Welcome to Hypermart
Sign in    |    Sign up

Cara Jitu Membujuk Anak Susah Makan

Kurang nafsu makan pada anak maupun orang dewasa dapat disebabkan oleh berbagai hal, antara lain adalah stres, tegang, efek samping obat, rasa dan tampilan makanan yang tidak menarik, atau adanya kondisi medis tertentu. Cara mengatasinya, tentu harus disesuaikan dengan penyebabnya. Umumnya, masalah susah makan pada si kecil terjadi saat ia memasuki fase balita. Setelah sepenuhnya lepas dari ASI dan mulai rutin mengkonsumsi makanan padat, ia pun semakin kenal dengan beragam jenis rasa makanan maupun minuman. 

Pada tahapan ini, si kecil mulai mengembangkan preferensi terhadap makanan, yakni mampu memilih makanan yang lebih ia sukai dan yang tidak terlalu ia sukai. Banyak anak yang mengalami susah makan di usia tersebut. Jika anak susah makan, sebagian besar orang tua pasti cemas. Namun, jangan keburu panik dulu, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan nafsu makan anak. Simak Cara membujuk anak susah makan yag ampuh disini :

  1. Jangan Memaksa

Ketika si kecil tidak mau makan, Anda tidak merasa sabaran dan akhirnya memaksanya untuk makan. Padahal, cara memaksa tak akan membuat nafsu makan anak bertambah, justru sebaliknya. Anak akan semakin menghindar dan malas untuk makan. Jadi, lakukan cara lain untuk membuatnya mau makan.

  1. Variasikan Menu

Umumnya anak memiliki sifat cepat bosan, termasuk dalam hal makanan. Karena itu, salah satu cara mengatasi anak yang susah makan adalah harus lebih kreatif lagi dalam menyajikan menu untuk si kecil. Variasikan menu makanan yang dihidangkan, antara lain dengan mengkombinasikan rasa gurih dan manis pada lauk maupun hidangan sayur.

Anda juga bisa merekayasa tampilan makanan yang dihidangkan. Anak mudah sekali tertarik pada sesuatu yang terlihat berwarna-warni atau bentuk yang ia kenali. Si kecil akan menganggap makan sebagai aktivitas menyenangkan. Ia akan menanti makanan seperti apa yang akan dihidangkan oleh Anda.

  1. Praktikkan pola makan teratur

Terapkan jadwal makan yang rutin pada anak sejak ia kecil. Hal ini akan menolong Anda ketika anak susah makan. Dengan begitu, ia sudah terbiasa untuk makan pada waktu yang sama dan rutin. Membuat jadwal makan yang rutin juga akan berdampak baik untuk pola makannya ketika ia beranjak dewasa.

  1. Berikan camilan sehat

Takut si kecil makan terlalu sedikit? Anda bisa mengakalinya dengan memberikan si kecil berbagai camilan sehat nan lezat. Tentunya, agar Anda tahu camilan itu sehat atau tidak, lebih baik Anda buat sendiri di rumah. Misalnya, membuat puding buah atau es yang berbahan dasar buah. Jadi, Anda tahu kandungan dari camilan si kecil dan sudah pasti bersih.

  1. Sajikan dalam porsi yang kecil namun sering

Jika memang si kecil susah makan, jangan memberikannya makanan dengan porsi yang besar. Alih-alih memberi porsi makan yang besar, sebaiknya makan sedikit-sedikit saja tapi sering.

Hal ini juga bisa diterapkan jika si kecil merasa cepat bosan dengan makanannya. Berikan ia porsi makan yang kecil, kemudian dua hingga tiga jam berikutnya kasih ia makanan dengan menu baru.

  1. Jangan memberi minum terlalu banyak

Biasanya, anak suka minum terlalu banyak ketika makan. Hal ini hanya akan membuatnya cepat kembung dan akhirnya menolak untuk menghabiskan makanannya. Jadi, beritahu mereka agar jangan minum terlalu banyak saat makan.

Anda bisa membatasi air minum saat ia makan, misalnya satu gelas saja untuk satu kali makan. Setelah selesai makan, baru berikan anak minum tambahan. Jangan juga berikan anak minuman yang memiliki rasa manis, karena membuat ia semakin kembung.

  1. Ajak anak untuk menyiapkan menu makanannya

Anda bisa mengajaknya untuk menyiapkan menu sarapan atau bekalnya. Berikan si kecil tugas yang mudah, misalnya menyiapkan beberapa bahan makanan atau sekadar menghias makanan. Biasanya, anak akan lebih tertarik untuk makan jika ia ikut serta dalam menyiapkan makanannya tersebut.

  1. Sediakan alat makan khusus

Cara mengatasi anak susah makan nasi tak harus selalu berpatokan pada jenis makanannya. Anda juga dapat berusaha membangun suasana makan yang menyenangkan. Salah satunya dengan memberi si kecil alat makan khusus miliknya. 

Ajak si kecil memilih sendiri peralatan makannya sehari-hari, mulai dari sendok, garpu, piring, mangkok, hingga gelas. Dengan memiliki alat makan bergambar karakter favorit atau berwarna cerah sesuai kesukaannya, si kecil bisa menjadi lebih bersemangat menyambut momen makan.

Itulah beberapa cara-cara jitu membujuk makan anak yang terbilang sangat aman dan ampuh. Lakukan cara dan juga tips yang sudah disebutkan di atas sekarang juga agar anak tidak sudah untuk diajak makan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

You may also like

Resep dan Tips Membuat Bakso Ikan Kenyal dan Lembut


Banyak yang mengira jika bakso adalah makanan…



Resep Roti Panggang


Belum memiliki ide dan Anda penggemar roti panggang untuk sarapan? Ingin coba sensasi lain dengan roti panggang tanpa mengindahkan kesehatan Anda? Coba resep sederhana ini…



Arti Perlombaan pada 17 Agustus


Sesaat setelah masuk bulan Agustus sepertinya ada hal…



Resep Choco Moist Praktis Tanpa Oven Untuk Valentine


Valentine menjadi satu hari yang spesial bagi pasangan…



Tips Merawat Peralatan Elektronik Di Rumah


Berbagai kemudahan teknologi elektronik tentunya mempermudah perawatan…



Cara Mengolah Daging Kambing Agar Empuk dan Tidak Bau


Saat Idul Adha tiba, biasanya kulkas di rumah…



Resep Dori Salted Egg


Akhir-akhir ini, makanan dengan sajian salted egg atau…



Tips dan Trik Menjadi Traveler Pemula


Traveling berkeliling ke tempat-tempat wisata di tanah air…



Resep Salmon Mentai Rice, Hidangan Hits Masa Kini!


Ikan salmon merupakan salah satu sumber protein hewani…