Welcome to Hypermart
Sign in    |    Sign up

Mengenal Perbedaan antara Cake dan Pastry

Saat memasuki ke toko kue atau roti, tentunya Anda akan melihat banyak kue yang dijual. Ada macam-macam kue yang menggugah selera mulai dari cake, pastry, biskuit dan masih banyak lagi. Dari banyaknya kue yang ada, ternyata cake dan pastry adalah kue yang berbeda lho! Selama ini, cake dan pastry sering dianggap sebagai kue yang sama. Banyak yang menganggap bahwa semua kue adalah sama dan hanya dibedakan dari tekstur serta rasanya saja. Berikut ini perbedaan cake dan pastry mulai dari bahan pembuatannya, bentuk, rasa hingga manfaatnya dan waktu dikonsumsinya.

Pastry adalah jenis olahan makanan dari beberapa kombinasi bahan yang pada umumnya terasa manis karena mengandung lemak yang diproses melalui tahap pembakaran, jenis makanan ini biasanya disajikan untuk dessert. Bakery merupakan bagian dari pastry yang bertanggung jawab pada pembuatan bread, danish, croissant dan produk lain yang disajikan setelah di oven atau baking. Pada bakery, setelah proses cooking masih diperlukan penanganan lagi seperti memberi rasa dan tampilan sesuai dengan keperluan.

Biasanya departemen pastry yang ada di hotel atau restaurant, bertugas membuat aneka kue dan dessert untuk keperluan mereka seperti breakfast, coffee break, lunch dan dinner. Sedangkan bakery merupakan salah satu bagian dari pastry yang tugasnya membuat keperluan pastry, sehingga mengapa bakery merupakan bagian dari pastry.

Pastry juga terbagi menjadi dua, yaitu kue–kue oriental dan kue-kue kontinental. Kue-kue indonesia termasuk jenis kue oriental, sedangkan yang termasuk kue continental adalah, yeast products, breads, cake and icings, cookies, pastries, cream, pudding, frozen dessert, candy.

Jenis tepung yang digunakan untuk pastry dan bakery pun berbeda, tepung pastry memiliki persentase gluten paling rendah yaitu 8%-9%. Sementara tepung untuk bakery mengandung gluten paling tinggi yaitu 11%-12%. Kesimpulannya, meski pastry dan bakery berbeda tapi tetap menjadi satu kesatuan dalam satu divisi yang memproduksi makanan ringan dan dipasarkan secara komersial. 

Bagaimana Hypermart Lovers? Sudah bisa membedakan antara Cake dan Pastry kan?

Leave a Reply

You may also like

Tips Memilih Beras Berkualitas, Baik dan Sehat


Mendapatkan beras yang berkualitas memang tidak mudah. Terlebih…



Manfaat Bunga Saffron Untuk Kesehatan!


Saffron adalah salah satu jenis rempah tradisional…



Resep Roti Panggang


Belum memiliki ide dan Anda penggemar roti panggang untuk sarapan? Ingin coba sensasi lain dengan roti panggang tanpa mengindahkan kesehatan Anda? Coba resep sederhana ini…



Tips Menyiapkan Bekal Si Kecil untuk Pergi Ke Sekolah!


Setelah adanya pandemi corona, akhirnya pemerintah menerapkan sistem…



Destinasi Wisata Saat Merayakan Tahun Baru!


Momen dan detik-detik pergantian tahun merupakan salah…



Jenis Bahan Makanan yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas


Kulkas atau lemari pendingin dan freezer saat ini…



7 Tips Praktis Menghilangkan Bau Kulkas


Kulkas memang sering dipakai dan menyimpan banyak makanan,…



Siapa bilang bulan puasa tidak bisa berhemat? temukan tipsnya disini!


Biasanya di bulan puasa pengeluaran rumah tangga semakin membengkak. Pengeluaran kita menjadi jauh lebih tinggi dibandingkan bulan-bulan biasa. Apalagi kalau ada tawaran berbuka puasa di luar…



Ini Hal yang Perlu Diketahui Ketika Menyiapkan Perlengkapan Bayi!


Menyiapkan perlengkapan untuk calon buah hati merupakan hal…