Welcome to Hypermart
Sign in    |    Sign up

Jarang Terekspos, Inilah Tempat Wisata di Indonesia yang Wajib Dikunjungi!

Indonesia terbentang dari Sabang sampai Merauke. Sejauh itu pula hamparan keindahan alam tersaji memanjakan mata siapapun yang berkunjung. Mau wisata alam gunung dan pantai, wisata budaya, wisata kuliner, wisata halal, dan wisata lainnya serba ada. Berbicara soal keindahan alam Indonesia tak pernah ada habisnya. Selalu saja ada yang membuat wisatawan, terutama turis asing terkesan. Situs penyedia panduan wisata, Rough Guides merilis  daftar 20 negara terindah di dunia, berdasarkan voting warganet dari seluruh dunia. Hasilnya Indonesia berada di peringkat ke-6, mengalahkan negara lain yang juga terkenal akan daya tarik wisatanya, seperti negara Islandia, Amerika Serikat, Finlandia, Switzerland, dan India. 

Tidak cuma kekayaan alamnya yang banyak, kultur di Indonesia juga amat beraneka ragam. Tiap kawasan ada daerah yang eksklusif yang warna-warni budayanya yang menyebabkan negeri ini sangat beragam. Simak disini yuk tempat-tempat wisata di Indonesia yang wajib dikunjungi namun belum terlalu terekspos:

 

Teluk Kiluan, Lampung

Tempat wisata ini berlokasi di Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Berbicara soal keindahan alam di tempat wisata ini tak perlu diragukan. Sebab, di tempat wisata ini terdapat pasir putih yang bersih serta air laut yang sangat jernih. Teluk Kiluan juga terkenal karena banyak terdapat lumba-lumba disana. Ada dua jenis lumba-lumba di Teluk Kiluan, yaitu lumba-lumba hidung botol dan lumba-lumba paruh panjang. Si hidung botol (Tursiops truncatus) cenderung pemalu dan berbadan besar.

Tempat wisata di Indonesia ini pun bisa dijadikan pilihan ketika Anda ingin bersantai sembari menikmati pemandangan ikan lumba-lumba yang menari di atas ombak.

 

Pantai Ora, Maluku

Setelah pulau Lampung, kini beralih ke bagian Indonesia Timur tepatnya di pulau Maluku. Tepatnya di Maluku Tengah, Provinsi Maluku, terdapat pantai yang bernama Pantai Ora yang memiliki keindahan alam sangat memukau. Bahkan pantai ini disebut-sebut memiliki peluang menjadi tempat wisata di Indonesia yang mendunia.

 

Lembah Harau, Sumatera

Lembah Harau merupakan lembah yang subur terletak di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. Berada sekitar 138 km dari Padang dan sekitar 47 km dari Bukittinggi atau sekitar 18 km dari Kota Payakumbuh dan 2 km dari pusat pemerintahan Kabupaten Lima Puluh Kota. Tempat ini dikelilingi batu granit terjal berwarna-warni dengan ketinggian 100 sampai 500 meter. Lembah Harau memiliki iklim tropis dan tanah yang subur.  Hijaunya pepohonan dan sawah yang mengelilinginya membuat pemandangan alam kian menawan. Lembah Harau juga dijuluki sebagai Lembah Yosemite di Indonesia karena memiliki keindahan seperti Taman Nasional Yosemite yang terletak di Sierra Nevada California dan telah terkenal ke seluruh dunia.

 

Danau Toba, Sumatera

Danau Toba dengan kisah legendanya yang melegenda tentu sudah sering dibahas di berbagai dongeng anak, tapi keindahan danau yang berada di Sumatera Utara ini tidak kalah dengan legenda danau Lochness di Scotlandia. Walau Danau Toba tak memiliki salju, tapi soal keasrian, kesejukan, dan keindahannya Danau Toba megang banget. Yang pasti tidak boleh kelewatan, saat berkunjung ke danau vulkanik ini wajib banget nyebrang dan mampir ke pulau Samosir ditengahnya.  Di Pulau Samosir tak hanya dapat menikmati keindahan Danau Toba, tapi juga belajar sejarah dan budaya tanah Karo.

