Welcome to Hypermart
Sign in    |    Sign up

Cara Menghilangkan Lemak Membandel dari Peralatan Masak Saat Lebaran!

Hari Raya Idul Fitri merupakan momen penting berkumpul bersama keluarga tercinta. Momen Idul Fitri biasanya dilakukan dengan berkumpul dan memakan makanan khas lebaran bersama-sama. Ciri khas makanan lebaran seperti rendang, opor dan sambal goreng ati biasanya dipenuhi dengan lemak-lemak membandel yang bisa menempel di peralatan masak seperti panci, wajan, dan bahkan peralatan makan bisa jadi kotoran yang sulit dibersihkan. Agar masalah ini bisa diatasi, Anda coba langkah-langkah mencuci peralatan masak berikut ini.

  1. Rendam Peralatan Masak

Saat ada kotoran yang sulit dibersihkan, sebagian orang cenderung menyikatnya sekuat tenaga dengan spons. Namun gosokan yang terlalu keras justru bisa membuat peralatan masak Anda lecet. Daripada membuang tenaga untuk sesuatu yang tidak ada hasilnya, lebih baik lakukan trik sederhana ini. Siapkan wadah air yang besar (baskom, ember, atau bak plastik, sesuai dengan ukuran peralatan yang akan dicuci). Isi dengan air hangat dan campurkan 1sdt sabun pencuci piring. Anda bisa menggunakan lebih banyak jika wadah air Anda besar, kocok air sabun tersebut dengan tangan dan rendam peralatan yang akan dicuci selama 5-10 menit. Setelah diangkat, kotoran akan lebih mudah terangkat. Anda cukup mencucinya dengan spons seperti biasa dan tidak perlu digosok terlalu keras. Bilas hingga bersih.

  1. Gunakan Spons yang tepat

Ada beberapa jenis spons pencuci piring yang biasa Anda temui. Gunakan dengan tepat sesuai dengan fungsinya. Beberapa jenis spons yang umum digunakan untuk mencuci piring dan peralatan dapur adalah spons selulosa, spons abrasif, dan spons nylon. Spons selulosa adalah spons warna-warni yang mudah ditemukan, spons ini memiliki daya serap tinggi dan tahan lama. Spons abrasif terbuat dari material kasar dan umum digunakan untuk membersihkan panci dan wajan. Sedangkan spons nilon digunakan untuk peralatan masak yang dilapisi teflon sehingga dapat membersihkan tanpa menggores perabot.

  1. Air Hangat

Air hangat ternyata memiliki fungsi yang lebih, yaitu bisa digunakan untuk membersihkan alat masak anti lengket. Dengan bantuan air hangat, maka urusan membersihkan alat masak akan semakin mudah untuk Anda lakukan. Terkait dengan cara membersihkannya juga cukup mudah. Letakkan alat masak Anda di wastafel yang sebelumnya sudah Anda beri air hangat dan juga cairan pencuci piring. Namun, jika ternyata tidak muat di wastafel, maka Anda bisa memanfaatkan baskom atau ember besar untuk merendam alat masak Anda. Manfaatkan air hangat untuk membersihkan lemak yang membandel tanpa merusak lapisan alat masak.

  1. Lemon dan cuka

Sifat asam lemon ampuh untuk menyingkirkan lemak dan noda minyak pada peralatan dapur. Setelah piring, wajan, dan sendok dicuci dengan air dan sabun, tuangkan cuka dan air lemon dengan perbandingan yang sama.

Aplikasikan campuran ini pada peralatan makan dan dapur. Diamkan selama 5 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Campuran lemon dan cuka tadi juga bisa menyingkirkan bau bumbu dan rempah yang tertinggal pada peralatan memasak.

  1. Baking Soda

Baking soda juga bisa digunakan untuk membersihkan lemak dan kotoran membandel. Campurkan 1 sdm baking soda ke dalam campuran air pencuci piring, gosokan pada peralatan yang berminyak atau berlemak. Bilas hingga bersih sebelum mencucinya dengan sabun pencuci piring.

  1. Air Dingin

Walaupun merendam perabot dengan air sabun hangat dianjurkan, namun khusus untuk membilas es krim atau mentega , bilaslah dulu dengan air dingin sebelum direndam dengan air panas. Cara ini lebih efektif untuk mengangkat kotoran dan menghilangkan licin.

Leave a Reply

You may also like

Memutihkan gigi gak perlu mahal! Gunakan bahan-bahan alami ini!


Memiliki gigi putih tentunya akan menambah rasa percaya diri ketika berfoto maupun berbicara pada seseorang. Salah satu cara mendapatkan gigi putih yang jadi tren saat…



BACK TO SCHOOL! 5 Tips Agar Anak Semangat Masuk Sekolah


Liburan sekolah merupakan waktu yang paling menyenangkan bagi…



Ini Hal yang Perlu Diketahui Ketika Menyiapkan Perlengkapan Bayi!


Menyiapkan perlengkapan untuk calon buah hati merupakan hal…



Resep Pindang Serani Khas Jepara


Makanan Indonesia memang terkenal memiliki banyak ragam dan…



Lima Makanan Tradisional Teman Perjuangan Saat Melawan Penjajah


Kemerdekaan Indonesia tidak pernah lepas dari sejarah. Salah…



Alternatif Kegiatan Liburan Akhir Tahun


Penghujung tahun 2018 segera tiba, sudah waktunya Anda…



8 Makanan Khas Imlek dan Maknanya


Tak terasa perayaan Tahun Baru Imlek akan segera…



Resep Burritos Ayam dengan Saus Guacamole


Burrito atau taco de harina merupakan salah satu…



9 Mitos dan Fakta Tahun Baru Imlek


Sejak tahun 2003, hari raya Imlek telah menjadi…