Welcome to Hypermart
Sign in    |    Sign up

Jenis Bahan Makanan yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas

Kulkas atau lemari pendingin dan freezer saat ini begitu lekat dengan kehidupan seseorang.  Kulkas menjadi suatu yang harus dimiliki oleh setiap rumah, pasalnya setiap saat orang kini lebih kerap menyimpan makan dan minuman yang belum sempat mereka konsumsi. Sementara di lain waktu mereka juga masih ingin mengonsumsinya, sehingga membuat kulkas menjadi lemari penyimpanan terbaik untuk makanan.

Tanpa disadari, seseorang kerap melakukan kesalahan ini. Sebab nyatanya tak semua makanan baik disimpan di dalam freezer. Ada makanan justru menjadi tidak berfungsi dengan baik lagi jika disimpan di dalam freezer. Freezer yang memiliki suhu di bawah minus derajat celcius tersebut memang dipercaya dapat membunuh bakteri dan kuman, sehingga makanan tetap sehat meski disimpan dalam waktu lama.

Kebanyakan orang akan memasukkan makanan ke dalam kulkas untuk menghindari dari kebusukan. Mulai dari buah-buahan, sayur, hingga daging. Menyimpan berbagai makanan di dalam kulkas memang bisa membantu memperpanjang umur makanan. Tetapi, ternyata tidak semua makanan boleh disimpan di dalam kulkas karena justru bisa merusak kualitasnya. Berikut beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak disimpan dalam kulkas :

  1. Madu
    Memasukan madu ke dalam kulkas akan membuat kualitas madu menjadi buruk. Suhu dingin akan membuat madu lebih pekat, mengeras, dan mengkristal, sehingga nutrisinya akan berkurang.
  2. Minyak
    Jangan menyimpan minyak apapun ke dalam lemari pendingin, hal ini akan membuat minyak menjadi kental dan keruh.
  3. Kentang
    Menyimpan kentang dalam suhu dingin akan membuat kentang lembab dan cepat busuk. Solusinya, simpanlah kentang di wadah kertas dan letakkan di tempat kering.
  4. Bawang
    Selain kentang, penyimpanan bawang dalam lemari pendingin juga bisa menyebabkan cepat busuk. Karena bawang membutuhkan sirkulasi udara yang lancar, maka bawang juga tak cocok disimpan di kulkas. bawang yang disimpan di kulkas malah cepat berubah warna dan membusuk.
  5. Melon
    Melon bisa disimpan di dalam kulkas apabila sudah dipotong-potong. Apabila masih dalam keadaan utuh, hindari memasukan melon ke dalam kulkas karena akan menghilangkan sifat antioksidan dalam melon. Selain itu, ukuran utuh buah melon juga akan memakan tempat sehingga kulkas akan lebih sempit.
  6. Alpukat
    Jangan menyimpan alpukat mentah ke dalam kulkas karena akan memperlambat proses pematangan
  7. Tomat
    Tomat yang disimpan di kulkas akan lebih cepat matang dibandingkan yang disimpan di suhu ruangan. Maka, jika tomat yang sudah matang disimpan dalam kulkas akan lebih cepat membusuk
  8. Buah Berry
    Buah berry yang disimpan di kulkas akan mengakibatkan berry kering dan rasanya menghilang.
  9. Pisang
    Saat dimasukan ke dalam kulkas, pisang akan berubah warna menjadi cokelat hanya dalam beberapa jam saja. Lama kelamaan pisang akan membusuk dengan cepat, untuk itu pisang hanya bisa disimpan di suhu ruangan.
  10. Roti
    Roti yang dimasukan ke dalam kulkas akan menjadi keras. Sehingga, rasa yang dihasilkan tidak enak lagi.
  11. Rempah-rempah
    Rempah-rempah tidak membutuhkan lemari pendingin untuk membuatnya awet. Cukup disimpan di suhu ruangan untuk menjaga kualitasnya.
  12. Saus
    Tanpa dimasukan ke dalam kulkas, saus bisa bertahan lama di suhu ruangan. Justru, saus akan cepat membusuk jika dimasukan ke dalam kulkas
  13. Kopi
    Kopi seharusnya disimpan dalam kontainer kedap udara. Menyimpannya di dalam kulkas akan memberi efek buruk pada rasa yang dihasilkan. Struktur selnya akan berubah, yang menyebabkan aroma kopi hilang.
  14. Alkohol
    Alkohol yang sudah dibuka segelnya sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas cukup simpan dalam suhu ruangan.
  15. Daun Kemangi
    Menyimpan daun kemangi bisa dengan cara merendam bagian bawah batangnya dengan air dan simpan dalam suhu ruangan. Penyimpanan daun kemangi di dalam kulkas akan membuat kemangi layu dan kehilangan aroma.

