Welcome to Hypermart
Sign in    |    Sign up

Manfaat Chia Seed Bagi Kesehatan

Chia seed adalah bijian-bijian kecil dari tanaman Salvia hispanica, salah satu jenis tanaman mint.  Warna chia seed bervariasi dari hitam, abu-abu, maupun hitam dengan bercak-bercak putih. Bentuknya oval dengan ukuran sekitar 1-2mm. Chia seed berasal dari daerah Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Kata chia sendiri pun berasal dari bahasa suku Maya yang artinya kekuatan.

Apa saja kandungan dan manfaat chia seed?

Chia seed mengandung banyak zat yang  bermanfaat bagi tubuh seperti asam lemak omega 3, serat, antioksidan, dan mineral.  Dalam 1 porsi chia seed (sekitar 30g) terkandung 138 kalori, 9 gram lemak (sebagian besar berupa lemak tidak jenuh – lemak sehat), 10 gram serat, dan 6 gram protein. Kelebihan chia seed lainnya yaitu tidak mengandung gluten dan kaya akan antioksidan. 

Dengan beragam kandungan gizinya, berikut khasiat chia seed untuk kesehatan:

Bantu Turunkan Berat Badan
Walaupun tidak berperan langsung untuk menurunkan berat badan, namun kandungan seratnya yang tinggi dapat melancarkan pencernaan yang dapat membuat berat badan cepat turun. Sebuah penelitian di Brazil menemukan bahwa biji-bijan ini juga membantu mengurangi lemak dan proteinnya yang tinggi dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Atasi Kolesterol
Chia seed memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang dapat menurunkan kolesterol. Asam lemak omega 3 mengandung lemak monounsaturated yang terbukti dapat menurunkan kolesterol. Hal ini juga telah dibuktikan dengan beberapa studi yang menyatakan bahwa dengan menambah chia seed ke makanan dapat menjaga kolesterol sehingga tidak menyebabkan gemuk atau lemak jahat. 

Tambah Energi

Jika Anda punya aktivitas yang padat, berat atau suka berolahraga, makanan sehat ini wajib banget untuk dikonsumsi. Karena chia seed mengandung vitamin B, zat besi, dan magnesium yang dapat meningkatkan energi dan metabolisme tubuh. Setelah berolahraga dan meminum minuman dengan chia seed, maka energi dalam tubuh semakin bertambah.

Kaya Antioksidan

Antioksidan pada chia seed jumlahnya sangat tinggi. Antioksidan terkenal bermanfaat untuk kulit menangkal radikal bebas sehingga  dapat menghambat penuaan pada kulit.

Dengan mengkonsumsi chia seed, kulit menjadi halus dan tidak keriput. Selain itu, chia seed juga dapat meningkatkan produksi kolagen dan dapat mencegah peradangan kulit akibat terpapar sinar matahari.

Baik untuk Tulang dan Gigi

Chia seed kaya akan kalsium dan mangan, keduanya sangat baik untuk memperbaiki kesehatan tulang dan gigi agar tetap kuat.Tidak hanya itu saja, chia seed juga kaya akan mineral yang juga dapat meningkatkan kesehatan tulang. 

Percepat Pertumbuhan Rambut

Jika Anda mempunyai masalah rambut rontok, sebaiknya konsumsi chia seed. Makanan ini mengandung vitamin E yang tinggi, kandungan ini berfungsi sebagai stimulan yang dapat meningkatkan aliran darah tubuh, termasuk ke kulit kepala. Jika darah pada bagian kulit sirkulasinya meningkat, maka pertumbuhan rambut juga lebih cepat.

Jaga Kesehatan Jantung

Chia seed mengandung asam lemak omega 3 dari chia seed dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah penyakit jantung. Omega 3 juga dapat mengurangi produksi trigliserida, menurunkan tekanan darah, serta mengurangi resiko detak jantung tidak teratur. 

Cegah Pertumbuhan Sel Kanker

Chia seed memiliki kandungan asam alpha-linoleat yang baik dan dapat mencegah kanker, terutama kanker payudara. Minyak biji chia juga mengandung sifat anti kanker, serta dapat mengurangi pertumbuhan tumor dan menghambat tumbuhnya sel kanker.

Mengontrol Gula Darah

Kandungan serat yang tinggi pada chia seed sangat baik untuk mengontrol gula darah. Chia seed dapat bekerja mengurangi masalah resistensi insulin dalam tubuh. Tentunya hal ini sangat penting untuk mengatasi dan menghindari penyakit diabetes. 

Membuat Tidur Nyenyak

Chia seed memiliki kandungan triptofan yang tinggi, kandungan ini dapat membantu tidur menjadi lebih rileks.Biji-bijian sehat ini juga mengandung omega 3 yang dapat mengurangi stres pada tubuh. Sehingga jika mengkonsumsi chia seed, maka Anda tidak akan mengalami susah tidur. 

Cegah Hipotiroid

Hipotiroid terjadi ketika tubuh kekurangan kadar hormon tiroid. Hormon ini sangat penting karena berpengaruh pada seluruh organ dan sel-sel dalam tubuh. Chia seed dipercaya mampu menambah kadar hormon tiroid secara alami karena kandungan omega 3-nya.

Sumber Protein
Biji chia mengandung protein sebanyak 19%, dengan tingginya protein ini dapat menghindari perut dari rasa lapar dan mempertahankan rasa kenyang. Protein pada chia seed juga berkualitas tinggi ditambah dengan asam amino yang baik untuk tubuh.

 

Bagaimana Hypermart Lovers? Begitu Banyak khasiat yang dimiliki chia seed untuk kesehatan. Yuk jangan ragu mengkonsumsi chia seed!

Leave a Reply

You may also like

Tips Menghilangkan Bosan saat “Self Quarantine”


Meningkatnya jumlah pasien yang positif Corona di Indonesia…



Resep Sate Susu Khas Bali, Yang Hanya Ada Pada Bulan Ramadan!


Ramadan memang bulan yang istimewa. Di beberapa tempat…



7 Tips Menambah Nafsu Makan Anak


Nafsu makan seseorang pada umumnya dipengaruhi oleh hormon…



Resep Ginger Cookies dan Kue Kering Khas Natal


Tidak terasa sekarang sudah di tengah-tenagh bulan Desember…



Cara Menghilangkan Lemak Membandel dari Peralatan Masak Saat Lebaran!


Hari Raya Idul Fitri merupakan momen penting berkumpul…



5 Tips Membedakan Madu Asli dan Palsu


Madu memang menjadi salah satu bahan minuman alami…



Arti Perlombaan pada 17 Agustus


Sesaat setelah masuk bulan Agustus sepertinya ada hal…



Bahan Pengganti Kecap Asin Agar Masakan Tetap Sedap


Kecap adalah salah satu bahan penyedap masakan yang…



Jenis Bahan Makanan yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas


Kulkas atau lemari pendingin dan freezer saat ini…