Welcome to Hypermart
Sign in    |    Sign up

Tradisi Menyambut Tahun Baru di Berbagai Negara

Tahun baru sepertinya telah menjadi suatu fenomena yang unik, seru dan ditunggu setiap tahunnya. Banyak sekali cara-cara masyarakat, baik di Indonesia maupun di belahan dunia lain dalam merayakan malam tahun baru. Setiap negara punya kebudayaan yang berbeda-beda, sehingga mereka memiliki cara dan tradisi yang berbeda pula dalam merayakan tahun baru. Tradisi unik ini hampir tak terbayangkan sebelumnya. Merayakan momen pergantian tahun selalu dimaknai sebagai peristiwa penting budaya. Selalu ada ritual atau tradisi perayaan khusus untuk menyambut datangnya tahun yang baru ini. Uniknya,  setiap negara memiliki tradisi tersendiri untuk merayakan momen tahun baru, termasuk Indonesia.

Berikut ini kebiasaan unik warga Indonesia dalam menyambut pergantian tahun  :

  1. Terompet, Saat perayaan pergantian tahun biasanya dirayakan dengan meniup terompet. Pada pertengahan bulan Desember, biasanya sudah mulai banyak penjual terompet yang bertebaran di pinggir-pinggir jalan. Dan akan semakin banyak penjual ketika mendekati akhir tahun.
  2. Konvoi, Tradisi konvoi kendaraan ketika merayakan pergantian tahun banyak di ditemukan. Akan tetapi konvoi mungkin jarang ditemukan di kota-kota besar di Indonesia, karena pada malam tahun baru biasanya kota-kota besar menggunakan sistem car free night.
  1. Begadang, banyak orang melakukan aktivitas tetap terjaga di tengah malam atau yang biasa disebut begadang. Aktivitas ini biasannya diikuti dengan berbagai kegiatan seperti bakar sate, bakar ayam maupun ikan serta aktivitas kuliner lainnya saat menjelang tahun baru.
  2. Konser, biasanya pada malam tahun baru banyak pula digelar konser di beberapa kota di Indonesia. Ada yang off air, ada juga yang on air dan disiarkan langsung oleh televisi swasta. Dan biasanya dilakukan untuk menunggu malam tahun baru tiba.

Beda dengan di Indonesia, Ini tradisi unik negara-negara di dunia untuk momen tahun baru:

1. Jepang

Sumber Foto: newyearseve2018.blogspot.com

Negari sakura ini merayakan tahun baru dengan pergi ke Kuil untuk berdoa Setelah pergantian tahun mereka secara bergantian membunyikan lonceng kemudian berdoa tentang harapan-harapan di tahun yang baru. Setelah itu mereka akan menerima undian mengenai peruntungannya di tahun yang akan datang. Lalu, mereka akan berkumpul dengan keluarga, kekasih ataupun teman-temannya.

2. Spanyol

Sumber foto: thelocal.es

Saat tengah malam pergantian tahun, warga Spanyol memiliki tradisi memakan 12 buah anggur dengan cepat, dalam hitungan setiap detik. Setiap buah anggur ini melambangkan keberuntungan dalam 12 bulan di tahun yang baru. Di Madrid, Barcelona, dan kota-kota Spanyol lainnya, para penduduk berkumpul di pusat kota saat detik-detik pergantian tahun sambil memakan anggur bersamaan dan bergantian meminum minuman anggur dari botol.

3. Brasil

Sumber foto: bomjardimnoticia.com

Pada malam tahun baru, orang-orang setempat berpakaian putih mendekati laut untuk menonton kembang api dan melemparkan bunga putih dan hadiah lainnya ke arah laut untuk dewi dengan harapan bahwa ia akan memberikan keberuntungan dan kebahagiaan kepada mereka. Beberapa menempatkan hadiah mereka ke dalam perahu mainan kayu kecil. Hadiah dan lilin mengambang ditinggalkan di laut selama malam.

