Welcome to Hypermart
Sign in    |    Sign up

Cintai Lingkungan, Seperti Mencintai Diri Sendiri

Tahukah Hypermart Lovers bahwa setiap tanggal 10 Januari, Indonesia memperingati hari lingkungan hidup? Nah, sekarang apakah kita sudah menjaga lingkungan sekitar sebagaimana mencintai diri sendiri dan orang tersayang? Bukan hal baru lagi, kalau masalah lingkungan sering dijadikan isu yang tak kunjung terselesaikan dan mendapat solusi nih. Pada Konferensi Tingkat Tinggi G20 yang diadakan awal bulan Juli 2017 lalu, lingkungan dan perubahan iklim berada pada urutan teratas masalah yang harus segera ditangani lebih lanjut.

Masalah lingkungan pun bermacam-macam. Mulai dari Global Warming, pencemaran sampah dan polusi hingga pemakaian bahan kimia yang semakin marak digunakan. Pemakaian bahan plastik dan kertas juga menjadi perbincangan beberapa waktu belakangan. Kita pasti tahu dong, kalau sampah yang dihasilkan dari plastik tak mudah terurai hingga ratusan tahun. Begitupun dengan kertas yang berbahan baku kayu dari pohon. Terbayang kan, berapa banyak pohon yang hilang sia-sia karena kertas yang diproduksi dan kita gunakan setiap hari.

Memang, sudah banyak lembaga yang menyuarakan betapa pentingnya menjaga lingkungan hidup. Gerakan menanam pohon dan hemat energi adalah contohnya. Tapi, tidak ada salahnya juga lho, jika kita mau melakukan program cinta lingkungan dari diri sendiri. Banyak cara sederhana yang dapat dilakukan untuk mulai menjaga lingkungan. Tapi perlu diingat, semua cara tersebut tak akan berhasil jika kesadaran dari kita sendiri untuk berbenah dan mulai menjaga lingkungan masih kurang. Untuk memulainya pun cukup mudah dan bisa langsung kamu terapkan. Salah satu caranya bisa melakukan program 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Cara ini cukup efektif untuk mengurangi limbah sampah dan sampah barang yang tak terpakai di sekitarmu.

Kalau ingin melakukan “Reduce” kamu bisa mulai dengan mengurangi penggunaan bahan yang bisa merusak lingkungan. Misalnya, memakai sapu tangan untuk mengurangi penggunaan tissue. Bisa juga dengan mengurangi pemakaian kertas di kantor dengan fitur “print preview” sebelum mencetak dokumen agar tak salah. Teknologi digital pun membantu dengan adanya berbagai koran online yang dapat dibaca dimanapun. Mengurangi penggunaan sedotan plastik juga dapat dilakukan dengan membeli sedotan bambu, metal atau kaca yang sudah banyak dijual. Ketika pergi ke restoran atau cafe, kamu tinggal membawanya saja dan cuci bersih setelah dipakai.

Lalu, “Reuse” dapat dilakukan dengan memakai kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya. Memberikan pakaian yang sudah kekecilan kepada korban bencana alam atau sanak saudara bisa jadi yang paling mudah dilakukan. Saat berbelanja kamu juga bisa memakai tas belanja sendiri berbahan kain dibandingkan kantong plastik. Memakai sisi kertas yang masih kosong bisa jadi langkah mengurangi penggunaan kertas.

Dan, yang terakhir adalah “Recycle”. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan mudah. Caranya adalah mendaur-ulang sampah atau barang bekas di rumahmu menjadi kompos. Ada botol plastik atau kaleng yang tak terpakai? Gunakan saja sebagai pot tanaman dan wadah minyak goreng. Kertas yang sudah tak terpakai juga bisa didaur ulang menjadi karya seni atau dibentuk sesuai kebutuhan masing-masing.

Melakukan program 3R di kehidupan sehari-hari sebenarnya sederhana dan tidak membutuhkan banyak biaya. Hanya berbekal kemauan saja untuk mengubah kebiasaanmu. Jika semua orang mau melakukan program 3R, tentu akan memberi dampak yang positif pada persoalan lingkungan di Indonesia.

Yuk, mulai sekarang coba lakukan 3R di rumah masing-masing, Hypermart Lovers! Jangan lupa ajak anggota keluargamu juga yah! Siapa lagi kalau bukan kita yang harus menjaga dan merawat di lingkungan sekitar kita? Sayangi lingkunganmu seperti kamu menyayangi diri sendiri dan orang tercinta!

Leave a Reply

You may also like

Serupa Tapi Tak ama, Inilah Perbedaan Antara Pancake dan Waffle


Waffle dan pancake merupakan salah satu makanan…



Resep Nasi Bakar Ikan Tuna


Tak hanya dikenal dengan kekayaan budaya dan…



Ternyata 3 Jenis Ikan Bermanfaat Untuk Si Kecil


Bunda pastinya ingin memberikan gizi terbaik untuk buah…



Makanan Sisa dalam Kulkas? Jangan Dibuang!


Pastinya pernah mengalami kelebihan makanan sisa dalam jumlah…



Fakta Unik Tentang Bayi Baru Lahir


Di balik tubuh mungil, wajah menggemaskan, dan kulitnya…



BACK TO SCHOOL! 5 Tips Agar Anak Semangat Masuk Sekolah


Liburan sekolah merupakan waktu yang paling menyenangkan bagi…



Tips Menggoreng Makanan Agar Tidak Kolesterol


Menggoreng makanan adalah proses memasak yang sebenarnya tidak…



Resep Ayam Tangkap Khas Aceh


Indonesia memang terkenal dengan beragam kuliner yang ada.…



Praktis Menghilangkan Noda Membandel


Noda pada baju bisa membuat pemakainya tidak percaya diri alias…