Welcome to Hypermart
Sign in    |    Sign up

Bahan-bahan Alami Pengganti Micin

Bagi pecinta kuliner dan masak memasak, tentu sudah nggak asing lagi dengan MSG atau yang sering disebut micin. MSG atau kependekan dari monosodium glutamate adalah penyedap rasa yang biasanya ditambahkan pada makanan. MSG dipercaya dapat membuat masakan jadi lebih nikmat karena memberikan rasa umami. Namun, Micin diketahui bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan tubuh bila dikonsumsi secara berlebihan. Bila terus memakai micin saat memasak juga mengakibatkan dampak kesehatan dalam jangka panjang. Oleh karena itulah Anda harus mengontrol penggunaan micin saat memasak. Untuk menyedapkan makanan, sebenarnya Anda bisa menggunakan penyedap alami. Penyedap alami pengganti micin ini bisa Anda temukan dimana-mana, dan beberapa rempah saat memasak pun bisa dijadikan penyedap alami menggantikan micin. Beberapa makanan berikut ini bisa dijadikan pengganti MSG pada masakan.

  1. Garam
    Garam adalah penyedap alami dan paling efektif menjadikan makanan sedap. Meski demikian, garam membutuhkan bumbu atau rempah-rempah lain untuk mendukung munculnya makanan yang sedap.
  2. Terasi
    Terbuat dari udang rebon, terasi memiliki aroma dan rasa sedapnya sendiri yang berbeda dari micin. Terasi lebih umum digunakan dalam makanan Asia Tenggara. Tambahkan secukupnya jika ingin memberi rasa sedap pada makanan.
  3. Kecap asin
    Kecap asin juga bisa menjadi pengganti garam namun dengan citarasa lebih sedap karena tambahan bahan kedelai.
  4. Bawang
    Bawang, baik itu bawang putih, merah, bombay ataupun varian bawang berupa dedaunan juga sangat baik memberi aroma gurih dan sedap yang alami.
  5. Keju
    Dalam berbagai makanan Barat, keju mungkin menjadi salah satu penyedap alami yang menambah gurih berbagai makanan karena rasanya yang asin dan creamy, seperti pasta, sup dan lain sebagainya.
  6. Saus tiram
    Saus tiram seperti pengganti MSG yang cocok digunakan untuk berbagai sajian tumisan. Saus tiram terbuat dari ekstrak tiram yang gurih, dan lebih umum digunakan untuk makanan Asia.
  7. Kaldu daging, seafood atau sayur
    Kaldu adalah penyedap dan mencipta rasa yang kaya, bisa dibuat dari berbagai bahan makanan, terutama daging. Tapi ada kalanya juga bisa dibuat dari rebusan udang atau sayuran. Pilih saja mana yang dibutuhkan.
  8. Jamur
    Jamur secara alami ternyata memiliki kemampuan menyedapkan masakan, bahkan ada kaldu jamur yang banyak dijual di pasaran. Cukup tambahkan potongan jamur ke dalam masakan untuk menambah kesedapan makanan.
  9. Ikan teri
    Ikan teri memiliki aroma dan rasa guih alami dan biasa digunakan untuk tambahan membuat kaldu sup atau langsung dijadikan tambahan masakan tumisan.
  10. Petis
    Ini adalah salah satu penyedap alami khas Indonesia yang tak bisa diabaikan. Meski mungkin penggunaannya terbatas namun petis yang dibuat dari seafood sangat efektif menambah gurih dan sedapnya makanan.
  11. Rumput Laut

Rumput laut juga memiliki banyak kandungan seperti yodium dan seng. Penggunaan rumput laut ini sendiri bisa dibuat dengan cara direbus menjadi kaldu yang multi fungsi sebagai sup, tambahan saus maupun sebagai tambahan pada tumisan yang tentunya menghasilkan rasa yang umami.

Sekian penyedap makanan alami tanpa MSG yang bisa digunakan untuk berbagai makanan. Tentu masih banyak lagi makanan yang bisa jadi penyedap. Jadi jangan bergantung pada penyedap rasa yang tidak alami ya, Hypermart Lovers!

Leave a Reply

You may also like

5 Tips Membedakan Madu Asli dan Palsu


Madu memang menjadi salah satu bahan minuman alami…



Resep Tomyam Seafood Segar khas Negeri Gajah


Seafood merupakan salah satu makanan yang cukup digemari…



Tips Selalu Sarapan Setiap Hari


Bagaikan peluru¬†pada pistol, begitulah seharusnya sarapan pada kegiatan seharian Hypermart Lovers. Sarapan akan memperlengkapi Hypermart Lovers dengan tenaga dan energi untuk menghadapi hari setelah 'berpuasa'…



Ramadan Tiba! Siapkan Menu Praktis Untuk Sahur Dengan Tips Ini


Bulan puasa segera tiba kurang dari seminggu lagi.…



Bahan-bahan Alami Pengganti Micin


Bagi pecinta kuliner dan masak memasak, tentu sudah…



Makanan Akan Melimpah Saat Lebaran. Bagaimana Cara Agar Tetap Sehat Walau Makan Banyak?


Makanan Akan Melimpah Saat Lebaran. Bagaimana Cara Agar Tetap Sehat Walau Makan Banyak? Hari raya Idul Fitri tinggal menghitung hari saja, moment yang di tunggu-tunggu…



Tips Memilih Ikan Salmon Segar


Ikan Salmon adalah salah satu ikan yang bisa…



Resep Jus Susu Kurma, Minuman Segar Untuk Berbuka Puasa!


Kurma adalah jenis buah yang bisa tumbuh…



Cara Memilih Margarin yang Aman dan Sehat


Margarin adalah salah satu bahan makanan yang disukai…