hypermart.co.id

Tips dan Trik Menjadi Traveler Pemula

The back of a young woman walking and walking along the pedestrian street in the evening in Bangkok, Thailand, travelers and tourists. (The back of a young woman walking and walking along the pedestrian street in the evening in Bangkok, Thailand, trav

Traveling berkeliling ke tempat-tempat wisata di tanah air atau ke Negara tetangga adalah suatu hal yang kini menjadi tren dikalangan anak muda. Meskipun begitu, ternyata banyak hal yang harus diperhatikan oleh para traveler terutama bagi pemula agar liburan yang dijalankan menyenangkan dan bebas dari masalah besar. Sudah banyak contoh ketika traveler ‘nekat’ menjajal liburan malah menjadi malapetaka. Misalnya bekal uang yang dibawa ternyata nggak cukup sehingga terlantar, tersesat di objek wisata yang belum pernah dikunjungi atau sempat bermasalah dengan pihak aparat setempat. Untuk menjaga liburan tetap menyenangkan meski mencoba seorang diri dan belum pernah melakukan jalan-jalan keluar daerah, coba simak tips dan trik traveling bagi pemula berikut ini!

  1. Riset Tempat Tujuan

Riset atau menelusuri secara detail tentang destinasi wisata yang akan didatangi adalah sangat penting. Dari situ akan terlihat berapa budget yang diperlukan, hal-hal apa yang menarik, menginap dimana, transportasinya bagaimana, daerahnya aman atau nggak dan lain-lain. Info untuk melakukan riset tempat wisata sudahlah sangat mudah, tinggal mencarinya di dunia maya ataupun di media sosial. Dengan melakukan riset, dijamin liburan akan lebih menyenangkan.

  1. Atur Waktu

Mengatur waktu  juga sangat penting saat ingin jadi traveler karena akan berpengaruh pada kelancaran dan kenyamanan saat menikmati liburan. Salah satunya adalah wajib dan jangan lupa untuk harus mengecek kembali tanggal keberangkatan dan kepulangan pesawat.

Cermati juga waktu-waktu di mana pesawat, kereta api dan hotel sedang musim diskon untuk menghemat biaya. Gunanya mengatur waktu juga agar pekerjaan tidak menumpuk atau tidak selesai pada waktunya sehingga tidak bisa cuti saat rencana liburan sudah tiba.

  1. Coba Tempat Wisata Terdekat Dahulu

Menjadi traveler sebaiknya jelajahi tempat wisata yang dekat-dekat dulu. Hal ini untuk menghindari kekurangsiapan perbekalan atau hal-hal penting yang harus dibawa saat liburan sehingga dengan jarak yang dekat bisa segera kembali untuk mengambil hal-hal penting yang ketinggalan di rumah. Jika ingin ke luar negeri, coba dulu ke negara tetangga agar bisa mengerti budaya dan peraturan negara lain.

  1. Ikuti Program  Trip

Sudah banyak agen Travel yang menjual ragam paket wisata keliling Indonesia bahkan ke berbagai tempat di belahan dunia dengan harga yang bervariasi. Ini menjadi salah satu alternatif sebagai traveler pemula yang ogah ribet mengatur budget selama liburan, karena semua biasa transportasi dan akomodasinya sudah diatur oleh agen travel. Berbeda jika berangkat sendiri yang belum tentu akan mendapatkan tiket pesawat dengan harga murah serta akomodasi yang nyaman namun dengan tarif terjangkau.

  1. Gabung Dengan Komunitas Wisata

Komunitas wisata memang menjadi acuan untuk mempermudah liburan terutama traveler pemula. Selain mendapat teman baru, anggota komunitas biasanya sudah berpengalaman dan bisa membantu untuk menjelajahi tempat wisata baru. Bahkan untuk menghemat budget yang dipunyai bisa dilakukan di sini karena pasti akan diberi informasi berbagai pilihlah penginapan murah namun tetap aman dan nyaman. Sudah banyak hotel murah dengan fasilitas yang memadai bekerja sama dengan komunitas wisata.

  1. Pilih Tempat Wisata Yang Terjangkau

Masuk ke tempat hiburan seperti pusat permainan, atraksi, museum maupun tempat lain yang memakan biaya banyak sebaiknya patut dipertimbangkan. Sebagai traveler pemula bisa pergi piknik ke taman ataupun tempat wisata alam yang belum terjamah. Dengan kondisi yang cukup menantang atau penunjang fasilitas wisatanya kurang memadai, terkadang akan membentuk mental yang kuat dan perasaan untuk mau mengerti dengan keadaan. Sehingga liburan tetap terasa menyenangkan.

Sudah mengerti kan, tips dan trik menjadi Traveler Pemula? Namun apakah Anda tahu arti Traveler Pemula itu apa? Traveler pemula adalah sebuah istilah bagi Anda yang baru mencoba melakukan perjalanan. Sebelum jadi handal dan berpengalaman, traveler di luar sana pastinya pernah berada di posisi Anda saat ini. Jadi jangan canggung untuk memulai perjalanan ini. Jika ini berhasil maka Anda akan ketagihan untuk mencoba lagi dan lagi hingga Anda dikatakan sebagai traveler berpengalaman. Jadi, jangan takut untuk mencoba berkali-kali ya!

Share Artikel ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
X
Shopping cart close