Welcome to Hypermart
Sign in    |    Sign up

Manfaat Bunga Saffron Untuk Kesehatan!

Saffron adalah salah satu jenis rempah tradisional yang populer. Saffron biasa digunakan sebagai penyedap rasa, pewarna, dan perisa makanan. Kebanyakan dari Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan bunga saffron. Di pasaran, saffron terkenal dengan harganya yang mahal dan manfaatnya yang luar biasa. Saffron adalah rempah berbentuk benang halus yang berasal dari bunga Crocus sativus. Bunga ini banyak tumbuh dan tersebar di kawasan Timur Tengah. Saffron menjadi rempah termahal di dunia karena proses penanaman dan pengolahannya yang rumit. Khasiat saffron berasal dari senyawa crocin yang adalah bahan pewarna karotenoid penghasil warna kuning keemasan. Saffron memiliki rasa yang sedikit pahit dan aromanya seperti rumput kering.

Mahalnya harga saffron tentu karena didasari oleh berbagai alasan. Salah satunya adalah manfaat bunga saffron bagi kesehatan. Bunga saffron sudah sering dijadikan sebagai obat alternatif untuk menyembuhkan beragam penyakit. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa saffron memang memiliki manfaat bagi kesehatan, diantaranya adalah:

Menangkal radikal bebas

Saffron mengandung berbagai komponen antioksidan, sehingga dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Seperti telah kita ketahui, radikal bebas dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis, termasuk penyakit jantung dan kanker.

Menurunkan nafsu makan dan mengurangi berat badan

Sebuah penelitian terhadap sekelompok wanita menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi suplemen saffron selama 8 minggu mengalami penurunan nafsu makan dan berat badan yang lebih signifikan dibandingkan kelompok wanita yang tidak mengkonsumsi suplemen saffron. Selain dapat membantu penurunan berat badan, saffron juga diketahui dapat menurunkan lingkar perut dan massa lemak total pada pasien dengan penyakit jantung koroner.

Meningkatkan mood dan membantu pengobatan depresi

Menurut hasil beberapa penelitian yang dilakukan pada pasien depresi, suplemen saffron dapat menjadi tambahan dalam pengobatan depresi ringan hingga sedang, dengan efek samping yang cenderung minimal. Saffron juga memiliki efek anti-radang, antioksidan, dan neuroproteksi (perlindungan pada saraf).

Membantu pengobatan kanker

Sebuah penelitian di laboratorium menyatakan bahwa saffron dapat menekan laju pertumbuhan sel kanker pada kanker usus. Selain itu, komponen antioksidan dalam saffron yang bernama crocin dapat membuat sel kanker lebih sensitif terhadap kemoterapi. 

Meringankan nyeri haid dan gejala PMS

Pada sebuah penelitian, kelompok wanita yang mengkonsumsi kapsul berisi 15 mg saffron sebanyak 2 kali sehari mengalami gejala fisik dan emosional premenstrual syndrome (PMS) yang lebih ringan dibandingkan kelompok wanita yang tidak mengkonsumsi kapsul berisi saffron tersebut.

Menurunkan kadar lemak darah

Walaupun masih dibutuhkan studi lebih lanjut dengan durasi lebih lama, konsumsi saffron terlihat dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida, serta meningkatkan konsentrasi kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL).

Membantu meringankan penyakit Alzheimer

antioksidan yang terkandung dalam saffron dapat mempertahankan bahkan meningkatkan kemampuan kognitif orang dewasa. Hal ini sangat berkaitan dengan pencegahan penyakit Alzheimer. Tak cuma itu, mengkonsumsi saffron juga dapat mempertahankan kemampuan penglihatan Anda

Membantu pengobatan penyakit diabetes

Pada penelitian awal yang melibatkan sampel tikus uji coba, saffron dapat meningkatkan sensitivitas hormon insulin. Namun, tentu saja hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut untuk membuktikan manfaat saffron dalam membantu pengobatan pasien diabetes.

Meningkatkan Penglihatan

Pada orang dewasa yang memiliki masalah penglihatan kabur dengan degenerasi makula terkait usia (AMD), makan bunga saffron bisa meningkatkan penglihatan serta melindungi terhadap kerusakan radikal bebas yang terkait dengan AMD.

 

Itulah manfaat-manfaat dari mengkonsumsi bunga Saffron untuk kesehatan. Apakah Hypermart Lovers berniat untuk mengkonsumsinya?

Leave a Reply

You may also like

Makanan Akan Melimpah Saat Lebaran. Bagaimana Cara Agar Tetap Sehat Walau Makan Banyak?


Makanan Akan Melimpah Saat Lebaran. Bagaimana Cara Agar Tetap Sehat Walau Makan Banyak? Hari raya Idul Fitri tinggal menghitung hari saja, moment yang di tunggu-tunggu…



Luar Biasa! Kulit buah ternyata banyak manfaatnya! no 3 paling mengejutkan!


1.Apel Ternyata tidak hanya daging buahnya saja yang…



Praktis Menghilangkan Noda Membandel


Noda pada baju bisa membuat pemakainya tidak percaya diri alias…



Tips Menyimpan Tahu yang Tepat Agar Tidak Cepat Asam dan Tahan Lama


Terbuat dari fermentasi kacang kedelai, tahu sering dikonsumsi…



Serupa Tapi Tak ama, Inilah Perbedaan Antara Pancake dan Waffle


Waffle dan pancake merupakan salah satu makanan…



Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan


Delima merupakan buah dengan kandungan gizi cukup tinggi.…



Resep Ginger Cookies dan Kue Kering Khas Natal


Tidak terasa sekarang sudah di tengah-tenagh bulan Desember…



Mengenal Jenis Tanaman Obat dan Manfaatnya


Tanaman obat adalah jenis tanaman yang sebagian atau…



3 Resep Makanan Khas Bali yang anti Mainstream


Jika mendengar kata “Bali” apa yang ada di…