Welcome to Hypermart
Sign in    |    Sign up

Bahan Pengganti Kecap Asin Agar Masakan Tetap Sedap

Kecap adalah salah satu bahan penyedap masakan yang pada umumnya digunakan pada masakan, terutama makanan asia. Rasa kecap yang gurih dan wangi adalah hasil fermentasi bahan-bahan alami yang akan menciptakan cita rasa masakan yang lezat. Ada beberapa jenis kecap yang ada, yaitu kecap manis, kecap asin, kecap ikan, kecap inggris, kecap jepang, kecap saus tiram dan kecap teriyaki.

Kecap asin adalah sejenis kecap yang rasanya asin. Kecap asin merupakan hasil fermentasi bahan nabati atau hewani berprotein tinggi di dalam larutan garam. Kecap berwarna coklat tua, berbau khas, rasa asin dan dapat mempersedap rasa masakan. Kecap asin terbuat dari kedelai dengan komposisi garam yang lebih banyak, atau bahkan ikan laut.

Kecap asin selain menambah rasa gurih pada setiap masakan tumis, kecap asin juga bermanfaat memberikan aroma sedap dan lezat yang khas. Ada beberapa bumbu dapur pengganti kecap asin yang bisa membuat masakan tumis selalu memiliki rasa lezat dan aroma sedap. Bumbu dapur tersebut antara lain sebagai berikut.

  1. Cuka dan Bawang Putih

Jika tidak ada kecap asin di rumah, cukup gunakan cuka dan bawang putih. Untuk membuat kecap asin menggunakan cuka dan bawang putih membutuhkan waktu minimal 10 jam untuk buat pengganti kecap asin. Sisi baiknya adalah, larutan ini mengandung sedikit sodium. Sehingga, tidak perlu kuatir akan tekanan darah Anda.

Caranya: Siapkan  2 siung irisan bawang putih, 3 sdm bawang merah bubuk, ¾ gelas cuka, dan 3 sdm molase (tetes tebu) hitam. Mulailah dengan panaskan cuka dan irisan bawang putih dalam panci. Kemudian, dinginkan dan masukan dalam wadah kedap udara. Biarkan semalaman (minimal 10 jam). Pagi harinya, saring larutan hingga jernih. Lalu, campur dengan sisa bahan lain. Aduk larutan dan simpan dalam lemari pendingin agar tahan selama 30 hari.

  1. Kecap Inggris

Bumbu dapur kedua sebagai pengganti kecap asin adalah kecap inggris. Bumbu ini tak hanya bisa dimanfaatkan untuk bumbu masakan tumis tetapi juga bisa digunakan untuk bumbu masakan panggang dan bakar. Untuk dapatkan aroma dan rasa yang lebih sedap, tambahkan sedikit lada dan garam ke dalam kecap asin yang hendak dijadikan penyedap masakan. Kecap ini  rasanya asin-gurih dengan aroma yang khas. Karena rasanya yang sedikit mirip, kecap inggris cocok digunakan sebagai pengganti kecap asin.

Caranya : campurkan 8 sendok makan kecap inggris dengan 2 sendok makan air. Aduk hingga larut sempurna. Tambahkan sedikit garam serta merica.

  1. Saus Tiram

Bumbu dapur selanjutnya adalah saus tiram. Saus tiram memiliki rasa gurih dan aroma sedap. Anda cukup menambahkan sedikit saus tiram ke masakan tumis jika ingin mendapatkan masakan yang lebih lezat dan sedap.  Walaupun rasa asinnya berbeda, saus tiram yang ditambah bahan lain bisa terasa mirip kecap asin.

Caranya : Panaskan 8 sendok makan saus tiram dengan 2 sendok makan air, ¼ sendok teh bawang putih bubuk, ¼ sendok teh jahe bubuk, serta garam dan merica secukupnya. Aduk hingga seluruh bumbu larut. Terakhir, matikan kompor dan saring larutan.

  1. Kaldu Sapi Bubuk

Kegurihan kaldu sapi memang tidak perlu diragukan. Namun, agar rasa kaldu sapi bubuk benar-benar mirip dengan kecap asin, Anda perlu mencampurnya dengan cuka apel, molase (tetes tebu), jahe bubuk dan sedikit bawang putih serta lada atau merica.
Pertama, campur 1.5 gelas air dengan 4 sendok makan kaldu sapi bubuk, 4 sendok teh cuka apel, 2 sendok makan molase, ¼ sendok teh jahe bubuk, serta sedikit bawang putih dan merica.

Kemudian, masak campuran tersebut dengan api sedang-besar. Aduk hingga larutan menyusut dan tertinggal hanya 1 cangkir gelas saja. Simpan larutan dalam lemari pendingin dan aduk bila akan digunakan. Kecap asin ini bisa di konsumsi selama 3-4 hari saja.

  1. Kaldu Sayuran Bubuk

Kaldu sayuran bubuk juga bisa menjadi pengganti kecap asin. Kaldu sayuran ini akan memberikan rasa gurih dan aroma sedap ke masakan yang Anda buat. Kaldu sayuran memang tidak segurih kaldu sapi, namun sensasi segar, ringan dan jernih yang diberikan dijamin tidak ada duanya. Alternatif ini sangat cocok bila Anda seorang vegetarian dan ingin masakan yang rendah sodium.  Agar kaldu sayuran memiliki rasa yang mirip dengan kecap asin, Anda perlu mencampurnya dengan air, cuka apel, molase, minyak wijen, garam, jahe bubuk dan merica.

Caranya : Campur 1.5 gelas kaldu sayuran, 1.5 gelas air, 4 sendok makan cuka, 1 sendok makan molase, 1 sendok teh minyak wijen, ¼ jahe bubuk, serta garam dan merica secukupnya.

Lalu, masak campuran tersebut hingga menyusut setengahnya. Aduk terus agar bumbu larut. Terakhir, masukan dalam botol kaca bertutup. Simpan larutan dalam lemari pendingin agar mampu dikonsumsi lama.

 

A post shared by MFB (@hypermart_id) on June 27

Leave a Reply

You may also like

Mengejutkan! Air Cucian Beras Ternyata Banyak Manfaatnya!


Manfaat Air Cucian Beras Air cucian beras biasanya…



Siapa bilang bulan puasa tidak bisa berhemat? temukan tipsnya disini!


Biasanya di bulan puasa pengeluaran rumah tangga semakin membengkak. Pengeluaran kita menjadi jauh lebih tinggi dibandingkan bulan-bulan biasa. Apalagi kalau ada tawaran berbuka puasa di luar…



Lima Makanan Tradisional Teman Perjuangan Saat Melawan Penjajah


Kemerdekaan Indonesia tidak pernah lepas dari sejarah. Salah…



Resep Molten Lava Cake untuk Rayakan Valentine!


Cokelat adalah salah satu jenis makanan favorit anak-anak…



Memutihkan gigi gak perlu mahal! Gunakan bahan-bahan alami ini!


Memiliki gigi putih tentunya akan menambah rasa percaya diri ketika berfoto maupun berbicara pada seseorang. Salah satu cara mendapatkan gigi putih yang jadi tren saat…



Luar Biasa! Kulit buah ternyata banyak manfaatnya! no 3 paling mengejutkan!


1.Apel Ternyata tidak hanya daging buahnya saja yang…



Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan


Kayu manis atau cinnamon adalah salah satu jenis…



Ragam Tradisi Lebaran di Indonesia


Tak terasa momen Hari Raya Idul Fitri tinggal…



Tahun Baru Saka, Makna dan Harapan


Hari Raya Nyepi merupakan acara peringatan Tahun…