 

Pantai Tanjung Tinggi, Belitung

Pantai Tanjung Tinggi merupakan salah satu pantai tercantik yang ada di provinsi Bangka Belitung. Kepulauan Bangka Belitung memang terkenal dengan keindahan pantainya yang dihiasi batu-batu granit besar. Tanjung Tinggi terletak sekitar 30 km dari kota Tanjungpandan. Pantai Tanjung Tinggi yang menjadi lokasi syuting film Laskar Pelangi ini wajib masuk list wisata, karena selain indah, Pulau Belitung sangat mudah dijangkau dari Jakarta, 

 

Pulau Cubadak, Sumatera

Dari daratan dengan rimbunnya pepohonan yang eksotis, pasir putih yang menawan, sampai underwater yang sangat cantik, dengan flora dan fauna yang hidup harmonis dihabitat aslinya, itulah gambaran surga di Paradiso Village Cubadak.  Pulau terpencil yang berada di provinsi Sumatera Barat ini ramai dikunjungi wisatawan mancanegara, karena resort Paradiso Village Cubadak memang dikelola asing jadi lebih terdengar gaungnya di luar negeri.

 

Kerumutan, Riau

Objek wisata yang sering disebut harta karun yang terpendam ini berada di Provinsi Riau. Tempat wisata ini bernama Kerumutan. Kawasan hutan ini terbentang hingga melalui dua kabupaten, yaitu Pelalawan dan Indragiri Hulu. Saking luasnya, kawasannya dibagi tiga di mana pembagian kawasannya dilihat dari kondisi lahannya. Kawasan pertama adalah Kawasan Inti, yang luasnya mencapai 93 ribu hektar lebih. Kawasan kedua, Kawasan Lindung Gambut, dengan luas 52 ribu hektar lebih. Terakhir, Kawasan Intervensi, yang dimaksudkan sebagai tempat penyelamatan ekosistem rawa gambut, dengan luas lebih dari 1.1 juta hektar. Namun di tempat wisata ini Anda bisa menikmati keindahan hutan tropis yang masih asri. Selain itu, di tempat ini pun Anda bisa menyaksikan satwa-satwa langka.

 

Pantai Pulau Merah, Banyuwangi

Terletak di ujung timur Pulau Jawa, Kabupaten Banyuwangi menyimpan surga wisata alam yang sangat indah. Jarak dari Bali ke Banyuwangi pun tidak terlalu jauh dengan waktu tempuh 2 jam menggunakan kapal cepat. Meski sedang populer, tapi belum banyak yang tahu Banyuwangi memiliki pantai cantik bernama Red Island atau dikenal Pantai Pulau Merah.

Pantai Pulau Merah masih bersih dan indah dengan latar belakang bukit hijau.  Berlokasi di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Anda bisa melakukan kegiatan surfing “bersahabat dengan ombak” atau sekadar menikmati sunset.

Leave a Reply

You may also like

Resep Sambel Goreng Krecek


Krecek adalah kulit sapi yang dikeringkan dan dapat…



Ragam Tradisi Lebaran di Indonesia


Tak terasa momen Hari Raya Idul Fitri tinggal…



Cara Jitu Membujuk Anak Susah Makan


Kurang nafsu makan pada anak maupun orang dewasa…



5 Barang Alternatif Pengganti Plastik yang Ramah Lingkungan!


Pemakaian beberapa bahan plastik menjadi masalah serius belakangan…



Memperkenalkan Resolusi Tahun Baru kepada Anak


Menjadi orangtua adalah sebuah pekerjaan seumur hidup yang…



Cara Memilih Margarin yang Aman dan Sehat


Margarin adalah salah satu bahan makanan yang disukai…



Ramadan Tiba! Siapkan Menu Praktis Untuk Sahur Dengan Tips Ini


Bulan puasa segera tiba kurang dari seminggu lagi.…



Luar biasa! Dengan Cara Ini, Noda Bandel di Pakaian Hilang dalam Sekejap!


1. Bekas Keringat (Gunakan Air Lemon) Padatnya…



Resep Spaghetti Tuna Sambal Matah


Makanan olahan asal Italia ini sangat populer di…