Welcome to Hypermart
Sign in    |    Sign up

Cara Memilih Margarin yang Aman dan Sehat

Margarin adalah salah satu bahan makanan yang disukai oleh hampir semua orang. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa bahkan orang tua sangat suka dengan bahan makanan yang satu ini. Margarin bisa membuat masakan terasa lebih gurih dan menggugah selera. Margarin juga bisa membuat aroma masakan lebih harum jika dibandingkan dengan tanpa margarin.

Margarin dikembangkan sebagai pengganti mentega, terbuat dari minyak nabati seperti minyak canola, minyak  sawit, dan minyak kedelai. Dalam proses pembuatan margarin, ditambahkan juga garam dan bahan-bahan lain seperti maltodekstrin, lesitin kedelai dan mono atau digliserida sehingga teksturnya lebih padat dan tidak cepat meleleh dibandingkan mentega. Margarin biasa digunakan untuk membuat kue basah, bahkan tak jarang digunakan untuk menggoreng ataupun menumis masakan.

Agar mendapatkan manfaat margarin secara baik, penting bagi kita untuk memilih margarin yang aman dan sehat. Pastikan untuk memilih margarin yang aman secara teliti. Jangan sampai margarin yang seharusnya membuat masakan terasa lebih lezat justru berbahaya bagi kesehatan karena kualitas margarin yang buruk. Berikut ini cara memilih margarin yang aman dan sehat untuk dikonsumsi :

  1. Perhatikan Kemasan

Pastikan untuk memperhatikan kemasan margarin. Pilih margarin yang memiliki kemasan tertutup rapat dan berkualitas baik. Margarin yang masih dikemas dengan baik akan memiliki kualitas yang baik pula. Hindari memilih margarin dengan kemasan rusak, robek, bolong, penyok dan sejenisnya.

  1. Perhatikan Warna, Tekstur dan Aroma

Perhatikan juga warna, tekstur dan aroma margarin. Pilih margarin dengan warna, tekstur dan aroma yang sesuai dengan jenisnya. Apakah itu margarin warna kuning cerah, kuning pucat, beraroma gurih, buah-buahan atau lainnya, memiliki tekstur yang lembut atau sebaliknya. Jika margarin mengalami perubahan warna, tekstur dan aroma, sebaiknya hindari margarin ini.

  1. Tidak Berjamur

Salah satu ciri margarin yang baik adalah tidak berjamur. Margarin yang masih layak digunakan juga tidak berjamur. Biasanya penyebab margarin berjamur umumnya karena cara pemakaiannya yang sembarangan.

Agar margarin yang disimpan di rumah tetap memiliki kualitas aman dan sehat, setiap membeli margarin cobalah untuk membeli margarin sesuai kebutuhan. Hindari membeli margarin dalam jumlah berlebihan karena semakin lama margarin dibuka dari kemasannya, semakin akan menurun kualitasnya.

Sebaiknya simpan margarin di tempat yang kering dan bersih. Jauhkan margarin dari bahan masakan lain terutama bahan makanan yang memiliki bau menyengat. Jika ingin menyimpan margarin dalam waktu lama, sebaiknya margarin disimpan di lemari es.

Leave a Reply

You may also like

Benarkah minum teh dapat mengatasi masalah susah tidur? temukan jawabannya disini!


Teh hangat dikenal dapat membuat tidur lebih nyenyak.…



Tips Memilih Ikan Salmon Segar


Ikan Salmon adalah salah satu ikan yang bisa…



Resep Sambel Goreng Krecek


Krecek adalah kulit sapi yang dikeringkan dan dapat…



5 Bahan Makanan yang Wajib Tersedia di Dapur


5 Bahan Makanan yang Wajib Tersedia di Dapur Hypermart Lovers pernah mengalami keadaan darurat di dapur dimana tidak ada bahan makanan sehat yang tersedia? Keadaan…



Cara Menghilangkan Lemak Membandel dari Peralatan Masak Saat Lebaran!


Hari Raya Idul Fitri merupakan momen penting berkumpul…



Ternyata 3 Jenis Ikan Bermanfaat Untuk Si Kecil


Bunda pastinya ingin memberikan gizi terbaik untuk buah…



Digital Mom


Digital Mom' menghabiskan cukup banyak waktu menjelajahi internet untuk belanja maupun mencari tahu berbagai hal penting dan menarik untuk anak dan keluarganya. Tidak hanya mengenai…



Resep Jajanan Jongkong Surabaya


Jongkong Surabaya adalah jajanan manis basah tradisional yang…



Cara Ngabuburit yang Asik dan Seru Selama Bulan Ramadan


Banyak sekali aktivitas ngabuburit yang asik dan…