About MPPA

TO BE

Pada tahun 2014, MPPA berhasil meraih sejumlah pencapaian penting untuk menjadi peritel multi-format No. 1 di Indonesia. Perseroan semakin memperkuat upayanya untuk meningkatkan nilai pemangku kepentingan dengan member ikan pengalaman berbelanja yang lebih baik bagi pelanggan kami. Format baru Hypermart G7 telah berhasil diluncurkan untuk menjadi dasar penting bagi ekspansi gerai baru ke depan. Perseroan juga telah memperkuat jajaran manajemennya dengan pengalaman dan kemampuan berkelas dunia. Selama tahun 2014, MPPA berhasil membuka 45 gerai baru dan semakin memperkuat posisinya sebagai peritel modern Indonesia. Melalui bisnis ritel utamanya Hypermart, Foodmart, dan Boston Health & Beauty, MPPA akan melanjutkan ekspansinya untuk membawa ritel modern ke seluruh wilayah di Indonesia.

In 2014, MPPA successfully achieved several milestones in its pursuit to be the No. 1 multiformat retailer in Indonesia. The Company has reinforced its efforts to increase the stakeholders value by continuing to provide a better shopping experience for our customers. The new Hypermart G7 format was successfully introduced to become an important basis for future store expansion. The Company also strengthened its board of management with world-class experiences and capabilities. Within the year, MPPA successfully opened 45 new outlets which strengthened its position as Indonesia’s modern retailer. Through its core retail businesses of Hypermart, Foodmart, and Boston Health & Beauty, MPPA will continue its expansion to bring modern retail to all regions in Indonesia.

Visi / Vision

Menjadi Peritel Multi-format No. 1 di Indonesia

To be the No. 1 Multi-format Retailer in Indonesia

Misi / Mission

Mentransformasi MPPA menjadi peritel multi-format kelas dunia yang menghasilkan pertumbuhan organik penjualan dan laba yang berkelanjutan

To transform MPPA into a world class multi-format retailer that generates sustainable organic sales & profit growth

Sekilas MPPA / MPPA in Brief

Didirikan pada tahun 1986, PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) telah berhasil mengoperasikan sejumlah anak perusahaan yang terkait dalam berbagai bidang industri. Sejak penawaran umum perdana di pasar modal pada tahun 1992, MPPA telah mempertahankan kinerja keuangan positif yang konsisten memberikan keuntungan solid bagi pemegang saham.

Pada tahun 2012, MPPA melakukan divestasi bisnis noninti sebagaimana direkomendasikan oleh Merrill Lynch, yang memungkinkan MPPA untuk fokus pada bisnis ritel intinya. Kini MPPA telah berhasil mentransformasi dirinya menjadi operator tunggal, dengan fokus pada Fast Moving Consumer Goods (FMCG) melalui Hypermart, Foodmart dan Boston Health & Beauty.

Pada tahun 2013, MPPA berhasil menjalankan ekspansi gerai baru secara agresif dengan pembukaan 39 gerai baru untuk seluruh format, peningkatan jumlah dan kepuasan pelanggan, membuka peluang untuk pertumbuhan di masa depan. Selain itu, untuk pertama kalinya MPPA terdaftar sebagai Global Small Cap Outperformer, dan mendapatkan pengakuan pasar internasional atas strategi bisnis dan keberhasilan Perseroan oleh Morgan Stanley.

Di tahun 2014, MPPA melanjutkan ekspansi dengan membuka 45 gerai baru untuk semua format. Fokus utamanya adalah untuk menciptakan generasi baru Hypermart G7. Konsep baru ini akan membawa Perseroan untuk memulai era yang baru.

Pengakuan dari pemangku kepentingan dan pasar internasional untuk laporan keuangan dan operasional Perseroan yang mengesankan juga telah menempatkan harga saham MPPA ke tingkat tertinggi Rp3.665 per saham dalam tahun ini. Sementara Total Penjualan tumbuh 14,1% menjadi Rp13,6 triliun, EBITDA meningkat secara substansial sebesar 16,0% dari tahun sebelumnya.

Established in 1986, PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) has successfully operated a number of subordinate companies across multiple industries. Since the IPO (Initial Public Offering) in the capital market in 1992, MPPA has maintained consistent positive financial performance delivering solid shareholders return.

