Welcome to Hypermart
Sign in    |    Sign up

Tips Menggoreng Makanan Agar Tidak Kolesterol

Menggoreng makanan adalah proses memasak yang sebenarnya tidak begitu dianjurkan bagi banyak ahli kesehatan. Bukan hanya kalorinya yang bertambah banyak, namun juga meningkatkan kadar kolesterol. Menggoreng dapat meningkatkan jumlah kalori dan kolesterol dari makanan yang dikonsumsi. Hal ini mungkin sedikit mengkhawatirkan bagi masyarakat yang berusaha untuk hidup sehat, bebas dari kolesterol jahat. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa dengan menggoreng, makanan akan terasa lebih lezat.

Ada banyak sekali makanan enak yang digoreng dan sulit melepaskan godaan makan makanan yang digoreng. Tapi bagaimana jika kolesterol naik? Nah, untuk menurunkan kadar kolesterol pada makanan yang digoreng, cara-cara sederhana ini yang bisa dilakukan di rumah.

 

Gunakan minyak zaitun atau minyak kelapa

Jika ingin menggoreng atau menumis, Anda bisa mengganti minyak goreng biasa dengan minyak zaitun atau kelapa yang lebih sehat dan rendah kolesterol. Dan pastinya lebih sehat dibanding dengan minyak lainnya.

Goreng dengan minyak bersih

Gunakan minyak baru yang bersih, belum keruh dan tidak kecoklatan. Karena minyak baru masih terjaga kualitasnya, dan kadar kolesterolnya tidak terlalu banyak dibanding minyak yang sudah dipakai berulang kali. Minyak yang sudah sering dipakai pasti lebih banyak kolesterol dan tidak sehat.

Goreng dengan minyak panas

Agar makanan yang digoreng tidak menyerap banyak minyak, goreng dalam keadaan minyak panas. Jangan memasukkan makanan sebelum apinya panas, namun jangan menggunakan api yang terlalu besar, bisa-bisa cepat gosong.

Tiriskan dengan kertas yang menyerap minyak

Setelah makanan diangkat dari penggorengan, tiriskan terlebih dahulu sebelum dimakan, lebih baik lagi jika dialasi tisu atau kertas makan yang bisa menyerap minyak agar minyak tidak berlebihan.

Jangan memanaskan makanan yang sudah digoreng

Setelah menggoreng makanan sebaiknya tidak digoreng lagi, bukan hanya mengurangi nutrisinya tapi juga menambah kadar kolesterol karena minyak akan menyerap lebih banyak minyak.

Jangan gunakan mentega atau margarin

Sebaiknya jangan memasak dengan mentega atau margarin untuk mengurangi potensi lemak trans dan jenuh yang memicu kolesterol. Lebih baik gunakan minyak zaitun atau minyak kelapa dibanding dengan menggunakan mentega atau margarin.

 

Itu dia beberapa langkah mudah untuk mengurangi kadar kolesterol pada makanan gorengan. Pastinya Anda ingin makanan yang dimasak itu baik bagi kesehatan seluruh anggota keluarga, kan? Yuk, mulai dari sekarang selalu ingat tips ini ya! Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Leave a Reply

You may also like

Tips Perawatan Kulit Kaki Sehat, Lembut, dan Cantik


Perawatan tubuh dan wajah adalah hal yang…



Kegiatan-Kegiatan Ngabuburit Saat #DirumahAja, Jadi Makin Asik!


Bulan Ramadan sangat erat kaitannya dengan ngabuburit atau…



Resep Mango Sago Khas Hongkong


Selain ada Buko Pandan dari Negara Thailand yang…



Tips Dasar Dekorasi Kue Ulang Tahun Homemade


Merayakan ulang tahun merupakan hal yang biasa kita…



Resep Spaghetti Tuna Sambal Matah


Makanan olahan asal Italia ini sangat populer di…



Cara Mengolah Daging Kambing Agar Empuk dan Tidak Bau


Saat Idul Adha tiba, biasanya kulkas di rumah…



Tips Menyiapkan Bekal Si Kecil untuk Pergi Ke Sekolah!


Setelah adanya pandemi corona, akhirnya pemerintah menerapkan sistem…



Tips Sukses Membuat Abon yang Kering, Enak, dan Tahan Lama


Abon merupakan salah satu makanan berbahan dasar daging…



Cara Ngabuburit yang Asik dan Seru Selama Bulan Ramadan


Banyak sekali aktivitas ngabuburit yang asik dan…