Welcome to Hypermart
Sign in    |    Sign up

Cara Ngabuburit yang Asik dan Seru Selama Bulan Ramadan

Banyak sekali aktivitas ngabuburit yang asik dan seru untuk mengisi waktu senggang Anda yang tentunya akan membuat puasa Anda menjadi tidak terasa.  Arti kata ngabuburit adalah kegiatan untuk menunggu tibanya waktu sore. Istilah ngabuburit biasanya akan sering terdengar di bulan ramadan atau menjelang bulan puasa. Biasanya pada bulan ramadan ngabuburit dilakukan pada waktu sore hari sambil menunggu waktu berbuka puasa. Tidak heran bahwa banyak orang sangat menanti-nantikan waktu berbuka puasa setelah seharian mereka berpuasa menahan lapar dan haus. Untuk itu saat menjelang waktu berbuka mereka akan sangat berantusias dan mengisinya dengan berbagai kegiatan menarik. Lalu saat ngabuburit, aktivitas apa yang sering Anda lakukan? Ada banyak hal-hal bisa Anda lakukan di saat-saat ngabuburit. Tentunya, kegiatan – kegiatan itu selain mengalihkan rasa lapar dan haus, Anda juga mungkin akan mendapatkan pahala di bulan suci ini.

  1. Memasak untuk Berbuka Puasa

Memasak merupakan hal yang asik untuk dilakukan para ibu dan para wanita yang sedang menunggu suami, atau anaknya pulang ke rumah. Hal ini selain bisa mengasah ketrampilan memasak Anda, sekaligus juga membuat waktu terasa cepat berlalu karena Anda menyukai kegiatan memasak masakan spesial untuk keluarga di rumah. Tentu hal ini sangat menarik untuk dilakukan, terlebih jika Anda mengajak beberapa teman untuk mencoba memasak bersama Anda pastilah waktu akan cepat berlalu dan tanpa Anda sadari waktu berbuka telah tiba.

  1. Berburu Takjil

Berburu Takjil merupakan cara asik dan seru selanjutnya. Tidak harus menu berbuka puasa semuanya di siapin oleh orang tua, sesekali Anda bisa luangkan waktu Anda untuk berburu takjil sendiri untuk berbuka puasa beberapa jam sebelum maghrib.

Biasanya selama bulan ramadan, hidangan khas puasa seperti kolak pisang atau kurma menjamur dimana-mana. Anda bahkan bisa dengan mudah menemuinya di daerah komplek rumah atau sekitar perkantoran. Banyaknya pilihan takjil pada akhirnya membuat waktu Anda jadi terasa lebih cepat berlalu.

  1. Mengikuti kegiatan sosial

Sama halnya berburu takjil. Anda bisa mengikuti kegiatan sosial agar ngabuburit Anda terasa lebih seru dan bermakna. Tidak mesti jauh-jauh, Anda bisa membagikan takjil gratis sesaat menjelang waktu berbuka puasa. Tidak hanya waktu Anda yang terasa lebih cepat berlalu, Anda juga akan mendapat pahala yang besar di bulan yang penuh berkah ini.

  1. Berbelanja atau Shopping

Berbelanja bisa menjadi cara ngabuburit paling asik selama di bulan ramadhan. Apalagi menjelang hari raya idul fitri. Pastinya berburu baju baru adalah hal yang wajib dilakukan. Tapi perlu diingat bahwa Anda tidak boleh menghabiskan uang dalam sekejap mata tetapi Anda juga harus memikirkan untuk berbelanja apa yang Anda butuhkan dan bukan hanya ingin memenuhi hasrat keinginan saja.

  1. Hunting foto

Kalau Anda orang yang suka berfoto-foto atau Anda memang basic-nya hobi fotografi, momen ngabuburit di bulan puasa adalah momen yang pas untuk Anda abadikan. Sambil menunggu buka puasa tiba, Anda bisa menyalurkan hobimu dengan mengabadikan momen-momen unik khas Ramadan kemudian hasilnya bisa kamu bagikan di sosial media Anda.

  1. Membaca

Membaca adalah salah satu cara paling ampuh buat ngabuburit di bulan puasa. Kegiatan ngabuburit seru ini cocok dilakukan jika Anda sedang lagi tidak ingin keluar rumah dan tak ingin jauh-jauh dari tempat tidur. Anda bisa membaca buku kesukaan seperti novel, komik, atau Anda juga bisa membaca artikel-artikel maupun manga di Internet.

  1. Dagang

Sembari menunggu waktu berbuka puasa, lebih baik isi waktu ngabuburit Anda buat nambahin uang jajan. Anda bisa ajak saudara atau teman-teman untuk jualan atau membuka gerai menu buka puasa, seperti kolak, cendol, es buah atau apapun yang penting halal. Tidak usah takut bakalan rugi atau nggak laku, karena yang namanya rejeki tidak akan kemana. Dan kegiatan berdagang ini juga bisa dilakukan saat ngabuburit.

  1. Mengadakan Bukber

Agar puasa Anda di bulan ramadhan kali ini semakin bermakna, Anda bisa ngadain acara buka bersama dengan keluarga atau teman dan sahabat. Ngabuburit sekaligus buka puasa bersama adalah kegiatan yang paling sering Anda lakukan di bulan ramadhan. Semakin ramai orang yang datang di acara bukber maka semakin seru dan asik juga ngabuburit Anda.

Leave a Reply

You may also like

5 Tips Membedakan Madu Asli dan Palsu


Madu memang menjadi salah satu bahan minuman alami…



Tips Memilih Ikan Salmon Segar


Ikan Salmon adalah salah satu ikan yang bisa…



Tradisi Menyambut Tahun Baru di Berbagai Negara


Tahun baru sepertinya telah menjadi suatu fenomena yang…



5 Bahan Makanan yang Wajib Tersedia di Dapur


5 Bahan Makanan yang Wajib Tersedia di Dapur Hypermart Lovers pernah mengalami keadaan darurat di dapur dimana tidak ada bahan makanan sehat yang tersedia? Keadaan…



Resep Burritos Ayam dengan Saus Guacamole


Burrito atau taco de harina merupakan salah satu…



Resep Pindang Serani Khas Jepara


Makanan Indonesia memang terkenal memiliki banyak ragam dan…



Resep Spaghetti Tuna Sambal Matah


Makanan olahan asal Italia ini sangat populer di…



Tips Agar Kentang Tidak Mudah Menghitam Setelah Dikupas


Kentang adalah salah satu sumber karbohidrat baik untuk…



Cara Ngabuburit yang Asik dan Seru Selama Bulan Ramadan


Banyak sekali aktivitas ngabuburit yang asik dan…