In 2012, MPPA divested non-core businesses as recommended by Merrill Lynch, which enabled MPPA to focus on its core retail business. Today MPPA has successfully transformed itself into a single segment operator, focusing on Fast Moving Consumer Goods (FMCG) through Hypermart, Foodmart and Boston Health & Beauty.

In 2013, MPPA succeeded in executing an aggressive new store expansion opening 39 stores across all formats, increasing customer numbers and satisfaction, and opening avenues for future growth. In addition, for the first time MPPA was listed by Morgan Stanley Capital International as a Global Small Cap Outperformer, which reflects international market recognition for the Company’s sound business strategy and results.

In 2014, MPPA continued its store expansion with the opening of 45 new stores across all formats. The primary focus was the creation of the new generation Hypermart G7. This new concept will enable the company to embark on a new journey.

Recognition from stakeholders and international markets for the Company’s sound financial and operational results have driven MPPA share price to a record high of Rp3,665 per share during the year. While Total Sales grew 14.1% to Rp13.6 trillion, the EBITDA increased substantially by 16.0% from the previous year.

Keberadaan MPPA di Indonesia / MPPA’s Presence in Indonesia

MPPA melalui Hypermart, Foodmart, dan Boston Health & Beauty telah melakukan ekspansi di seluruh Indonesia. Gerai kami telah tersebar luas di nusantara dari Binjai, Indonesia Barat sampai ke Jayapura, Indonesia Timur.

MPPA through its Hypermart, Foodmart, and Boston Health & Beauty has continued its expansion across Indonesia. Our outlets have spread nationally from Binjai, West Indonesia to Jayapura, East Indonesia.

Generasi Baru Hypermart / New Generation Hypermart

Sebagai bisnis ritel inti dan unggulan dari MPPA, Hypermart melangkah maju menjadi ikon hipermarket terkemuka di Indonesia. Dengan cakupan gerai terluas di antara peritel hipermarket di Indonesia, Hypermart telah menjadi No. 1 dengan kehadirannya di lebih dari 60 kota di seluruh Indonesia.

Perseroan telah mengoperasikan sebanyak 107 gerai Hypermart, termasuk 8 gerai baru di tahun 2014. Saat ini terdapat 58 gerai yang berlokasi di Jabodetabek dan Jawa, dan 49 gerai lainnya tersebar di seluruh wilayah di Indonesia.

Hypermart, peritel modern Fast Moving Consumer Goods (FMCG), terus berkembang pesat dan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang meningkat dengan menyediakan berbagai pilihan produk rumah tangga berkualitas, suasana perbelanjaan modern dan konsistensi penawaran produk bernilai tambah.

Sejak didirikan 10 tahun yang lalu, Perseroan secara konsisten berupaya untuk mengembangkan format Hypermart. Desain baru hipermarket telah dikembangkan pada tahun 2014 saat Perseroan berhasil meluncurkan Hypermart G7. Format ini memiliki desain baru dan lebih baik dengan penekanan pada pengalaman belanja pelanggan, sehingga mengedepankan keunggulan kompetitif Perseroan.

Gerai unggulan ini diresmikan pada tanggal 19 Desember 2014 di Cyberpark, Lippo Karawaci Utara, Tangerang, dengan luas area bruto ±8.971 m². Konsep G7 menekankan dua keunggulan kompetitif ritel – efisiensi biaya dan kenyamanan, sementara tetap menawarkan layanan ritel dan nilai tambah terbaik serta beragam pilihan produk yang luas bagi keluarga Indonesia. Format inovatif G7 menggunakan lampu LED dan pendingin ramah lingkungan untuk produk produk segarnya.

Konsep baru ini memiliki skema warna baru dan signage interior yang telah ditingkatkan. G7 menempatkan produk-produk tradisional, seperti produk curah, dengan tampilan modern dan harga bersaing. Gerai ini juga memungkinkan pelanggan untuk meminta pembukaan kasir tambahan jika ada lebih dari 4 pelanggan yang mengantri.

Konsep terbaru ini mengadopsi konsep pusat gaya hidup, yang dilengkapi dengan berbagai tenant pendukung seperti Matahari Department Store, restoran, kafe, ATM centers, dan sebagainya.

