manfaat madu untuk kesehatan kulit memang sangat beragam, termasuk mengurangi minyak di wajah. Hal ini didapat karena kandungan antibakteri dan antiseptik yang dimiliki madu.

Cara menghilangkan minyak di wajah menggunakan madu adalah dengan mengoleskan selapis tipis madu ke wajah. Lebih baik, Anda pilih madu alami yang mentah dan belum diolah dengan tambahan bahan-bahan lain. Setelah dioleskan ke kulit wajah, diamkan madu selama kurang lebih 10 menit hingga mengering. Jika sudah kering, Anda dapat membasuh muka dengan menggunakan air hangat.

  1. Seledri

Biasanya, daun seledri digunakan untuk menambah cita rasa sekaligus mengharumkan aroma masakan. Di balik kegunaannya sebagai bahan pelengkap masakan, daun seledri ternyata juga bermanfaat untuk merawat kulit wajah. Seledri diketahui mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E yang dikenal baik untuk menutrisi sekaligus merawat kulit. Kandungan vitamin C dan E pada daun seledri dipercaya dapat membantu mengurangi minyak berlebih di wajah tanpa membuat kulit jadi kering. selain itu, kandungan vitamin A pada seledri juga dapat merangsang produksi kolagen yang menjadikan kulit wajah jauh lebih kenyal.

Untuk memperoleh manfaat tersebut, cukup ambil tiga batang seledri, kemudian cuci bersih dan iris kecil. Tempatkan pada wadah, lalu tuangkan air mendidih dan tutup dengan kain bersih. Biarkan hingga dingin, kemudian simpan di kulkas. Gunakan air rendaman daun seledri ini untuk membilas wajah sebelum tidur. Lakukan setiap hari agar kulit wajah terbebas dari minyak berlebih.

  1. Gandum

Gandum mengandung saponin sebagai emolien yang baik untuk melembutkan dan berperan sebagai pasokan air untuk setiap sel kulit. Selain itu, bahan alami ini juga mengandung anti-oksidan dan vitamin B yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Untuk perawatan kecantikan kulit, gandum dapat dimanfaatkan sebagai masker untuk mengurangi minyak pada wajah berkat kemampuan menyerap minyak yang dimilikinya. Selain itu, gandum juga kaya akan magnesium, phosphorus, manganese, selenium, dan zinc yang berfungsi untuk menyeimbangkan hormon penyebab jerawat. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, jadikan gandum sebagai masker.

Caranya mudah, hanya dengan mencampur beberapa sendok gandum dengan satu sendok teh madu dan ½ sendok teh air perasan lemon. Kemudian, campur semua bahan hingga tercampur rata. Setelahnya, oleskan secara merata pada seluruh area wajah dengan menghindari kulit sekitar mata dan bibir. Diamkan sekitar 20 menit, setelah itu bilas dengan air hangat. Jika dilakukan secara rutin, produksi minyak pun akan jadi jauh lebih terkontrol.

  1. Bubuk Kayu Cendana

Pasti banyak yang belum tahu jika kayu cendana memiliki banyak manfaat kecantikan. Kayu cendana sudah sejak zaman dahulu dimanfaatkan sebagai bahan alami perawatan kecantikan kulit. Bahan alami ini memiliki sifat antimikroba yang bisa mengatasi beberapa masalah kulit, seperti jerawat dan kulit berminyak. Untuk mendapatkan manfaat kayu cendana, campurkan sedikit bubuk kayu cendana dengan air atau mencampurnya dengan tomat yang sudah dihaluskan. Oleskan secara merata pada wajah selama beberapa menit hingga mengering. Setelah itu, bilas dengan air dingin. Rasakan perubahan yang signifikan pada wajah setelah rutin memakai masker ini.

  1. Kacang Almond

Kacang almond memiliki beberapa kandungan penting yang mendatangkan manfaat bagi tubuh, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Kandungan yang terdapat pada almond, antara lain vitamin A dan vitamin B, anti-oksidan, serta asam folat. Kandungan asam folat pada kacang almond sendiri bermanfaat untuk mengangkat kelebihan minyak pada wajah. Baik dengan dikonsumsi langsung maupun dijadikan sebagai masker wajah, keduanya bisa dilakukan untuk mendapatkan manfaatnya.

  1. Jojoba Oil

Jojoba oil merupakan minyak yang diekstrak dari buah jojoba. Meskipun teksturnya berupa minyak, namun essential oil ini tetap dapat diserap dengan cepat tanpa menyumbat pori-pori kulit. Selain itu, jojoba oil juga bisa menyeimbangkan pH pada kulit sekaligus mengontrol produksi minyak berlebih di kulit wajah. Jika memilih bahan alami ini sebagai solusi untuk mengurangi minyak di wajah, caranya mudah. Pertama, pastikan terlebih dahulu wajah sudah berada dalam keadaan bersih. Kemudian, oleskan jojoba oil secara merata pada wajah, diamkan selama 15 menit. Setelahnya, bilas bilas dengan menggunakan air suam-suam kuku.

  1. Apel

Buah apel mengandung zat anti lemak yang mampu mengangkat seluruh lemak dan kotoran di wajah. Anda harus membuat masker wajah dari apel yang dihaluskan dan ditambah sedikit madu. Kemudian, masukkan masker yang sudah jadi ke dalam lemari pendingin dan biarkan hingga 15 menit. Setelah itu, oleskan masker apel ini pada wajah secara merata. Biarkan hingga 30 menit lalu bilas menggunakan air dingin. Lakukan sekali setiap minggu untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

 

Leave a Reply

You may also like

Resep Ayam Teriyaki, Cocok untuk Berbuka dan Sahur!


Ayam teriyaki adalah resep masakan ayam dengan bumbu…



Benarkah minum teh dapat mengatasi masalah susah tidur? temukan jawabannya disini!


Teh hangat dikenal dapat membuat tidur lebih nyenyak.…



Makanan Sisa dalam Kulkas? Jangan Dibuang!


Pastinya pernah mengalami kelebihan makanan sisa dalam jumlah…



Selain Jeruk, Gunakan 5 Bahan Ini untuk Menghilangkan Bau Amis pada Ikan!


Selain memiliki daging yang sehat dan kaya protein,…



Resep Sup Jagung Telur yang Cocok untuk Cuaca Dingin


Jagung merupakan bahan makanan yang lezat serta bisa…



TIps Membuat Alis


Setuju gak sih kalau alis menjadi salah satu bagian penting untuk lebih percaya diri? Nah, coba tutorial sederhana berikut biar alis tampak cetar dan tetap…



Mengenang Masa Kecil dengan Membuat Permen Gula Asem Pedas


Permen gula asam manis adalah jajanan tradisional jaman…



5 Peralatan Masak Jaman Dahulu yang Hampir Terlupakan


Peralatan masak di dapur adalah salah satu hal…



Tips Dasar Dekorasi Kue Ulang Tahun Homemade


Merayakan ulang tahun merupakan hal yang biasa kita…