Welcome to Hypermart
Sign in    |    Sign up

Tips Dasar Dekorasi Kue Ulang Tahun Homemade

Merayakan ulang tahun merupakan hal yang biasa kita lakukan setiap tahun. Namun, disamping perayaan ulang tahun yang terpenting adalah kita harus mensyukuri kesehatan dan panjang umur yang telah diberikan Tuhan kepada kita. Saat merayakan ulang tahun, pasti ada sebuah kue ulang tahun yang menjadi pemanis dalam pesta ulang tahun. Kue yang indah dan cantik sangat didambakan oleh orang yang sedang berulang tahun. Kue yang Anda buat boleh saja lezat, namun tentu akan lebih menarik jika Anda menghiasnya dengan cantik, sehingga baik Anda maupun kerabat Anda enggan mencicipinya karena terlalu indah atau justru ingin segera menyantapnya karena terlalu elok untuk sekadar dipandang saja.

Cara menghias kue ulang tahun ada banyak teknik dan juga bahannya. Namun ada beberapa teknik yang mudah dan tentu saja dengan bahan-bahan yang mudah untuk didapat. Teknik menghias kue ulang tahun tingkat tinggi membutuhkan banyak sekali peralatan yang tentu saja diperuntukkan untuk menghias kue ulang tahun maupun menghias kue lainnya. Simak tips berikut ini untuk mengetahui tips dasar mendekorasi kue ulang tahun :

  1. Tentukan Rasa, Jenis Kue, Pelapis, serta Dekorasinya

Hal pertama yang perlu dipikirkan adalah kombinasi kue, pelapis, dan dekorasinya. Kue dasar bisa dikombinasikan dengan rasa dan dekorasi apapun. Sedangkan beberapa kue, perlu lebih hati-hati dalam memilihnya. Misalnya, red velvet akan lebih cocok dengan butter ceam vanilla dan topping stroberi. Bila red velvet dipadukan dengan kiwi atau matcha, akan membuat tampilannya kurang indah.

  1. Siapkan Alat

Siapkan alat-alat yang diperlukan saat mendekor kue agar mudah. Alat yang wajib ada saat mendekor kue adalah piring putar dan pisau palet untuk mengolesi kue dengan buttercream. Jika tidak ada piring putar, gunakan piring makan cekung yang besar, lalu letakkan dengan posisi terbalik. Bila Anda ingin ada variasi desain, siapkan juga plastik segitiga dan beragam bentuk spuit.

  1. Tumpukan Kue Sesuai Selera

Berbeda dengan kue yang tipis, kue yang tebal lebih terlihat mewah dan menawan daripada kue dengan bentuk yang tipis. Ketebalan kue tergantung pada selera Anda.

Diantara sela tumpukan kue, beri lapisan selai, cream, atau sirup. Contohnya, antara lapisan cheesecake dapt diberi sirup maple. Atau paduan cheese cream di antara lapisan rainbow cake. Tujuannya agar antar lapisan kue merekat dengan sempurna, sekaligus menambah cita rasa yang lezat pada kue.

  1. Hati-Hati saat melapisi Kue

Jenis pelapis kue ada banyak macamnya, seperti icing, fondant, dan frosting. Bagi pemula, metode frosting lebih mudah untuk dilakukan. Terutama frosting dari butter cream dan whipped cream. Sebelum digunakan, pastikan warna dan rasa cream sudah pas. Anda bisa berkreasi dengan tambahan esensi atau pewarna makanan. Contohnya, dengan adanya tambahan perasa keju untuk buttercream pada cheesecake.

Selanjutnya, lapisi kue bagian atas terlebih dahulu. Gunakan pisau palet untuk meratakan cream di permukaan kue. Pastikan setiap bagian tidak ada yang bolong dan permukaan kue sama rata. Selain itu, jangan pernah memegang kue dengan tangan Anda, karena hal ini akan menghancurkan lapisan kue.

Setelah selesai dilapisi, masukkan kue ke dalam kulkas hingga lapisan sedikit lebih keras. Tidak perlu terlalu lama, karena kue bisa menjadi rapuh bila terlalu lama didinginkan di dalam kulkas.

  1. Dekorasi Kue Sesuka Hati

Terakhir, dekorasi kue sesuai dengan selera Anda. Bisa menggunakan meses, permen, coklat, atau mungkin cream dari frosting. Dekorasi yang paling mudah bagi pemula adalah memakai spuit. Anda bisa buat bunga, pita, atau tulisan dengan bantuan beragam bentuk spuit. Variasikan dengan tambahan sprinkle, meses, atau irisan buah.

Menghias kue memang membutuhkan ketekunan dan ketelatenan. Bagi Anda yang merasa kesulitan dalam membuatnya, jangan putus asa. Karena tips ini merupakan solusi bagi Anda yang ingin mendekorasi kue ulang tahun homemade.

