hypermart.co.id

Tips Kelola Sayur dan Buah Agar Selalu Hemat

as

Hypermart Lovers, apakah kamu termasuk orang yang suka masak sayuran dan buah? Memang sayuran dan buah itu enak dan mengandung zat yang sehat untuk tubuh, tapi kalau kita kelebihan membeli sayur atau buah, bisa-bisa mereka akan layu atau busuk sehingga tidak bisa dikonsumsi. Tapi tenang aja Hypermart Lovers, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat menyimpan sayur dan buah kamu agar mereka tidak terbuang. Yuk simak apa saja tipsnya!

1. Olah Sayur dan Buah Sesuai dengan Umur Simpan

Masing-masing sayur dan buah memiliki umur simpan yang berbeda. Sebaiknya kamu membeli bahan makanan yang memiliki umur simpan yang relatif lama. Tapi kalau kamu ingin memiliki variasi sayur dan buah di rumah, pastikan kamu memprioritaskan sayur dan buah yang memiliki umur yang pendek. Sayuran seperti sawi hijau, bayam, dan kangkung harus segera kamu masak agar tidak layu.

2. Gunakan Sisa Bahan dengan Kreatif

Untuk mengurangi bahan makanan yang terbuang, kamu bisa memadukan sisa-sisa bahan untuk menjadi makanan yang tidak kalah enak. Misalnya, buah yang sudah terlalu matang bisa kamu blender menjadi smoothie, es loli, dan juga digabungkan untuk membuat fruit cake. Kamu juga bisa menggunakan sisa sayuran sebagai untuk membuat keripik sayur atau kaldu sayur.

3. Siapkan Bumbu Dasar untuk Masak

Saat membeli sayuran seperti bawang-bawangan, lengkuas, jahe atau serai, kamu bisa langsung meracik bahan-bahan itu menjadi bumbu dapur untuk masakan kamu berikutnya. Kamu bisa membuat bumbu dasar untuk masakan seperti rendang, soto, atau opor agar kegiatan masak berikutnya lebih praktis.

4. Membuat Frozen Veggies

Saat kamu kelebihan belanja sayur dan tidak punya banyak waktu untuk mengolahnya, kamu bisa memuat frozen veggies. Kamu bisa memperpanjang umur sayur yang kamu buat dengan merebus sayuran yang kamu punya, kemudian langsung rendam ke dalam air es. Tiriskan air yang tersisa dan masukan ke dalam freezer. Kamu bisa menggunakan frozen veggies ini di kemudian hari sehingga tidak ada sayuran yang terbuang.

Mudah ‘kan Hypermart Lovers? Yuk mulai ikuti tips di atas supaya kamu bisa mengurangi food waste di rumah! Jangan lupa untuk selalu belanja sayur dan buah kamu di Hypermart kesayangan ya!

 

 

Share Artikel ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
X
Shopping cart close