4. Skotlandia

Sumber foto: bomjardimnoticia.com

Di Stonehaven, Skotlandia ada tradisi berparade di jalan-jalan sambil menggiring bola api di malam menuju tahun baru. Adat tersebut merupakan bagian perayaan Hogmanay di Skotlandia, yang jejak akarnya berasal dari Bangsa Viking.

5. Chile

Sumber foto: vietnamvisa-easy.com

Biasanya malam tahun baru dipenuhi suasana dengan ceria. Namun, di negara Chili masyarakatnya justru memilih pemakaman sebagai tempat untuk merayakan pergantian tahun. Mereka pergi kekuburan dengan maksud merayakan perayaan Tahun Baru keluarga dan kerabat yang telah lebih dulu meninggal dunia. Tradisi ini mengandung kepercayaan, bahwa orang yang sudah meninggal telah menunggu keluarganya dan harus memulai tahun yang baru bersama mereka.

6. Finlandia

Di Finlandia, tradisi tahun baru dilakukan dengan melelehkan lempengan timah, dipercaya bahwa yang dilelehkan adalah ramalan tahun berikutnya, jika timah berbentuk cincin maka ada perkawinan, bila nampak seperti kapal maka akan ada perjalanan, dan banyak simbol-simbol lainnya.

7. Peru

Sumber foto: list25.com

Lain lagi di Peru, dalam tradisi ini beramai-ramai melakukan adu tinju. Baik itu perempuan, laki-laki maupun anak-anak. Dalam adu tinju tersebut, orang-orang mengenakan topeng warna-warni yang sangat lucu. Tujuan dari tradisi ini adalah untuk melampiaskan semua amarah dan tekanan hidup yang dialami tahun ini.

 

Cukup unik bukan setiap perayaan tahun baru di berbagai negara ini?

Leave a Reply

You may also like

Tips Memilih Ikan Salmon Segar


Ikan Salmon adalah salah satu ikan yang bisa…



3 Resep Makanan Khas Bali yang anti Mainstream


Jika mendengar kata “Bali” apa yang ada di…



Luar biasa! Dengan Cara Ini, Noda Bandel di Pakaian Hilang dalam Sekejap!


1. Bekas Keringat (Gunakan Air Lemon) Padatnya…



Wow 3 Jenis Garam Berikut Ini Dapat Membuat Masakan Terasa Lezat! Nomer 2 Paling Mantap!


Garam merupakan bumbu dapur yang sangat penting dan dapat menambah kenikmatan masakan. Kehadiran garam dapat membuat makanan yang terasa hambar menjadi lezat. Di indonesia sendiri,…



Resep Sup Jagung Telur yang Cocok untuk Cuaca Dingin


Jagung merupakan bahan makanan yang lezat serta bisa…



Resep Ayam Teriyaki


Jepang adalah salah satu negara yang memiliki banyak…



Tips Agar Kentang Tidak Mudah Menghitam Setelah Dikupas


Kentang adalah salah satu sumber karbohidrat baik untuk…



Memutihkan gigi gak perlu mahal! Gunakan bahan-bahan alami ini!


Memiliki gigi putih tentunya akan menambah rasa percaya diri ketika berfoto maupun berbicara pada seseorang. Salah satu cara mendapatkan gigi putih yang jadi tren saat…



Makanan Sisa dalam Kulkas? Jangan Dibuang!


Pastinya pernah mengalami kelebihan makanan sisa dalam jumlah…



Tradisi Menyambut Tahun Baru di Berbagai Negara

Teh hangat dikenal dapat membuat tidur lebih nyenyak. Namun hal ini masih menjadi perdebatan, karena banyak juga yang tidak merasakan pengaruh dari minum teh bagi masalah susah tidur. Tiap kandungan daun teh mengandung kafein, kandungan kafein adalah zat stimulan yang bisa ditemukan dalam banyak produk makanan atau minuman, contohnya ada pada kopi. Kafein berfungsi untuk menstimulasi (merangsang) tubuh agar tetap awas dan terjaga, tidak ngantuk. Teh hijau, teh hitam, atau teh berwarna putih mengandung kira-kira di bawah 100 gram kafein per cangkirnya. Sayangnya, kafein yang Anda konsumsi sebelum tidur dapat membuat tubuh terjaga karena menghalangi bahan kimia otak yang merangsang rasa ngantuk. Produksi hormon adrenalin dalam tubuh pun juga akan semakin terpicu setelah Anda minum teh.