Leave a Reply

You may also like

TIps Membuat Alis


Setuju gak sih kalau alis menjadi salah satu bagian penting untuk lebih percaya diri? Nah, coba tutorial sederhana berikut biar alis tampak cetar dan tetap…



Mengenang Masa Kecil dengan Membuat Permen Gula Asem Pedas


Permen gula asam manis adalah jajanan tradisional jaman…



Manfaat Susu


Hypermart lovers, kita tahu susu adalah minuman yang kaya akan kalsium, sehingga baik untuk pertumbuhan dan kepadatan tulang. Bukan cuma itu manfaatnya, susu merupakan sumber…



Tips Menggoreng Ikan Hingga Kering, Garing dan Renyah


Ikan merupakan sumber protein yang sangat baik. Ikan…



5 Barang Alternatif Pengganti Plastik yang Ramah Lingkungan!


Pemakaian beberapa bahan plastik menjadi masalah serius belakangan…



Fakta Unik Tentang Bayi Baru Lahir


Di balik tubuh mungil, wajah menggemaskan, dan kulitnya…



Resep Tomyam Seafood Segar khas Negeri Gajah


Seafood merupakan salah satu makanan yang cukup digemari…



BACK TO SCHOOL! 5 Tips Agar Anak Semangat Masuk Sekolah


Liburan sekolah merupakan waktu yang paling menyenangkan bagi…



Resep Roti Panggang


Belum memiliki ide dan Anda penggemar roti panggang untuk sarapan? Ingin coba sensasi lain dengan roti panggang tanpa mengindahkan kesehatan Anda? Coba resep sederhana ini…



Tips Dasar Dekorasi Kue Ulang Tahun Homemade

Teh hangat dikenal dapat membuat tidur lebih nyenyak. Namun hal ini masih menjadi perdebatan, karena banyak juga yang tidak merasakan pengaruh dari minum teh bagi masalah susah tidur. Tiap kandungan daun teh mengandung kafein, kandungan kafein adalah zat stimulan yang bisa ditemukan dalam banyak produk makanan atau minuman, contohnya ada pada kopi. Kafein berfungsi untuk menstimulasi (merangsang) tubuh agar tetap awas dan terjaga, tidak ngantuk. Teh hijau, teh hitam, atau teh berwarna putih mengandung kira-kira di bawah 100 gram kafein per cangkirnya. Sayangnya, kafein yang Anda konsumsi sebelum tidur dapat membuat tubuh terjaga karena menghalangi bahan kimia otak yang merangsang rasa ngantuk. Produksi hormon adrenalin dalam tubuh pun juga akan semakin terpicu setelah Anda minum teh.

Namun Anda bisa mencoba jenis teh yang lain untuk membantu badan Anda untuk menjadi lebih rileks, yaitu teh herbal. Teh herbal ini umumnya tidak memiliki kafein. Walaupun ada, pasti kandungan kafeinnya sangat sedikit sehingga tidak menyebabkan susah tidur. Anda bisa mencoba varian teh herbal berikut ini:

  1. Teh Kamomil : Teh kamomil terbuat dari bunga kamomil yang dikeringkan. Teh kamomil mempunyai efek baik bagi tubuh, yaitu membuat tidur lebih nyenyak dan bisa meredakan kecemasan yang melanda. Teh ini tidak mengandung kafein.
  2. Teh Daun Mint : Teh herbal yang satu ini komposisi utamanya adalah dari daun mint yang dikeringkan. Teh ini sama sekali tidak mengandung kafein. Minum teh di malam hari jenis ini berguna untuk meredakan sakit perut dan membuat pikiran dan tubuh jadi tenang. Namun, untuk orang yang memiliki penyakit asam lambung sebaiknya tidak mengonsumsi teh herbal ini di malam hari.
  3. Teh Akar Jahe : Gunakan akar jahe sebagai bahan utamanya. Teh jahe ini secara alami tidak mengandung kafein, berguna untuk meredakan mual, dan membuat otot-otot badan menjadi rileks. Cara membuatnya adalah dengan memasukan potongan akar jahe sebesar ruas jari, lalu tuangkan air panas dan diamkan beberapa menit. Anda pun siap minum teh di malam hari tanpa takut insomnia atau susah tidur.

Jadi jika Anda mengalami masalah susah tidur, Anda bisa mencoba minum teh herbal seperti ulasan diatas. Semoga tipsnya bermanfaat ya Hypermart Lovers!

Leave a Reply

You may also like

Selain Jeruk, Gunakan 5 Bahan Ini untuk Menghilangkan Bau Amis pada Ikan!


Selain memiliki daging yang sehat dan kaya protein,…



7 Tips Menambah Nafsu Makan Anak


Nafsu makan seseorang pada umumnya dipengaruhi oleh hormon…



Resep Molten Lava Cake untuk Rayakan Valentine!


Cokelat adalah salah satu jenis makanan favorit anak-anak…



Mengenang Masa Kecil dengan Membuat Permen Gula Asem Pedas


Permen gula asam manis adalah jajanan tradisional jaman…



Praktis Menghilangkan Noda Membandel


Noda pada baju bisa membuat pemakainya tidak percaya diri alias…



Digital Mom


Digital Mom' menghabiskan cukup banyak waktu menjelajahi internet untuk belanja maupun mencari tahu berbagai hal penting dan menarik untuk anak dan keluarganya. Tidak hanya mengenai…



3 Resep Makanan Khas Bali yang anti Mainstream


Jika mendengar kata “Bali” apa yang ada di…



Siapa bilang bulan puasa tidak bisa berhemat? temukan tipsnya disini!


Biasanya di bulan puasa pengeluaran rumah tangga semakin membengkak. Pengeluaran kita menjadi jauh lebih tinggi dibandingkan bulan-bulan biasa. Apalagi kalau ada tawaran berbuka puasa di luar…



5 Tips Membedakan Madu Asli dan Palsu


Madu memang menjadi salah satu bahan minuman alami…