Welcome to Hypermart
Sign in    |    Sign up

Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan

Kayu manis atau cinnamon adalah salah satu jenis rempah-rempah yang memiliki khasiat tinggi untuk kesehatan tubuh. Kayu manis merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu dalam berbagai jenis makanan karena memiliki aroma dan rasa yang enak. Selain menambah rasa dan memiliki aroma yang sedap, kayu manis ternyata memiliki berbagai manfaat untuk tubuh. Simak disini untuk penjelasan lebih lanjutnya mengenai manfaat kayu manis untuk kesehatan :

  1. Mengontrol gula darah

Manfaat kayu manis yang pertama adalah kemampuannya mengontrol gula darah. Hal ini dikarenakan kayu manis mengandung antioksidan yang bisa membantu mengontrol tingkat gula darah. Selain itu, kayu manis juga membantu proses pencernaan setelah makan dan membantu memperbaiki respon insulin pada pasien diabetes tipe 2. Satu gram kayu manis saja diketahui bisa menurunkan tingkat gula darah, trigliserida, kolesterol buruk, dan kolesterol total pada pasien diabetes.

  1. Menghangatkan

Kayu manis biasanya digunakan oleh pengobatan tradisional China pada orang yang terkena demam atau influenza. Hal ini karena kayu manis mengandung zat yang membuat tubuh lebih hangat dan nyaman.

  1. Anti infeksi

Manfaat kayu manis lainnya adalah kemampuannya mengatasi infeksi. Hal ini karena kayu manis memiliki komponen anti infeksi natural. Kayu manis terbukti efektif menghilangkan bakteri H. Pylori yang dapat menyebabkan sakit maag dan berbagai jenis penyakit lainnya yang disebabkan bakteri.

  1. Meningkatkan fungsi otak

Mencium bau kayu manis diketahui bisa meningkatkan aktivitas otak. Selain itu, aroma kayu manis juga bisa meningkatkan proses kognitif seseorang dan membantu dalam hal berkonsentrasi, mengingat, dan kecepatan bekerja.

  1. Anti mikroba

Salah satu manfaat kayu manis yang cukup populer adalah kegunaannya untuk melawan pertumbuhan jamur dan bakteri, salah satunya adalah jenis Candida. Infeksi Candida pada bagian dalam tubuh bisa dikurangi bahkan dihentikan dengan mengkonsumsi kayu manis. Peran ini didukung oleh kandungan cinnamaldehyde yang terdapat pada minyak kayu manis.

  1. Menyeimbangkan kadar hormon

Kayu manis memiliki kandungan alami yang disebut cinnamaldehyde yang dapat menyeimbangkan hormon, meningkatkan hormon progesteron, dan mengurangi hormon testosteron pada wanita.

  1. Mencegah penggumpalan darah

Cinnamaldehyde, minyak yang dihasilkan oleh kayu manis bisa mencegah darah untuk menggumpal. Kayu manis juga mengeluarkan asam lemak anti peradangan yang disebut arachidonic. Asam lemak ini kemudian mengurangi radang dan penggumpalan darah.

  1. 8. Menurunkan kolesterol

Kayu manis mengandung kalsium, serat, dan banyak mineral seperti mangan. Oleh karena itu, kayu manis sangat cocok untuk kesehatan pencernaan, usus, serta melindungi dari penyakit jantung dan kolesterol. Kalsium dan serat pada kayu manis juga membantu menghilangkan garam pada tubuh dan mencegah kanker usus. Tidak hanya itu, manfaat kayu manis juga bisa mengobati konstipasi karena kandungan seratnya.

  1. Antioksidan

Bagi Anda yang sering terpapar polusi udara, disarankan untuk mendapatkan manfaat kayu manis. Khasiat kayu manis yang bisa dirasakan oleh tubuh karena kandungan antioksidannya yang tinggi yaitu polifenol, zat yang bisa melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas.

  1. Mengatasi Alzheimer

Manfaat kayu manis untuk kesehatan yang terakhir adalah kemampuannya mengatasi Alzheimer. Semua ini karena kandungan antioksidan seperti polifenol yang tinggi. Kandungan antioksidan yang tinggi pada kayu manis ini bisa melindungi tubuh dari radikal bebas, antioksidan juga dipercaya bermanfaat untuk penyakit Alzheimer.

Selain kandungan antioksidan yang tinggi, kandungan lain yang terdapat pada kayu manis dipercaya juga dapat menghambat penumpukan protein di otak, yang merupakan salah satu penyebab utama Alzheimer.

Untuk mendapatkan manfaatnya, ada empat cara atau resep membuat air rebusan kayu manis. Yakni dengan mencampur rempah lainnya ke dalam air rebusan kayu manis. Berikut cara yang bisa digunakan untuk membuat resep minuman dari kayu manis:

  • Rebusan Madu Kayu Manis

Keuntungan mengkonsumsi madu dan kayu manis sangat menyehatkan. Tambahkan satu sendok teh madu ke dalam cangkir yang berisi air rebusan kayu manis untuk menjaga daya tahan tubuh.

  • Rebusan Lemon Kayu Manis

Lemon penuh dengan vitamin dan antioksidan penting yang membuang racun dari tubuh hingga menjaga sistem pencernaan lancar. Campurkan perasan lemon dan satu sendok teh bubuk kayu manis ke air mendidih. Minumlah selagi hangat.

  • Rebusan Kunyit Kayu Manis

Rendam satu batang kayu manis dan setengah sendok teh bubuk kunyit ke dalam air. Lalu rebuslah bersama hingga mendidih. Sifat gabungan dari kedua rempah-rempah membuat minuman ini benar-benar bergizi.

  • Rebusan Kayu Manis, Jahe, Cengkeh

Ambil setengah batang kayu manis, sepotong jahe, dan dua buah cengkeh. Campur dalam air mendidih. Saring dan minumlah hangat. Lalu bisa menambahkan madu dalam rebusan ini.

 

A post shared by MFB (@hypermart_id) on

Leave a Reply

You may also like

Mengenal Bumbu Dapur dan Manfaatnya


Sejak zaman penjajahan, Indonesia sudah dikenal dengan kekayaan…





Resep Korean Beef Bulgogi


Daging sapi mudah diolah menjadi makanan yang menggiurkan…



Cara Memasak Daging dan Ikan Presto Empuk Hingga Tulang


Daging merupakan sumber protein hewani bermutu tinggi yang…



Tips Menggoreng Ikan Hingga Kering, Garing dan Renyah


Ikan merupakan sumber protein yang sangat baik. Ikan…



Cintai Lingkungan, Seperti Mencintai Diri Sendiri


Tahukah Hypermart Lovers bahwa setiap tanggal 10 Januari,…



Cara Tepat Agar Anak Gampang Makan


Disaat anak susah makan saat disuapi makanan atau…



Resep Pho Bo Mie Kuah Ala Vietnam


Pho dikenal sebagai mie yang memiliki cita rasa…



Resep Mango Sago Khas Hongkong


Selain ada Buko Pandan dari Negara Thailand yang…