Namun Anda bisa mencoba jenis teh yang lain untuk membantu badan Anda untuk menjadi lebih rileks, yaitu teh herbal. Teh herbal ini umumnya tidak memiliki kafein. Walaupun ada, pasti kandungan kafeinnya sangat sedikit sehingga tidak menyebabkan susah tidur. Anda bisa mencoba varian teh herbal berikut ini:

  1. Teh Kamomil : Teh kamomil terbuat dari bunga kamomil yang dikeringkan. Teh kamomil mempunyai efek baik bagi tubuh, yaitu membuat tidur lebih nyenyak dan bisa meredakan kecemasan yang melanda. Teh ini tidak mengandung kafein.
  2. Teh Daun Mint : Teh herbal yang satu ini komposisi utamanya adalah dari daun mint yang dikeringkan. Teh ini sama sekali tidak mengandung kafein. Minum teh di malam hari jenis ini berguna untuk meredakan sakit perut dan membuat pikiran dan tubuh jadi tenang. Namun, untuk orang yang memiliki penyakit asam lambung sebaiknya tidak mengonsumsi teh herbal ini di malam hari.
  3. Teh Akar Jahe : Gunakan akar jahe sebagai bahan utamanya. Teh jahe ini secara alami tidak mengandung kafein, berguna untuk meredakan mual, dan membuat otot-otot badan menjadi rileks. Cara membuatnya adalah dengan memasukan potongan akar jahe sebesar ruas jari, lalu tuangkan air panas dan diamkan beberapa menit. Anda pun siap minum teh di malam hari tanpa takut insomnia atau susah tidur.

Jadi jika Anda mengalami masalah susah tidur, Anda bisa mencoba minum teh herbal seperti ulasan diatas. Semoga tipsnya bermanfaat ya Hypermart Lovers!

Leave a Reply

You may also like

Memasak Bubur Suro, Makanan Khas Saat Tahun Baru Islam


Besok umat Muslim akan memperingati Tahun baru Islam,…



Wow 3 Jenis Garam Berikut Ini Dapat Membuat Masakan Terasa Lezat! Nomer 2 Paling Mantap!


Garam merupakan bumbu dapur yang sangat penting dan dapat menambah kenikmatan masakan. Kehadiran garam dapat membuat makanan yang terasa hambar menjadi lezat. Di indonesia sendiri,…



5 Barang Alternatif Pengganti Plastik yang Ramah Lingkungan!


Pemakaian beberapa bahan plastik menjadi masalah serius belakangan…



Luar Biasa! Kulit buah ternyata banyak manfaatnya! no 3 paling mengejutkan!


1.Apel Ternyata tidak hanya daging buahnya saja yang…



Resep Sup Jagung Telur yang Cocok untuk Cuaca Dingin


Jagung merupakan bahan makanan yang lezat serta bisa…



Tips Menyimpan Beras Awet dan Bebas Kutu


Dalam hal urusan dapur, biasanya banyak orang yang…



Ternyata Es Teh Manis Tidak Cocok Untuk Berbuka Puasa! Temukan Jawabannya disini!


Saat berbuka puasa yang banyak sekali orang-orang yang…



Jus VS Smoothie


Hypermart Lovers, Jus dan smoothie adalah dua alternatif minuman sehat yang dapat dikonsumsi sehari-hari dan praktis pembuatannya. Keduanya memiliki manfaat untuk kesehatan. Jus dapat meberikan…



3 Resep Makanan Khas Bali yang anti Mainstream


Jika mendengar kata “Bali” apa yang ada di…