hypermart.co.id

Cara Jitu Memilih dan Menyimpan Daging Super Segar

cover

Daging yang tahan lama ialah daging yang berkualitas prima yang disimpan dalam tempat yang tepat pula. Daging berkualitas prima harus dalam keadaan segar, baik, dan bersih, jauh dari sumber kontaminasi bakteri dan sumber penyakit. Kesehatan sapi ataupun kambing juga berperan penting dalam menghasilkan daging segar berkualitas prima. Pasti banyak Hypermart Lovers yang masih bingung bagaimana mengetahui tingkat kesehatan sapi atau kambing sebelum disembelih, kan? Tidak perlu risau, Hypermart punya tips dalam memilih dan menentukan daging sapi dan kambing dengan kualitas terbaik.

  1. Tentukan bagian daging yang ingin digunakan

Beda masakan, biasanya membutuhkan karakteristik daging yang berbeda pula. Tentunya tekstur dalam menentukan standar kualitas daging tidak dapat disamaratakan. Misal, jika Hypermart Lovers ingin memasak sate atau steak, daging bagian has dalam bertekstur empuk adalah pilihan terbaik. Berbeda dengan rendang, sebaiknya gunakan daging bagian sengkel yang bertekstur kenyal.

  1. Teliti terhadap kebersihan tempat daging dijual

Tempat yang bersih dapat menjamin kebersihan dan kualitas daging itu juga. Hindari membeli daging yang tidak disimpan dalam suhu dingin, apalagi hanya digantung. Perhatikan juga apakah daging dihinggapi lalat, bisa jadi lalat bertelur pada sela-sela potongan daging.

  1. Lihat warna daging

Baik daging sapi maupun daging kambing keduanya memiliki warna ideal merah cerah. Hati-hati terhadap daging yang berwarna pucat. Biasanya, daging yang berwarna pucat sering keluar-masuk freezer yang juga menjadi penanda bahwa daging sudah tidak segar lagi.

  1. Tanyakan kadaluarsa daging pada petugas Hypermart saat membeli daging. Jika sudah mengetahui tanggal kadaluarsa, Hypermart Lovers dapat memperkirakan kapan Hypermart Lovers akan memasak dan mengonsumsi daging dalam keadaan segar.

Setelah memilih daging yang tepat, berkualitas prima, dan higienis, alangkah baiknya Hypermart Lovers juga mengetahui cara menyimpan daging yang benar supaya kualitas primanya tetap terjaga hingga saat memasak tiba. Caranya bagaimana? Simak jawabannya di bawah ya!

1.Daging harus disimpan pada suhu rendah, bahkan suhu beku

Usahakan segera menempatkan daging di chiller secepatnya setelah Hypermart Lovers membeli daging. Jika jarak rumah kamu dengan Hypermart terdekat cukup jauh, jangan sungkan untuk meminta es demi menjaga suhu rendah dagiing selama perjalanan.

2. Daging tidak boleh dicuci terlebih dahulu sebelum disimpan dalam lemari es Air mentah yang digunakan untuk mencuci dapat menjadi sumber bakteri yang dapat merusak kualitas daging. Bakteri hanya akan mati setelah daging dimasak dengan suhu tinggi, diatas 70 derajat celcius.

 

3.Bungkus daging dalam kemasan yang rapat

Jika udara es dapat memasuki dan berkontak langsung dengan daging, daging dapat terkena freeze burn, yaitu kondisi dimana daging diselimuti kristal es, teksturnya menjadi lembek dan berubah warna menjadi lebih gelap. Meskipun masih aman dimakan, kualitas dan nutrisi daging jauh berkurang. Penampakannya juga sudah tidak begitu menggugah selera lagi untuk diolah.

Setelah mengetahui tips ampuh diatas, Hypermart Lovers sudah bisa mengaplikasikannya saat belanja, maupun saat menerima daging kurban nanti. Belanja daging di Hypermart, kualitasnya terbaik dan kebersihannya fasilitas penjualan dagingnya juga dijaga dengan cermat. Ditambah, ada diskon menarik lho untuk produk daging sapi. Yuk belanja ke Hypermart sekarang juga!

Share Artikel ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
X
Shopping cart close