Welcome to Hypermart
Sign in    |    Sign up

Tips Memilih Minyak Goreng & Margarin yang Aman dan Sehat

Saat ini banyak sekali minyak goreng dan margarin yang beredar di pasar. Agar masakan di rumah tetap sehat dan bergizi, faktor pemilihan minyak goreng dan margarin sangat penting untuk diperhatikan juga. Minyak digunakan untuk memasak, menggoreng dan menumis. Kegunaan minyak dalam memasak dapat digantikan dengan mentega ataupun margarin. Hal ini merupakan hal yang wajar karena memiliki fungsi yang sama, yakni memperlezat masakan.

Banyak perdebatan dua jenis bahan baku untuk memasak ini mana yang lebih sehat untuk digunakan. Pada dasarnya ada 2 jenis lemak, yaitu lemak jenuh dan lemak tidak jenuh. Lemak jenuh banyak terdapat pada lemak hewan dan mentega, sedangkan lemak tidak jenuh banyak terdapat pada minyak kelapa, minyak kelapa sawit, minyak wijen, minyak zaitun dan lemak yang berasal dari tumbuhan lainnya.

Minyak umumnya terdiri dari lemak tak jenuh, yaitu mono-unsaturated dan poly-unsaturated, sedangkan mentega memiliki rasa asin, memiliki lemak jenuh lebih dalam bentuk protein mentega, protein susu dan juga sejumlah air di dalamnya. Meskipun mentega mengandung lemak jenuh, namun lemak ini sehat untuk jantung.

Jadi, jangan sembarangan memilih minyak goreng dan margarin. Apalagi hanya melihat dari promosi yang sedang berlangsung, atau harga yang paling murah. Sebagai konsumen Anda harus bijak dan cerdas pula dalam memilih produk. Berikut ini beberapa tips dalam memilih minyak goreng dan margarin yang sehat serta bermutu.

 

  1. Pilih produk minyak goreng dari sawit pilihan

Pilih minyak goreng dengan mutu yang baik, yaitu yang terang, jernih, dan dibuat dari sawit pilihan yang diproses dan disaring dengan teknologi tinggi secara ketat. Minyak goreng dari sawit pilihan akan menuliskan label “dari sawit pilihan” atau “hasil sawit pilihan”.

  1. Pilih minyak goreng berkualitas

Selalu pilih minyak goreng baru yang masih jernih dan terlihat bening. Pastikan minyak tersebut tidak terlalu kental. Hindari menggunakan minyak jelantah yang umumnya terlihat kental, minyak dengan karakter tersebut bisa meningkatkan risiko terkena kanker dan kolesterol. Selain itu, jika tercium bau tengik pada minyak, maka itu tandanya minyak goreng tersebut adalah jelantah dan sudah rusak.

  1. Pilih margarin dan minyak goreng yang kaya nutrisi

Pilih minyak goreng dan margarin yang tertera keterangan bahwa kaya akan nutrisi, seperti vitamin dan beta karoten. Selain kandungan vitamin, minyak goreng dan margarin yang baik juga kaya akan omega seperti omega 3, omega 6, dan omega 9. Kandungan omega tersebut dapat menjaga kesehatan jantung.

  1. Cek kemasan produk

Kemasan produk harus masih tersegel dengan rapi. Produk harus diproses dan dikemas dalam kondisi higienis di tempat berlisensi. Perhatikan label merek dagang, bulan dan tahun pembuatan juga harus teridentifikasi. Pastikan bahwa produk tersebut belum kadaluwarsa..

Produk juga harus diakui lembaga sertifikasi yang diakui, ditandai dengan tanda sertifikasi badan tersebut, seperti BPOM. Juga untuk memastikan kehalalan produk, pastikan terdapat label halal.

Itulah tips memilih minyak goreng dan margarin yang berkualitas dan sehat. Tak perlu ragu lagi dalam memilih minyak goreng dan margarin, kan? Lakukan tips di atas untuk sajian sehat dan lezat bagi keluarga. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

You may also like

Resep Nasi Bakar Ikan Tuna


Tak hanya dikenal dengan kekayaan budaya dan…



Luar Biasa! Kulit buah ternyata banyak manfaatnya! no 3 paling mengejutkan!


1.Apel Ternyata tidak hanya daging buahnya saja yang…



Atlet Asean Games Akan Mencicipi Makanan Tradisional


Tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah untuk event…



Bahan Pengganti Kecap Asin Agar Masakan Tetap Sedap


Kecap adalah salah satu bahan penyedap masakan yang…



Wow 3 Jenis Garam Berikut Ini Dapat Membuat Masakan Terasa Lezat! Nomer 2 Paling Mantap!


Garam merupakan bumbu dapur yang sangat penting dan dapat menambah kenikmatan masakan. Kehadiran garam dapat membuat makanan yang terasa hambar menjadi lezat. Di indonesia sendiri,…



Cara Ngabuburit yang Asik dan Seru Selama Bulan Ramadan


Banyak sekali aktivitas ngabuburit yang asik dan…



Praktis Menghilangkan Noda Membandel


Noda pada baju bisa membuat pemakainya tidak percaya diri alias…



Tips Agar Kentang Tidak Mudah Menghitam Setelah Dikupas


Kentang adalah salah satu sumber karbohidrat baik untuk…



Selain Jeruk, Gunakan 5 Bahan Ini untuk Menghilangkan Bau Amis pada Ikan!


Selain memiliki daging yang sehat dan kaya protein,…