Di tahun 2015, Hypermart akan melakukan ekspansi ke berbagai lokasi strategis di kota-kota besar sekaligus meneruskan fokusnya pada penetrasi pasar di luar Jawa. 10 gerai yang telah beroperasi juga direncanakan untuk direnovasi menjadi konsep terbaru G7.

As the core and flagship retail business of MPPA, Hypermart strides forward to become the leading hypermarket icon in Indonesia. With the largest footprint among the hypermarket retailers in Indonesia, Hypermart has become No.1 with its presence in more than 60 cities across the country.

The Company operated a total of 107 Hypermart stores including the successful opening of 8 additional stores in 2014. Currently there are 58 stores in Greater Jakarta and Java, with an additional 49 outlets spread throughout the other regions across Indonesia.

Hypermart, a modern Fast Moving Consumer Goods (FMCG) retailer, continues to grow rapidly and aims to capture the growing consumer needs by providing a wide selection of quality household products, a modern shopping atmosphere and the consistency of product offerings with values.

Since its inception 10 years ago, the Company has consistently refined its efforts to evolve the Hypermart format. A new level of hypermarket design was achieved in 2014 when the Company successfully launched the Hypermart G7. The format features a new and improved store design with emphasis on the customers shopping experience, giving the Company a competitive advantage.

This flagship store was successfully opened on 19 December 2014 at Cyberpark, North Lippo Karawaci, Tangerang, with a gross area of ±8,971 sqm. The G7 concept emphasizes two retail competitive advantages – cost efficiency and convenience, while still offering the best retail services, delivering exceptional value, and a vast assortment for the Indonesian family. The innovative G7 format uses LED lights and eco-friendly coolers for fresh and perishable products.

This new concept has displayed a new color scheme and improved interior signage. G7 places traditional items, such as bulk products, in a modern showcase at competitive prices. The store also allows customers to request additional check-out lanes to be opened if more than 4 persons are queuing.

The newest concept has embraced a lifestyle center concept, which is complimented with various tenants such as Matahari Department Store, restaurants, cafes, ATM centers, and others.

In 2015, Hypermart will expand into strategic locations in major cities, while continuing to focus on penetrating the markets outside Java. Ten existing stores are planned to be renovated into the latest G7 concept.

Belanja Online di Hypermart / Hypermart’s Online Shopping

Sejalan dengan visi Perseroan untuk menjadi peritel multi-format No. 1 di tanah air, MPPA terus beradaptasi dengan pertumbuhan dan perubahan gaya hidup modern pelanggan. Pendekatan yang dilakukan MPPA adalah dengan mengikuti potensi gaya hidup digital modern.

Berdasarkan penelitian konsumen dari Nielsen, Indonesia saat ini menduduki peringkat atas dalam pasar global dalam hal mengadopsi smartphone modern. Bersama dengan Filipina, Vietnam dan Thailand, minat belanja online juga menunjukkan pertumbuhan yang luar biasa dalam tiga tahun terakhir. Perseroan mengantisipasi tren positif ini dengan pengembangan platform e-commerce yang berkelanjutan melalui situs shop.hypermart.co.id.

Platform e-commerce dirancang untuk melengkapi penawaran bisnis inti ritel dan membawa pengalaman berbelanja di luar gerai serta memudahkan pelanggan untuk melakukan kegiatan berbelanja mereka di mana saja. Platform ini menyuguhkan kenyamanan, harga kompetitif dan kualitas yang sebanding dengan yang ditawarkan dalam gerai ritel MPPA, sementara terus meningkatkan ragam pilihan produk, mekanisme pembayaran, dan teknologi.

Pengalaman interaksi belanja digital menawarkan pelanggan untuk dapat menelusuri penawaran produk dan melakukan aktifitas belanja mereka dengan nyaman. Selain itu, Perseroan juga menawarkan jasa pengambilan barang di gerai-gerai dan pengiriman ke rumah di beberapa area tertentu.

Pada akhir tahun 2014, MPPA memutuskan untuk berpartisipasi dalam mataharimall.com, sebuah platform e-commerce mendatang yang akan melengkapi platform e-commerce yang ada dan memungkinkan pertumbuhan yang cepat dalam e-commerce.

