hypermart.co.id

Tips Dasar Dekorasi Kue Ulang Tahun Homemade

40

Merayakan ulang tahun merupakan hal yang biasa kita lakukan setiap tahun. Namun, disamping perayaan ulang tahun yang terpenting adalah kita harus mensyukuri kesehatan dan panjang umur yang telah diberikan Tuhan kepada kita. Saat merayakan ulang tahun, pasti ada sebuah kue ulang tahun yang menjadi pemanis dalam pesta ulang tahun. Kue yang indah dan cantik sangat didambakan oleh orang yang sedang berulang tahun. Kue yang Anda buat boleh saja lezat, namun tentu akan lebih menarik jika Anda menghiasnya dengan cantik, sehingga baik Anda maupun kerabat Anda enggan mencicipinya karena terlalu indah atau justru ingin segera menyantapnya karena terlalu elok untuk sekadar dipandang saja.

Cara menghias kue ulang tahun ada banyak teknik dan juga bahannya. Namun ada beberapa teknik yang mudah dan tentu saja dengan bahan-bahan yang mudah untuk didapat. Teknik menghias kue ulang tahun tingkat tinggi membutuhkan banyak sekali peralatan yang tentu saja diperuntukkan untuk menghias kue ulang tahun maupun menghias kue lainnya. Simak tips berikut ini untuk mengetahui tips dasar mendekorasi kue ulang tahun :

  1. Tentukan Rasa, Jenis Kue, Pelapis, serta Dekorasinya

Hal pertama yang perlu dipikirkan adalah kombinasi kue, pelapis, dan dekorasinya. Kue dasar bisa dikombinasikan dengan rasa dan dekorasi apapun. Sedangkan beberapa kue, perlu lebih hati-hati dalam memilihnya. Misalnya, red velvet akan lebih cocok dengan butter ceam vanilla dan topping stroberi. Bila red velvet dipadukan dengan kiwi atau matcha, akan membuat tampilannya kurang indah.

  1. Siapkan Alat

Siapkan alat-alat yang diperlukan saat mendekor kue agar mudah. Alat yang wajib ada saat mendekor kue adalah piring putar dan pisau palet untuk mengolesi kue dengan buttercream. Jika tidak ada piring putar, gunakan piring makan cekung yang besar, lalu letakkan dengan posisi terbalik. Bila Anda ingin ada variasi desain, siapkan juga plastik segitiga dan beragam bentuk spuit.

  1. Tumpukan Kue Sesuai Selera

Berbeda dengan kue yang tipis, kue yang tebal lebih terlihat mewah dan menawan daripada kue dengan bentuk yang tipis. Ketebalan kue tergantung pada selera Anda.

Diantara sela tumpukan kue, beri lapisan selai, cream, atau sirup. Contohnya, antara lapisan cheesecake dapt diberi sirup maple. Atau paduan cheese cream di antara lapisan rainbow cake. Tujuannya agar antar lapisan kue merekat dengan sempurna, sekaligus menambah cita rasa yang lezat pada kue.

  1. Hati-Hati saat melapisi Kue

Jenis pelapis kue ada banyak macamnya, seperti icing, fondant, dan frosting. Bagi pemula, metode frosting lebih mudah untuk dilakukan. Terutama frosting dari butter cream dan whipped cream. Sebelum digunakan, pastikan warna dan rasa cream sudah pas. Anda bisa berkreasi dengan tambahan esensi atau pewarna makanan. Contohnya, dengan adanya tambahan perasa keju untuk buttercream pada cheesecake.

Selanjutnya, lapisi kue bagian atas terlebih dahulu. Gunakan pisau palet untuk meratakan cream di permukaan kue. Pastikan setiap bagian tidak ada yang bolong dan permukaan kue sama rata. Selain itu, jangan pernah memegang kue dengan tangan Anda, karena hal ini akan menghancurkan lapisan kue.

Setelah selesai dilapisi, masukkan kue ke dalam kulkas hingga lapisan sedikit lebih keras. Tidak perlu terlalu lama, karena kue bisa menjadi rapuh bila terlalu lama didinginkan di dalam kulkas.

  1. Dekorasi Kue Sesuka Hati

Terakhir, dekorasi kue sesuai dengan selera Anda. Bisa menggunakan meses, permen, coklat, atau mungkin cream dari frosting. Dekorasi yang paling mudah bagi pemula adalah memakai spuit. Anda bisa buat bunga, pita, atau tulisan dengan bantuan beragam bentuk spuit. Variasikan dengan tambahan sprinkle, meses, atau irisan buah. Menghias kue memang membutuhkan ketekunan dan ketelatenan. Bagi Anda yang merasa kesulitan dalam membuatnya, jangan putus asa. Karena tips ini merupakan solusi bagi Anda yang ingin mendekorasi kue ulang tahun homemade.

Share Artikel ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
X
Shopping cart close