hypermart.co.id

Tips Menghindari DBD

212

Hypermart Lovers, tidak terasa kita sudah berada di penghujung tahun dan akan menghadapi musim hujan lagi. Mulai banyak persiapan yang harus dilakukan untuk menjaga tubuh tetap fit di saat curah hujan sedang tinggi. Musim hujan seperti ini bisa mengundang banyak penyakit, salah satunya Demam Berdarah Dengue (DBD) yang disebabkan gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Hypermart mau share beberapa tips agar kamu dan keluarga bisa terhindar dari DBD. Yuk simak artikel ini!

 

1. Menjaga wadah penampung air di rumah agar tetap bersih

Genangan air bisa menjadi tempat bagi nyamuk DBD untuk berkembang biak. Maka dari itu, penting untuk menjaga wadah air seperti bak mandi, baskom, kaleng, vas atau pot bunga agar tidak menjadi sarang nyamuk. Kamu bisa menguras air dari wadah-wadah ini seminggu sekali untuk memastikan tidak ada jentik nyamuk yang hidup di dalam air di rumah.

 

2. Jangan menumpuk atau menggantung pakaian terlalu lama

Nyamuk ternyata suka dengan aroma tubuh manusia. Oleh karena itu, Hypermart Lovers harus rajin melipat cucian agar tidak menumpuk dan tidak membiasakan diri untuk menggantung baju terlalu lama. Jika kamu harus menyimpan pakaian, segera lipat dan simpan di tempat yang bersih dan tertutup.

 

3. Gunakan krim anti nyamuk

Kamu juga bisa melindungi diri dengan krim anti nyamuk ketika akan bepergian keluar rumah atau ke tempat terbuka. Oleskan krim pada tubuh yang tidak tertutupi pakaian.

Akan lebih baik jika kamu juga memakai krim anti nyamuk di rumah. Oleskan krim berulang kali terutama di malam hari karena nyamuk DBD aktif sepanjang malam.

 

4. Melakukan fogging

Selain memakai krim anti nyamuk, kamu juga bisa melakukan fogging secara berkala dan massal. Fogging biasanya dilakukan saat kita akan memasuki pancaroba. Fogging sebaiknya dijadwalkan pada pukul 05.30 pagi atau 06.30 malam, saat nyamuk DBD keluar dari sarang.

 

5. Bersihkan pekarangan rumah dari tanaman liar dan pelihara tanaman anti nyamuk

Saat musim hujan, tidak semua air terserap ke dalam tanah. Kadang masih ada genangan air yang tersembunyi di balik tanaman yang tumbuh liar di pekarangan rumah kamu. Babat rata dan merapikan pekarangan rumah secara berkala dapat mengurangi adanya sarang nyamuk di rumah. Kamu juga bisa memelihara tanaman anti nyamuk seperti lavender, peppermint dan bunga geranium. Letakkan pot-pot berisi tanaman tersebut di lokasi yang strategis seperti di pojokan rumah, jendela dan pintu masuk.

 

6. Vaksin DBD

Tidak banyak masyarakat tahu kalau kita bisa mendapat vaksin DBD di klinik atau rumah sakit terdekat. Vaksin DBD sudah disetujui oleh BPOM Indonesia dan bisa diberikan 3 kali dengan jarak antara dosis 6 bulan.

 

Penerapan pencegahan yang baik seperti beberapa tips di atas, merupakan kunci penting dalam meminimalisir kemungkinan kamu dan keluarga terpapar demam berdarah dengue selama musim penghujan. Apabila kamu atau keluarga mengalami gejala penyakit demam berdarah seperti demam tinggi, mual, dan muncul ruam atau bintik merah dalam tubuh, segera periksakan diri ke dokter atau tenaga kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Share Artikel ini

Facebook
Twitter
WhatsApp
X
Shopping cart close