hypermart.co.id

Resep dan Tips Membuat Bakso Ikan Kenyal dan Lembut

46

Banyak yang mengira jika bakso adalah makanan khas Indonesia, padahal sebenarnya asal muasal bakso adalah dari Tionghoa, meskipun demikian tetap saja makanan ini menjadi salah satu favorit masyarakat Indonesia. Bermula dari ungkapan kasih sayang dan bakti seorang anak kepada ibunya pada masa Dinasti Ming (1368-1644) di Cina, terciptalah jenis kuliner oriental yang kelak merambah Nusantara dan menjadi sangat populer di Indonesia. Kata bakso sendiri terdiri dari dua kata. Dalam bahasa hokian, “bak” berarti babi sedang “so” makanan. Jadi, bakso adalah olahan makanan dari daging babi. Karena di Indonesia sendiri mayoritas penduduknya muslim, jadi bakso sendiri diolah menggunakan daging sapi, ikan ataupun udang.

Bakso ikan merupakan salah satu jajanan yang sudah terkenal akan kelezatannya. Olahan ikan ini banyak digemari oleh masyarakat mulai dari anak-anak, remaja, sampai orang dewasa menyukai makanan olahan yang terbuat dari bahan dasar ikan ini.

Bakso ikan ini memiliki rasa yang yang enak dan gurih. Selain itu, makanan ini juga memiliki kandungan protein yang tinggi untuk dikonsumsi. Ada banyak bakso ikan yang beredar di pasaran, seperti bakso ikan tenggiri, ikan tuna, dan ikan kakap.

Cara membuat bakso ikan ini memang tidak semudah membuat resep bakso pada umumnya. Ada beberapa tips khusus yang harus diperhatikan supaya bakso ikan kuah yang dibuat nanti hasilnya bisa sempurna dan rasanya juga enak dan lezat. Hal yang paling utama tentunya bahan utama yang digunakan harus benar-benar ikan segar dan kualitasnya baik.

Hampir semua daging ikan yang berwarna putih, seperti ikan patin, ikan kerapu, ikan tenggiri, ikan tongkol, ikan tuna bahkan ikan lele pun bisa dengan mudah diproses menjadi bakso ikan yang enak dan lezat. Yang paling penting daging ikan itu harus segar dan mempunyai tekstur yang kenyal dan tidak lembek supaya bakso ikan kuah yang dibuat nanti hasilnya juga menjadi kenyal dan nikmat disantap. Satu lagi yang paling penting adalah daging ikan yang digunakan harus benar-benar bersih dari duri ikan. Berikut Resep serta Tips Cara Membuat Bakso Ikan Kenyal dan Lembut :

Bahan-bahan

  • 500 gr daging ikan tenggiri
  • 4 siung bawang putih
  • Es batu yang sudah diserut
  • 3 sdm tepung sagu atau tepung tapioka
  • 2 butir telur ayam (diambil putih telurnya saja)
  • 2 sdm gula pasir
  • Garam secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Air bersih secukupnya

Cara Membuat Bakso Ikan Tenggiri

  1. Langkah pertama itu masukkan daging ikan tenggiri yang sudah dibersihkan ke dalam food processor atau mesin bakso ikan bersama dengan putih telur, garam, gula pasir, dan es serut sedikit saja. Kemudian haluskan semua bahan itu sampai benar-benar halus.
  2. Setelah itu tuangkan ke dalam sebuah wadah, lalu masukkan tepung sagu atau tepung tapioka sambil diaduk-aduk sampai merata dan diuleni searah jarum jam sampai semua bahannya tercampur rata. Tepung sagu atau tepung tapioka bisa Anda tambahkan sedikit demi sedikit kalau adonannya masih terlalu lembek.
  3. Siapkan panci dan rebus air bersih secukupnya sampai mendidih, kemudian matikan apinya.
  4. Bentuk adonan bakso tadi dengan dengan menggunakan genggaman tangan dan tekan sampai membentuk bulatan-bulatan.
  5. Ambil adonan pentol bakso diatas dengan sendok makan dan masukkan ke dalam air panas di dalam panci yang sudah direbus. Ulangi sampai adonan pentol bakso ikannya habis.
  6. Kalau sudah, rebus lagi bakso dengan menggunakan api sedang sampai bakso ikannya mengambang dan matang.
  7. Setelah matang, segera angkat dan tiriskan.

