Welcome to Hypermart
Sign in    |    Sign up

Cara Tepat Agar Anak Gampang Makan

Disaat anak susah makan saat disuapi makanan atau hanya mau satu jenis makanan selama berhari-hari, mungkin bukan masalah baru bagi orang tua. Umumnya, anak susah makan dimulai setelah mereka menginjak usia satu tahun. Pada saat itu, pertumbuhan anak melambat jika dibandingkan masa sebelumnya. Hal ini juga menurunkan selera makannya. Sehingga sering kali yang tampak adalah anak makan lebih sedikit.

Banyak anak yang mengalami susah makan di usia tersebut. Jika anak susah makan, sebagian besar orang tua pasti akan cemas. Simak tips-tips ini untuk mengatasi makan pada anak :

  1. Jangan dipaksa

Cara mengatasi anak susah makan dengan memaksa mungkin banyak dicoba orang tua. Namun, pada kenyataannya upaya tersebut terbukti tidak efektif. Saat si kecil menolak menyantap makanan yang ditawarkan, cobalah bersikap tenang dan tidak memaksanya. Tanyakan kenapa ia tidak mau makan, lalu coba tawarkan alternatif lain. Memaksa si kecil makan makanan yang tidak ia sukai hanya akan meninggalkan kesan buruk tentang makanan di benaknya.

  1. Variasikan Menu Makanan

Umumnya anak memiliki sifat cepat bosan, termasuk dalam hal makanan. Karena itu, salah satu cara mengatasi anak yang susah makan adalah Anda harus lebih kreatif lagi dalam menyajikan menu untuk si kecil. Variasikan menu makanan yang di hidangkan, antara lain dengan mengkombinasikan rasa gurih dan manis pada lauk maupun hidangan sayur.

Anda juga bisa merekayasa tampilan makanan yang dihidangkan. Anak mudah sekali tertarik pada sesuatu yang terlihat berwarna-warni atau bentuk yang ia kenali. Anda bisa menata nasi dalam bentuk hewan atau memotong wortel dalam bentuk bintang. Si kecil akan menganggap makan sebagai aktivitas menyenangkan. Ia akan menanti makanan seperti apa yang akan dihidangkan oleh Anda.

  1. Buat jadwal pola makan

Bentuk pola makan teratur sebagai salah satu cara mengatasi anak susah makan. Sajikan makanan dan camilan pada waktu yang sama setiap hari. Meski sesekali si kecil menolak menyantap makanan atau camilan yang Anda sajikan, ia akan mengerti bahwa setiap hari, pada waktu tertentu, pasti tersedia makanan di meja makan. Dengan begitu, ia akan bilang pada saat lapar dan ingin makan.

  1. Makan lebih sering dalam sehari

Tak perlu terpaku menyajikan makanan dalam porsi lengkap yang terdiri atas nasi, lauk, dan sayur, yang terpenting si kecil sudah makan lebih sering dalam sehari. Anak biasanya memiliki selera makan yang berbeda dengan kita. Di antara pilihan makanan yang tersedia, tanyakan apakah ia ingin memakannya berbarengan atau satu per satu.

Anda juga bisa menghidangkan lauk atau sayuran saja dalam porsi kecil. Melihat piring makannya tidak penuh terisi makanan, bisa saja membuat si kecil menjadi lahap menghabiskan makanannya. Bila sudah habis, Anda dapat menawarkan menu lainnya.

  1. Jangan biarkan si kecil minum terlalu banyak ketika makan

Biasanya, anak suka minum terlalu banyak ketika makan. Hal ini hanya akan membuatnya cepat kembung dan akhirnya menolak untuk menghabiskan makanannya. Jadi, beritahu si kecil agar jangan minum terlalu banyak saat makan.

Anda bisa membatasi air minum saat ia makan, misalnya satu gelas untuk satu kali makan. Setelah selesai makan, baru berikan anak minum tambahan. Jangan berikan anak minuman yang memiliki rasa manis, karena membuat ia semakin kembung.

  1. Ajak anak untuk menyiapkan menu makanannya

Bermain sambil memasak dan mengajaknya untuk menyiapkan menu sarapan atau bekalnya merupakan hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk menambah daya tarik agar si kecil mau menyantap bekalnya. Berikan ia tugas yang mudah, misalnya menyiapkan beberapa bahan makanan atau sekadar menghias makanan. Biasanya, anak akan lebih tertarik untuk makan jika ia ikut serta dalam menyiapkan makanannya tersebut.

  1. Sediakan alat makan khusus

Cara mengatasi anak susah makan tidak harus selalu berpatokan pada jenis makanannya. Anda juga dapat berusaha membangun suasana makan yang menyenangkan. Salah satunya dengan memberi si kecil alat makan khusus miliknya. Ajak si kecil memilih sendiri peralatan makannya sehari-hari, mulai dari sendok, garpu, piring, mangkuk, hingga gelas. Dengan memiliki alat makan bergambar karakter favorit atau berwarna cerah sesuai kesukaannya, si kecil bisa menjadi lebih bersemangat menyambut momen makan.

Leave a Reply

You may also like

Makanan Akan Melimpah Saat Lebaran. Bagaimana Cara Agar Tetap Sehat Walau Makan Banyak?


