Welcome to Hypermart
Sign in    |    Sign up

Tips Sukses Membuat Abon yang Kering, Enak, dan Tahan Lama

Abon merupakan salah satu makanan berbahan dasar daging hewan yang tampak seperti serat-serat kapas daging yang telah diolah menjadi bentuk serpihan daging berukuran kecil dan dominan mempunyai warna coklat. Pada umumnya orang mengetahui bahwa hanya daging sapi dan kerbau lah yang bisa dijadikan untuk bahan pembuatan abon. Namun berbagai jenis daging sapi, ayam dan ikan sebenarnya dapat digunakan untuk pembuatan abon. Bahan-bahan lain ini tak kalah enak jika diproses menjadi abon. Kelebihan dari abon, yaitu dengan sistem penyimpanan yang kering dan hampir tidak sisa kadar air, abon awet disimpan berminggu-minggu hingga berbulan-bulan dalam kemasan yang rapat dari udara luar.

 

Dalam pembuatan abon sebenarnya bertujuan untuk bisa menambah keanekaragaman pangan, memperoleh olahan pangan yang berkualitas tinggi, daya tahan simpan yang lama, bisa meningkatkan nilai tukar, dan juga meningkatkan daya guna bahan mentahnya. Abon juga merupakan salah satu bentuk olahan kering yang memang sudah dikenal di kalangan masyarakat karena harganya yang cukup terjangkau dan juga rasanya yang lezat. Dalam pembuatan abon ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Yuk simak tipsnya di sini :

 

  1. Pilih bagian daging yang berserat dan tanpa lemak untuk dibuat abon

Pastikan Hypermart Lovers memilih bagian daging yang punya banyak serat dan tanpa lemak untuk membuat abon. Jika ingin membuat abon daging sapi, bagian gandik bisa dijadikan pilihan. Sedangkan jika ingin membuat abon ayam, bisa menggunakan bagian dada. Pemilihan bagian yang berserat dan tanpa lemak ini supaya daging tidak mudah hancur, bertekstur kering, dan mudah untuk disuwir halus. Untuk membuat abon dari daging ikan ini, pilihlah ikan yang dagingnya tebal dan berserat. Contohnya adalah ikan tongkol atau tuna.

  1. Rebus daging hingga empuk, kemudian disuwir halus

Didihkan sekitar 1 liter air, kemudian rebus daging yang sudah bersih hingga matang dan empuk. Tiriskan daging. Setelah daging dingin, kemudian, suwir-suwir daging tersebut sampai serat-seratnya tertarik, halus, dan tipis. Supaya lebih mudah, bisa menggunakan garpu untuk menyuwir daging.

  1. Masak daging suwir dengan santan dan racikan hingga kering

Daging yang telah disuwir halus lalu dimasak bersama santan dan bumbu-bumbu. Penggunaan santan di sini wajib hukumnya agar rasa dari abon bisa gurih dan teksturnya lembut. Selama direbus, Hypermart Lovers harus mengaduk daging secara terus-menerus dan perlahan supaya daging tidak gosong dan matang merata. Rebus dan aduk terus hingga santan habis dan daging mengering.

  1. Gunakan gula merah sebagai pemanis abon

Citarasa yang dimiliki abon adalah gurih-manis. Untuk mendapatkan rasa manis yang pas dan khas, gunakanlah gula merah sebagai pemanis. Masukkan gula merah tepat setelah daging suwir. Aduk-aduk perlahan supaya tidak ada gula merah yang menggumpal.

  1. Gunakan api kecil supaya tidak gosong

Abon yang baik dan nikmat itu memiliki tekstur yang kering. Oleh karena itu, proses memasak dan mengaduk-aduk daging hingga kering dan menjadi abon merupakan tahap yang penting. Supaya daging bisa benar-benar kering dengan baik, gunakanlah api yang kecil saja selama proses perebusan bersama santan. Api kecil akan memberikan panas yang konstan sehingga daging bisa jadi abon yang kering merata dan tidak ada yang gosong.

  1. Simpan abon dalam wadah kedap udara dan di dalam kulkas

Jangan buru-buru menyimpan abon ketika sudah matang. Abon yang sudah kering ini perlu dibiarkan terlebih dahulu di suhu ruangan supaya panasnya menguap. Jika langsung disimpan dalam wadah tertutup saat masih panas, abon tidak akan renyah dan baru 2 hari, pasti sudah basi. Setelah panasnya menguap, barulah simpan abon dalam wadah tertutup dan kedap udara. Abon bisa disimpan di suhu ruang saja dan bertahan hingga 1 minggu lamanya. Sementara, jika disimpan di dalam kulkas, daya tahannya bisa menjadi semakin lama, yakni mencapai 1 bulan.

 

Bagaimana Hypermart Lovers? Yuk coba buat di rumah dan jangan lupa untuk mempraktikkan tips diatas! Selain disantap langsung dengan nasi panas, abon juga nikmat sekali dijadikan isian roti atau lemper. Selamat mencoba!

Leave a Reply

You may also like

Makanan Akan Melimpah Saat Lebaran. Bagaimana Cara Agar Tetap Sehat Walau Makan Banyak?


Makanan Akan Melimpah Saat Lebaran. Bagaimana Cara Agar Tetap Sehat Walau Makan Banyak? Hari raya Idul Fitri tinggal menghitung hari saja, moment yang di tunggu-tunggu…



Luar Biasa! Kulit buah ternyata banyak manfaatnya! no 3 paling mengejutkan!


1.Apel Ternyata tidak hanya daging buahnya saja yang…



Destinasi Wisata Saat Merayakan Tahun Baru!


Momen dan detik-detik pergantian tahun merupakan salah…



Atlet Asean Games Akan Mencicipi Makanan Tradisional


Tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah untuk event…



Tips Menyimpan Tahu yang Tepat Agar Tidak Cepat Asam dan Tahan Lama


Terbuat dari fermentasi kacang kedelai, tahu sering dikonsumsi…



Resep Kalio Daging Sapi khas Padang


Kalio adalah sebutan masak rendang setengah jadi…



Resep Ginger Cookies dan Kue Kering Khas Natal


Tidak terasa sekarang sudah di tengah-tenagh bulan Desember…



Tips Menggoreng Ikan Hingga Kering, Garing dan Renyah


Ikan merupakan sumber protein yang sangat baik. Ikan…



Resep Banana Nugget


Jika dulu pisang lebih sering diracik menjadi pisang goreng, kali ini olahannya juga bisa dibuat menjadi pisang nugget yang lagi kekinian dan disukai anak-anak loh!…