hypermart.co.id

5 Olahraga yang Bisa Kamu Lakukan Selama WFH

unnamed

Demi mencegah penularan virus covid-19, pemerintah menghimbau masyarakat untuk melakukan berbagai aktivitas di rumah saja, salah satu nya adalah bekerja. Telah banyak karyawan yang diharuskan untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Meskipun begitu, kesehatan mental dan fisik tetap harus terjaga agar imun dalam tubuh kita tetap stabil, hal tersebut dapat diupayakan dengan menerapkan gaya hidup sehat mulai dari mengkonsumsi makanan yang sehat dan olahraga yang teratur. Berikut beberapa olahraga yang dapat kamu lakukan selama WFH : 

1. Zumba

Kamu dapat memulai dengan olahraga ringan seperti Zumba. Olahraga yang satu ini tidak perlu membutuhkan banyak peralatan, kamu dapat menggunakan matras dan sepatu olahraga saja. Olahraga yang satu ini adalah latihan kebugaran yang gerakannya terdiri dari perpaduan tarian salsa dan gerakan tari latin, sehingga terkesan seperti olahraga sambil menari.

Zumba dapat membakar kalori 400-600 kalori per jam. Hal tersebut tersebut akan menjadi kabar baik untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan. Selain itu, zumba juga dapat mengatasi stress dan penat karena bekerja, karena pada saat latihan zumba kamu akan diiringi lagu-lagu yang penuh semangat, kekinian, dan pastinya dengan tema upbeat. Musik ini juga dapat meningkatkan kamu mood kamu, lho! Jika saat kamu sedang stress dan penat, cobalah untuk melakukan latihan zumba di rumah.

2. Yoga 

Yoga adalah olahraga yang menggabungkan gerak senam badan fisik dengan meditasi. Jika kamu baru ingin mencobanya di rumah, dapat dimulai dengan gerakan sederhana yang ringan dan praktis seperti seated yoga pose, standing yoga pose, upward and downward atau facing dog

Meskipun cenderung mudah, yoga dapat memberikan berbagai manfaat untuk tubuh lho, misalnya menyehatkan jantung, memperbaiki pernapasan, memperbaiki kualitas tidur, mengurangi kecemasan dan stress

3. Bersepeda 

Meskipun dilakukan diluar rumah, bersepeda juga dapat meningkatkan kekebalan imun tubuh kita lho, Hypermart Lovers! Karena bersepeda di luar rumah itu sifat nya rekreasi yang dapat menimbulkan rasa gembira, sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. 

Agar meminimalisir terpapar virus covid-19, kamu harus tetap menaati protokol kesehatan yang berlaku ya, seperti menggunakan masker, menjaga jarak dan membersihkan tangan setelah memegang properti umum. Selain itu, jangan bersepeda terlalu lama dan lakukan dengan intensitas ringan agar tubuh kamu tidak terlalu capek. 

4. Jogging 

Olahraga ringan yang satu ini juga bisa kamu andalkan saat WFH. cukup berjalan 15 – 30 menit sehari, tubuh dan pikiran kamu akan lebih merasa segar. Lakukan di pagi sebelum bekerja atau sore setelah bekerja dapat meminimalisir stress lho, Hypermart Lovers 

Selain dapat menguatkan jantung, Jogging juga dapat meningkatkan imunitas. Karena jogging dapat memperkuat respon tubuh terhadap penyakit jangka pendek, seperti infeksi saluran pernapasan atas serta penyakit jangka panjang seperti diabetes.Selain itu, olahraga ringan ini juga dapat merangsang produksi limfosit dan makrofag yang berguna untuk melawan infeksi dalam tubuh, termasuk infeksi bakteri maupun virus.

5. Skipping 

Skipping atau yang dikenal sebagai lompat tali atau jump rope ini dapat menjadi alternatif olahraga kardio yang mudah dan murah, karena kamu dapat melakukannya di pekarangan rumah. Meskipun begitu, olahraga ini juga cukup menantang batas kemampuan diri Anda untuk melakukan lompatan secepat-cepatnya dan sebanyak-banyaknya, lho!

Skipping mampu memperkuat kepadatan tulang untuk orang dewasa yang tidak dapat tumbuh tinggi lagi lho, Hypermart Lovers! Selain itu, skipping juga dapat menyehatkan jantung dan menurunkan berat badan. Untuk merasakan manfaat tersebut, Hypermart Lovers harus melakukannya secara rutin ya!

Share Artikel ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
X
Shopping cart close