Makanan Akan Melimpah Saat Lebaran. Bagaimana Cara Agar Tetap Sehat Walau Makan Banyak? Hari raya Idul Fitri tinggal menghitung hari saja, moment yang di tunggu-tunggu…



7 Tips Praktis Menghilangkan Bau Kulkas


Kulkas memang sering dipakai dan menyimpan banyak makanan,…



Ternyata air cucian beras masih ada manfaatnya! untuk apa saja?


Apa yang Anda lakukan dengan air cucian beras?…



BACK TO SCHOOL! 5 Tips Agar Anak Semangat Masuk Sekolah


Liburan sekolah merupakan waktu yang paling menyenangkan bagi…



Resep Cumi Bakar Madu


Menu seafood yang satu ini merupakan salah satu…



Fakta Unik Tentang Bayi Baru Lahir


Di balik tubuh mungil, wajah menggemaskan, dan kulitnya…



Luar biasa! Dengan Cara Ini, Noda Bandel di Pakaian Hilang dalam Sekejap!


1. Bekas Keringat (Gunakan Air Lemon) Padatnya…



Tips Menyimpan Beras Awet dan Bebas Kutu


Dalam hal urusan dapur, biasanya banyak orang yang…



Food Truck Makanan Gratis saat Asian Games


Hypermart Lovers! Asian Games 2018 tinggal hitungan hari…



Cara Tepat Agar Anak Gampang Makan

Teh hangat dikenal dapat membuat tidur lebih nyenyak. Namun hal ini masih menjadi perdebatan, karena banyak juga yang tidak merasakan pengaruh dari minum teh bagi masalah susah tidur. Tiap kandungan daun teh mengandung kafein, kandungan kafein adalah zat stimulan yang bisa ditemukan dalam banyak produk makanan atau minuman, contohnya ada pada kopi. Kafein berfungsi untuk menstimulasi (merangsang) tubuh agar tetap awas dan terjaga, tidak ngantuk. Teh hijau, teh hitam, atau teh berwarna putih mengandung kira-kira di bawah 100 gram kafein per cangkirnya. Sayangnya, kafein yang Anda konsumsi sebelum tidur dapat membuat tubuh terjaga karena menghalangi bahan kimia otak yang merangsang rasa ngantuk. Produksi hormon adrenalin dalam tubuh pun juga akan semakin terpicu setelah Anda minum teh.

Namun Anda bisa mencoba jenis teh yang lain untuk membantu badan Anda untuk menjadi lebih rileks, yaitu teh herbal. Teh herbal ini umumnya tidak memiliki kafein. Walaupun ada, pasti kandungan kafeinnya sangat sedikit sehingga tidak menyebabkan susah tidur. Anda bisa mencoba varian teh herbal berikut ini:

  1. Teh Kamomil : Teh kamomil terbuat dari bunga kamomil yang dikeringkan. Teh kamomil mempunyai efek baik bagi tubuh, yaitu membuat tidur lebih nyenyak dan bisa meredakan kecemasan yang melanda. Teh ini tidak mengandung kafein.
  2. Teh Daun Mint : Teh herbal yang satu ini komposisi utamanya adalah dari daun mint yang dikeringkan. Teh ini sama sekali tidak mengandung kafein. Minum teh di malam hari jenis ini berguna untuk meredakan sakit perut dan membuat pikiran dan tubuh jadi tenang. Namun, untuk orang yang memiliki penyakit asam lambung sebaiknya tidak mengonsumsi teh herbal ini di malam hari.
  3. Teh Akar Jahe : Gunakan akar jahe sebagai bahan utamanya. Teh jahe ini secara alami tidak mengandung kafein, berguna untuk meredakan mual, dan membuat otot-otot badan menjadi rileks. Cara membuatnya adalah dengan memasukan potongan akar jahe sebesar ruas jari, lalu tuangkan air panas dan diamkan beberapa menit. Anda pun siap minum teh di malam hari tanpa takut insomnia atau susah tidur.

Jadi jika Anda mengalami masalah susah tidur, Anda bisa mencoba minum teh herbal seperti ulasan diatas. Semoga tipsnya bermanfaat ya Hypermart Lovers!

Leave a Reply

You may also like

5 Bahan Makanan yang Wajib Tersedia di Dapur


5 Bahan Makanan yang Wajib Tersedia di Dapur Hypermart Lovers pernah mengalami keadaan darurat di dapur dimana tidak ada bahan makanan sehat yang tersedia? Keadaan…



Ternyata Es Teh Manis Tidak Cocok Untuk Berbuka Puasa! Temukan Jawabannya disini!


Saat berbuka puasa yang banyak sekali orang-orang yang…



7 Tips Praktis Menghilangkan Bau Kulkas


Kulkas memang sering dipakai dan menyimpan banyak makanan,…



TIps Membuat Alis


Setuju gak sih kalau alis menjadi salah satu bagian penting untuk lebih percaya diri? Nah, coba tutorial sederhana berikut biar alis tampak cetar dan tetap…



Bahan Pengganti Kecap Asin Agar Masakan Tetap Sedap


Kecap adalah salah satu bahan penyedap masakan yang…



Tips Menyimpan Beras Awet dan Bebas Kutu


Dalam hal urusan dapur, biasanya banyak orang yang…



Resep Jajanan Jongkong Surabaya


Jongkong Surabaya adalah jajanan manis basah tradisional yang…



3 Resep Makanan Khas Bali yang anti Mainstream


Jika mendengar kata “Bali” apa yang ada di…



Resep Kerak Telor Khas Ibu Kota


Setiap kota tentunya mempunyai makanan khas masing-masing. Tidak…