hypermart.co.id

Jelang Hari Raya Idul Adha, Berikut Tips Mengolah Daging yang Benar

Jelang Hari Raya Idul Adha, Berikut Tips Mengolah Daging yang Benar (website)

Hari Raya Idul Adha merupakan salah satu hari raya yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim. Karena pada hari raya ini, beberapa umat muslim akan menyisihkan sebagian hartanya untuk berkurban sebagai bentuk rasa syukur nya. Oleh karena itu, hari raya Idul Adha identik dengan berbagai olahan daging sapi dan kambing untuk disantap bersama keluarga. 

Namun tahu kah anda, jika daging tersebut tidak diolah dengan baik, maka dapat merubah rasa, tekstur bahkan dapat menyebabkan masalah kesehatan akibat bakteri yang terdapat pada daging. Agar hal itu tidak terjadi, yuk simak tips mengolah daging yang benar, Hypermart Lovers!

1. Bersihkan Dengan Benar

Sebelum diolah, sebaiknya daging dicuci bersih dengan air mengalir, Menurut Ahli gizi, Dr Samuel Oetoro MS SpGK, hal tersebut harus dilakukan agar meminimalisir kemungkinan berkembang nya bakteri yang menempel pada daging. Setelah di cuci bersih, keringkan daging dengan tisu atau lap bersih agar tidak bau amis dan terakhir, Hypermart Lovers bisa tambahkan perasan lemon lalu rebus daging untuk memastikan tidak ada bakteri yang menempel

2. Pisahkan Daging dengan Lemak nya

Lemak yang menempel pada daging merupakan salah satu penyebab bau tidak sedap, terutama pada daging kambing. Oleh karena itu, lebih baik pisahkan lemak dengan daging yang akan diolah.

3. Potong Daging dengan Melawan Arah Serat 

Untuk mendapatkan tekstur daging yang empuk dan tidak alot, Hypermart Lovers bisa menggunakan teknik memotong daging dengan melawan arah serat. Apabila serat halus yang terdapat pada daging terlihat membujur, maka potonglah secara melintang. Dan sebaliknya, jika serat daging melintang, maka potonglah daging secara membujur.

4. Manfaatkan Daun Pepaya

Tips lain mengolah daging yang benar adalah dengan membungkusnya menggunakan daun pepaya. Hal ini bertujuan untuk membuat daging menjadi lebih empuk dan menghilangkan bau amis dari daging. Hypermart Lovers cukup tutup daging dengan daun pepaya dengan rapat, lalu diamkan selama 30 – 60 menit sebelum diolah.

5. Rendam Daging dengan Nanas

Alternatif lain selain daun pepaya, adalah dengan merendam daging bersama nanas. Cukup tambahkan beberapa potongan nanas dalam wadah yang sudah berisi daging, lalu diamkan selama beberapa menit. Untuk cara ini tidak perlu direndam terlalu lama agar daging tidak terlalu lembek.

Nah diatas adalah tips mengolah daging yang benar agar saat Idul Adha nanti, Hypermart Lovers bisa menikmati berbagai olahan daging dengan lebih nikmat. Jika keperluan pelengkap nya belum terpenuhi, yuk berbelanja di Hypermart dengan datang ke store terdekat atau berbelanja secara online, Hypermart Lovers!

Share Artikel ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
X
Shopping cart close