Welcome to Hypermart
Sign in    |    Sign up

Serupa Tapi Tak ama, Inilah Perbedaan Antara Pancake dan Waffle

Waffle dan pancake merupakan salah satu makanan sederhana yang disukai oleh hampir semua orang. Cara memasak kedua makanan ini pun sangat mudah. Karena bisa dibuat dengan bahan sederhana, banyak orang yang suka praktik membuat keduanya di rumah sebagai menu sarapan atau camilan saat sore hari. Mengenai waffle dan pancake, tahukah Anda bahwa kedua makanan yang memiliki cita rasa sama enaknya ternyata adalah makanan yang berbeda. Meski keduanya sering dikira sebagai makanan yang nyaris sama, ada perbedaan khusus di keduanya. Bahan untuk mengolah waffle dan pancake itu berbeda dan mempunyai tekstur yang berbeda karena metode mengolahnya juga berbeda. Yuk, ketahui terlebih dahulu perbedaan waffle dan pancake sebelum membuatnya!

  • Bahan

Bahan untuk adonan waffle dan pancake memang hampir sama, hanya saja memiliki rasio yang berbeda. Keduanya terdiri dari tepung terigu protein sedang, baking soda, gula, garam, telur, mentega, dan susu cair. Adonan waffle mengandung persentase gula yang lebih tinggi (untuk karamelisasi) daripada pancake. Waffle juga lebih banyak menggunakan mentega atau lemak, dan terkadang juga menambahkan ekstrak vanila.

  • Metode Pengolahan

Di awal pengolahan, adonan waffle dibuat dengan mencampur bahan kering bersama-sama terlebih dahulu, kemudian menggabungkan semua bahan basah kecuali putih telur.

Putih telur dikocok sendiri terlebih dahulu hingga berbusa, kemudian dimasukan ke dalam adonan lainnya dan diaduk bersama. Dengan cara Ini adonan waffle memiliki konsistensi berbusa. Untuk proses memasaknya, waffle dimasak dalam waffle iron. Alat ini memiliki dua sisi dengan motif tertentu yang dipasang seperti dua piring panas. Adonan dituangkan ke satu sisi, kemudian ditutup dan dibalik supaya adonan menyebar merata. Teknik dan alat ini akan memberikan motif waffle yang menarik.

Pancake tidak memerlukan peralatan memasak khusus. Siapapun dapat membuat pancake menggunakan wajan sederhana. Adonan pancake dituangkan ke atas wajan panas yang sudah diberi minyak. Tunggu hingga salah satu sisinya matang, lalu balik sehingga kedua sisi menjadi matang keemasan.

  • Tekstur

Pancake berwarna coklat keemasan di bagian luar, dengan tekstur yang empuk, lembut, dan mengembang. Sedangkan, waffle renyah di bagian luar dan lebih ringan dibanding pancake.

Ketika diberi topping seperti sirup atau es krim, pancake perlahan menyerap semuanya sehingga teksturnya menjadi lembut dan lembab. Ini sangat berbeda dengan waffle, tekstur waffle tidak banyak berubah walaupun diberi topping yang lembab.

  • Nutrisi

Waffle mengandung lebih banyak kalori, total lemak, kolesterol, karbohidrat, dan protein daripada pancake (karena adonan bahan mereka). Ini karena adonan waffle mengandung lebih banyak mentega atau minyak daripada adonan pancake.

Jika dibandingkan, pancake memiliki kalori lebih rendah daripada waffle. Karena lebih mengandung banyak lemak, waffle juga memiliki kadar kolesterol yang lebih tinggi.

 

Bagaimana, sudah tahu perbedaannya kan? Nah, itulah perbedaan pancake dan waffle yang harus Anda ketahui. Dari dua makanan tersebut, Anda paling suka yang mana?

Leave a Reply

You may also like

Tips Memilih Ikan Salmon Segar


Ikan Salmon adalah salah satu ikan yang bisa…



Ternyata 3 Jenis Ikan Bermanfaat Untuk Si Kecil


Bunda pastinya ingin memberikan gizi terbaik untuk buah…



Atlet Asean Games Akan Mencicipi Makanan Tradisional


Tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah untuk event…



Resep Nasi Bakar Ikan Tuna


Tak hanya dikenal dengan kekayaan budaya dan…



3 Resep Makanan Khas Bali yang anti Mainstream


Jika mendengar kata “Bali” apa yang ada di…



Tahun Baru Saka, Makna dan Harapan


Hari Raya Nyepi merupakan acara peringatan Tahun…



Bahan Pengganti Kecap Asin Agar Masakan Tetap Sedap


Kecap adalah salah satu bahan penyedap masakan yang…



Tips Menggoreng Makanan Agar Tidak Kolesterol


Menggoreng makanan adalah proses memasak yang sebenarnya tidak…



Resep Ginger Cookies dan Kue Kering Khas Natal


Tidak terasa sekarang sudah di tengah-tenagh bulan Desember…