Welcome to Hypermart
Sign in    |    Sign up

Tips Menggoreng Ikan Hingga Kering, Garing dan Renyah

Ikan merupakan sumber protein yang sangat baik. Ikan juga memiliki gizi yang diperlukan terutama untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Ikan bisa diolah menjadi berbagai hidangan apapun dan memiliki rasa yang lezat, seperti ikan goreng misalnya. Memang terlihat gampang, tetapi banyak orang yang tak bisa goreng ikan sampai garing renyah. Menggoreng ikan juga perlu kecermatan, dari bumbu sampai suhu minyak yang dipakai. Bagi para pemula yang baru belajar masak atau jarang sekali ke dapur, ikan adalah bahan yang paling dihindari. Jika Anda tahu cara menggoreng ikan dengan benar, ikan goreng plus sambal bisa jadi santapan enak.

Sebelum memasuki tahap-tahap untuk mendapatkan ikan yang garing dan renyah saat digoreng, sebaiknya keringkan ikan terlebih dahulu menggunakan lap atau tisu dapur. Karena ikan yang masih basah dan langsung digoreng akan membuat ikan mempunyai tekstur daging yang lembek. Pastikan ikan benar-benar kering saat sebelum di goreng. Hindari juga memasak ikan yang masih dingin atau baru saja keluar dari kulkas. Diamkan dulu ikan yang baru dikeluarkan dari kulkas pada suhu ruangan selama minimal 15 menit. Setelah itu baru olah ikan. Menggoreng langsung ikan beku atau dingin akan membuat tingkat kematangannya tidak merata. Ikan akan kering di luar tapi masih mentah di dalam. 

Untuk mendapatkan hasil ikan yang  garing, renyah dan gurih tentu ada trik-trik tertentu yang harus dilakukan saat menggoreng. Bagaimana caranya agar ikan goreng terasa lebih garing dan renyah, ini dia tipsnya :

  1. Perhatikan pemilihan ikan

Untuk mendapatkan tekstur ikan goreng yang benar-benar garing, Anda harus memastikan jika ikan yang Anda pilih segar. Ikan yang kurang segar akan cepat hancur dan dagingnya mudah terurai. Selain itu, ikan berbentuk pipih seperti ikan nila, kakap, mas, atau bawal hitam akan lebih mudah digoreng hingga garing daripada ikan berbadan tebal seperti tongkol. 

Bersihkan isi perut ikan, buang insang dan sisiknya. Kerat-kerat kedua sisi badan ikan. Jika ikan agak besar, potong menjadi dua. Cuci bersih dan tiriskan.

  1. Rendam ikan dengan bumbu

Selain membuat bumbu lebih meresap ke dalam daging ikan, ternyata proses perendaman bumbu juga bisa membantu agar kandungan air dalam ikan keluar. Itu sebabnya setelah proses marinasi, kita akan melihat bumbu bekas marinasi jadi lebih encer. Ikan pun jadi akan lebih garing ketika digoreng. Untuk hasil maksimal, Anda bisa merendam ikan selama beberapa jam dalam kulkas.

  1. Tiriskan bumbu ikan

Setelah beberapa saat dimarinasi, keluarkan ikan dari kulkas dan biarkan sampai suhunya stabil. Setelah itu, tiriskan ikan dan pisahkan dari bumbunya. Ikan yang terlalu banyak bumbu ketika digoreng akan jadi susah kering. Anda tidak perlu takut rasa ikan hambar, karena bumbu sudah meresap ke dalam ikan selama proses perendaman sebelumnya.

  1. Goreng ikan dengan minyak banyak

Jika Anda ingin ikan yang benar-benar garing, maka Anda harus menggoreng ikan dengan teknik deep-frying, atau menggoreng makanan sampai terendam seluruhnya dalam minyak panas. Jika minyak terlalu sedikit, ikan malah jadi cepat hangus. Jangan lupa untuk memastikan jika minyak sudah benar-benar panas ketika ikan digoreng. Lalu goreng ikan dengan api sedang sampai benar-benar matang.

Leave a Reply

You may also like

Cintai Lingkungan, Seperti Mencintai Diri Sendiri


Tahukah Hypermart Lovers bahwa setiap tanggal 10 Januari,…



Wow 3 Jenis Garam Berikut Ini Dapat Membuat Masakan Terasa Lezat! Nomer 2 Paling Mantap!


Garam merupakan bumbu dapur yang sangat penting dan dapat menambah kenikmatan masakan. Kehadiran garam dapat membuat makanan yang terasa hambar menjadi lezat. Di indonesia sendiri,…



Cara Ngabuburit yang Asik dan Seru Selama Bulan Ramadan


Banyak sekali aktivitas ngabuburit yang asik dan…



Tips Menyimpan Beras Awet dan Bebas Kutu


Dalam hal urusan dapur, biasanya banyak orang yang…



Resep Jajanan Jongkong Surabaya


Jongkong Surabaya adalah jajanan manis basah tradisional yang…



Makanan Akan Melimpah Saat Lebaran. Bagaimana Cara Agar Tetap Sehat Walau Makan Banyak?


Makanan Akan Melimpah Saat Lebaran. Bagaimana Cara Agar Tetap Sehat Walau Makan Banyak? Hari raya Idul Fitri tinggal menghitung hari saja, moment yang di tunggu-tunggu…



Resep Roti Panggang


Belum memiliki ide dan Anda penggemar roti panggang untuk sarapan? Ingin coba sensasi lain dengan roti panggang tanpa mengindahkan kesehatan Anda? Coba resep sederhana ini…



Siapa bilang bulan puasa tidak bisa berhemat? temukan tipsnya disini!


Biasanya di bulan puasa pengeluaran rumah tangga semakin membengkak. Pengeluaran kita menjadi jauh lebih tinggi dibandingkan bulan-bulan biasa. Apalagi kalau ada tawaran berbuka puasa di luar…



Jus VS Smoothie


Hypermart Lovers, Jus dan smoothie adalah dua alternatif minuman sehat yang dapat dikonsumsi sehari-hari dan praktis pembuatannya. Keduanya memiliki manfaat untuk kesehatan. Jus dapat meberikan…