Welcome to Hypermart
Sign in    |    Sign up

Tips Memilih Ikan Salmon Segar

Ikan Salmon adalah salah satu ikan yang bisa menjadi bahan makanan yang sehat dan memiliki segudang manfaat bagi penikmatnya. Selain rasanya yang sedap, kandungan di dalamnya juga bermanfaat untuk tubuh Anda. Salmon sendiri memiliki kandungan protein yang tinggi dibanding ikan lainnya. Mineral dan vitamin dalam ikan salmon juga tergolong lengkap. Dalam salmon, terdapat mineral penting seperti kalium, selenium, dan vitamin B-12. Kandungan lain yang dianggap paling berguna dalam ikan salmon adalah asam lemak omega-3. Zat terakhir adalah asam lemak esensial alami dalam salmon, yaitu dalam bentuk asam eikosapentatonik (EPA) dan asam dokosaheksanoik (DHA) .

Jika Anda memilih salmon yang kurang baik, maka rasa, kandungan dan teksturnya akan berbeda dan hilang. Oleh karena itiu, disini kita akan membahas cara memilih salmon yang baik. Simak cara memilih ikan salmon berikut ini.

1. Warna dan tekstur

Anda pasti tahu bahwa daging ikan salmon memiliki warna orange, berbeda dengan ikan lain yang umumnya berwarna putih. Ketika membeli ikan salmon, terutama fillet, pilihlah ikan yang punya warna orange cerah dan merata. Ikan salmon yang sudah tidak segar cenderung memiliki warna yang tak merata, karena bagian atas dagingnya akan berwarna lebih gelap. Selain itu, pilihlah ikan salmon yang memiliki tekstur lunak namun tak mudah hancur.

2. Tidak Amis

Satu hal yang paling membedakan ikan salmon dengan ikan yang lainnya adalah aromanya yang berbeda. Ikan salmon ini memiliki bau yang segar dan tak begitu amis. Jika beli salmon di pasar dan mendapatkan ikan dengan aroma tak sedap dan sangat amis, maka bisa dipastikan salmon sudah tak segar dan kualitasnya sudah menurun.

3. Tidak Berair

Jika Anda membeli ikan salmon fillet dalam kemasan, pilihlah potongan ikan salmon fillet yang segar tak mengandung air. Jika Anda lihat di sudut kemasan terdapat tetesan air, maka bisa disimpulkan bahwa kualitas ikan sudah menurun dan sudah terkontaminasi udara luar.

4. Perhatikan insang dan kulit salmon

Insang yang dimiliki oleh ikan salmon segar ditunjukkan dengan warnanya yang merah segar. Jika insang berwarna pucat maka berarti salmon sudah tak segar lagi. Selain itu, ikan salmon segar juga memiliki kulit dengan sisik berkilau dan lembab.

5. Pilih ikan salmon yang bersih

Pilihlah Ikan Salmon yang bersih meskipun kotoran bisa dibersihkan, kotoran tersebut bisa mengandung bakteri yang akan mengontaminasi daging ikan salmon.

Leave a Reply

You may also like

Praktis Menghilangkan Noda Membandel


Noda pada baju bisa membuat pemakainya tidak percaya diri alias…



Ternyata air cucian beras masih ada manfaatnya! untuk apa saja?


Apa yang Anda lakukan dengan air cucian beras?…



Food Truck Makanan Gratis saat Asian Games


Hypermart Lovers! Asian Games 2018 tinggal hitungan hari…



BACK TO SCHOOL! 5 Tips Agar Anak Semangat Masuk Sekolah


Liburan sekolah merupakan waktu yang paling menyenangkan bagi…



Makanan Hitam Nan Menggiurkan Yang Ramai Diperbincangkan


Pada awal tahun ini, dunia kuliner digegerkan dengan…



Makanan Akan Melimpah Saat Lebaran. Bagaimana Cara Agar Tetap Sehat Walau Makan Banyak?


Makanan Akan Melimpah Saat Lebaran. Bagaimana Cara Agar Tetap Sehat Walau Makan Banyak? Hari raya Idul Fitri tinggal menghitung hari saja, moment yang di tunggu-tunggu…



Resep Cumi Bakar Madu


Menu seafood yang satu ini merupakan salah satu…



Resep Spaghetti Tuna Sambal Matah


Makanan olahan asal Italia ini sangat populer di…



Resep Banana Nugget


Jika dulu pisang lebih sering diracik menjadi pisang goreng, kali ini olahannya juga bisa dibuat menjadi pisang nugget yang lagi kekinian dan disukai anak-anak loh!…