In line with the Company’s vision to be the No. 1 multi-format retailer in the country, MPPA continues to adapt to the vast growth and changing of customers’ modern lifestyle. MPPA’s approach will be to capture the potential modern digital lifestyle.

Following the Nielsen’s consumer study, Indonesia currently ranks within the top markets globally for the adoption of modern smartphones. Together with the Philippines, Vietnam and Thailand, online purchase intention have also showed remarkable growth in the past three years. The Company anticipates this positive trend with the continuing development of its e-commerce platform through the shop.hypermart.co.id website.

The e-commerce platform is geared to complement core store retail offerings and to bring the shopping experience outside the stores as well as encouraging customers to complete their purchases on the go. It provides convenience, low price and quality similar to MPPA’s retail store offerings while continuing to improve assortment, payment process, and technology.

The interactive digital shopping experience provides customers’ the ability to browse product offerings, product information and complete their shopping activities at their convenience. Moreover, the Company also offers both store pickup services and home delivery at selected areas.

In late 2014, MPPA made a decision to participate in mataharimall.com, an up and coming e-commerce platform that would both complement its existing e-commerce platform and enable an accelerated growth in e-commerce.

Foodmart / Foodmart

Penawaran lain dari MPPA di pasar FMCG adalah melalui format supermarket yang berskala lebih kecil. Berawal dari Matahari Supermarket pada pertengahan tahun 1990, selanjutnya format supermarket berubah dan berkembang dengan pendekatan yang lebih modern melalui merek Foodmart.

Meskipun dengan pengoperasian berskala lebih kecil dibandingkan dengan Hypermart, konsep Foodmart merupakan bisnis penting lainnya dalam portofolio MPPA. Foodmart menawarkan berbagai produk segar merek lokal maupun internasional. Selain itu, Foodmart menyediakan pengalaman belanja yang nyaman dengan atmosfir yang mengedepankan tata letak dan desain interior modern untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang berselera tinggi.

Foodmart telah berkembang dengan peningkatan utama dalam tata letak gerai, penawaran produk, kampanye pemasaran serta pengembangan sub-format. Peningkatan ini diperlukan untuk terus menempatkan Foodmart sebagai operator supermarket yang dihormati dalam industri. Dalam beberapa tahun terakhir, Foodmart telah dikategorikan ke dalam sub-format, yang disesuaikan dengan tuntutan pasar. Selain dari format orisinil, Foodmart juga telah berkembang menjadi Foodmart Gourmet untuk melayani segmen konsumen kelas atas dengan penawaran premium. Foodmart Express fokus pada kemudahan pelanggan dan untuk melengkapi format lainnya.

Foodmart mengoperasikan total 58 gerai yang terdiri dari Foodmart Supermarket, Foodmart Gourmet, dan Foodmart Express di akhir tahun 2014.

Di tahun 2015, MPPA akan meluncurkan Foodmart Primo. Foodmart Primo diharapkan menjadi interpretasi dari MPPA dalam kategori supermarket premium untuk melengkapi portofolio yang ada. Foodmart Primo menawarkan produk premium bagi pelanggan kelas atas mulai dari makanan siap saji/RTE (Ready to Eat) berkualitas tinggi, makanan internasional, dan produk-produk segar.

Foodmart akan melakukan perbaikan format yang berkaitan dengan tata letak gerai dan pemilihan produk dengan fokus pada pengalaman belanja yang menyenangkan melalui gerai Foodmart Primo.

Another of MPPA’s offering in the FMCG market is the smaller scale supermarket format. Originated from the mid-1990’s as Matahari Supermarket brand, the supermarket format has been evolving and growing with a modern approach of Foodmart brand.

Despite its smaller operational scale compared to Hypermart, the Foodmart concept is another important business within MPPA’s portfolio. Foodmart offers a variety of fresh products from local and international brands. Additionally, Foodmart provides convenient shopping experience with an atmosphere that shows modern layout and interior design to meet the needs and tastes of discerning customers.

