Welcome to Hypermart
Sign in    |    Sign up

Halo Hypermart Lovers! Berbuka puasa identik dengan yang manis-manis, mulai dari minuman hingga makanan. Tentunya juga acara berbuka puasa terasa tidak lengkap jika tidak ditemani oleh takjil, bukan? Ya, setelah berpuasa tentunya kita menginginkan takjil yang bisa dimakan sebelum menyantap makanan utama berbuka. Setelah energi habis terkuras dan dahaga yang sudah lama terbendung, biasanya kita akan mencari makanan dengan rasa yang manis.

Nah, Hypermart Lovers pastinya sudah mengenal cheesecake, bukan? Kue yang memiliki tekstur lembut dengan perpaduan rasa manis dan gurih dalam satu gigitan. Hanya membayangkannya sebagai menu berbuka puasa saja sudah menggugah selera. Kue yang biasanya dimakan sebagai hidangan penutup ini dibuat dengan mencampurkan keju bertekstur lembut, telur, susu dan gula. Umumnya, keju yang digunakan untuk membuat cheese cake adalah keju krim.

Kue yang satu ini emang sudah sangat terkenal di berbagai belahan dunia. Tentunya setiap negara mempunyai variasi cheese cakenya sendiri. Salah satu varian cheese cake yang banyak digemari adalah lemon cheese cake. Tambahan rasa lemon yang segar dan sedikit asam ini memberikan sensasi yang berbeda pada cheese cake. Nah berikut resep dan cara membuat lemon cheese cake tanpa oven yang tentunya sangat mudah bagi Hypermart Lovers yang ingin menyuguhkannya sebagai menu berbuka puasa bersama keluarga ataupun bersama teman-teman.

Bahan dasar cheese cake : 
1. 15-20 biskuit vanilla atau sesuai selera, remukkan
2. 65 gr butter tanpa garam, lelehkan

Bahan cheese cake :
1. 375 gr krim keju
2. 400 gr susu kental manis
3. 100-125 ml air perasan jeruk lemon
4. 125 ml double cream untuk membuat whipped cream

Cara membuat :
1. Masukkan butter tanpa garam yang sudah dilelehkan ke dalam adonan biskuit yang sebelumnya sudah diremukkan. Aduk hingga merata.

2. Lalu masukkan adonan biskuit pada loyang yang sudah diberi alas kertas nasi dan ratakan sambil ditekan-tekan sampai merata dan padat. Sisihkan.

3. Pada wadah berbeda, masukkan krim keju dan susu kental manis lalu kocok dengan mixer hingga tekstur menjadi halus.

4. Setelah halus, masukkan air perasan jeruk lemon ke dalam adonan krim. Lalu kocok kembali dengan mixer hingga tercampur rata. Sisihkan.

5. Masukkan double cream dalam wadah yang berbeda, lalu kocok hingga berubah kaku menjadi whipped cream.

6. Lalu masukkan whipped cream ke dalam adonan krim keju dan aduk hingga semua bahan tercampur menjadi satu.

7. Tuangkan adonan krim keju ke loyang yang berisi adonan biskuit. Kemudian ratakan adonan krim keju menggunakan sendok.

8. Setelah rata, tutup dengan kertas alumunium foil dan masukkan ke dalam kulkas selama kurang lebih 2 jam.

9. Setelah 2 jam, sebelum membuka loyang, pisahkan terlebih dahulu kue dengan loyang menggunakan pisau.

10. Lemon cheese cake pun siap dinikmati. Selamat mencoba!