hypermart.co.id

Jelang Kemeriahan HUT RI Ke-77, Yuk Siapkan 5 Makanan Khas Kemerdekaan Indonesia Ini

001

Tidak terasa sebentar lagi kita akan merayakan ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77. Banyak kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia untuk merayakan kemerdekaan, mulai dari upacara bendera sampai mengadakan berbagai perlombaan. Selain itu, setiap daerah di Indonesia juga mempunyai makanan khas daerah yang mereka sajikan saat kemerdekaan. Untuk menyambut HUT RI, Hypermart ingin membagikan lima makanan khas kemerdekaan, siapa tahu Hypermart Lovers tertarik untuk mencoba.

Nasi Tumpeng Merah Putih

Sudah sebuah kebiasaan masyarakat Indonesia  untuk melengkapi sebuah perayaan dengan membuat nasi tumpeng. Termasuk juga saat merayakan HUT RI, ada nasi tumpeng khusus yang menggambarkan Indonesia. Nasi tumpeng ini dibuat dengan menaruh nasi merah di atas nasi putih untuk menggambarkan bendera Indonesia. Kemudian berbagai lauk pauk dan sayuran ditambahkan di sekeliling nasi sebagai simbol kekayaan sumber daya Indonesia.

Ayam Tuturuga

Selain nasi tumpeng, ada juga Ayam Tuturuga yang berasal dari Sulawesi Utara, khususnya kota Manado. Ayam ini sekilas mempunyai penyajian yang mirip dengan opor biasa. Tetapi perbedaanya keduanya ada di jumlah bumbu pedas yang ada di bumbu Ayam Tuturuga. Bumbu pedas yang menggelitik lidah ini sangat cocok untuk disantap dengan nasi hangat.

Telok Abang

Makanan khas kemerdekaan yang satu ini berasal dari Palembang.Telur ini identik dengan warna merah yang mendominasi yang dibuat oleh pewarna makanan. Selain bisa jadi santapan lezat, Telok Abang juga sering digunakan untuk menghias mainan anak-anak, lho.

Nasi Tiwul

Makanan yang satu merupakan makanan pokok pada penjajahan dulu. Saat itu, masyarakat Indonesia memiliki kesulitan untuk mengakses nasi sehingga mereka beralih ke singkong. Nasi Tiwul dibuat dengan menghancurkan singkong sampai halus, kemudian ditambahkan kelapa, gula merah atau lauk pauk sesuai selera.

Klepon Merah Putih

Tidak lengkap jika membicarakan makanan khas kemerdekaan tanpa menyebutkan klepon. Biasanya saat kemerdekaan jajanan pasar ini diberi warna merah dan putih untuk menggambarkan Sang Merah Putih. Makanan enak ini terbuat dari tepung beras ketan kemudian dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi gula merah.

Share Artikel ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
X
Shopping cart close