Welcome to Hypermart
Sign in    |    Sign up

Selain Jeruk, Gunakan 5 Bahan Ini untuk Menghilangkan Bau Amis pada Ikan!

Selain memiliki daging yang sehat dan kaya protein, ikan juga merupakan makanan yang kaya akan omega 3 sehingga sangat baik untuk kesehatan dan kecerdasan otak. Sebagian besar orang bisa dipastikan suka dengan ikan. Namun, beberapa orang mungkin malas mengolah ikan menjadi masakan karena baunya yang amis.

Demi menghasilkan olahan ikan yang sedap dan lezat, proses membersihkan ikan harus dilakukan dengan baik. Termasuk saat menghilangkan bau amisnya. Untuk menghilangkan bau amis pada ikan, salah satu cara termudahnya adalah dengan menggunakan air perasan jeruk nipis atau jeruk lemon. Tapi ternyata masih ada sejumlah cara dan alternatif lain yang bisa dipilih untuk menghilangkan bau amis ini. Nah, berikut sejumlah alternatif yang bisa dicoba untuk menghilangkan bau amis pada ikan selain menggunakan air perasan jeruk!

1. Cuka

Siapkan dan larutkan cuka dengan air secukupnya. Lalu rendam ikan pada larutan tersebut selama beberapa menit. Atau cukup dioleskan saja ke daging ikan untuk kemudian dibilas dengan air bersih.

2. Mentimun

Parutan mentimun juga bisa digunakan untuk menetralkan bau amis pada ikan. Tinggal balurkan secara merata pada ikan, diamkan sekitar 20 menit, lalu bilas dengan air bersih yang mengalir.

3. Jahe

Aroma jahe yang khas bisa digunakan untuk mengatasi bau amis pada ikan. Caranya bisa dengan menyiapkan jahe yang sudah dihaluskan atau diparut, kemudian dibalurkan ke ikan untuk kemudian dicuci bersih.

4. Garam

Cuci bersih ikan, lalu baluri dengan garam. Diamkan sekitar lima menit, baru cuci bersih ikan dengan menggunakan air kran atau air mengalir. Sebisa mungkin ketika ikan diolah tidak menggunakan garam yang terlalu banyak agar tidak keasinan.

5. Asam jawa

Remas asam jawa lalu balurkan ke daging ikan sampai merata. Diamkan dualu selama 20 menit lalu bilas dengan air mengalir. Kalau ada daun serai bakal lebih bagus lagi karena aroma daun serai bisa membantu menetralkan bau amis pada ikan.

Cukup mudah bukan, Hypermart Lovers cara untuk menghilangkan bau amis pada ikan?

Leave a Reply

You may also like

Manfaat Susu


Hypermart lovers, kita tahu susu adalah minuman yang kaya akan kalsium, sehingga baik untuk pertumbuhan dan kepadatan tulang. Bukan cuma itu manfaatnya, susu merupakan sumber…



Resep Salmon Mentai Rice, Hidangan Hits Masa Kini!


Ikan salmon merupakan salah satu sumber protein hewani…



Resep buka puasa seru Lemon Cheesecake yang mudah banget dibuat


Halo Hypermart Lovers! Berbuka puasa identik dengan yang manis-manis, mulai dari minuman hingga makanan. Tentunya juga acara berbuka puasa terasa tidak lengkap jika tidak ditemani…



Tips Menyimpan Beras Awet dan Bebas Kutu


Dalam hal urusan dapur, biasanya banyak orang yang…



Benarkah minum teh dapat mengatasi masalah susah tidur? temukan jawabannya disini!


Teh hangat dikenal dapat membuat tidur lebih nyenyak.…



Tips dan Trik Menjadi Traveler Pemula


Traveling berkeliling ke tempat-tempat wisata di tanah air…



Cara Jitu Membujuk Anak Susah Makan


Kurang nafsu makan pada anak maupun orang dewasa…





Selain Jeruk, Gunakan 5 Bahan Ini untuk Menghilangkan Bau Amis pada Ikan!


Selain memiliki daging yang sehat dan kaya protein,…