Foodmart has been evolving with major improvements in its store layout, product offerings, marketing campaigns, and store sub-formats. The improvements are needed to continually put Foodmart as a respected supermarket operator within the industry. In the last several years, Foodmart has been categorized into sub-formats, specifically honed for the prevailing demanding markets. In addition to its original Foodmart sub-format, the brand has expanded into Foodmart Gourmet to capture the higher end customer segment with prime offerings. Finally Foodmart Express focuses on customer convenience and to compliment the other formats.

Foodmart operates a total of 58 stores consisting of Foodmart Supermarket, Foodmart Gourmet, and Foodmart Express as of the end of 2014.

In 2015, MPPA will launch the Foodmart Primo brand. Foodmart Primo is expected to become another of MPPA’s further interpretations of premium supermarket category to complement the existing portfolio. The Foodmart Primo will offer expanded premium products for the high end customers ranging from Ready To Eat, international food, and fresh products.

Foodmart will make format improvements related to the outlets’ layout and selection of products with the focus on providing an enjoyable shopping experience through the Foodmart Primo brand outlets.

Boston / Boston

Boston Health & Beauty merupakan format spesialis kesehatan dan kecantikan dari MPPA Retail. Format berskala kecil ini melengkapi penawaran ritel dari Hypermart dan Foodmart. Boston Health & Beauty menawarkan beragam seleksi produk kesehatan yang dijual bebas, peralatan kesehatan rumah tangga dan produk kecantikan. Boston Health & Beauty mengoperasikan 102 gerai. Konsumen bisa mendapatkan produk perawatan pribadi, obat-obatan yang dijual bebas dan produk kecantikan dengan mudah dan nyaman.

Boston Health & Beauty mentargetkan konsumen yang menginginkan pengalaman berbelanja yang nyaman bagi kebutuhan perawatan pribadi. Pada tahun 2014, 6 gerai baru berhasil dibuka di seluruh nusantara. Di tahun 2015, MPPA merencanakan ekspansi hingga 21 gerai Boston Health & Beauty. Penguatan jajaran manajemen senior akan dilakukan pada awal tahun 2015 untuk merancang dan memimpin arahan strategis Boston Health & Beauty.

Boston Health & Beauty is MPPA Retails’ health and beauty specialty format. This smaller scale format complements the Hypermart and Foodmart offerings. Boston Health & Beauty provides a wide range of overthe-counter health care products, home health equipment and beauty products. Boston Health & Beauty operates 102 outlets. Customers are able to purchase their personal care products, over-the-counter medicine, and beauty products with ease and convenience.

The Boston Health & Beauty targets customers who like a convenient shopping experience for their personal care needs. In 2014, 6 new stores were successfully opened across the nation. In 2015, MPPA plans expansion of up to 21 Boston Health & Beauty. A strengthening of senior management will be made in early 2015 to design and lead the strategic direction of Boston Health & Beauty.

Hicard: Hypermart Card / Hicard: Hypermart Card

Hicard adalah program loyalitas pelanggan yang memberikan nilai tambah kepada pelanggan melalui keanggotaan tanpa dipungut biaya dan berbagai promosi yang diperuntukan bagi pemegang kartu. Sebanyak 3,5 juta anggota dapat menikmati penghematan eksklusif sebesar 5-50% pada produk tertentu di seluruh gerai serta diskon tertentu pada shop.hypermart.co.id.

Peningkatan keanggotaan Hicard mencerminkan pertumbuhan pengakuan pelanggan atas eksistensi Hicard yang dinilai penting untuk melengkapi kegiatan belanja mereka. Selain menyediakan pengalaman secara personal, Hicard juga menawarkan manfaat tambahan berupa program diskon dengan lebih dari 200 mitra dagang atau layanan pihak ketiga seperti: rumah sakit, toko buku, kafe dan restoran.

Hicard is a customer loyalty program that adds value with its free membership and promotions tailored to the cardholders. Our 3.5 million members can enjoy exclusive savings from 5-50% on certain products in all stores as well as certain discounts at shop.hypermart.co.id.

Hicard membership continues to increase, thus reflecting the growing customers’ acknowledgement of Hicard’s importance to complement their purchase activities. In addition to the personalized experience, Hicard also offers additional benefits of discount programs with more than 200 merchants or third party services such as: hospitals, bookstores, cafes and restaurants.