Selain membuat kapasitas penyimpanan kulkas jadi lebih longgar, Anda juga bisa berhemat karena persediaan bahan makanan yang tidak mudah rusak. Yuk segera pindahkan semua bahan makanan yang tidak seharusnya disimpan di kulkas.

Leave a Reply

You may also like

Tips Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi


Jika Anda memiliki anak kecil, memang sudah…



Tips Menyimpan Buah dan Sayur Tanpa Kulkas


Buah dan sayuran memang memiliki banyak ragam jenisnya.…



Makanan Akan Melimpah Saat Lebaran. Bagaimana Cara Agar Tetap Sehat Walau Makan Banyak?


Makanan Akan Melimpah Saat Lebaran. Bagaimana Cara Agar Tetap Sehat Walau Makan Banyak? Hari raya Idul Fitri tinggal menghitung hari saja, moment yang di tunggu-tunggu…



Memutihkan Gigi Secara Alami


Siapa sih yang tidak menginginkan senyum menawan yang menunjukkan sederet gigi putih. Memang naturalnya gigi manusia tidaklah putih cerah bagaikan selembar kertas putih. Gigi manusia pada umumnya…



Mengejutkan! Air Cucian Beras Ternyata Banyak Manfaatnya!


Manfaat Air Cucian Beras Air cucian beras biasanya…



Jus VS Smoothie


Hypermart Lovers, Jus dan smoothie adalah dua alternatif minuman sehat yang dapat dikonsumsi sehari-hari dan praktis pembuatannya. Keduanya memiliki manfaat untuk kesehatan. Jus dapat meberikan…



5 Tips Membedakan Madu Asli dan Palsu


Madu memang menjadi salah satu bahan minuman alami…



Ternyata 3 Jenis Ikan Bermanfaat Untuk Si Kecil


Bunda pastinya ingin memberikan gizi terbaik untuk buah…



Resep Burritos Ayam dengan Saus Guacamole


Burrito atau taco de harina merupakan salah satu…



Leave a Reply

You may also like

Tips Memilih Ikan Salmon Segar


Ikan Salmon adalah salah satu ikan yang bisa…



Arti Perlombaan pada 17 Agustus


Sesaat setelah masuk bulan Agustus sepertinya ada hal…



Cara Tepat Agar Anak Gampang Makan


Disaat anak susah makan saat disuapi makanan atau…



5 Tips Membedakan Madu Asli dan Palsu


Madu memang menjadi salah satu bahan minuman alami…



Luar Biasa! Kulit buah ternyata banyak manfaatnya! no 3 paling mengejutkan!


1.Apel Ternyata tidak hanya daging buahnya saja yang…



Luar biasa! Dengan Cara Ini, Noda Bandel di Pakaian Hilang dalam Sekejap!


1. Bekas Keringat (Gunakan Air Lemon) Padatnya…



Memutihkan gigi gak perlu mahal! Gunakan bahan-bahan alami ini!


Memiliki gigi putih tentunya akan menambah rasa percaya diri ketika berfoto maupun berbicara pada seseorang. Salah satu cara mendapatkan gigi putih yang jadi tren saat…



Tips Dasar Dekorasi Kue Ulang Tahun Homemade


Merayakan ulang tahun merupakan hal yang biasa kita…



Praktis Menghilangkan Noda Membandel


Noda pada baju bisa membuat pemakainya tidak percaya diri alias…