Welcome to Hypermart
Sign in    |    Sign up

Berbagai Jenis Buah untuk Jantung Sehat

Mengatur pola makan sehat merupakan kunci utama dalam menjaga kesehatan jantung. Makanan dengan lemak trans, lemak jenuh dan gula yang tinggi sudah pasti harus dihindari demi jantung yang sehat. Asupan makanan yang Anda konsumsi dapat mempengaruhi tekanan darah, peradangan, gula darah, sampai kadar kolesterol. Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Ada banyak jenis buah untuk penyakit jantung yang baik untuk dikonsumsi oleh para penderita gangguan jantung. Namun, tidak hanya bagi penderita penyakit jantung, buah-buahan ini juga diketahui baik dikonsumsi oleh orang dengan jantung yang sehat guna mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Untuk mencegah dan membantu proses pemulihan pasca terkena penyakit jantung, Anda dapat mengkonsumsi beberapa jenis buah untuk penyakit jantung berikut ini:

  1. Pisang

Pisang kaya akan vitamin C, vitamin B6, dan kalium. Kalium merupakan mineral yang memiliki khasiat untuk menurunkan tekanan darah dan melemaskan dinding pembuluh darah. Selain itu, pisang juga memiliki kandungan garam atau natrium yang rendah.

Kombinasi natrium rendah dan kalium tinggi ini dapat membantu mengendalikan tekanan darah agar tetap stabil, sehingga risiko terkena penyakit jantung pun berkurang.

  1. Buah sitrus

Buah sitrus merupakan golongan buah yang terdiri dari jeruk, lemon, jeruk limau, jeruk nipis, dan pomelo. Buah-buahan ini mengandung serat serta antioksidan flavonoid dan vitamin C yang diketahui baik untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Tidak hanya itu, buah sitrus juga baik dikonsumsi untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah agar tidak membentuk plak yang dapat menyumbat pembuluh darah jantung.

  1. Apel

Apel terbukti dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh, sehingga membantu melindungi jantung. Bahkan, mengkonsumsi satu buah apel setiap hari selama satu bulan dipercaya dapat mengurangi risiko terbentuknya sumbatan pada pembuluh darah hingga 40%.

  1. Alpukat

Alpukat memang mengandung lemak. Namun, jenis lemak yang terkandung di dalamnya adalah jenis lemak sehat yang disebut lemak tak jenuh tunggal. Lemak ini bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Tak hanya itu, buah ini juga dapat meningkatkan kadar lemak baik (HDL) dalam tubuh, serta kaya akan antioksidan dan kalium yang bermanfaat bagi kesehatan jantung.

  1. Anggur

Buah anggur merah mengandung senyawa resveratrol yang banyak ditemukan di bagian kulitnya. Senyawa inilah yang memberikan warna merah keunguan pada buah anggur. Resveratrol diketahui memiliki sifat antioksidan yang baik untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah jantung.

Tak hanya itu, anggur juga membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol, serta mengatasi peradangan.

  1. Tomat

Buah berwarna merah ini merupakan sumber antioksidan likopen. Likopen dipercaya bisa membantu menghilangkan lemak jahat, mencegah penyumbatan pada pembuluh darah, hingga mengurangi risiko serangan jantung.

  1. Beri

Buah beri, seperti stroberi, rasberi, dan bluberi, mengandung antioksidan antosianin yang memberi warna merah dan biru. Senyawa tersebut baik untuk jantung karena dipercaya mampu menjaga kelenturan pembuluh darah, menstabilkan tekanan darah, serta mengurangi peradangan.

Karena khasiat tersebut, buah beri dianggap baik untuk pemulihan setelah sakit jantung serta mengurangi risiko munculnya kembali penyakit jantung.

  1. Delima

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi jus delima setiap hari selama 3 bulan secara rutin dapat membantu melancarkan sirkulasi darah ke jantung.

Delima mengandung banyak antioksidan, termasuk antosianin dan polifenol, yang dapat menjaga kelenturan pembuluh darah dan mencegah tekanan darah tinggi.

  1. Aprikot


Buah kecil berwarna oranye ini, mengandung banyak antioksidan, seperti beta karoten, vitamin A, C, dan E. Hebatnya lagi, aprikot juga memiliki flavonoid seperti apel.Flavonoid pada aprikot, datang dalam bentuk asam klorogenat, katekin, dan kuersetin. Komponen inilah yang menetralkan radikal bebas, sehingga penyakit jantung, dapat dihindari.Sama seperti kebanyakan buah, aprikot mengandung banyak air, sehingga tekanan darah dan detak jantung, dapat dikontrol.

Leave a Reply

You may also like

Tradisi Yang Biasa Dilakukan Saat Tahun Baru Imlek


Imlek, atau Tahun Baru Cina, merupakan salah satu…



Resep Jus Susu Kurma, Minuman Segar Untuk Berbuka Puasa!


Kurma adalah jenis buah yang bisa tumbuh…



Makanan Hitam Nan Menggiurkan Yang Ramai Diperbincangkan


Pada awal tahun ini, dunia kuliner digegerkan dengan…



Jangan Dibuang! Ini Manfaat Teh Basi untuk Kesehatan


Teh merupakan salah satu minuman herbal yang banyak…



Resep buka puasa seru Lemon Cheesecake yang mudah banget dibuat


Halo Hypermart Lovers! Berbuka puasa identik dengan yang manis-manis, mulai dari minuman hingga makanan. Tentunya juga acara berbuka puasa terasa tidak lengkap jika tidak ditemani…



Serupa Tapi Tak ama, Inilah Perbedaan Antara Pancake dan Waffle


Waffle dan pancake merupakan salah satu makanan…



Cara Menghilangkan Lemak Membandel dari Peralatan Masak Saat Lebaran!


Hari Raya Idul Fitri merupakan momen penting berkumpul…



Resep Spagetti Brulee Viral


Salah satu jenis pasta yang populer dan banyak…



Resep Mango Sago Khas Hongkong


Selain ada Buko Pandan dari Negara Thailand yang…