Welcome to Hypermart
Sign in    |    Sign up

Cara Memilih Margarin yang Aman dan Sehat

Margarin adalah salah satu bahan makanan yang disukai oleh hampir semua orang. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa bahkan orang tua sangat suka dengan bahan makanan yang satu ini. Margarin bisa membuat masakan terasa lebih gurih dan menggugah selera. Margarin juga bisa membuat aroma masakan lebih harum jika dibandingkan dengan tanpa margarin.

Margarin dikembangkan sebagai pengganti mentega, terbuat dari minyak nabati seperti minyak canola, minyak  sawit, dan minyak kedelai. Dalam proses pembuatan margarin, ditambahkan juga garam dan bahan-bahan lain seperti maltodekstrin, lesitin kedelai dan mono atau digliserida sehingga teksturnya lebih padat dan tidak cepat meleleh dibandingkan mentega. Margarin biasa digunakan untuk membuat kue basah, bahkan tak jarang digunakan untuk menggoreng ataupun menumis masakan.

Agar mendapatkan manfaat margarin secara baik, penting bagi kita untuk memilih margarin yang aman dan sehat. Pastikan untuk memilih margarin yang aman secara teliti. Jangan sampai margarin yang seharusnya membuat masakan terasa lebih lezat justru berbahaya bagi kesehatan karena kualitas margarin yang buruk. Berikut ini cara memilih margarin yang aman dan sehat untuk dikonsumsi :

  1. Perhatikan Kemasan

Pastikan untuk memperhatikan kemasan margarin. Pilih margarin yang memiliki kemasan tertutup rapat dan berkualitas baik. Margarin yang masih dikemas dengan baik akan memiliki kualitas yang baik pula. Hindari memilih margarin dengan kemasan rusak, robek, bolong, penyok dan sejenisnya.

  1. Perhatikan Warna, Tekstur dan Aroma

Perhatikan juga warna, tekstur dan aroma margarin. Pilih margarin dengan warna, tekstur dan aroma yang sesuai dengan jenisnya. Apakah itu margarin warna kuning cerah, kuning pucat, beraroma gurih, buah-buahan atau lainnya, memiliki tekstur yang lembut atau sebaliknya. Jika margarin mengalami perubahan warna, tekstur dan aroma, sebaiknya hindari margarin ini.

  1. Tidak Berjamur

Salah satu ciri margarin yang baik adalah tidak berjamur. Margarin yang masih layak digunakan juga tidak berjamur. Biasanya penyebab margarin berjamur umumnya karena cara pemakaiannya yang sembarangan.

Agar margarin yang disimpan di rumah tetap memiliki kualitas aman dan sehat, setiap membeli margarin cobalah untuk membeli margarin sesuai kebutuhan. Hindari membeli margarin dalam jumlah berlebihan karena semakin lama margarin dibuka dari kemasannya, semakin akan menurun kualitasnya.

Sebaiknya simpan margarin di tempat yang kering dan bersih. Jauhkan margarin dari bahan masakan lain terutama bahan makanan yang memiliki bau menyengat. Jika ingin menyimpan margarin dalam waktu lama, sebaiknya margarin disimpan di lemari es.

Leave a Reply

You may also like

Fakta Unik Tentang Bayi Baru Lahir


Di balik tubuh mungil, wajah menggemaskan, dan kulitnya…



Makanan Akan Melimpah Saat Lebaran. Bagaimana Cara Agar Tetap Sehat Walau Makan Banyak?


Makanan Akan Melimpah Saat Lebaran. Bagaimana Cara Agar Tetap Sehat Walau Makan Banyak? Hari raya Idul Fitri tinggal menghitung hari saja, moment yang di tunggu-tunggu…



Resep Ngohiong Khas Imlek


Malam tahun baru Cina atau malam Imlek adalah…



Selain Jeruk, Gunakan 5 Bahan Ini untuk Menghilangkan Bau Amis pada Ikan!


Selain memiliki daging yang sehat dan kaya protein,…



Cara Menghilangkan Lemak Membandel dari Peralatan Masak Saat Lebaran!


Hari Raya Idul Fitri merupakan momen penting berkumpul…



Mengejutkan! Air Cucian Beras Ternyata Banyak Manfaatnya!


Manfaat Air Cucian Beras Air cucian beras biasanya…



Siapa bilang bulan puasa tidak bisa berhemat? temukan tipsnya disini!


Biasanya di bulan puasa pengeluaran rumah tangga semakin membengkak.¬†Pengeluaran kita menjadi jauh lebih tinggi dibandingkan bulan-bulan biasa. Apalagi kalau ada tawaran berbuka puasa di luar…



Resep Pindang Serani Khas Jepara


Makanan Indonesia memang terkenal memiliki banyak ragam dan…



Tradisi Menyambut Tahun Baru di Berbagai Negara


Tahun baru sepertinya telah menjadi suatu fenomena yang…