Bahan Kuah Bakso Ikan Tenggiri

  • 1/2 kg tulang sapi atau tetelan sapi
  • 12 siung bawang putih
  • 1 bungkus kaldu sapi
  • Merica halus secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Air bersih secukupnya

Cara Membuat Kuah Bakso Ikan Tenggiri

  1. Siapkan panci dan beri air bersih secukupnya.
  2. Masukkan tetelan dan tulang sapinya dan rebus sampai empuk atau kurang lebih selama 60 menit. Selama proses pemasakan buang kotoran yang mungkin menempel dan buih airnya yang naik ke atas.
  3. Setelah itu siapkan penggorengan dan beri minyak secukupnya untuk menumis.
  4. Masukkan bawang putih yang sudah dicincang halus dan tumis sampai tercium bau harum kemudian matikan.
  5. Masukkan tumisan bawang putih di atas bersama dengan kaldu sapi, garam dan merica bubuk ke dalam panci berisi kuah kaldunya.
  6. Aduk-aduk supaya semua bahan tercampur rata sampai mendidih kemudian matikan apinya.

Tips Membuat Bakso Ikan Yang Enak

1.) Memilih Ikan

Jenis dan kualitas ikan yang akan digunakan sangat menentukan hasil bakso ikan yang dibuat. Pastikan memilih ikan yang masih segar dan memiliki tekstur yang kenyal. Contohnya ikan tenggiri yang gepeng. Ikan tenggiri yang bulat kurang lengket teksturnya sehingga hasil baksonya tidak sebagus ikan tenggiri yang gepeng.

2.) Menguleni Bakso

Dinginkan ikan sampai benar-benar dingin sebelum diuleni atau dilakukan pengadonan. Menguleni ikan bisa dilakukan secara manual atau dengan menggunakan mesin bakso ikan. Masukkan bahan-bahan lainnya satu per satu sambil terus diproses.

Air yang ditambahkan ke dalam adonan bakso sebaiknya berbentuk es batu yang sudah diserut agar daging ikannya menjadi mengerut dan bisa menghasilkan bakso ikan yang kenyal.

Tepung sagu harus dimasukkan terakhir supaya adonan bakso ikannya tidak jadi keras. Jangan mengganti tepung sagu dengan tepung sagu aren agar warna baksonya bisa lebih terang.

3.) Membentuk Bakso

Membentuk bakso juga ada caranya sendiri. Bakso dibentuk bulat-bulat dengan tangan. Caranya masukkan adonan bakso ke dalam genggaman tangan, tekan kelima jari sampai adonan keluar melalui jari telunjuk dan jempol. Lakukan cara ini berulang-ulang dahulu sebelum adonan diambil agar baksonya yang terbentuk benar-benar kompak. Kemudian segera masukkan bakso yang sudah terbentuk tadi ke dalam air es supaya baksonya menyatu dan tidak pecah saat direbus.

4.) Merebus Bakso

Satu hal yang perlu diperhatikan, yaitu bakso tidak boleh terlalu lama direndam di dalam air es supaya baksonya tidak lembek. Segera angkat bakso kalau sebagian adonan sudah dibentuk. Mengangkatnya bisa dengan saringan dan langsung dimasukkan ke dalam air mendidih. Kemudian biarkan sampai matang. Ciri bakso ikan sudah matang itu kalau sudah mengembang dua kali lipat dari ukuran semula dan bukan sekedar terapung.

5.) Setelah Direbus

Setelah matang, segera angkat baksonya dan tiriskan di atas peniris. Biarkan sampai dingin. Jangan biarkan bakso berada di dalam air panas terlalu lama. Pemanasan harus segera dihentikan begitu baksonya sudah matang supaya tidak terlalu lembek.

6.) Penyimpanan

Bakso yang sudah jadi dan dingin bisa disimpan di dalam lemari es atau freezer, tapi nanti waktu dikeluarkan bagian dalam bakso akan berlubang-lubang, karena daging ketika didinginkan itu akan memuai dan kembali menyusut setelah berada di suhu ruang. Bagian yang memuai itu tadi akan menimbulkan lubang setelah baksonya menyusut. Untuk menghindari lubang-lubang tadi, rebus dagingnya segera selagi masih beku, supaya tempat yang memuai akan terisi oleh air.

Share Artikel ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
X
Shopping cart close