Welcome to Hypermart
Sign in    |    Sign up

Kegiatan-Kegiatan Ngabuburit Saat #DirumahAja, Jadi Makin Asik!

Bulan Ramadan sangat erat kaitannya dengan ngabuburit atau jalan-jalan pada sore hari sambil menunggu waktu buka puasa tiba. Namun, bulan puasa tahun ini tentunya terasa sangat berbeda karena ada wabah pandemi corona atau Covid-19. Hal ini tentunya tak bisa lagi ngabuburit ke luar rumah karena pemerintah menghimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap berada di rumah saja guna memutus rantai penyebaran virus corona.

Namun, meski puasa Ramadan tahun ini tidak bisa ngabuburit jalan-jalan sore sambil cari takjil di luar rumah, masih banyak kegiatan sore yang bisa dilakukan bersama keluarga. Dengan begitu ngabuburit di rumah saja tak hanya semakin seru, tapi juga mendapatkan keberkahan. Yuk, simak kegiatan apa saja yang bisa dilakukan di rumah bersama keluarga :

Menonton Film

Menonton memang menjadi salah satu kegiatan yang disukai banyak orang, baik itu orang dewasa hingga anak kecil sekalipun. Ngabuburit kali ini bisa diisi dengan menonton film serial favorit bersama keluarga, entah itu yang bergenre drama, action, komedi atau yang lainnya.

Tadarusan

Pada umumnya selain menjalankan puasa penuh hingga 30 hari, umat islam juga melengkapi ibadahnya dengan mengkhatamkan kitab suci agama Islam, yaitu Al-Quran. Mengaji atau tadarusan bareng bersama keluarga juga bisa dijadikan sebagai ngabuburit. Jika tadarusan dilakukan dengan rutin setiap harinya, maka 30 jus bisa diselesaikan dalam waktu 30 hari.

Menonton Ceramah

Agar ilmu agama dan keluarga terus bertambah, tak ada salahnya isi ngabuburit dengan menonton ceramah di stasiun televisi. Di setiap bulan Ramadhan, hampir semua stasiun televisi di Indonesia menyuguhkan siaran ceramah yang diisi oleh para ustadz atau ustadzah ternama di Indonesia.

Olahraga Bersama di Rumah

Jika biasanya Anda dan keluarga melakukan olahraga jogging atau jalan santai keliling komplek rumah, untuk kali ini lakukan ngabuburit olahraga di rumah saja. Banyak olahraga ringan yang bisa dilakukan bersama, mulai dari yoga, peregangan tubuh, aerobik dan lainnya.

Masak Menu Buka Puasa

Daripada beli menu masakan untuk buka puasa di luar rumah, mendingan masak sendiri bersama keluarga. Tak hanya membuat ngabuburit menjadi lebih seru, tapi masak sendiri juga lebih terjamin kebersihannya dan tentunya rasanya juga lebih lezat.

Banyak menu pilihan yang cocok untuk buka puasa, mulai dari kolak, sayur tumisan atau berkuah, lauk-pauk hingga membuat minuman segar.

Membuat Camilan Kekinian

Bagi yang belum mengantuk setelah sholat tarawih di rumah, biasanya Anda dan keluarga akan menonton serial tv bersama dan ditemani dengan camilan-camilan kekinian. Nah, camilan ini bisa dibuat saat sore hari sebagai kegiatan ngabuburit.

Berkebun

Jika di rumah memiliki halaman kosong, ubah menjadi kebun menjadi ide yang bagus. Waktu berkebun ini bisa Anda dan keluarga lakukan saat ngabuburit pada sore hari. Tanamlah pohon yang rindang, pohon buah, sayur mayur, atau juga bunga-bunga.

Mini kebun yang Anda dan keluarga buat akan menjadi pemandangan yang lebih indah dan hasil kebun bisa dipanen dan langsung dimasak.

Buat Kerajinan Tangan

Daripada hanya bengong-bengong saja, lebih baik ngabuburit dengan membuat kerajinan tangan sambil menunggu waktu berbuka puasa. Kerajinan tangan ini bisa langsung di pajang untuk menghiasi dinding atau meja pojok yang ada di rumah.

Bermain Game

Kegiatan ngabuburit seru lainnya adalah bermain game. Banyak game keluarga yang bisa dicoba baik online atau offline.

 

Itulah beberapa kegiatan-kegiatan yang bisa Anda lakukan saat ngabuburit #dirumahaja. Kira-kira, Anda sudah melakukan kegiatan apa saja nih?

Leave a Reply

You may also like

Ramadan Tiba! Siapkan Menu Praktis Untuk Sahur Dengan Tips Ini


Bulan puasa segera tiba kurang dari seminggu lagi.…



Makanan Yang Dapat Mencerahkan Kulit


Kulit merupakan salah satu organ tubuh yang juga…



Resep Banana Nugget


Jika dulu pisang lebih sering diracik menjadi pisang goreng, kali ini olahannya juga bisa dibuat menjadi pisang nugget yang lagi kekinian dan disukai anak-anak loh!…



3 Resep Makanan Khas Bali yang anti Mainstream


Jika mendengar kata “Bali” apa yang ada di…



Tips Mudah dan Sederhana Mendekor Rumah untuk Perayaan atal


Perayaan Natal akan segera tiba, biasanya menjelang hari…



Cara Memasak Daging dan Ikan Presto Empuk Hingga Tulang


Daging merupakan sumber protein hewani bermutu tinggi yang…



Resep buka puasa seru Lemon Cheesecake yang mudah banget dibuat


Halo Hypermart Lovers! Berbuka puasa identik dengan yang manis-manis, mulai dari minuman hingga makanan. Tentunya juga acara berbuka puasa terasa tidak lengkap jika tidak ditemani…



Jus VS Smoothie


Hypermart Lovers, Jus dan smoothie adalah dua alternatif minuman sehat yang dapat dikonsumsi sehari-hari dan praktis pembuatannya. Keduanya memiliki manfaat untuk kesehatan. Jus dapat meberikan…



Resep Burritos Ayam dengan Saus Guacamole


Burrito atau taco de harina merupakan salah satu…