hypermart.co.id

Cara Mengolah Daging Kambing Agar Empuk dan Tidak Bau

86

Saat Idul Adha tiba, biasanya kulkas di rumah akan disajikan dengan daging hewan kurban yang berlimpah. Terutama daging kambing dan daging sapi.  Daging kambing dikenal sebagai daging yang mudah dicerna daripada daging sapi. Daging kambing juga memiliki kandungan protein berkualitas dan tidak mudah lenyap. Manfaat mengkonsumsi daging kambing bagi kesehatan tubuh diantaranya sebagai sumber energi, protein, zat besi, serta meningkatkan sistem kekebalan.

Olahan daging kambing biasanya adalah tongseng, sate, dan gulai. Tidak sekadar mengolah, karena pengolahan yang salah juga akan membuat rasa nikmatnya hilang. Hal ini membuat cara masak daging kambing agar empuk dan tidak bau semakin penting untuk diketahui. Jika Salah cara memasak, bukannya jadi menu Idul Adha yang lezat, malah jadi masakan yang alot dan prengus. Nah, untuk menghindari hal seperti ini Anda bisa menyimak tips-tips dalam mengolah daging kambing agar tidak alot dan prengus :

  1. Hilangkan lemak daging

Lapisan lemak yang menempel pada daging menjadi salah satu penyebab munculnya bau prengus pada daging kambing. Biasanya lemak berwarna putih dan menempel pada daging. Oleh karena itu, iris dan buang lemak kambing sebelum diolah. Namun karena lemak sebenarnya bisa menghasilkan rasa gurih pada olahan daging kambing, daging tak perlu benar-benar bebas lemak. Setidaknya, begitu lemak dikurangi, bau prengus juga akan berkurang.

  1. Jangan dicuci

Sebelum dimasak, daging umumnya dicuci bersih. Namun perlakuan ini tak berlaku untuk daging daging kambing yang akan dimasak. Daging kambing yang dicuci justru dapat mempertajam bau amis dan membuat daging berisiko semakin alot. Jadi, setelah mengurangi lapisan lemak, sebaiknya daging langsung dimasak.

  1. Gunakan jeruk nipis

Jeruk nipis bisa menjadi cara lain untuk mengurangi bau amis karena bisa membunuh bakteri. Terutama jika daging terlanjur dicuci, penggunaan jeruk nipis bisa menjadi solusi. Caranya, balur perasan jeruk nipis pada daging lalu diamkan sekitar setengah jam. Selain jeruk nipis, garam juga bisa digunakan untuk membantu mengurangi bau amis. Anda cukup membaluri daging dengan garam lalu diamkan sekitar satu jam.

  1. Daging empuk berkat daun pepaya

Daun pepaya dipercaya dapat membuat tekstur daging kambing menjadi lebih empuk. Kandungan zat papain pada daun pepaya akan membuat daging empuk tanpa perlu lama-lama dimasak. Tanpa dicuci, remas dan bungkus daging kambing yang telah dipotong bersama daun pepaya, lalu diamkan hingga satu jam. Selain daun pepaya, buah nanas juga bisa menjadi alternatif lain untuk membuat daging kambing empuk.

  1. Rebus bersama rempah

Sembari merebus, Anda bisa menghilangkan bau prengus dengan menambahkan rempah seperti daun jahe, serai atau kemangi pada air rebusan. Rempah-rempah ini dapat mengeluarkan aroma wangi yang mampu mengurangi bau amis daging. Selanjutnya, daging bisa diolah tanpa takut bau.

Share Artikel ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
X
Shopping cart close