Welcome to Hypermart
Sign in    |    Sign up

Tips Agar Kentang Tidak Mudah Menghitam Setelah Dikupas

Kentang adalah salah satu sumber karbohidrat baik untuk menyuplai energi dalam tubuh. Kentang juga sering dijadikan sebagai lauk makan karena mudah diolah menjadi berbagai masakan. Untuk menghasilkan olahan kentang yang baik, tidak hanya proses masaknya yang harus Anda perhatikan, tapi juga penyimpanannya. Karena, jika kentang dibiarkan beberapa menit setelah dipotong maka akan mengalami perubahan menjadi berwarna hitam. Kentang yang sudah berubah menjadi berwarna hitam tentu saja tidak menarik lagi penampilannya. Dan ketika dimasak juga warnanya kusam dan tidak menggugah selera.

Warna Kentang Berubah Setelah Dikupas

Sama hal nya seperti buah apel, kentang juga mengalami perubahan warna setelah dikupas dan dipotong. Di dalam kentang terdapat zat yang tidak bisa bersinggungan langsung dengan oksigen udara. Jika hal ini terjadi, kentang akan mengalami oksidasi, yaitu proses zat yang bersinggungan langsung dengan oksigen di udara. Dan proses oksidasi ini yang menyebabkan warna kentang berubah menjadi hitam setelah dikupas.

Tips Agar Kentang Tidak Menghitam Setelah Dikupas

Untuk mencegah agar kentang jangan sampai berubah warna menjadi kecoklatan apalagi kehitaman setelah dikupas, proses oksidasi harus dihentikan. Artinya Anda harus membuat kentang tersebut tidak bersinggungan secara langsung dengan udara bebas. Bagaimana caranya?

Kentang dalam jumlah sedikit:

Rendam potongan kentang ke dalam air bersih dan kentang tidak akan mengalami perubahan warna lalu tiriskan.

Kentang dalam jumlah banyak:

  • Masukkan kentang yang telah dikupas ke dalam larutan 1 liter air (sesuaikan dengan banyaknya kentang) & 2 sdm garam dapur. Tiriskan.
  • Masukkan kentang yang telah dikupas ke dalam larutan 1 liter air (sesuaikan dengan banyaknya kentang) + 2 sdm garam dapur + 1 sdm kapur. Tiriskan.

Kentang yang telah melalui proses ini tidak akan berubah hitam meski tidak direndam dalam air terus menerus.

Kentang Berubah Warna Kehijauan

Pernah mengalami saat menyimpan kentang di luar ruangan dengan waktu yang cukup lama, lalu kentang itu berubah warna menjadi agak kehijauan? Jika pernah, seharusnya kentang lebih baik dibuang. Karena jika kentang sudah berubah warna menjadi warna hijau, itu menandakan bahwa kentang mengandung racun bernama solanin. Jika tetap di konsumsi, racun tersebut bisa berbahaya bagi tubuh. Pastikan seluruh anggota keluarga Anda mengetahui informasi penting ini.

Leave a Reply

You may also like

7 Tips Praktis Menghilangkan Bau Kulkas


Kulkas memang sering dipakai dan menyimpan banyak makanan,…



Wow 3 Jenis Garam Berikut Ini Dapat Membuat Masakan Terasa Lezat! Nomer 2 Paling Mantap!


Garam merupakan bumbu dapur yang sangat penting dan dapat menambah kenikmatan masakan. Kehadiran garam dapat membuat makanan yang terasa hambar menjadi lezat. Di indonesia sendiri,…



Jus VS Smoothie


Hypermart Lovers, Jus dan smoothie adalah dua alternatif minuman sehat yang dapat dikonsumsi sehari-hari dan praktis pembuatannya. Keduanya memiliki manfaat untuk kesehatan. Jus dapat meberikan…



Cara Jitu Membujuk Anak Susah Makan


Kurang nafsu makan pada anak maupun orang dewasa…



Mitos dan Fakta tentang Buah Durian


Memiliki aroma yang sangat khas serta memiliki rasa…



Cara Tepat Agar Anak Gampang Makan


Disaat anak susah makan saat disuapi makanan atau…



Cara Menghilangkan Lemak Membandel dari Peralatan Masak Saat Lebaran!


Hari Raya Idul Fitri merupakan momen penting berkumpul…



Tips Mengolah Kepiting Agar Tidak Amis


Kepiting merupakan salah satu makanan seafood yang paling…



Dekorasi Natal yang Wajib Ada di Rumah


Natal selalu menjadi momen yang selalu ditunggu-tunggu setiap…