hypermart.co.id

Tradisi Menyambut Tahun Baru di Berbagai Negara

10

Tahun baru sepertinya telah menjadi suatu fenomena yang unik, seru dan ditunggu setiap tahunnya. Banyak sekali cara-cara masyarakat, baik di Indonesia maupun di belahan dunia lain dalam merayakan malam tahun baru. Setiap negara punya kebudayaan yang berbeda-beda, sehingga mereka memiliki cara dan tradisi yang berbeda pula dalam merayakan tahun baru. Tradisi unik ini hampir tak terbayangkan sebelumnya. Merayakan momen pergantian tahun selalu dimaknai sebagai peristiwa penting budaya. Selalu ada ritual atau tradisi perayaan khusus untuk menyambut datangnya tahun yang baru ini. Uniknya,  setiap negara memiliki tradisi tersendiri untuk merayakan momen tahun baru, termasuk Indonesia.

Berikut ini kebiasaan unik warga Indonesia dalam menyambut pergantian tahun  :

  1. Terompet, Saat perayaan pergantian tahun biasanya dirayakan dengan meniup terompet. Pada pertengahan bulan Desember, biasanya sudah mulai banyak penjual terompet yang bertebaran di pinggir-pinggir jalan. Dan akan semakin banyak penjual ketika mendekati akhir tahun.
  2. Konvoi, Tradisi konvoi kendaraan ketika merayakan pergantian tahun banyak di ditemukan. Akan tetapi konvoi mungkin jarang ditemukan di kota-kota besar di Indonesia, karena pada malam tahun baru biasanya kota-kota besar menggunakan sistem car free night.
  1. Begadang, banyak orang melakukan aktivitas tetap terjaga di tengah malam atau yang biasa disebut begadang. Aktivitas ini biasannya diikuti dengan berbagai kegiatan seperti bakar sate, bakar ayam maupun ikan serta aktivitas kuliner lainnya saat menjelang tahun baru.
  2. Konser, biasanya pada malam tahun baru banyak pula digelar konser di beberapa kota di Indonesia. Ada yang off air, ada juga yang on air dan disiarkan langsung oleh televisi swasta. Dan biasanya dilakukan untuk menunggu malam tahun baru tiba.

Beda dengan di Indonesia, Ini tradisi unik negara-negara di dunia untuk momen tahun baru:

1. Jepang

Sumber Foto: newyearseve2018.blogspot.com

Negari sakura ini merayakan tahun baru dengan pergi ke Kuil untuk berdoa Setelah pergantian tahun mereka secara bergantian membunyikan lonceng kemudian berdoa tentang harapan-harapan di tahun yang baru. Setelah itu mereka akan menerima undian mengenai peruntungannya di tahun yang akan datang. Lalu, mereka akan berkumpul dengan keluarga, kekasih ataupun teman-temannya.

2. Spanyol

Sumber foto: thelocal.es

Saat tengah malam pergantian tahun, warga Spanyol memiliki tradisi memakan 12 buah anggur dengan cepat, dalam hitungan setiap detik. Setiap buah anggur ini melambangkan keberuntungan dalam 12 bulan di tahun yang baru. Di Madrid, Barcelona, dan kota-kota Spanyol lainnya, para penduduk berkumpul di pusat kota saat detik-detik pergantian tahun sambil memakan anggur bersamaan dan bergantian meminum minuman anggur dari botol.

3. Brasil

Sumber foto: bomjardimnoticia.com

Pada malam tahun baru, orang-orang setempat berpakaian putih mendekati laut untuk menonton kembang api dan melemparkan bunga putih dan hadiah lainnya ke arah laut untuk dewi dengan harapan bahwa ia akan memberikan keberuntungan dan kebahagiaan kepada mereka. Beberapa menempatkan hadiah mereka ke dalam perahu mainan kayu kecil. Hadiah dan lilin mengambang ditinggalkan di laut selama malam.

4. Skotlandia

Sumber foto: bomjardimnoticia.com

Di Stonehaven, Skotlandia ada tradisi berparade di jalan-jalan sambil menggiring bola api di malam menuju tahun baru. Adat tersebut merupakan bagian perayaan Hogmanay di Skotlandia, yang jejak akarnya berasal dari Bangsa Viking.

5. Chile

Sumber foto: vietnamvisa-easy.com

Biasanya malam tahun baru dipenuhi suasana dengan ceria. Namun, di negara Chili masyarakatnya justru memilih pemakaman sebagai tempat untuk merayakan pergantian tahun. Mereka pergi kekuburan dengan maksud merayakan perayaan Tahun Baru keluarga dan kerabat yang telah lebih dulu meninggal dunia. Tradisi ini mengandung kepercayaan, bahwa orang yang sudah meninggal telah menunggu keluarganya dan harus memulai tahun yang baru bersama mereka.

6. Finlandia

Di Finlandia, tradisi tahun baru dilakukan dengan melelehkan lempengan timah, dipercaya bahwa yang dilelehkan adalah ramalan tahun berikutnya, jika timah berbentuk cincin maka ada perkawinan, bila nampak seperti kapal maka akan ada perjalanan, dan banyak simbol-simbol lainnya.

7. Peru

Sumber foto: list25.com

Lain lagi di Peru, dalam tradisi ini beramai-ramai melakukan adu tinju. Baik itu perempuan, laki-laki maupun anak-anak. Dalam adu tinju tersebut, orang-orang mengenakan topeng warna-warni yang sangat lucu. Tujuan dari tradisi ini adalah untuk melampiaskan semua amarah dan tekanan hidup yang dialami tahun ini.

Cukup unik bukan setiap perayaan tahun baru di berbagai negara ini?

Share Artikel ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
X
Shopping cart close